PERTANYAAN
Ibuetz Ibnu Al Mubasyiri
assalamu'alaikum
tanya kalau puasa pas azdan magrib belum nyicipi makanan eh yg bawah ngengkel/ngiyel kikuk2 bolehkah lansung tancep gas?
JAWABAN
Ubaid Bin Aziz Hasanan
Aryo Mangku Langit Ibuetz Ibnu Al Mubasyiri tanya kalau puasa pas azdan magrib belum nyicipi makanan eh yg bawah ngengkel/ngiyel kikuk2 bolehkah lansung tancep gas?
-----------------
Monggo Gus Ubaid Bin Aziz Hasanan
ini bagian njenengan
====
boleh tapi tidak mendapat kesunnahan berbuka (iftar) , karna tjuan berbuka ialah mengembalikan kekuatan badan, sdangkan jima' malah melemahkan badan
Menurut pendapat yang Mu’tamad (yang dapat dijadikan pegangan) orang yang “ berbuka puasa “ dengan cara menggauli istrinya tidak mendapatkan kesunahan menyegerakan diri dalam berbuka puasa ( ta’jilul fithri ). Alasannya karena berbuka puasa itu ber tujuan untuk untuk mengembalikan stamina setelah seharian berpuasa, sedangkan melakukan hubungan intim malah akan melemahkan stamina tubuh. Sedangkan menurut pendapat lain sudah dianggap " berbuka puasa ".
Namun Syeh Ibrohim Al Bajuri memberikan pengecualian, beliau menjelaskan jika memang tak punya apa-apa yang bisa dibuat berbuka pasa selain berhubungan intim maka diperbolehkan baginya untuk berbuka pasa puasa dengan bersenggama.
Dan karena hubungan intim tersebut dilakukan pada saat berbuka yang berarti sudah tidak lagi berpuasa maka ia tidak terkena kafarot.
( Yv Al Ghiffar, Ubaid bin Hasanan, Mazz Rofii, Brandal Loka Jaya dan Siroj Munir )
Referensi :
1. Nihayatuz Zain, Hal : 194
2. Busyrol Karim, Juz : 1 Hal : 563
3. Hasyiyah Al Bajuri, Juz : 1 Hal : 293
Ibarot :
Nihayatuz Zain, Hal : 194
و) الثاني (تعجيل الفطر) بعد تحقق الغروب وقبل الصلاة للخبر السابق وسن ذلك ولو مارا بالطريق ولا تنخرم مروءته به كطلب الأكل يوم عيد الفطر قبل الصلاة ولو مارا بالطريق والمعتمد عدم حصول سنة التعجيل بالجماع لما فيه من إضعاف القوة
Busyrol Karim, Juz : 1 Hal : 563
ومنه أيضاَ أنه يستحب (تعجيل الفطر)؛ للخبر الصحيح: لا تزال الناس بخير ما عجلوا الفطر، وأخروا السحور
وهل يحصل الفطر بنحو جماع وإدخال نحو عود في أذنه؟ قال (ب ج): الأولى نعم؛ وقال (ق ل): قوله (وتعجيل فطر) أي: بغير جماع.
وإنما يسن ما ذكر (عند تيقن الغروب) أو ظنه بأمارة قوية.
Hasyiyah Al Bajuri, Juz : 1 Hal : 293
فإن لم يجد إلا الجماع أفطر عليه, و قوله بعضهم لا يسن الفطر عليه محمول على ما إذا
وجد غيره
http://fiqhkontemporer99.blogspot.com/2012/08/buka-puasa-dengan-bersenggama.html
Sunde Pati
Nunu Nurul Qomariyah tak sumbang ibaroh yo
tapi ingat ,,jika tidak ada sesuatu untuk dibuat berbuka puasa kecuali jimak maka jimak bisa dpt pahala kesunahan ta'jilul fitri
ويسن تعجيل الفطر ) أي بتناول شيء كما في الجواهر وقضيته عدم حصول سنة التعجيل بالجماع وهو محتمل لما فيه من إضعاف القوة والضرر شرح م ر اه سم قال ع ش قوله م ر وهو محتمل معتمد اه وقال الرشيدي وقضيته أي ما في الجواهر أيضا عدم حصولها بالاستقاءة أو إدخال نحو عود في أذنه أو إحليله أو نحو ذلك وإن كان ما ذكره م ر من التعليل يأبى ذلك اه وقال الشارح في الإيعاب ما نصه وعبر أي المصنف كالقمولي بتناول المفطر لأنه أفطر بالغروب وقضيته حصول أصل السنة بسائر المنافيات للصوم كالجماع اه وجمع شيخنا بما نصه فإن لم يجد إلا الجماع أفطر عليه وقول بعضهم لا يسن الفطر عليه محمول على ما إذا وجد غيره اه قول المتن
حواشي الشرواني - (ج 3 / ص 420
Ibuetz Ibnu Al Mubasyiri
assalamu'alaikum
tanya kalau puasa pas azdan magrib belum nyicipi makanan eh yg bawah ngengkel/ngiyel kikuk2 bolehkah lansung tancep gas?
JAWABAN
Ubaid Bin Aziz Hasanan
Aryo Mangku Langit Ibuetz Ibnu Al Mubasyiri tanya kalau puasa pas azdan magrib belum nyicipi makanan eh yg bawah ngengkel/ngiyel kikuk2 bolehkah lansung tancep gas?
-----------------
Monggo Gus Ubaid Bin Aziz Hasanan
ini bagian njenengan
====
boleh tapi tidak mendapat kesunnahan berbuka (iftar) , karna tjuan berbuka ialah mengembalikan kekuatan badan, sdangkan jima' malah melemahkan badan
Menurut pendapat yang Mu’tamad (yang dapat dijadikan pegangan) orang yang “ berbuka puasa “ dengan cara menggauli istrinya tidak mendapatkan kesunahan menyegerakan diri dalam berbuka puasa ( ta’jilul fithri ). Alasannya karena berbuka puasa itu ber tujuan untuk untuk mengembalikan stamina setelah seharian berpuasa, sedangkan melakukan hubungan intim malah akan melemahkan stamina tubuh. Sedangkan menurut pendapat lain sudah dianggap " berbuka puasa ".
Namun Syeh Ibrohim Al Bajuri memberikan pengecualian, beliau menjelaskan jika memang tak punya apa-apa yang bisa dibuat berbuka pasa selain berhubungan intim maka diperbolehkan baginya untuk berbuka pasa puasa dengan bersenggama.
Dan karena hubungan intim tersebut dilakukan pada saat berbuka yang berarti sudah tidak lagi berpuasa maka ia tidak terkena kafarot.
( Yv Al Ghiffar, Ubaid bin Hasanan, Mazz Rofii, Brandal Loka Jaya dan Siroj Munir )
Referensi :
1. Nihayatuz Zain, Hal : 194
2. Busyrol Karim, Juz : 1 Hal : 563
3. Hasyiyah Al Bajuri, Juz : 1 Hal : 293
Ibarot :
Nihayatuz Zain, Hal : 194
و) الثاني (تعجيل الفطر) بعد تحقق الغروب وقبل الصلاة للخبر السابق وسن ذلك ولو مارا بالطريق ولا تنخرم مروءته به كطلب الأكل يوم عيد الفطر قبل الصلاة ولو مارا بالطريق والمعتمد عدم حصول سنة التعجيل بالجماع لما فيه من إضعاف القوة
Busyrol Karim, Juz : 1 Hal : 563
ومنه أيضاَ أنه يستحب (تعجيل الفطر)؛ للخبر الصحيح: لا تزال الناس بخير ما عجلوا الفطر، وأخروا السحور
وهل يحصل الفطر بنحو جماع وإدخال نحو عود في أذنه؟ قال (ب ج): الأولى نعم؛ وقال (ق ل): قوله (وتعجيل فطر) أي: بغير جماع.
وإنما يسن ما ذكر (عند تيقن الغروب) أو ظنه بأمارة قوية.
Hasyiyah Al Bajuri, Juz : 1 Hal : 293
فإن لم يجد إلا الجماع أفطر عليه, و قوله بعضهم لا يسن الفطر عليه محمول على ما إذا
وجد غيره
http://fiqhkontemporer99.blogspot.com/2012/08/buka-puasa-dengan-bersenggama.html
Sunde Pati
Nunu Nurul Qomariyah tak sumbang ibaroh yo
tapi ingat ,,jika tidak ada sesuatu untuk dibuat berbuka puasa kecuali jimak maka jimak bisa dpt pahala kesunahan ta'jilul fitri
ويسن تعجيل الفطر ) أي بتناول شيء كما في الجواهر وقضيته عدم حصول سنة التعجيل بالجماع وهو محتمل لما فيه من إضعاف القوة والضرر شرح م ر اه سم قال ع ش قوله م ر وهو محتمل معتمد اه وقال الرشيدي وقضيته أي ما في الجواهر أيضا عدم حصولها بالاستقاءة أو إدخال نحو عود في أذنه أو إحليله أو نحو ذلك وإن كان ما ذكره م ر من التعليل يأبى ذلك اه وقال الشارح في الإيعاب ما نصه وعبر أي المصنف كالقمولي بتناول المفطر لأنه أفطر بالغروب وقضيته حصول أصل السنة بسائر المنافيات للصوم كالجماع اه وجمع شيخنا بما نصه فإن لم يجد إلا الجماع أفطر عليه وقول بعضهم لا يسن الفطر عليه محمول على ما إذا وجد غيره اه قول المتن
حواشي الشرواني - (ج 3 / ص 420
Tidak ada komentar:
Posting Komentar