PERTANYAAN
Adi Iñgiñ Bértaqörub
Assalaamu 'alaykum warochmatullaahi wabarokaatuh..lama baru
hadir..ada pertanyaan niih para sdulurrr..apa hukumnya menulis
Kalamullah di baju ato di jaket,??sedangkan jaket bs saja di waktu
mencucinya di kamar mandi dan bs saja bercampur dgn pakaian lain yg
terkena najis.monggoo
JAWABAN
Brojol Gemblung
wa'alaikumussalam, makruh
ﺣﺎﺷﻴﺔ ﺍﻟﺒﺠﻴﺮﻣﻲ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺨﻄﻴﺐ ﺝ / 3 ﺹ 306
ﻭﻳﻜﺮﻩ ﻛﺘﺐ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﻋﻠﻰ ﺣﺎﺋﻂ ﻭﻟﻮ ﻟﻤﺴﺠﺪ ﻭﺛﻴﺎﺏ ﻭﻃﻌﺎﻡ ﻭﻧﺤﻮ ﺫﻟﻚ ، ﻭﻳﺠﻮﺯ ﻫﺪﻡ ﺍﻟﺤﺎﺋﻂ ﻭﻟﺒﺲ ﺍﻟﺜﻮﺏ ﻭﺃﻛﻞ ﺍﻟﻄﻌﺎﻡ.
Dan makruh menulis (ayat) al-Qur`an pada dinding meskipun (dinding)
masjid, pada baju, makanan, dan sesamanya. Dan boleh merobohkan
dinding, memakai baju, dan mengkonsumsi makanan (yg tertulis ayat
al-Qur`an
Mbah Pardan Milanistie
qoul liyane gak Mbah soale nk masjid akehh banget sing tembo'e di tulisi Kaligrafi ayat2 a-Qur'an
Brojol Gemblung
tak tambahi ibarote Mbah #
ﻣﻐﻨﻰ ﻣﺤﺘﺎﺝ ﺝ 1 ﺹ152
ﻳﻜﺮﻩ ﻛَﺘْﺐُ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﻋﻠﻰ ﺣﺎﺋﻂ ﻭﻟﻮ ﻟﻤﺴﺠﺪ، ﻭﺛﻴﺎﺏٍ ﻭﻃﻌﺎﻡٍ ﻭﻧﺤﻮ ﺫﻟﻚ، ﻭﻳﺠﻮﺯ ﻫﺪﻡ ﺍﻟﺤﺎﺋﻂ ﻭﻟﺒﺚ ﺍﻟﺜﻮﺏ ﻭﺃﻛﻞ ﺍﻟﻄﻌﺎﻡ،
Dimakruhkan menulis [ayat] al-Qur`an pada dinding meskipun untuk
masjid, pada baju, makanan, dan sesamanya. Dan boleh merobohkan
dinding, memakai baju, dan mengkonsumsi makanan [yg tertulis ayat
al-Qur`an].
ﻓﺘﺢ ﺍﻟﻜﺮﻳﻢ ﺍﻟﻤﻨﺎﻥ ﻓﻰ ﺃﺩﺍﺏ ﺣﻤﻠﺔ ﺍﻟﻘﺮﺃﻥ ﺝ 1 ﺹ 4
ﻭﻳﻜﺮﻩ ﻛﺘﺒﻪ ﻋﻠﻰ ﺣﺎﺋﻂ ﻭﻟﻮ ﻟﻤﺴﺠﺪ ﻭﺛﻴﺎﺏ ﻭﻃﻌﺎﻡ ﻭﻧﺤﻮ ﺫﻟﻚ، ﻭﻳﺠﻮﺯ ﻫﺪﻡ ﺍﻟﺤﺎﺋﻂ ﻭﻟﺒﺲ ﺍﻟﺜﻴﺎﺏ ﻭﺃﻛﻞ ﺍﻟﻄﻌﺎﻡ.
[terjemah idem]
ﺃﺳﻨﻰ ﺍﻟﻤﻄﺎﻟﺐ 1/62
ﻭﻳﻜﺮﻩ ﻛﺘﺒﻪ ﺃﻱ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﻋﻠﻰ ﺣﺎﺋﻂ ﻭﻟﻮ ﻟﻤﺴﺠﺪ ﻭﻋﻤﺎﻣﺔ ﻟﻮ ﻗﺎﻝ ﻭﺛﻴﺎﺏ ﻛﻤﺎ ﻓﻲ ﺍﻟﺮﻭﺿﺔ ﻛﺎﻥ ﺃﻭﻟﻰ ﻭﻃﻌﺎﻡ ﻭﻧﺤﻮﻫﺎ،
Dan makruh menulisnya, maksudnya al-Qur`an pada dinding walaupun
untuk masjid, dan pada surban; andai pengarang berkata : "dan pada
baju" sebagaimana redaksi dalam kitab Raudhah, maka lebih utama
[mungkin maksudnya lebih pas; pen.], pada makanan dan selainnya.
Mbah Pardan # yg tidak makruh itu bila kaligrafi ditulis pada papan lalu digantung di dinding masjid.
ﺷﺮﺡ ﺍﻟﻄﺮﻳﻘﺔ ﺍﻟﻤﺤﻤﺪﻳﺔ ﻟﻴﺪﻯ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻐﻨﻰ ﺍﻟﻨﺒﻠﻰ ﺹ 634
ﻭﺗﻜﺮﻩ ﻛﺘﺎﺑﺔ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﻭﺍﺳﻤﺎﺀ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺪﺍﺭﻫﻢ ﻭﺍﻟﻤﺤﺎﺭﻳﺒﻰ ﺍﻭ
ﺍﻟﺠﺪﺭﺍﻥ ﻭﻣﺎ ﻳﻔﺮﺵ ﻭﻓﻰ ﺍﻟﻘﻨﻴﺔ ﺳﺒﺎﻁ ﺍﻭ ﻏﻴﺮﻩ ﻛﺘﺐ ﻋﻠﺒﻪ ﺍﻟﻤﻠﻚ ﺍﻟﻠﻪ ﻳﻜﺮﻩ ﺑﺴﻄﻪ
ﻭﺍﺳﺘﻌﻤﺎﻟﻪ ﺍﻻ ﺍﺫﺍ ﻋﻠﻖ ﻟﻠﺰﻳﻨﺔ ﻳﻨﺒﻐﻰ ﺍﻥ ﻻ ﻳﻜﺮﻩ.
Fokus :
ﺍﻻ ﺍﺫﺍ ﻋﻠﻖ ﻟﻠﺰﻳﻨﺔ ﻳﻨﺒﻐﻰ ﺍﻥ ﻻ ﻳﻜﺮﻩ
Kecuali apabila (tulisan) al-Qur`an itu digantung untuk tujuan hiasan, maka sepantasnyalah untuk tidak dimakruhkan.
Ubaid Bin Aziz Hasanan
kalo masalah menulis qur'an di tembok maka ada yang memperbolehkan
menurut sebagian madzhab hanafi, ulama' madzhab hanafi yang lain
memakruhkan
----( الفتاوى الهندية 5 / 323 ط دار الفكر )----
وَلَوْ كُتِبَ الْقُرْآنُ عَلَى الْحِيطَانِ وَالْجُدَرَانِ بَعْضُهُمْ
قَالُوا : يُرْجَى أَنْ يَجُوزَ , وَبَعْضُهُمْ كَرِهُوا ذَلِكَ
مَخَافَةَ السُّقُوطِ تَحْتَ أَقْدَامِ النَّاسِ , كَذَا فِي فَتَاوَى
قَاضِي خَانْ
Tidak ada komentar:
Posting Komentar