oleh : Mbah Godek
sekelumit keterangan tentang bumi
بدائع الزهور في وقائع الدهور (ص: 6، بترقيم الشاملة آليا)
قال الله تعالى (هو الذى خلق السموات والأرض فى ستة أيام ثم استوى على
العرش) قوله تعالى فى ستة أيام اختلف جماعة من العلماء فى مقدار هذه الأيام
هل هى من أيام الدنيا أم من أيام الآخرة قال ابن عباس رضى الله عنهما
ومجاهد والضحاك وآخرون من العلماء هى من أيام الدنيا وقال كعب الاحبار وابن
جرير انها من أيام الآخرة التى كل يوم منها مقدار ألف سنة مما تعدون
والأصح ما قاله ابن عباس والضحاك قال ابن عباس لما أراد الله تعالى أن يخلق
الأرض أمر الرياح جميعا أن تثور فثارت حتى هيجت المياه وأثارت الأمواج
فصار يضرب بعضها ببعض فلم تزل الرياح تضرب بالماء حتى أزبد وتراكم الزبد
فصار منه حشفة بيضاء فصارت ربوة كهيئة التل العظيم فجعل الماء يقل والزبد
ينمو بقدرة الله تعالى حتى بلغ ما بلغ وأحدق الماء من حوله فصارت الأرض
كالكرة الباركة فى الماء قال وهب بن منبه لما خلق الله تعالى الأرض كانت
طبقة واحدة ففتقها فسيرها سبعا كما فعل بالسماء وجعل بين الطبقة والطبقة
مسيرة خمسمائة عام وهو قوله تعالى (ففتقناهما وجعلنا من الماء كا شئ حى)
قال وهب بن منبه لما فتق الله تعالى الأرض وجعلها سبعا كان اسم الطبقة
الأولى أديما والثانية بسيطا والثالثة ثقيلا والرابعة بطيحا والخامسة حينا
والسادسة ماسكة والسابعة الثرى وفى بعض الروايات تختلف أسماؤها. قال
الثعلبى ان الأرض الثانية تخرج منها الريح وسكانها أمم يقال لهم الطمس
وطعامهم من لحومهم وشرابهم من دمائهم والطبقة الثالثة سكانها أمم وجوههم
كوجوه بنى آدم وأفواههم كأفواه الكلاب وأيديهم كأيدى بنى آدم وأرجلهم كأرجل
البقر وآذانهم كآذان البقر وعلى أبدانهم شعر كصوف الغنم وهو لهم ثياب
ويقال أن ليلنا نهارهم ونهارهم ليلنا والطبقة الرابعة سكانها أمم يقال لهم
الحلهام وليس لهم أعين ولا أقدام بل لهم أجنحة مثل أجنحة القطا والطبقة
الخامسة بها أمم يقال لهم الخشن وهم كأمثال البغال ولهم أذناب كل ذنب نحو
ثلثمائة ذراع وفى هذه الأرض حيات كأمثال النخل الطوال ولهم أنياب مثل
الجمال والطبقة السادسة بها أمم يقال لهم الحثوم وهم سود الابدان ولهم
مخالب كمخالب السباع ويقال ان الله تعالى يسلطهم على يأجوج ومأجوج حين
يخرجون على الناس فتهلكهم والطبقة السابعة فيها مسكن ابليس اللعين وجنوده
من المردة الشياطين
Alloh berfirman
Dialah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa/hari: Kemudian Dia bersemayam (berkuasa) di atas ´arsy (Alhadid ayat 4)
firman Alloh pada lafadz SITTATI AYYAMIN/6 hari golongan ulama berbeda
pendapat pada kira2 hari2 ini,apakah hari2 yg didunia atau hari2
akhirat,ibnu abbas Ra ,mujahid dan addlohak dan ulama2 akhir berkata yg
dimaksud adalah hari dunia.ka'ab al-ahbar dan ibnu jarir berkata,bahwa
hari yg diimaksud adalah hari diakhirat yg mana setiap 1 harinya kira2
seribu tahun dari hitungan hari dibumi,dan yg paling shohih adalah
pendapatnya ibnu abbas dan Addlohak
ibnu abbas berkata,disaat Alloh ingin menciptakan bumi,Alloh memberi
perintah pada semua angin agar bertiup kencang,sehingga bisa mengguncang
air dan menjadikan ombak yg saling berbenturan,angin tak hentinya
mengguncang air sehingga air tersebut mengeluarkan busa sehingga
tercipta pulau kecil yg putih dan membentuk seperti bukit yg besar,lalu
air dijadikan sedikit sedangkan busa tersebut tambah berkembang sehingga
mencapai titik total dengan kekuasaan Alloh,dan air selalu berbentur
disekitarnya maka jadilah bumi seperti bola yg mengambang di air
Wahhab bin munabbih berkata,disaat Alloh menciptakan bumi kala itu bumi
masih jadi 1 padu lalu Alloh membagi menjadi 7 sebagaimana Alloh membagi
langit,dan menjadikannya diantara tingkat 1 ketingkat yg lain ditempuh
perjalanan 500 tahun,dan pemisahan tersebut sebagaimana firman Alloh
أَوَلَمْ يَرَ الَّذِينَ كَفَرُوا أَنَّ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضَ كَانَتَا
رَتْقًا فَفَتَقْنَاهُمَا وَجَعَلْنَا مِنَ الْمَاء كُلَّ شَيْءٍ حَيٍّ
أَفَلا يُؤْمِنُونَ
Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit
dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami
pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang
hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?
Qs.al-anbiya' ayat 30
Wahhab bin munabbih berkata disaat Alloh memisah bumi dan membagi
jadi 7 bagian,maka tingkatan pertama bernama adim,yg ke 2 bernama
basit,yg ke 3 bernama tsaqil,yg ke 4 bernama batih yg ke 5 bermana hin
yg ke 6 bernama masikah yg ke 7 bernama attsaro
dan menurut sebagian riwayat terdapat perbedaan nama2nya
imam tsa'labi berkata,sesungguhnya bumi yg ke 2,disitu datanglah angin
dan penduduknya terdapat umat yg bernama atthomas,makanan mereka adalah
daging mereka sendiri dan minumannya adalah darah mereka sendiri
Penduduk pada tingkatan ke-3 memiliki wajah yg mirip dg wajahnya bani
adam , mulut mereka seperti mulutnya anjing , tangan mereka seperti
tangan bani adam ,kaki mereka seperti kakinya sapi dan telinga2 mereka
juga seperti telinga2 sapi , , dan dibadan mereka terdapat bulu2 seperti
bulu pada kambing yg mereka pergunakan sebagai pakaian mereka .
Dikatakan juga bahwa malam hari di tempat [ bumi ] mereka seperti siang hari di tempat [ bumi ] kita . begitu juga sebaliknya
Penduduk pada tingkatan ke-4 bernama alhalham , mereka tdk memiliki mata
dan juga kaki , akan tetapi mereka memiliki sayap seperti sayapnya
burung derkuku
penduduk pada tingkatan ke-5 bernama " Al khosan " , mereka semua
seperti keledai dan mempunyai ekor yg panjangnya 300 dziro' , dan
didalam bumi ini terdapat ular seperti gagang yg panjang dan mempunyai
taring yg bagus
penduduk pada tingkatan ke-6 bernama Alhatsum , badannya hitam pekat , mempunyai kuku sepeti kukunya hewan buas
Disebutkan bahwa Alloh menguasakn makhluk ini untuk ya'juj ma'jud ketika
muncul kepada manusia dan mereka jugalah yang nantinya akan menimbulkan
kerusakan pada manusia
penduduk pada tingkatan ke-7 adalah iblis dan pasukannya dari golongan syetan
=============
بدائع الزهور في وقائع الدهور (ص: 6، بترقيم الشاملة آليا)
قال الثعلبى لما خلق الله تعالى الأرض بعث اليها ملكا من تحت العرش فدخل من
تحت الأرضين السبع وأخرج احدى يديه من المشرق والأخرى من المغرب وقبض على
أطراف الأرض فلم يكن لقدميه قرار فأهبط الله تعالى ثورا من الجنة اسمه نون
له أربعون ألف قرن أربعون ألف قائمة من القرن الى القرن خمسمائة عام فاسقرت
قدم ذلك الملك على ذلك الثور فلم يكن لاقدام ذلك الثور قرار فأنزل الله
تعالى ياقوتة خضراء ثم خلق الله تعالى صخرة كغلظ السماء ولارض وهى الصخرة
التى قال لقمان لابنه
يَـٰبُنَىَّ إِنَّهَآ إِن تَكُ مِثْقَالَ حَبَّةٍ مِّنْ خَرْدَلٍ فَتَكُن فِى صَخْرَةٍ
[لقمان:16 ] الاية
واسم الصخرة صيخور وروى ان فى هذه الصخرة تسعة الاف ثقب فى كل ثقب منها بحر
لا يعلم عظمه الا الله فاستقرت تلك الياقوتة الخضراء عليها ولما لم يكن
للصخرة قرار أهبط الله تعالى اليهالا يعلم عظمه الا الله فاستقرت تلك
الياقوتة الخضراء عليها ولما لم يكن للصخرة قرار أهبط الله تعالى اليها
حوتاعظيما من البحر السابع الذى تحت العرش ويقال اسم الحوت بهموت وقيل
بلهوت فاستقرت تلك الصخرة على ظهر الحوت وقيل لا يقدر أحد أن ينظر الى ذلك
الحوت من بريق عينيه ولو وضعت بحار الدنيا كلها فى احدى منخريه لكانت
كالخردلة فى أرض فلاة فاستقر الحوت على الماء وصار واقفا مكانه لا يتحرك
فقال اللهم لك الحمد بك قويت وبحولك استطعت ولولا ذلك لما كان لى قوة على
حمل ما استحملتنى اياه فائذن لى يارب بالسجود شكرا لك على ذلك فأذن الله
تعالى له بأن يسجد فأدخل رأسه فى الماء حتى غاب ثم أخرجه من الماء فهو يسجد
فى كل يوم الى يوم القيامة ثم جعل الله تعالى تحت الماء الهواء وتحت
الهواء الظلمة ومن هناك ينقطع على الخلائق
imam tsa'labi berkata ketika Alloh menciptakan bumi maka Alloh mengutus
malaikat dari bawah arsy lalu masuk dari bawah bumi tingkat 7 dan
mengeluarkan salah 1 tangannya dari arah timur dan tangan yg 1 lagi dari
arah barat dan menggenggam sudut2 bumi akan tetapi tiada tempat
menginjak pada 2 telapak kakinya,lalu Alloh menurunkan sapi dari surga
yg bernama Nun,sapi tersebut punya 40.000 tanduk dan 40.000 kaki,dari
tanduk ketanduk yg lain sama halnya berjalan 500 tahun maka menetaplah
telapak kaki malaikat tersebut pada pada sapi itu,tapi tidak ada tempat
menginjakkan kaki bagi sapi maka Alloh menurunkan intan hijau dari
intan2 surga yg tebalnya kira2 ditempuh perjalanan 500 tahun maka
menetapkan kaki2 sapi tersebut pada intan ini,lalau Alloh menciptakan
batu yg tebalnya sebagaimana langit bumi dan batu ini adalah batu yg
diucapkan luqman waktu menasehati anaknya
يَا بُنَيَّ إِنَّهَا إِن تَكُ مِثْقَالَ حَبَّةٍ مِّنْ خَرْدَلٍ فَتَكُن
فِي صَخْرَةٍ أَوْ فِي السَّمَاوَاتِ أَوْ فِي الأَرْضِ يَأْتِ بِهَا
اللَّهُ إِنَّ اللَّهَ لَطِيفٌ خَبِيرٌ
[لقمان:16
(Luqman berkata):
"Hai anakku, sesungguhnya jika ada (sesuatu perbuatan) seberat biji
sawi, dan berada dalam batu atau di langit atau di dalam bumi, niscaya
Allah akan mendatangkannya (membalasinya). Sesungguhnya Allah Maha Halus
lagi Maha Mengetahui
nama batu itu adalah shoikhur diceritakan bahwa batu ini mempunyai 7
lobang dan disetiap 1 lobangnya terdapat lautan yg besarnya tidak bisa
diketahui kecuali hanya Alloh semata,lalu menetaplah intan hijau itu
diatas batu ini
dan batu ini tidak punya tempat untuk menetap maka Alloh ikan yg
besar dari laut lapis 7 yg letaknya dibawah arasy,yg mana nama ikan tadi
dikenal dengan sebutan bahmut,ada juga yg bilang balhut
maka menetaplah batu tersebut dipunggung ikan ini
dan dikatakan tiada 1 pun yg mampu melihat ikan ini karena kedua
matanya sangat berkilau,umpama laut2 dibumi ini ditaruh disalah 1 lobang
hidung ikan ini maka semuanya akan muat laksana biji sawi yg diletakkan
dibumi
dan menetapkan ikan ini diatas air dan berdiam diri bahkan tidak bergerak dan ikan tadi berkata
Ya TUHAN bagimu segala puji dan sebabmu aku jadi kuat dan dengan
dayamu aku jadi mampu jika bukan sebab itu aku gak akan mampu
menggendong muatan ini maka izinkanlah aku wahai Tuhan untuk bersujud
syukur padamu,,maka Alloh mengizinkannya untuk bersujud,lalu ikan itu
menenggelamkan kepalanya diair lalu mengeluarkannya,dan ikan itu
melakukan sujud setiap hari samapai hari kiamat nanti
kemudian Alloh menciptakan udara dibawah air tersebut dan menciptakan
ruang kegelapan dibawah udara tersebut dan dari situlah jadi terbagi
alamnya para mahluk
Tidak ada komentar:
Posting Komentar