Alvaro Zulfadhli Aqila
assalamu'alaikum
Allah tidak akan menguji hambanya di luar kemampuan hambanya (sesuai dengan batas kemampuan hamba tsb). Tapi dalam kenyataan kok ada org gila atau yang sampai bunuh diri karena tak kuat menanggung ujian hidup.
Mohon penjelasan nya.
JAWABAN
Muhammad Fatkhurozi
wa'alaikum salam
من تردّىمن جبل فقتل نفْسه فهوفى نارجهنّم يتردّى فيها خا لدّا مخلّدافيهل ابدا, ومنْ تحسّى سمّا فقتل نفْسه فسمّّه فى يده يتحسّاه فى نار جهنّم خا لدّا مخلّدافيها ابدا,ومنْ قتل نفْسه بحديْدة فحديْدته فى يده يتوجّأبها فى بطْنه فى نار جهنّم خا لدّا مخلّدافيها ابدا (رواه بخارى و مسلم)
Artinya “ Barang siapa menghempaskan diri dari sebuah bukit, lalu ia menewaskan dirinya, maka ia akan masuk neraka dalam keadaan terhempas di dalamnya, kekal dikekealkan di neraka untuk selama-lamanya. Dan barang siapa meneguk racun lalu menewaskan dirinya, maka racun itu tetap ditanganya sambil ia menegukkanya di dalam neraka jahannam, kekal lagi dikekalkan di dalamnya selama-lamanya. Dan barang siapa membunuh dirinya dengan sepotong besi, maka besinya itu terus berada di tanganya, ia tikamkan ke perutnya di dalam api neraka jahanam selama-lamanya
Ibuetz Ibnu Al Mubasyiri
BISMILLAHIRROHMANIRROHIIM
memang benar alloh swt itu memberi cobaan atau ujian itu tdak akan melebihi batas kemampuan hambanya, lalu ada pertanyaan mengapa sampai ada orang yg putus asa hingga ada yg bunuh diri? ya itu belum tentu ujian yg alloh berikan pada mereka boleh jadi itu adalah azdabkarna perbuatan dosa2 mereka ya semisal pacaran dan berbuat maksiat padahal mereka serta orang tua mereka tau kalau itu perbuatan dosa hingga kadang mereka putus cinta karna tak kuat maka bunuh diri apakah ini di katakan ujian?tentu bukan tapi adalah adzab,dalam alquraan alloh swt berfirman
مَّآ أَصَابَكَ مِنْ حَسَنَةٍۢ فَمِنَ ٱللَّهِ ۖ وَمَآ أَصَابَكَ مِن سَيِّئَةٍۢ فَمِن نَّفْسِكَ ۚ وَأَرْسَلْنَـٰكَ
لِلنَّاسِ رَسُولًۭا ۚ وَكَفَىٰ بِٱللَّهِ شَهِيدًۭا ﴿٧٩﴾ابن كثير
XX
ثم قال تعالى مخاطبا لرسوله صلى الله عليه وسلم والمراد جنس الإنسان ليحصل الجواب "ما أصابك من حسنة فمن الله" أي من فضل الله ومنته ولطفه ورحمته "وما أصابك من سيئة فمن نفسك" أي فمن قبلك ومن عملك أنت كما قال تعالى"وما أصابكم من مصيبة فبما كسبت أيديكم ويعفو عن كثير" قال السدي والحسن البصري ي وابن جريج وابن زيد "فمن نفسك" أي بذنبك وقال قتادة في الآية "فمن نفسك" عقوبة لك يا ابن آدم بذنبك. قال: وذكر لنا أن النبي صلى الله عليه وسلم قال "لا يصيب رجلا خدش عود ولا عثرة قدم ولا اختلاج عرق إلا بذنب وما يعفو الله أكثر" وهذا الذي أرسله قتادة قد روي متصلا في الصحيح "والذي نفسي بيده لا يصيب المؤمن هم ولا حزن ولا نصب حتى الشوكة يشاكها إلا كفر الله عنه بها من خطاياه" وقال أبو صالح "وما أصابك من سيئة فمن نفسك"أي بذنبك وأنا الذي قدرتها عليك رواه ابن جرير وقال ابن أبي حاتم: حدثنا أحمد بن عمار حدثنا سهل بن بكار حدثنا الأسود بن شيبان حدثني عقبة بن واصل ابن أخي مطرف عن مطرف بن عبدالله قال: ما تريدون من القدر أما تكفيكم الآية التي في سورة النساء "وإن تصبهم حسنة يقولوا هذه من عند الله وإن تصبهم سيئة يقولون هذه من عندك" أي من نفسك والله ما وكلوا إلى القدر وقد أمروا وإليه يصيرون وهذا كلام متين قوي في الرد على القدرية والجبرية أيضا ولبسطه موضع آخر وقوله تعالى "وأرسلناك للناس رسولا" أي تبلغهم شرائع الله وما يحبه الله ويرضاه وما يكرهه ويأباه"وكفى بالله شهيدا" أي على أنه أرسلك وهو شهيد أيضا بينك وبينهم وعالم بما تبلغهم إياه وبما يردون عليك من الحق كفرا وعنادا
atau mungkin dalam segi bisnis permulaannya lancar serba sukses tapi harta yg di hasilaka dari korupsi,atau nipu, atau jual beli yg di haramkan oleh syara' padahal mereka tau kalau usaha mereka adalah dengan cara2 yg tidak halal mereka merasa apa yg mereka peroleh adalah anugrah dr alloh dgn harta yg melimpah lalu alloh swt membuat mereka bangkrut hingga mereka stres tdk siap menjadi orang miskin lalu bunuh diri atau di penjara,apakah ini ujian? ya tentu bukan tapi ini adalah azdab , dalam alquran surat al anam ayat 44 alloh swt berfirman
فَلَمَّا نَسُوا۟ مَا ذُكِّرُوا۟ بِهِۦ فَتَحْنَا عَلَيْهِمْ أَبْوَٰبَ كُلِّ شَىْءٍ حَتَّىٰٓ إِذَا فَرِحُوا۟ بِمَآ أُوتُوٓا۟ أَخَذْنَـٰهُم بَغْتَةًۭ فَإِذَا هُم مُّبْلِسُونَ ﴿٤٤﴾ابن كثير
XX
ثم قرأ "فلما نسوا ما ذكروا به فتحنا عليهم أبواب كل شيء حتى إذا فرحوا بما أوتوا أخذناهم بغتة فإذا هم مبلسون" قال مكر بالقوم ورب الكعبة أعطوا حاجتهم ثم أخذوا رواه ابن أبي حاتم وقال قتادة: بغت القوم أمر الله وما أخذ الله قوما قط إلا عند سكرتهم وغرتهم ونعمتهم فلا تغتروا بالله فإنه لا يغتر بالله إلا القوم الفاسقون رواه ابن أبي حاتم أيضا. وقال مالك عن الزهري "فتحنا عليهم أبواب كل شيء" قال أرجاء الدنيا وسترها. وقد قال الإمام أحمد: حدثنا يحيى بن غيلان حدثنا رشدين - يعني ابن سعد أبا الحجاج المهري - عن حرملة بن عمران التجيبي عن عقبة بن مسلم عن عقبة بن عامر عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: اذا رأيت الله يعطي العبد من الدنيا على معاصيه ما يحب فإنما هو استدراج ثم تلا رسول الله صلى الله عليه وسلم "فلما نسوا ما ذكروا به فتحنا عليهم أبواب كل شيء حتى إذا فرحوا بما أوتوا أخذناهم بغتة فإذا هم مبلسون" ورواه ابن جرير وابن أبي حاتم من حديث حرملة وابن لهيعة عن عقبة بن مسلم عن عقبة بن عامر به. وقال ابن أبي حاتم: حدثنا هشام بن عمار حدثنا عراك بن خالد بن يزيد حدثني أبي عن إبراهيم بن أبي عبلة عن عبادة بن الصامت أن رسول الله صلى الله عليه وسلم كان يقول "إذا أراد الله بقوم بقاء أو نماء رزقهم القصد والعفاف وإذا أراد الله بقوم اقتطاعا فتح لهم أو فتح عليهم باب خيانة" "حتى إذا فرحوا بما أوتوا أخذناهم بغتة فإذا هم مبلسون".كما قال "فقطع دابر القوم الذين ظلموا والحمد لله رب العالمين" ورواه أحمد وغيره
adapun orang2 yg mendapatkan cobaan yg sesuai dgn kekuatan hambanya tentulah dia adalh hamba2 yg beriman dan bertaqwa kpd alloh sehingga alloh swt memberikan cobaan pada hamba tersebut atas dasar ujian buakan atas dasar azdab/dosa dalam al quran surat al angkabut ayat 2 alloh swt ber firman
أَحَسِبَ ٱلنَّاسُ أَن يُتْرَكُوٓا۟ أَن يَقُولُوٓا۟ ءَامَنَّا وَهُمْ لَا يُفْتَنُونَ ﴿٢﴾ابن كثير
XX
استفهام إنكار ومعناه أن الله سبحانه وتعالى لا بد أن يبتلي عباده المؤمنين بحسب ما عندهم من الإيمان كما جاء في الحديث الصحيح "أشد الناس بلاء الأنبياء ثم الصالحون ثم الأمثل فالأمثل يبتلى الرجل على حسب دينه فإن كان في دينه صلابة زيد له في البلاء" وهذه الآية كقوله: "أم حسبتم أن تتركوا ولما يعلم الله الذين جاهدوا منكم ويعلم الصابرين" ومثلها في سورة براءة وقال في البقرة "أم حسبتم أن تدخلوا الجنة ولما يأتكم مثل الذين خلوا من قبلكم مستهم البأساء والضراء وزلزلوا حتى يقول الرسول والذين آمنوا معه متى نصر الله ألا إن نصر الله قريب". dan setelah di uji maka mereka di beri pertolongan oleh alloh swt
dan kalau memang di orang beriman dan bertaqwa kpd alloh swt maka setiap cobaan,setiap kesulitan di jamin oleh alloh swt akan di beri jalan keluar yg gampang/tidak di persulait ,kiranya firman alloh swt surat attolak ayat 2,3,4,5 ini bisa menjadi patokan bagaimana alloh menjamin orang2 yg bertaqwa dan beriman kepadanya وَمَن يَتَّقِ ٱللَّهَ يَجْعَل لَّهُۥ مَخْرَجًۭا ﴿٢﴾ وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ ۚ وَمَن يَتَوَكَّلْ عَلَى ٱللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُۥٓ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ بَـٰلِغُ أَمْرِهِۦ ۚ قَدْ جَعَلَ ٱللَّهُ لِكُلِّ شَىْءٍۢ قَدْرًۭا ﴿٣﴾ وَٱلَّـٰٓـِٔى يَئِسْنَ مِنَ ٱلْمَحِيضِ مِن نِّسَآئِكُمْ إِنِ ٱرْتَبْتُمْ فَعِدَّتُهُنَّ ثَلَـٰثَةُ أَشْهُرٍۢ وَٱلَّـٰٓـِٔى لَمْ يَحِضْنَ ۚ وَأُو۟لَـٰتُ ٱلْأَحْمَالِ أَجَلُهُنَّ أَن يَضَعْنَ حَمْلَهُنَّ ۚ وَمَن يَتَّقِ ٱللَّهَ يَجْعَل لَّهُۥ مِنْ أَمْرِهِۦ يُسْرًۭا ﴿٤﴾ ذَٰلِكَ أَمْرُ ٱللَّهِ أَنزَلَهُۥٓ إِلَيْكُمْ ۚ وَمَن يَتَّقِ ٱللَّهَ يُكَفِّرْ عَنْهُ سَيِّـَٔاتِهِۦ وَيُعْظِمْ لَهُۥٓ أَجْرًا ﴿
(2) .........................................................................................................
(3) Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan) nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendaki) Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.
(4) Dan perempuan-perempuan yang tidak haid lagi (monopause) di antara perempuan-perempuanmu jika kamu ragu-ragu (tentang masa idahnya) maka idah mereka adalah tiga bulan; dan begitu (pula) perempuan-perempuan yang tidak haid. Dan perempuan-perempuan yang hamil, waktu idah mereka itu ialah sampai mereka melahirkan kandungannya. Dan barang siapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya.
(5) Itulah perintah Allah yang diturunkan-Nya kepada kamu; dan barang siapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan menghapus kesalahan-kesalahannya dan akan melipat gandakan pahala baginya
wallohu a'lam
Cikong Mesigit
لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا
Allah tdk mmberikan beban pd seseorg melainkan sesuai kemampuannya.
Pd ayat lain yg serupa maknanya dg diatas disebutkan bberapa kali dlm alqur,an.
Ini sebetulnya berkaitan dg syari'at.jd kemampuan seseorg utk mnjalankan perintah Allah&kemampuan seseorg utk mnjauhi larangannya telah mencukupi kadarnya.dlm arti kemampuan itu ada utk mnjalani taklif/beban syari'at.
Adapun BERAT/RINGANNYA BEBAN tsb adlh persepsi individu itu sendiri.
Tdk semua kgagalan dlm ujian/cobaan berujung gila/bnuh diri.silahkan kalkulasikan brp jumlah mnusia yg mngalami kgagalan&brp yg gila/bnh diri dg yg tidak.
"GAGAL TAK BERARTI TIDAK MAMPU TP BELUM MAMPU.
BELUM MAMPU PD HAKEKATNYA ADA KEMAMPUAN
Intinya manusia itu punya AKAL yg dapat membedakan mana yg baik dan mana yg buruk .. Orang yang menggunakan akalnya tentu akan memikirkan bagaimana cara menyelesaikan masalah ,, karena setiap masalah pasti ada jalan keluarnya ..
BalasHapusSebabnya karena mereka tidak berdoa agar bebannya diringankan oleh Allah seperti doa yang ada didalam Surah Al baqoroh..kalau berdoa pasti bebannya diringankan atau diganti dengan ujian yang lain..giti aja kok repot.
BalasHapusSebabnya karena mereka tidak berdoa agar bebannya diringankan oleh Allah seperti doa yang ada didalam Surah Al baqoroh..kalau berdoa pasti bebannya diringankan atau diganti dengan ujian yang lain..giti aja kok repot.
BalasHapusSebabnya karena mereka tidak berdoa agar bebannya diringankan oleh Allah seperti doa yang ada didalam Surah Al baqoroh..kalau berdoa pasti bebannya diringankan atau diganti dengan ujian yang lain..giti aja kok repot.
BalasHapus