oleh : Aryo Mangku Langit
فصل
فى الورع فى حالة التعلم
FASAL XI
WARO' PADA MASA BELAJAR
Waro'
روى بعضهم حديثا فى هذا الباب عن رسول الله صلى الله عليه وسلم أنه قال:
من لم يتورع فى تعلمه ابتلاه الله تعالى بأحد ثلاثة أشياء: إما أن يميته فى
شبابه، أو يوقعه فى الرساتيق، أو يبتليه بخدمة السلطان؛ فكلما كان طالب
العلم أورع كان علمه أنفع، والتعلم له أيسر وفوائده أكثر.
Dalam masalah waro', sebagian ulama meriwayatkan hadist dari Rasulullah
saw. : "Barang siapa tidak berbuat waro' waktu belajarnya, maka Allah
memberinya ujian dengan salah satu tiga perkara : dimatikan masih
berusia muda, ditempatkan pada perkampungan orang-orang bodoh atau
dijadikan pengabdi sang pejabat". Jikalau mau membuat waro' maka ilmunya
lebih bermanfaat, belajarpun mudah dengan banyak-banyak berfaedah.
ومن الورع [الكامل] أن يتحرز عن الشبع وكثرة النوم وكثرة الكلام فيما لا ينفع
Termasuk berbuat waro' adalah memelihara dirinya jangan sampai perutnya
kenyang amat, terlalu banyak tidur dan banyak membicarakan hal yang tak
bermanfaat.
وأن يتحرز عن أكل طعام السوق إن أمكن، لأن طعام السوق أقرب إلى النجاسة
والخباثة، وأبعد عن ذكر الله وأقرب إلى الغفلة، ولأن أبصار الفقراء تقع
عليه ولا يقدرون على الشراء منه، فيتأذون بذلك فتذهب بركته.
Dan menyingkiri makanan masak di pasar jika mungkin karena makanan ini
lebih mudah terkena najis dan kotor, jauh dari dzikrillah, bahkan
membuat lengah dari Allah, juga orang-orang fakir mengetahui sedang
tidak mampu membelinya yang akhirnya berduka lara, sehingga
berkahnyapun menjadi hilang karena hal-hal tersebut.
وحكي أن الإمام الشيخ الجليل محمد بن الفضل كان فى حال تعلمه لايأكل من
طعام السوق، وكان أبوه يسكن فى الرساتيق ويهيئ طعامه ويدخل أليه يوم
الجمعة، فرأى فى بيت ابنه خبز السوق يوما فلم يكلمه ساخطا على ابنه فاعتذر
ابنه، فقال: ما اشتريت أنا ولم أرض به ولكن أحضره شريكى، فقال أبوه: لو
كنت تحتاط وتتورع عن مثله لم يجرؤ شريكك على ذلك. وهكذا كانوا يتورعون
فلذلك وفقوا للعلم والنشر حتى بقى اسمهم إلى يوم القيامة.
Suatu hikayat, syaikhul Jalil Muhammad Ibnul Fadl di waktu masa
belajarnya, adalah tidak pernah makan makanan pasar. Ayahnya sendiri
seorang dusun yang selalu mengiriminya setiap hari jum'at. Pada suatu
hari, sang ayah mengetahui ada roti pasar di kamar muhammad. Iapun
marah, dan tidak mau berbicara dengan sang putra. Muhammad matur dan
katanya : saya tidak membeli roti itu dan memang tidak mau memakannya,
tetapi itu pemberian temanku, ayah. Jawabnya : bila kau berhati-hati
dan waro' niscaya temanmu takkan sembarangan memberikan roti seperti
itu. Demikianlah pelajar-pelajar zaman dulu berbuat waro' dan ternyata
banyak-banyak bisa memperoleh ilmu dan mengajarkannya, hingga keharuman
nama mereka tetap abadi sampai kiamat.
ووصى فقيه من زهاد الفقهاء طالب العلم أن يتحرز عن الغيبة وعن مجالسة المكثار، وقال: من يكثر الكلام يسرق عمرك ويضيع أوقاتك.
Ada seorang zuhud ahli fiqh berwasiat kepada seorang murid: Jagalah
dirimu dari ghibah dan bergaul dan bergaul dengan orang yang banyak
bicaranya. Lalu katanya lagi : orang yang banyak bicara itu mencuri
umurmu dan membuang sia-sia waktumu."
ومن الورع أن يجتنب من أهل الفساد والمعاصى والتعطيل، [ويجاور الصلحاء]
فإن المجاورة مؤثرة، وأن يجلس مستقبل القبلة ويكون مستنا بسنة النبى عليه
الصلاة والسلام، ويغتنم دعوة أهل الخير، ويتحرز عن دعوة المظلومين.
Termasuk waro lagi hendaknya menyingkiri kaum perusak, maksiat dan
penganggur, sebab perkumpulan itu membawa pengaruh. Menghadap kiblat
waktu belajar, bercerminkan diri dengan sunah Nabi, mohon dido'akan
oleh para ulama ahli kebajikan dan jngan sampai terkena do'a tidak
baiknya orang teraniaya kesemuanya itu termasuk waro'.
Menghadap Qiblat
وحكي أن رجلين خرجا فى طلب العلم للغربة وكانا شريكين فرجعا بعد سنين
إلى بلدهما وقد فقه أحدهما ولم يفقه الآخر، فتأمل فقهاء البلاد وسئلوا عن
حالهما وتكرارهما وجلوسهما فأخبروا أن جلوس الذى تفقه فى حال التكرار كان
مستقبل القبلة والمصرالذى [حصل العلم فيه] والآخر كان مستدبرا القبلة ووجهه
إلى غير المصر. فاتفق العلماء والفقهاء أن الفقيه فقه ببركة استقبال
القبلة إذ هو السنة فى الجلوس إلا عند الضرورة، وببركة دعاء المسلمين فإن
المصر لا يخلو من العباد وأهل الخير والزهد، فالظاهر أن عابدا دعا له فى
الليل.
Suatu hikayat.
Ada dua orang pergi merantau untuk mencari ilmu. Merekapun belajar
bersama-sama. Setelah berjalan bertahun-tahun, mereka kembali pulang.
Ternyata satu alim, sedang satunya lagi tidak. Kemudian pernyataan ini
menarik perhatian para ulama' ahli fiqh daerah tersebut, lalu mereka
bertanya kepada dua orang tadi, mengenai perbuatannya waktu sedang
mengulang sendiri pelajarannya dan duduknya di waktu belajar. Atas
hasil pertanyaan itu, mereka mengetahui bahwa orang alim tadi setiap
mengulang pelajarannya selalu menghadap qiblat dan kota di mana ia
mendapat ilmu. Tapi yang tidak alim, justru membelakanginya. Dengan
demikian ahli fiqh dan para ulama sepakat bahwa orang yang menjadi alim
tadi adalah atas berkahnya menghadap qiblat sebab itu dihukumi sunah,
kecuali bila terpaksa. Dan berkah orang-orang muslimin disana, sebab
kota tersebut tidak pernah kesepian dari orang-orang ibadah dan berbuat
kebajikan. Yang jelas, untuk setiap malam pasti ada walaupun satu
orang ahli ibadah yang mendo'akan kepadanya.
Perbuatan Adab Dan Sunnah
فينبغى لطالب العلم أن لؤا يتهاون بالآداب والسنن، ومن تهاون بالأدب حرم
السنن، ومن تهاون بالسنن حرم الفرائض، ومن تهاون بالفرائض حرم الآخرة.
وبعضهم قالوا بهذا حديثا عن رسول الله صلى الله عليه وسلم
Pelajar hendaknya tidak mengabaikan perbuatan-perbuatan yang berstatus
adab kesopanan, dan amal-amal kesunahan. Sebab siapa yang mengabaikan
adab menjadi tertutup dari yang sunah, yang mengabaikan sunah tertutup
dari fardlu, dan berarti tertutup dari kebahagiaan akhirat. Sebagian
ulama' berkata: "Seperti hadist dari Rasulullah saw."
وينبغى أن يكثر الصلاة، ويصلى صلاة الخاشعين، فإن ذلك عون له على التحصيل والتعلم.
وأنشدت للشيخ الإمام الجليل الزاهد الحجاج نجم الدين عمر بن محمد النسفى شعرا:
كـــــــــــن للأوامر والنواهى حافظا وعلى الصلاة مواظبا ومحافظا
واطلب علوم الشرع واجهد واستعن بالطيبات تصر فقيها حافــــــظا
واسئل إلهك حفـــــــظ حفظك راغبا مــــــــن فضله فالله خير حافظ
كــــــــــن للأوامر والنواهى حافـظا وعلى الصلاة مواظبا ومحافظا
واطلب علوم الشرع واجهد واستعن بالطيبات تصر فقيها حافــــــظا
واسئل إلهك حفـــــــظ حفظك راغبا مــــــــن فضله فالله خير حافظا
Hendaknya pula banyak-banyak melakukan shalat dengan khusu' sebab
dengan begitu akan lebih memudahkan mencapai kesuksesan belajar. Syi'ir
gubahan Syaikhul Jalil Al-Hajjaj Najmuddin Umar bin Muhammad An-Nasafi
dibawakan untukku:
Jadilah engkau, pengamal perintah penjaga larangan
Jagalah selalu, ibadah shalat terus-terusan
Pelajarilah ilmu Syari'ah sesungguh hati
Pohonlah inayah dengan yang suci
Kau kan menjadi ahli agama yang mengayomi
Mohonlah agar kuat hapalan pada ilahi
Demi cintamu fi fadlihi
Dialah Allah, sebagus-bagus yang melindungi
وقال رحمة الله عليه:
أطيعوا وجدوا ولا تكسلوا وأنتم إلــى ربكم ترجعون
ولا تهجعوا فخيار الورى قليلا من الليل ما يهجعون
Umar An-nasafi berkata :
Taatlah engkau, sesungguh hati jangan malas diri
engkau semua, ke sisi Tuhan kan kembali
Orang yang bagus, yang pendek tidur di malam hari
Karena itu, berbuat tidur agar di singkiri
وينبغى أن يستصحب دفترا على كل حال ليطالعه. وقيل: من لم يكن الدفتر فى
كمه لم تثبت الحكمة فى قلبه. وينبغى أن يكون فى الدفتر بياض ويستصحب
المحبرة ليكتب ما يسمع من العلماء. وقد ذكرنا حديث هلال بن يسار.
Pelajar hendaknya selalu membawa buku untuk dipelajari. Ada dikatakan :
"Barangsiapa tak ada buku di sakunya, maka tak ada hikmah di hatinya."
Lalu buku itu hendaknya berwarna putih. Juga hendaknya membawa botol
dawat, agar bisa mencatat segala pengetahuan yang di dengar. Sebagaimana
di atas telah kami kemukakan Hadist riwayat Hilal bin Yasar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar