فَصْلٌ فِي مَا وَلاَ وَلاَتَ وَإِنْ الْمُشَبَّهَاتِ بِلَيْسَ
BAB MAA, LAA, LAATA DAN IN YG BERAMAL SERTI LAISA
PEMGAMALAN “MAA NAFI” DAN SYARAT-SYARATNYAإِعْمَالَ لَيْسَ أُعْمِلَتْ مَا دُوْنَ إِنْ مَعَ بَقَا الْنَّفْي وَتَرْتِيْبٍ زُكِنْ
Diamalkan seperti amal laisa (merofa’kan
isimnya dan menashobkan khobarnya) yaitu MAA NAFI tanpa IN, beserta
tetapnya nafi (tanpa illa) dan susunan tertib yg dimaklumi (mubtada di
depan khobar di belakang).
KEBOLEHAM MA’MUL KHOBAR MAA NAFI DIKEDEPANKAN
وَسَبْقَ حَرْفِ جَرَ أوْ ظَرْفٍ كَمَا بِي أَنْتَ مَعْنِيًّا أَجَازَ الْعُلَمَا
Mendahulukan harf jar atau zharaf,
seperti halnya contoh: MAA BIY ANTA MA’NIYYAN (kamu tidaklah perhatian
padaku), Ulama membolehkannya.
MA’THUF DG LAAKIN/BAL PADA KHOBAR MAA NAFI , WAJIB ROFA’
وَرَفْعَ مَعْطُوْفٍ بِلكِنْ أَوْ بِبَلْ مِنْ بَعْدِ مَنْصُوْبٍ بِمَا الْزَمْ حَيْثُ حَل
Merofa’kan isim yg diathafkan dg huruf
LAAKIN atau BAL setelah isim yg dinashabkan oleh MAA, hukumilah wajib
(wajib rofa’) bagimu sekiranya ini terjadi (contoh: MAA ZAIDUN QOOIMAN
LAAKIN JAALISUN)
TAMBAHAN BA’ HURUF JAR, PADA KHOBARNYA MAA/LAISA.
وبَعْدَ مَا وَلَيْسَ جَرَّ الْبَا الْخَبَرْ وَبعَدْ لا ونَفْي كَانَ قَد يجر
Setelah MAA dan LAISA sering ada huruf BA
men-jarkan khobarnya, sedangkan setelah LAA dan NAFINYA KAANA jarang
ada BA men-jarkan khobarnya (contoh: A LAISA-ALLAHU BI AHKAMIL HAAKIMIIN
WA MAA ROBBUKA BI ZHOLLAAMIN-LIL ‘ABIID)
WA MAA ROBBUKA BI ZHOLLAAMIN-LIL ‘ABIID)
PENGAMALAN LAA, LAATA DAN IN
في النَّكِرَاتِ أعْمِلَنْ كَلَيْسَ لا وَقَدْ تَلِي لَاتَ وَإِنْ ذَا العَمَلَا
“LAA” diamalkan seperti “LAISA”
(merofa’kan isim & menashabkan khobarnya) pada isim-isim nakirah.
Terkadang “LAATA” dan “IN” juga mengikuti pengamalan ini.
وَمَا لِلاَتَ فِي سِوَى حِيْنٍ عَمَلْ وَحَذْف ذِي الْرَّفْعِ فَشَا وَالْعَكْسُ قَل
Dan tidaklah bagi “LAATA” itu beramal
pada yg selain HIINA (isim zaman), membuang isimnya sering terjadi,
sebaliknya membungan khobarnya jarang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar