PERTANYAAN
Sofia Putri
Assalamu alaikum untk smua...
Mohon ma,af sblmnya,jika pertanyaanku krg berkenan .
Saya mau cerita tetang Pekerjaan yg mayolitas jd kerja,an tiap hari dan mlmnya.
Hampir 80% pekerja Rumah di luar negeri mengabdi sama org cina. Di
hongkok ,Taiwan,singapure&malaysia. Gak usah munafik ,jika kerja
mereka memasak Babi. walaupun sa,at libur bisa berjubah dan berjilbab.
Dan yg aku mau pertanyakan bagaimana hukumnya,sdg mrka sdh tau jelas
babi haram... Dan kedua bgaimana dgn hsil gajinya... Apakah duit yg di
terima itu jd haram... Makasih. Wasalamm...
JAWABAN
Sanusi El Ruzy
wa'alaikum salam
Karena pean hidup di negri yg sulit, nie q nuqilkan qoul yg g bgtu sulit..
فإن غسل بدل التراب بالجص معا و الأشنان و الصابون و كذا النخالة كما في البحر و غيره ففيه قولان :
أصحهما أنه يظهر لأنه قاءىم مقام التراب في الإستطهار كما قام غير الشب و
القرظ مقامهما في الدباغ مع ورود النص بهما و صححه النووي في روءس
المساءىل.
والثاني لا و يتعين لتعبدية أو أو للجمع بين نوعي الطهور و هو الأصح في كتب الرافعي و أكثر كتب النووي.
(شرح التنبيه للإمام جلال الدين السيوطي الجزء 1 ص 86)
Apabila benda yg terkena najis mugholadloh dibasuh air dan kapur
atau daun atau sabun atau dedak, maka terdapat 2 qoul (spti di kitab
al-Bahr)
1. Menurut pendapat yg paling sohih, di hukumi suci karena bisa
menempati kedudukan debu (Sama2 bisa mensucikan) sebagaimana bahan2
selain tawas dan daun akasia bisa menggantikan keduanya dalam proses
penyamakan kulit. Padahal menurut Nash penyamakan itu menggunakan tawas
atau daun akasia. Pendapat ini di shohihkan an-Nawawi dalam kitab
RU_UUS al-MASA_IL.
2. Menurut pendapat kedua, tidak dianggap cukup, dan harus
menggunakan debu karena faktor Ta'abbudi atau ada tujuan untuk
mengumpulkan 2 macam alat bersuci (Air dan debu)
Pendapat ini di anggap paling Shohih di dalam kitab2 Ar-Rofi'i dan An-Nawawi.
Nb:Sabun di atas bebas, tidak tertentu sabun Thoharoh..
2 qoul yg sama2 shohih silahkan pilih...
jadi cukup hanya cuci tangan dengan sabun saja gak papa ya... kalo nyari tanah susah...
BalasHapus