PERTANYAAN
Nisfi Sitta
assalamu alaikum poro ustadz dan ustadzah,,
nderek tanglet>> bab MAHAR
1. haruskah sebuah mahar dalam pernikahan berupa barang?
2. bolehkah mahar berupa hafalan atau bacaan ayat alqur'an?
suwun, jawabanipun
JAWABAN
Ibuetz Ibnu Al Mubasyiri
waalaikumussalam
1-tdk hars
di riwayatkn uqbah bin amir ra brkata rosululloh saw brkata pada lelaki kamu aku kawinkn dgn fulan lelaki tadi mnjawab
ia lalu rosululloh brkata pd calon istri kamu saya kawinkn dgn fulan apa kamu mau , wanita tadi mnjwb ia maka rosulullo
menikahkn keduanya lalu keduanya berhubungan suami istri dan rosululloh tdk mewajibkan mahar pd laki2 tadi
krn tujuan nikah dalah mmprsatukan 2insan serta brmesraan/mnggauli/ istimta'bkn mahar maksah tanpa maha
muhazdab juz2/55
2-boleh mahar mnggunakan bacaan ayat2 alquran bahkn tanpa maharpun boleh
Chariz Setiono
tlong d luruskan klau slah,,,
ويجوز
أن يكون منفعه كالخدمه وتعليم القرآن وغيرهما من المنافع المباحة لقوله عز
وجل (إنى أريد أن أنكحك إحدى ابنتى هاتين على أن تأجرني ثمانى حجج) فجعل
الرعى صداقا وزوج النبي صلى الله عليه وسلم الواهبة من الذى خطبها بما معه
من القرآن
“Dan
boleh mahar yang berupa kemanfaatan seperti pengkhidmahan dan
mengajarkan al-Quran dan kemanfatan-kemanfatan lainnya, berdasarkan
firman Allah “Berkatalah dia (Syuaib): "Sesungguhnya aku bermaksud
menikahkan kamu dengan salah seorang dari kedua anakku ini, atas dasar
bahwa kamu bekerja denganku delapan tahun” (QS. 28:27) dalam ayat
tersebut pengkhidmahan berupa menggembala dijadikan mas kawin dan karena
baginda Nabi Muhammad SAW. Menikahi wanita yang beliau pinang, juga ada
yang hanya memakai sesuatu dari al-Quran”Al-Majmuu’ ala Syarh
al-Muhadzdzab 16/328
Brojol Gemblung
Perlu
diketahui bahwa maksud diperbolehkannya membayar maskawin dg hafalan
itu mengajarkan apa yg dihafal kepada istrinya, bukan hanya dibaca saja.
lebih lengkapnya ini :
>> pertanyaan
Sri Mursida Samad
Assalamu'alaikum..
Mau tanya.. Begini, misalkan nanti klo nikah aq minta mahar hafalan
surah.. Jdi, apakah pas nikah nanti, calon prianya mngucapkan ijab qabul dulu atau melafalkan surah dlu sbg mahar?
JAWABAN :
>> Masaji Antoro
Wa'alaikumsalam
Mas kawin berupa mengajarkan bacaan al-Quran atau mengajarkan hafalan
al-Quran pada istri diperbolehkan meskipun sudah bisa baca/hafal
al-Quran yang hendak dia ajarkan karena didalamnya mengandung
kemanfaatan.
ويجوز أن يكون منفعه كالخدمه وتعليم القرآن وغيرهما من المنافع المباحة
لقوله عز وجل (إنى أريد أن أنكحك إحدى ابنتى هاتين على أن تأجرني ثمانى
حجج) فجعل الرعى صداقا وزوج النبي صلى الله عليه وسلم الواهبة من الذى
خطبها بما معه من القرآن
“Dan boleh mahar yang berupa kemanfaatan seperti pengkhidmahan dan
mengajarkan al-Quran dan kemanfatan-kemanfatan lainnya, berdasarkan
firman Allah “Berkatalah dia (Syuaib): "Sesungguhnya aku bermaksud
menikahkan
kamu dengan salah seorang dari kedua anakku ini, atas dasar bahwa kamu
bekerja denganku delapan tahun” (QS. 28:27) dalam ayat tersebut
pengkhidmahan berupa menggembala
dijadikan mas kawin dan karena baginda Nabi Muhammad SAW. Menikahi
wanita yang beliau pinang, juga ada yang hanya memakai sesuatu dari
al-Quran”Al-Majmuu’ ala Syarh al-Muhadzdzab 16/328
______________________
ويجوز ان يتزوجها علي منفعة معلومة كتعليم القرأن....
ولا فرق لتعليم القرأن بين ان يكون لكله كما هو ظاهره او لسور معينة منه
كالفاتحة وغيرها او لقدر معين من سورة معينة كربع من سورة يس وان كانت
تعريفه
“Dan boleh bagi seorang (calon) suami menikahi wanita dengan memakai
kemanfaatan yang telah diketahui seperti mengajarkan al-Quran...
Dan tidak terdapat perbedaan mengenai mengajarkan al-Quran antara
mengajarinya seluruh al-Quran atau mengajarkan surat-surat tertentu
seperti surat al-Fatihah atau surat lainnya, atau mengajarkannya pada
batasan tertentu dari sebuah surat yang telah ditentukan seperti
seperempat dari surat Yaasiin meskipun wanita tersebut telah
mengetahuinya.”
Al-Baajuuri II/126
* Membacanya sesudah ijab qabul...
http://www.piss-ktb.com/2012/04/1470-mas-kawin-berupa-hafalan-al-quran.html?m=1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar