Abah Than-than
Melejitkan Hasil Pembelajaran dengan Metode Hypnoteaching
200281307_largeSaat Anda mendengar kata HIPNOSIS, secara otomatis
terlintas dipikiran bahwa kata tersebut mengacu pada sebuah teknik
menidurkan orang dan mempengaruhi orang tersebut dalam waktu yang
relatif singkat. Hal ini karena alam bawah sadar Anda telah memperoleh
informasi sebelumnya dari berbagai media, baik buku, TV, majalah dsb.
Apa sih sebetulnya Hypnoteaching itu? Apakah sama dengan HIPNOTIS yang Anda duga sebelumnya?
Ketika Anda bersedia membaca artikel ini, membuktikan bahwa Anda adalah
seorang guru atau pendidik yang memiliki dedikasi yang tinggi pada
profesi Anda. Anda adalah seorang profesional yang memiliki visi
mencerdaskan anak didik Anda. Lebih dari sekedar mencari status
kepegawaian atau sertifikasi. Salut untuk Anda. Bravooooo……..
Berikut ini saya akan berbagi cerita tentang cara menyajikan materi
pelajaran dengan sebuah teknik yang diistilahkan dengan “hypnoteaching”.
Yaitu menyajikan materi pelajaran dengan menggunakan bahasa-bahasa
bawah sadar. Sehingga perhatian siswa akan tersedot secara penuh pada
materi Anda. Sama persis seperti ketika Anda yang laki-laki, ketika
mengendara kendaraan di jalan. Kemudian tiba-tiba ada sorang cewek
secantik Luna Maya menyebrang jalan dengan pakaian yang menempel lekat
pada seluruh bagian lekuk tubuhnya. Sehingga tanpa Anda sadari perhatian
Anda selama sekian detik akan tertuju pada cewek cantik tersebut.
Betulkah demikian ? Bisa Anda bayangkan bila cewek cantik tersebut
menghampiri Anda dan mengajak Anda berbincang. Seberapa kuat Anda
berpaling dari cewek cantik tersebut ??
Atau serupa dengan Anda yang perempuan, ketika berjalan di sebuah
shopping center kemudian melihat baju yang begitu anggun sedang
terpajang di etalase sebuah toko pakaian. Atau sebuah papan pengumuman
besar yang digantung di depan pintu toko, dengan tulisan Big Sale 75%
Off. Berapa detik perhatian Anda secara spontan tersedot pada pajangan
tersebut ? Bayangkan lebih lagi jika ada pramuniaganya yang ramah
menyapa Anda dan berkata “silahkan ibu / mbak. Silahkan pilih yang ibu /
mbak suka. Setiap pembelian 3 buah barang akan mendapat bonus voucher
belanja senilai Rp 100rb”. Pertanyaan saya, Seberapa kuat Anda
berpaling dari hal tersebut ?
Hal-hal yang sangat menarik bukan ? Ya itulah yang terjadi ketika
sebuah pesan disampaikan melalui bahasa bawah sadar. Sehingga Anda akan
memperhatikan dan enggan untuk berpaling. Anda merasa sangat senang
dan bahagia ketika itu. Meski sebelumnya Anda tidak memiliki rencana
untuk “memelototi” cewek cantik atau membeli baju.
Hal itulah yang bisa juga Anda lakukan pada anak didik Anda. Yaitu
membuat mereka memberikan perhatian yang tinggi pada pelajaran Anda,
bersemangat dan bahagia ketika mengikuti sesi pelajaran Anda. Bukan
seperti kebanyakan yang sering terjadi. Mengikuti sesi pelajaran karena
terpaksa dan tertekan.
Untuk melakukan hypnoteaching, hanya diperlukan langkah-langkah
sederhana namun jitu. Seperti jurus bela diri tai chi yang lemah
gemulai namun sangat power full untuk menghajar lawan.
Untuk menjadi ahli dalam hypnoteaching, diperlukan latihan yang wajib
dilakukan sesering mungkin ketika menyajikan sesi pelajaran. Dengan
menerapkan langkah-langkah dasar yang akan saya ceritakan berikutnya,
Anda akan bisa setara dengan para trainer atau motivator top Indonesia,
bahkan dunia. Seperti Anda ketahui, para motivator dan trainer SDM,
selalu bisa membuat audience-nya antusias selama mengikuti sesinya.
Disamping dapat memberikan stimulasi-stimulasi pencerahan, yang dapat
menjadi bekal berharga pasca mengikuti sesi. Selain pula,
ssssssssssttttt…………..tarifnya muahaaaal.
Apakah Anda bersedia untuk meng-upgrade diri Anda menjadi semakin luar biasa seperti itu ???
Berikut ini adalah langkah-langkah dasar yang wajib dilakukan agar
dapat menguasai jurus menjadi guru yang setara dengan motivator dunia.
Langkah-langkah tersebut adalah :
1. Niat dan motivasi dalam diri Anda.
Kesuksesan seseorang tergantung pada niat seseorang untuk bersusah
payah dan bekerja cerdas untuk mencapai kesuksesan tersebut. Niat yang
besar akan memunculkan motivasi yang tinggi, serta komitmen untuk
concern dan survive pada bidang yang Anda tekuni. Sehebat apapun metode
yang saya ceritakan, sesukses apapun orang-orang yang telah
melaksanakan teknik ini, tanpa niat yang besar dari Anda, maka Anda
hanya menjadi Anda yang sekarang. Tidak bertambah dan berkembang
kualitasnya. Sebaliknya, jika Anda memiliki niat yang besar untuk
mempelajari dan melatih hypnoteaching, maka Anda akan membuktikan
sendiri betapa dahsyatnya metode ini.
Saran saya, lakukan saja sesuatu yang Anda yakin akan dapat
mengembangkan kualitas diri Anda. Termasuk hypnoteaching. Abaikan
suara-suara dan perasaan-perasaan yang menghambat untuk maju.
2. Pacing.
Langkah kedua ini adalah langkah yang sangat penting. Pacing berarti
menyamakan posisi, gerak tubuh, bahasa, serta gelombang otak dengan
orang lain, atau siswa Anda.
Prinsip dasar disini adalah “manusia cenderung, atau lebih suka
berkumpul / berinteraksi dengan sejenisnya / memiliki banyak kesamaan”.
Mengertikah Anda tentang maksud saya ini ?
Misalnya Anda menghadiri sebuah pertemuan seluruh warga di tempat
tinggal Anda. Dimana terdapat beberapa strata usia, diantaranya
bapak-bapak, ibu-ibu, remaja, anak-anak. Misalnya mereka datang dari
berbagai penjuru secara acak, dan kemudian dipersilahkan dengan bebas
untuk memilih tempat duduk. Kira-kira apakah bapak-bapak, ibu-ibu,
remaja dan anak-anak duduk secara membaur dan acak ? Atau mereka
cenderung berkumpul sesuai usianya ? Bapak-bapak memilih untuk ngobrol
dengan sesame bapak-bapak. Sedang ibu-ibu juga memilih melakukan hal
yang sama. Remaja dan anak-anak pun akhirnya sibuk bercanda dengan
sesamanya. Benar demikian ?
Belum lagi para penggemar sepak bola akan ngobrol seru dengan sesama
penggemar sepak bola. Penggemar gossip pun akan berkumpul dengan
orang-orang yang sama-sama suka gossip.
Secara alami dan naluriah, setiap orang pasti akan merasa nyaman dan
senang untuk berkumpul dengan orang lain yang memiliki kesamaan
dengannya. Seperti misalnya Anda yang berprofesi sebagai guru /
pendidik. Jika Anda boleh memilih, pasti Anda lebih nyaman berkumpul
dan ngobrol bersama sesama guru / pendidik meski dari usia yang
berbeda-beda, daripada Anda berkumpul dengan para anggota DPR atau
pengusaha pabrik yang kaya raya, atau mungkin para gembel. Jika Anda
merasa nyaman berkumpul dengan orang pada golongan tertentu, hal
tersebut berarti Anda memiliki banyak kesamaan dengan orang-orang dalam
golongan tersebut. Coba anda renungkan………
Kesamaan-kesamaan diantara beberapa orang, akan memancarkan
gelombang otak yang sama. Sehingga orang-orang dalam golongan itu akan
merasa nyaman berada di dalamnya. Dengan kenyamanan yang bersumber dari
kesamaan gelombang otak ini, maka setiap pesan yang disampaikan dari
orang satu pada orang-orang yang lain akan dapat diterima dan dipahami
dengan sangat baik.
Sama dengan siswa-siswa kita. Jika mereka membenci sesi pengajaran
Anda, berarti gelombang otak Anda belum setara dengan mereka. Anda dan
para siswa Anda belum “click”. Meskipun usia Anda jauh lebih tua
daripada siswa Anda, namun gelombang otak dapat disetarakan dengan
melakukan atau seakan-akan melakukan dan berfikir seperti siswa Anda.
Dalam hal ini, Anda wajib mengalah terlebih dahulu. Dalam arti Andalah
yang harus menyesuaikan gelombang otak Anda pada siswa Anda. Bukan
sebaliknya siswa Anda yang menyesuaikan gelombang otak Anda.
Cara-cara melakukan pacing pada siswa Anda :
Bayangkan Anda adalah seusia siswa-siswa Anda. Disamping juga
melakukan aktivitas dan merasakan hal-hal yang dialami siswa-siswa Anda
pada masa SEKARANG. Bukan pada saat Anda masih sekolah dulu.
Gunakan bahasa yang sesuai dengan bahasa yang sering digunakan oleh
siswa-siswa Anda. Kalau perlu gunakan bahasa gaul yang sedang trend di
kalangan siswa-siswa Anda.
Lakukan gerakan-gerakan dan mimik wajah yang sesuai dengan tema bahasan Anda.
Sangkutkan tema pelajaran Anda dengan tema-tema yang sedang trend di kalangan siswa-siswa Anda.
Selalu update pengetahuan Anda tentang tema, bahasa hingga gossip terbaru yang sedang trend di kalangan siswa Anda.
Dengan melakukan hal-hal tersebut, maka tanpa sadar gelombang pikiran
Anda telah sama dengan para siswa. Akibatnya adalah siswa-siswa Anda
merasa nyaman untuk bertemu dengan Anda. Jika hal ini telah terjadi,
maka bersiaplah untuk melakukan langkah berikutnya.
3. Leading.
Leading berarti memimpin atau mengarahkan setelah proses pacing Anda
lakukan. Jika Anda melakukan leading tanpa didahului dengan pacing, hal
itu sama saja dengan memberikan perintah pada siswa Anda dengan resiko
siswa Anda melakukannya dengan terpaksa dan tertekan. Hal ini akan
berakibat pada penolakan siswa Anda pada diri Anda. Atau lebih
kongkritnya adalah siswa Anda akan lebih senang dan gembira ketika Anda
menderita sakit sehingga tidak dapat mengajar pada jam Anda. Maukah
Anda menjadi guru yang demikian ?? Saya yakin Anda ingin sebaliknya.
Setelah Anda melakukan pacing, maka siswa Anda akan merasa nyaman
dengan Anda. Pada saat itulah hampir setiap apapun yang Anda ucapkan
atau tugaskan pada siswa Anda, maka siswa Anda akan melakukannya dengan
suka rela dan bahagia.
Anda bagaikan kekasih bagi siswa Anda (bukan berarti melibatkan
romantisme). Dalam arti, siswa Anda akan selalu menantikan sesi
pelajaran Anda. Sesulit apapun materi Anda, maka pikiran bawah sadar
siswa Anda akan menangkap materi pelajaran Anda adalah hal yang mudah.
Jika siswa Anda yakin bahwa pelajaran Anda adalah mudah, maka sesulit
apapun soal ujian yang diujikan, akan ikut menjadi mudah, dan siswa
Anda akan dapat meraih prestasi belajar yang gemilang. Menakjubkan
bukan ?
4. Gunakan kata positif.
Langkah berikutnya adalah langkah pendukung dalam melakukan pacing dan
leading. Penggunaan kata positif ini sesuai dengan cara kerja pikiran
bawah sadar yang tidak mau menerima kata negative. Contohnya adalah
sebagai berikut, perhatikan kalimat saya berikut ini :
“Bapak – ibu guru sekalian. Saya minta Anda untuk jangan pernah
sekali-kali membayangkan kelinci memakai topi. Saya ulangi lagi bahwa
Anda tidak diperkenankan sama sekali untuk membayangkan kelinci memakai
topi. Karena Anda saat ini benar-benar dilarang keras untuk
membayangkan kelinci memakai topi. Sekali lagi saya ingatkan jangan
pernah mencoba untuk membayangkan kelinci memakai topi”.
Apa yang terjadi ? Apakah Anda malah sempat membayangkan kelinci yang
memakai topi ? Padahal saya telah bilang jangan pernah, tidak
diperkenankan, dilarang keras, dan jangan pernah mencoba. Namun yang
terjadi adalah Anda semakin membayangkan.
Jika Anda ingin lebih membuktikan hal ini, bacakan kalimat tersebut
pada rekan kerja Anda, atau pada siswa Anda. Saya yakin akan banyak
sekali yang tertawa terbahak-bahak, karena terbayang betapa lucunya
kelinci memakai topi.
Itulah yang terjadi pada pikiran bawah sadar manusia, yaitu tidak
menerima kata negative. Jika ada kata negative, maka yang diterima
adalah kata dibelakang kata negative tersebut. Sedangkan kata
negative-nya diabaikan. Misalnya kalimat “jangan ramai”, maka yang
ditangkap adalah “ramai”. Maka yang terjadi siswa Anda malah ramai.
Anda bisa lakukan percobaan kecil pada anak yang berusia dibawah 5
tahun. Karena pada usia ini pikiran sadarnya belum terbentuk sempurna.
Sehingga masih didominasi oleh pikiran bawah sadar. Ketika anak usia
dibawah 5 tahun menangis, coba katakan “jangan nangis”, maka yang
terjadi adalah ia menangis semakin keras.
Dalam hal ini, sebaiknya cari padanan kata yang positif. Misalnya
“jangan ramai” diganti “tenang” atau “diam”. Saya yakin Anda, sebagai
guru pasti lebih kreatif dalam memilih padanan kata daripada saya.
5. Berikan pujian.
Pujian merupakan reward peningkatan harga diri seseorang. Pujian
merupakan salah satu cara untuk membentuk konsep diri seseorang. Maka
berikanlah pujian dengan tulus pada siswa Anda. Khususnya ketika ia
berhasil melakukan atau mencapai prestasi. Sekecil apapun bentuk
prestasinya, tetap berikan pujian. Termasuk ketika ia berhasil
melakukan perubahan positif pada dirinya sendiri, meski mungkin masih
berada di bawah standart teman-temannya, tetaplah berikan pujian.
Dengan pujian, seseorang akan terdorong untuk melakukan yang lebih dari
sebelumnya.
Dalam memberikan pujian, hindari pula kata penghubung negative.
Misalnya : tapi, namun, cuma saja, dan lain sebagainya. Karena
penggunaan kata-kata tersebut akan membuat pujian Anda sia-sia dan
terkesan mengolok-olok.
Contohnya kalimat seperti ini :
“Adi, kamu itu anak yang pandai, ibu / bapak seneng sekali punya murid
seperti kamu. Tapi sayangnya kamu kurang memperhatikan kerapian
pakaianmu”.
Bayangkan jika anda sendiri dipuji orang dengan kalimat seperti itu.
Pernahkah Anda dipuji dengan kalimat seperti itu ? Saya yakin pernah.
Coba Anda ingat dan rasakan kembali pada saat anda dipuji dengan
kalimat seperti itu. Dapatkah Anda rasakan seakan-akan Anda merasa
bangga ketika awal kalimat itu diucapkan. Dan kemudian seakan-akan ada
perisai besar dan tebal menyelimuti diri Anda, ketika kata “tapi”
diucapkan ? Coba bayangkan kembali.
Jika pujian digabungkan dengan kritik atau saran, maka yang lebih
tertangkap adalah bentuk penyerangan pada harga diri orang yang di
puji. Bukannya meningkatkan harga diri, malah menjatuhkan. Memang ini
adalah hal yang sepele dan sering terjadi. Namun efeknya sangat besar
dalam system psikologis seseorang.
Cara untuk menghindari kata penghubung negative adalah dengan
menghilangkan kata penghubung tersebut. Misalnya “Kamu sebetulnya
adalah siswa yang pandai, sangat membanggakan. Akan lebih membanggakan
lagi kalau kamu lebih memperhatikan kerapian penampilanmu”. Dengan
demikian perisai pelindung harga diri belum sempat keluar, namun sudah
keburu pesan perbaikan (kritik) masuk dalam program bawah sadarnya.
6. Modeling.
Modeling adalah proses memberi tauladan melalui ucapan dan perilaku
yang konsisten. Hal ini sangat perlu dan menjadi salah satu kunci
hypnoteaching. Setelah siswa menjadi nyaman dengan Anda, kemudian dapat
Anda arahkan sesuai yang Anda inginkan, dengan modal kalimat-kalimat
positif. Maka perlu pula kepercayaan (trust) siswa pada Anda
dimantapkan dengan perilaku Anda yang konsisten dengan ucapan dan
ajaran Anda. Sehingga Anda selalu menjadi figure yang dipercaya.
Sangat mudah bukan. Metode ini sangat dahsyat jika Anda terapkan
pada siswa Anda. Atau jika Anda berkenan, Anda juga dapat menerapkannya
pada rekan kerja Anda, istri/suami Anda, putra-putri Anda, orang tua
Anda, tetangga Anda.
Sekali lagi saya ingatkan, bahwa metode ini sangat dahsyat mempengaruhi
pikiran lawan bicara Anda. Terlebih jika Anda selalu melatihnya setiap
saat. Namun jika artikel ini hanya Anda maknai hanya sebagai
pengetahuan, maka Anda akan mendapatkan sebuah wacana yang luar biasa.
Akhirnya, saya mengucapkan selamat mencoba metode terdahsyat masa ini.
Metode yang dapat membuat siswa Anda menjadi senang bersekolah, dan
menjadi insan cerdas yang luar biasa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar