Kamis, 01 November 2012

374 : AKAD NIKAH YANG DI HADIRI WALI DAN NAIB

PERTANYAAN

Sukur Sakir



السلام عليكم ورحمةالله وبركاته

para asatiz/ane mo nanya nih
di kampung ane jika pernikahan walinya mewakilkan maka stlah mewakilkan siwali di suruh pergi katanya wali gak boleh menyaksikan akad nikah bila dah mewakilkan.
Betul kah demikian.?
Seblmnya dihatur kan trims



JAWABAN

Wa'alaikum salam warohmatullohi wabarokatuh
Tidak ada larangan bagi seorang wali yang telah mewakilkan akad nikah putrinya kepada orang lain untuk menghadiri majlis akad nikah bila ia hadir bukan sebagai saksi. Adapun bila ia mewakilkan nikah kepada orang lain kemudian ia hadir dalam akad nikah tersebutsebagai saksi ( Karena akad nikah tersebut hanya dihadiri oleh calon suami, wakil wali, wali, dan seorang saksi yang lain) maka akad nikah tersebut tidak sah, karena wakil wali merupakan pengganti wali maka wali tersebut tidak sah menjadi saksi.

Sebenarnya pemahaman yang keliru tentang hal ini muncul karena salah memahami keterangan dalam kitab Kifayatul Akhyar :

فلو وكل الولي والزوج أو أحدهما أوحضر الولي ووكيله وعقد الوكيللم يصح النكاح لأن الوكيل نائب الولي والله أعلم

“Maka jikalau wali dan dan suami atau salah satu dari keduanya mewakilkan kepada orang lain atau hadir wali dan wakilnya dan dilangsungkan akad nikah maka tidak sah karena wakil adalah penggati wali”

Sebenarnya maksud dari keterangan kitab Kifayatul Akhyar tersebut adalah bahwa wali yang telah mewakilkan akad nikah tersebut hadir sebagai saksi seperti penjelasan diatas. Hal ini dikuatkan dengan memperhatikan beberapa keterangan dalam kitab-kitab fiqih madzhab syafi'i yang lain. Diantaranya penjelasan Ibnu Sholah dalam Fatawi-nya sebagai berikut :

إذا وكل الولي بتزويج وليته وأحضر الولي شاهدا لا يصح لأن الوكيل نائبه في التزويج فكأنه أحضر شاهدا وعاقدا

"Jika seorang wali mewakilkan orang yang akan ia nikahkan, lalu ia ikut hadir dengan status sebagai saksi, maka pernikahannya tidak sah, karena seakan-akan ia berstatus ganda sebagai saksi sekaligus orang yang meng-aqad-kan, padahal ia sudah mewakilkannya pada na'ib (penggantinya)"."

Keterangan serupa juga ditemui hampir dalam semua kitab-kitab fiqih madzhab syafi'i yang semakin meyakinkan bahwasanya yang dimaksud dalam keterangan dalam kitab Kifayatul Akhyar tersebut adalah bahwa seorang wali yang telah mewakilkan aqad pernikahan kepada seorang na'ib (wakil wali) tidak diperkenankan ikut hadir dalam tempat dilaksanakannya aqad nikah, jika posisinya sebagai saksi. Dan jika ia hadir sebagai saksi maka pernikahan tersebut tidak sah. Wallohu a'lam.

( Oleh : Adi Reza, Kudung Khantil Harsandi Muhammad, Abu Zaki, Muh KHolili Aby Fitry, Brandal Loka Jaya dan Mazz Rofii )

Referensi :

1. Fatawa Ibnu Sholah, Juz : 2 Hal : 653
2. Roudhotut Tholibiin, Juz : 7 Hal : 46
3. Nihayatul Muhtaj, Juz : 6 Hal : 219
4. Tuhfatul Muhtaj, Juz : 7 Hal : 229
5. Hasyiyah Al-Bujairomi 'Ala Syarhil Manhaj, Juz : 3 Hal : 335
6. Al-Iqna', Juz : 2 Hal : 411
7. Hasyiah Al-Bajuri, Juz : 2 Hal : 102
8. Fathul Mu'in, Hal : 462
9. Nihayatuz Zain, Hal : 306

Ibarot :
Fatawa Ibnu Sholah, Juz : 2 Hal : 653

مسألة إذا وكل الولي بتزويج وليته وأحضر الولي شاهدا لا يصح لأن الوكيل نائبه في التزويج فكأنه أحضر شاهدا وعاقدا

Roudhotut Tholibiin, Juz : 7 Hal : 46

وأما أبوها، فولي عاقد، فلا يكون شاهدا. ولو وكل، لم ينعقد بحضوره، لأن الوكيل نائبه، وكذا لو وكل غير الأب وحضر مع شاهد آخر، لم ينعقد

Nihayatul Muhtaj, Juz : 6 Hal : 219

ولو كان لها إخوة فزوجها أحدهم والآخران شاهدان صح لأن العاقد ليس نائبا عنهما، بخلاف ما لو وكل أب، أو أخ تعين للولاية وحضر مع الآخر لأنه العاقد حقيقة، إذ الوكيل في النكاح سفير محض فكانا بمنزلة رجل واحد، وفارق صحة شهادة سيد أذن لقنه وولي للسفيه في النكاح بأن كلا منهما ليس بعاقد ولا نائبه، ولا العاقد نائبه، لأن إذنه له في الحقيقة ليس إنابة بل رفع حجر عنه وينعقد ظاهرا

Tuhfatul Muhtaj, Juz : 7 Hal : 229

ولو كان لها إخوة فزوجها أحدهم والآخران شاهدان صح؛ لأن العاقد ليس نائبهما بخلاف ما لو وكل أب، أو أخ تعين للولاية وحضر مع آخر؛ لأنه العاقد حقيقة إذ الوكيل في النكاح سفير محض فكانا بمنزلة رجل واحد وفارق صحة شهادة سيد أذن لقنه وولي للسفيه في النكاح بأن كلا منهما ليس بعاقد ولا نائبه ولا العاقد نائبه؛ لأن إذنه في الحقيقة ليس إنابة بل رفع حجر عنه

Hasyiyah Al-Bujairomi 'Ala Syarhil Manhaj, Juz : 3 Hal : 335

ولا بحضرة متعين للولاية فلو وكل الأب ، أو الأخ المنفرد في النكاح وحضر مع آخر لم يصح ، وإن اجتمع فيه شروط الشهادة ؛ لأنه ولي عاقد ، فلا يكون شاهدا كالزوج .ووكيله نائبه

Al-Iqna', Juz : 2 Hal : 411

ومما تركه من شروط الشاهدين السمع والبصر والضبط ولو مع النسيان عن قرب ومعرفة لسان المتعاقدين وكونه غير متعين للولاية كأب وأخ منفرد وكل وحضر مع الآخ

Hasyiah Al-Bajuri, Juz : 2 Hal : 102

فلو وكل الأب أو الأخ المنفرد فى العقد وحضر مع أخر ليكونا شاهدين لم يصح لأنه متعين للعقد فلا يكون شاهدافانه لا يصح لان وكيله نائب عنه فكأنه هو العاقد فكيف يكون شاهدا

Fathul Mu'in, Hal : 462

فلو وكل الأب أو الأخ المنفرد في النكاح وحضر مع الآخر لم يصح لأنه ولي عاقد فلا يكون شاهدا ومن ثم لو شهد أخوان من ثلاثة وعقد الثالث بغير وكالة من أحدهما صح وإلا فلا

Nihayatuz Zain, Hal : 306

فلو وكل الأب أو الأخ المنفرد في النكاح وحضر مع شاهد آخر لم يصح النكاح لأنه ولي عاقد فلا يكون شاهدا كالزوج

http://fiqhkontemporer99.blogspot.com/2012/10/aqad-nikah-yang-dihadiri-wali-dan-naib.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar