PERTANYAAN
As Jockerr
Assalamu'alaikum..
As jockerr brtanya.....
Apakah semua sholat sunah jg bisa diQodo'??..sholat fajar,Rhowatib,Tahajud,witir...dll
Matur nwun sak derenge ^_^
JAWABANBrojol Gemblung
Wa'alaikumussalam
Mengqadha` shalat sunnah yg tidak mempunyai sebab itu dianjurkan (sunnah).
ﻓﺘﺢ ﺍﻟﻤﻌﻴﻦ - ﺍﻟﻤﻠﻴﺒﺎﺭﻱ ﺍﻟﻬﻨﺪﻱ - ﺝ - ١ ﺍﻟﺼﻔﺤﺔ ٣٠٩ - ٣١٠:
ﻭﻳﻨﺪﺏ ﻗﻀﺎﺀ ﻧﻔﻞ ﻣﺆﻗﺖ ﺇﺫﺍ ﻓﺎﺕ ﻛﺎﻟﻌﻴﺪ ﻭﺍﻟﺮﻭﺍﺗﺐ ﻭﺍﻟﻀﺤﻰ، ﻻ ﺫﻱ ﺳﺒﺐ ﻛﻜﺴﻮﻑ ﻭﺗﺤﻴﺔ ﻭﺳﻨﺔ ﻭﺿﻮﺀ. ﻭﻣﻦ ﻓﺎﺗﻪ ﻭﺭﺩﻩ - ﺃﻱ ﻣﻦ ﺍﻟﻨﻔﻞ ﺍﻟﻤﻄﻠﻖ - ﻧﺪﺏ ﻟﻪ ﻗﻀﺎﺅﻩ،
Dan dianjurkan (disunnahkan) mengqadha` shalat sunnah yg berwaktu ketika shalat tersebut telah tertinggal dari seseorang, seperti shalat 'Iid, Rawatib, dan Dhuhaa, bukan shalat sunnah yg mempunyai sebab, seperti shalat gerhana, Tahiyyat (al-Masjid), dan shalat sunnah Wudhu`. Dan barangsiapa yg tertinggal melakukan shalat sunnah mutlak (shalat yg tidak terkait dg sebab dan waktu) maka disunnahkan untuk mengqadha`nya. ﺑﺠﻴﺮﻣﻲ ﻋﻠﻲ ﺍﻟﻤﻨﻬﺞ 1/185 :
ﻭﺳﻦ ﻗﻀﺎﺀ ﻧﻔﻞ ﻣﺆﻗﺖ ﺇﺫﺍ ﻓﺎﺕ ﻛﺼﻼﺗﻲ ﺍﻟﻌﻴﺪ ﻭﺍﻟﻀﺤﻰ ﻭﺭﻭﺍﺗﺐ ﺍﻟﻔﺮﺍﺋﺾ ﺃﻳﻀﺎ ﻛﻤﺎ ﺗﻘﻀﻰ ﺍﻟﻔﺮﺍﺋﺾ ﺑﺠﺎﻣﻊ ﺍﻟﺘﺄﻗﻴﺖ ﻭﻟﺨﺒﺮ ﺍﻟﺸﻴﺨﻴﻦ : ﻣَﻦْ ﻧَﺎﻡَ ﻋَﻦْ ﺻَﻠَﺎﺓٍ ﺃَﻭْ ﻧَﺴِﻴَﻬَﺎ ﻓَﻠْﻴُﺼَﻠِّﻬَﺎ ﺇﺫَﺍ ﺫَﻛَﺮَﻫَﺎ ﻭﻷﻧﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻗَﻀَﻰ ﺭَﻛْﻌَﺘَﻲْ ﺳُﻨَّﺔِ ﺍﻟﻈُّﻬْﺮِ ﺍﻟْﻤُﺘَﺄَﺧِّﺮَﺓِ ﺑَﻌْﺪَ ﺍﻟْﻌَﺼْﺮِ. ﺭﻭﺍﻩ ﺍﻟﺸﻴﺨﺎﻥ ﻭَﺭَﻛْﻌَﺘَﻲْ ﺍﻟْﻔَﺠْﺮِ ﺑَﻌْﺪَ ﻃُﻠُﻮﻉِ ﺍﻟﺸَّﻤْﺲِ ﻟَﻤَّﺎ ﻧَﺎﻡَ ﻓِﻲ ﺍﻟْﻮَﺍﺩِﻱ ﻋَﻦْ ﺍﻟﺼُّﺒْﺢ. ﺭﻭﺍﻩ ﺃﺑﻮ ﺩﺍﻭﺩ ﺑﺈﺳﻨﺎﺩ ﺻﺤﻴﺢ ﻭﻓﻲ ﻣﺴﻠﻢ ﻧﺤﻮﻩ. ﻭﺧﺮﺝ ﺑﺎﻟﻤﺆﻗﺖ ﺍﻟﻤﺘﻌﻠﻖ ﺑﺴﺒﺐ ﻛﻜﺴﻮﻑ ﻭﺗﺤﻴﺔ ﻓﻼ ﻳﻘﻀﻰ.
ﻗﻮﻟﻪ : ﻭﺳﻦ ﻗﻀﺎﺀ ﻧﻔﻞ ﻣﺆﻗﺖ ﺃﻱ : ﻓﻲ ﺍﻷﻇﻬﺮ ﻭﻣﻘﺎﺑﻠﻪ ﻻ ﻳﺴﻦ ﻛﻐﻴﺮ ﺍﻟﻤﺆﻗﺖ. ﺍﻫـ ﺷﺮﺡ ﻡ ﺭ ﻭﻳﺴﺘﺜﻨﻰ ﻣﻨﻪ ﺳﻨﺔ ﺍﻟﺠﻤﻌﺔ ﻓﻼ ﺗﻘﻀﻰ ﻷﻥ ﺍﻟﺠﻤﻌﺔ ﻻ ﺗﺼﺢ ﺧﺎﺭﺝ ﺍﻟﻮﻗﺖ ﻓﻜﺬﺍ ﺗﺎﺑﻌﻬﺎ ﻭﻣﺜﻞ ﺍﻟﻨﻔﻞ ﺍﻟﺼﻮﻡ ﺍﻟﻤﺆﻗﺖ ﻛﺼﻮﻡ ﻳﻮﻡ ﻋﺮﻓﺔ ﻛﻤﺎ ﻓﻲ ﺯ ﻱ ﻭﻉ ﺵ ﻋﻠﻰ ﻡ ﺭ .
ﻗﻮﻟﻪ : ﻛﻤﺎ ﺗﻘﻀﻰ ﺍﻟﻔﺮﺍﺋﺾ ﻗﺪﻡ ﺍﻟﻘﻴﺎﺱ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻨﺺ ﻷﻥ ﻣﻔﺎﺩﻩ ﻋﺎﻡ ﺑﺨﻼﻑ ﺍﻟﻨﺺ ﻓﺈﻧﻪ ﺧﺎﺹ ﺑﻤﺎ ﺇﺫﺍ ﻓﺎﺗﺖ ﺑﻨﻮﻡ ﺃﻭ ﻧﺴﻴﺎﻥ. ﺍﻫـ ﺷﻮﺑﺮﻱ ﻗﻮﻟﻪ : ﻋﻦ ﺻﻼﺓ ﻓﺮﺿﺎ ﺃﻭ ﻧﻔﻼ ﻭﻭﺟﻪ ﺍﻟﺪﻻﻟﺔ ﺃﻥ " ﺻﻼﺓ " ﻧﻜﺮﺓ ﻓﻲ ﺳﻴﺎﻕ ﺍﻟﺸﺮﻁ ﻓﺘﻌﻢ ﺍﻟﻨﻔﻞ ﻭﺍﻟﻔﺮﺽ
ﻗﻮﻟﻪ : ﺇﺫﺍ ﺫﻛﺮﻫﺎ ﺃﻱ ﺃﻭ ﺇﺫﺍ ﺍﺳﺘﻴﻘﻆ ﻷﻥ ﺍﻟﺘﺬﻛﺮ ﺧﺎﺹ ﺑﺎﻟﻨﺴﻴﺎﻥ ﻭﻳﻤﻜﻦ ﺃﻥ ﻳﺮﺍﺩ ﺑﻪ ﻣﺎ ﻳﺸﻤﻞ ﺍﻻﺳﺘﻴﻘﺎﻅ . ﻗﻮﻟﻪ : ﻭﻷﻧﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺃﺗﻰ ﺑﻬﺬﺍ ﺍﻟﺤﺪﻳﺚ ﺑﻌﺪ ﺍﻷﻭﻝ ﻷﻥ ﺍﻷﻭﻝ ﺭﺑﻤﺎ ﻳﺘﻮﻫﻢ ﻣﻨﻪ ﺃﻥ ﺍﻟﻘﻀﺎﺀ ﺧﺎﺹ ﺑﺎﻟﻔﺮﺽ ﻛﻤﺎ ﻳﻘﻮﻝ ﺑﻪ ﺑﻌﺾ ﺍﻷﺋﻤﺔ ﻭﻳﺤﻤﻠﻪ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻔﺮﺽ ﻭﺍﻟﺜﺎﻧﻲ ﻓﻴﻪ ﺍﻟﺘﺼﺮﻳﺢ ﺑﻘﻀﺎﺀ ﺍﻟﻨﻔﻞ ﻭﻫﻮ ﺍﻟﻤﺪﻋﻰ ﻛﻤﺎ ﺃﻓﺎﺩﻩ ﺷﻴﺨﻨﺎ
ﻗﻮﻟﻪ : ﻗﻀﻰ ﺭﻛﻌﺘﻲ ﺳﻨﺔ ﺍﻟﻈﻬﺮ ﺃﻱ : ﻟﻤﺎ ﺍﺷﺘﻐﻞ ﻋﻨﻬﺎ ﺑﺎﻟﻮﻓﺪ ﻭﻭﺍﻇﺐ ﻋﻠﻰ ﻗﻀﺎﺋﻬﺎ ﺃﻱ : ﺩﺍﻭﻡ ﻋﻠﻰ ﻓﻌﻠﻬﺎ ﺑﻌﺪ ﺍﻟﻌﺼﺮ ﻻ ﻋﻠﻰ ﺗﺄﺧﻴﺮ ﺳﻨﺔ ﺍﻟﻈﻬﺮ ﺍﻟﻤﺘﺄﺧﺮﺓ ﺇﻟﻰ ﻣﺎ ﺑﻌﺪ ﺍﻟﻌﺼﺮ ﻛﻤﺎ ﻗﺪ ﻳﺘﻮﻫﻢ. ﺍﻫـ ﺡ ﻝ . ﻓﺈﻥ ﻗﻴﻞ : ﻟﻢ ﻭﺍﻇﺐ ﻋﻠﻰ ﻗﻀﺎﺋﻬﺎ ﻭﻟﻢ ﻳﻮﺍﻇﺐ ﻋﻠﻰ ﻗﻀﺎﺀ ﺳﻨﺔ ﺍﻟﻔﺠﺮ ﻣﻊ ﺃﻧﻬﺎ ﺁﻛﺪ ﻭﻭﻗﺖ ﻗﻀﺎﺋﻬﺎ ﻟﻴﺲ ﻭﻗﺖ ﻛﺮﺍﻫﺔ ؟ ﻗﻠﺖ : ﺃﺟﻴﺐ ﺑﺄﻥ ﺳﻨﺔ ﺍﻟﻔﺠﺮ ﻓﺎﺗﺘﻪ ﻣﻊ ﺟﻤﻊ ﻣﻦ ﺍﻟﺼﺤﺎﺑﺔ ﻓﻠﻮ ﻭﺍﻇﺐ ﻋﻠﻰ ﻗﻀﺎﺋﻬﺎ ﻟﺘﺄﺳﻰ ﺑﻪ ﻛﻞ ﻣﻦ ﻓﺎﺗﺘﻪ ﺇﺫ ﻛﺎﻥ ﻣﻦ ﻋﺎﺩﺗﻬﻢ ﺍﻟﺤﺮﺹ ﻋﻠﻰ ﺍﻗﺘﻔﺎﺀ ﺁﺛﺎﺭﻩ ﻭﺍﻟﻤﺘﺎﺑﻌﺔ ﻟﻪ ﻓﻲ ﺃﻓﻌﺎﻟﻪ ﻓﻴﺸﻖ ﺫﻟﻚ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﺑﺨﻼﻑ ﺳﻨﺔ ﺍﻟﻈﻬﺮ ﺃﻭ ﻷﻧﻪ ﻛﺎﻥ ﻓﻲ ﺳﻔﺮ ﻓﻠﻢ ﻳﻮﺍﻇﺐ ﻋﻠﻴﻬﺎ ﻟﺬﻟﻚ ﺑﺨﻼﻑ ﺳﻨﺔ ﺍﻟﻈﻬﺮ. ﺍﻫـ ﺷﻮﺑﺮﻱ
ﻗﻮﻟﻪ : ﻓﻼ ﻳﻘﻀﻰ ﺃﻱ ﻻ ﻳﺴﻦ ﻗﻀﺎﺅﻩ ﻫﺬﺍ ﻣﻘﺘﻀﻰ ﻛﻼﻣﻪ ﻭﻫﻞ ﻳﺠﻮﺯ ﺃﻭ ﻻ ؟ ﻭﻇﺎﻫﺮ ﻛﻼﻣﻪ ﺃﻧﻪ ﻻ ﻳﻘﻀﻰ ﻭﺇﻥ ﻧﺬﺭﻩ ﻭﻫﻮ ﻭﺍﺿﺢ ﻟﻔﻮﺍﺕ ﺳﺒﺒﻪ. ﺍﻫـ ﺡ ﻝ ﻣﻊ ﺯﻳﺎﺩﺓ ﻣﻦ ﻉ ﺵ . ﻗﻮﻟﻪ : ﻭﻫﻮ ﺃﻱ : ﺍﻟﻨﻔﻞ ﺍﻟﻤﻄﻠﻖ ﻣﺎ ﻻ ﻳﺘﻘﻴﺪ ﺃﻱ ﻣﺎ ﻟﻴﺲ ﻣﺤﺪﺩﺍ ﺑﻮﻗﺖ ﻭﻻ ﻣﻌﻠﻘﺎ ﺑﺴﺒﺐ. ﺍﻫـ ﻕ ﻝ
ﻓﺘﺢ ﺍﻟﻤﻌﻴﻦ - ﺍﻟﻤﻠﻴﺒﺎﺭﻱ ﺍﻟﻬﻨﺪﻱ - ﺝ - ١ ﺍﻟﺼﻔﺤﺔ ١٤٢ - ١٤٤:
ﻓﺮﻉ: ﻳﻜﺮﻩ ﺗﺤﺮﻳﻤﺎ ﺻﻼﺓ ﻻ ﺳﺒﺐ ﻟﻬﺎ، ﻛﺎﻟﻨﻔﻞ ﺍﻟﻤﻄﻠﻖ ﻭﻣﻨﻪ ﺻﻼﺓ ﺍﻟﺘﺴﺎﺑﻴﺢ، ﺃﻭ ﻟﻬﺎ ﺳﺒﺐ ﻣﺘﺄﺧﺮ ﻛﺮﻛﻌﺘﻲ ﺍﺳﺘﺨﺎﺭﺓ ﻭﺇﺣﺮﺍﻡ ﺑﻌﺪ ﺃﺩﺍﺀ ﺻﺒﺢ ﺣﺘﻰ ﺗﺮﺗﻔﻊ ﺍﻟﺸﻤﺲ ﻛﺮﻣﺢ، ﻭﻋﺼﺮ ﺣﺘﻰ ﺗﻐﺮﺏ، ﻭﻋﻨﺪ ﺍﺳﺘﻮﺍﺀ ﻏﻴﺮ ﻳﻮﻡ ﺍﻟﺠﻤﻌﺔ. ﻻ ﻣﺎ ﻟﻪ ﺳﺒﺐ ﻣﺘﻘﺪﻡ ﻛﺮﻛﻌﺘﻲ ﻭﺿﻮﺀ ﻭﻃﻮﺍﻑ ﻭﺗﺤﻴﺔ ﻭﻛﺴﻮﻑ، ﻭﺻﻼﺓ ﺟﻨﺎﺯﺓ ﻭﻟﻮ ﻋﻠﻰ ﻏﺎﺋﺐ، ﻭﺇﻋﺎﺩﺓ ﻣﻊ ﺟﻤﺎﻋﺔ ﻭﻟﻮ ﺇﻣﺎﻣﺎ، ﻭﻛﻔﺎﺋﺘﺔ ﻓﺮﺽ ﺃﻭ ﻧﻔﻞ ﻟﻢ ﻳﻘﺼﺪ ﺗﺄﺧﻴﺮﻫﺎ ﻟﻠﻮﻗﺖ ﺍﻟﻤﻜﺮﻭﻩ ﻟﻴﻘﻀﻴﻬﺎ ﻓﻴﻪ ﺃﻭ ﻳﺪﺍﻭﻡ ﻋﻠﻴﻪ. ﻓﻠﻮ ﺗﺤﺮﻯ ﺇﻳﻘﺎﻉ ﺻﻼﺓ ﻏﻴﺮ ﺻﺎﺣﺒﺔ ﺍﻟﻮﻗﺖ ﻓﻲ ﺍﻟﻮﻗﺖ ﺍﻟﻤﻜﺮﻭﻩ ﻣﻦ ﺣﻴﺚ ﻛﻮﻧﻪ ﻣﻜﺮﻭﻫﺎ ﻓﺘﺤﺮﻡ ﻣﻄﻠﻘﺎ ﻭﻻ ﺗﻨﻌﻘﺪ، ﻭﻟﻮ ﻓﺎﺋﺘﺔ ﻳﺠﺐ ﻗﻀﺎﺅﻫﺎ ﻓﻮﺭﺍ ﻷﻧﻪ ﻣﻌﺎﻧﺪ ﻟﻠﺸﺮﻉ.
Sub Bahasan: Makruh Tahrim (sama dg haram) melakukan shalat yg tidak memiliki sebab, seperti shalat sunnah mutlak termasuk shalat tasbih, atau shalat yg sebabnya di akhir seperti shalat istikharah dan shalat ihram, setelah shalat subuh sampai matahari terangkat satu tombak, dan setelah shalat 'ashar sampai matahari terbenam, dan pada saat matahari tepat di atas kepala kecuali hari jum’at. Tidak haram jika di waktu-waktu tersebut melakukan shalat yg sebabnya di depan, seperti shalat sunnah wudhu`, shalat sunnah thawaf, shalat sunnah tahiyyatul masjid, shalat sunnah gerhana, shalat janazah meskipun janazah ghaib, mengulang shalat seraya berjama’ah meskipun imam, dan seperti qadha` shalat fardhu, qadha` shalat sunnah, yg tidak bermaskud menundanya karena untuk melakukannya di waktu makruh atau rutin melakukannya di waktu makruh. Maka apabila sengaja berusaha melakukan shalat yg tidak memiliki waktu di waktu yg dimakruhkan sekira waktu tersebut memang makruh, maka ia haram secara mutlak, dan shalatnya tidak sah, meskipun itu berupa shalat yg tertinggal yg wajib diqadha` dg segera, karena ia melanggar aturan agama
dengan catatan jangan dijadikan kebiasaan dan tak ada maksud untuk mengerjakan shalat di waktu yg makruh.
dan Shalat yg diqadha` disesuaikan dg waktu pengqadha`an, misal zduhur diqadha` pada waktu maghrib, maka bacaannya dikeraskan.
Wa'alaikumussalam
Mengqadha` shalat sunnah yg tidak mempunyai sebab itu dianjurkan (sunnah).
ﻓﺘﺢ ﺍﻟﻤﻌﻴﻦ - ﺍﻟﻤﻠﻴﺒﺎﺭﻱ ﺍﻟﻬﻨﺪﻱ - ﺝ - ١ ﺍﻟﺼﻔﺤﺔ ٣٠٩ - ٣١٠:
ﻭﻳﻨﺪﺏ ﻗﻀﺎﺀ ﻧﻔﻞ ﻣﺆﻗﺖ ﺇﺫﺍ ﻓﺎﺕ ﻛﺎﻟﻌﻴﺪ ﻭﺍﻟﺮﻭﺍﺗﺐ ﻭﺍﻟﻀﺤﻰ، ﻻ ﺫﻱ ﺳﺒﺐ ﻛﻜﺴﻮﻑ ﻭﺗﺤﻴﺔ ﻭﺳﻨﺔ ﻭﺿﻮﺀ. ﻭﻣﻦ ﻓﺎﺗﻪ ﻭﺭﺩﻩ - ﺃﻱ ﻣﻦ ﺍﻟﻨﻔﻞ ﺍﻟﻤﻄﻠﻖ - ﻧﺪﺏ ﻟﻪ ﻗﻀﺎﺅﻩ،
Dan dianjurkan (disunnahkan) mengqadha` shalat sunnah yg berwaktu ketika shalat tersebut telah tertinggal dari seseorang, seperti shalat 'Iid, Rawatib, dan Dhuhaa, bukan shalat sunnah yg mempunyai sebab, seperti shalat gerhana, Tahiyyat (al-Masjid), dan shalat sunnah Wudhu`. Dan barangsiapa yg tertinggal melakukan shalat sunnah mutlak (shalat yg tidak terkait dg sebab dan waktu) maka disunnahkan untuk mengqadha`nya. ﺑﺠﻴﺮﻣﻲ ﻋﻠﻲ ﺍﻟﻤﻨﻬﺞ 1/185 :
ﻭﺳﻦ ﻗﻀﺎﺀ ﻧﻔﻞ ﻣﺆﻗﺖ ﺇﺫﺍ ﻓﺎﺕ ﻛﺼﻼﺗﻲ ﺍﻟﻌﻴﺪ ﻭﺍﻟﻀﺤﻰ ﻭﺭﻭﺍﺗﺐ ﺍﻟﻔﺮﺍﺋﺾ ﺃﻳﻀﺎ ﻛﻤﺎ ﺗﻘﻀﻰ ﺍﻟﻔﺮﺍﺋﺾ ﺑﺠﺎﻣﻊ ﺍﻟﺘﺄﻗﻴﺖ ﻭﻟﺨﺒﺮ ﺍﻟﺸﻴﺨﻴﻦ : ﻣَﻦْ ﻧَﺎﻡَ ﻋَﻦْ ﺻَﻠَﺎﺓٍ ﺃَﻭْ ﻧَﺴِﻴَﻬَﺎ ﻓَﻠْﻴُﺼَﻠِّﻬَﺎ ﺇﺫَﺍ ﺫَﻛَﺮَﻫَﺎ ﻭﻷﻧﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻗَﻀَﻰ ﺭَﻛْﻌَﺘَﻲْ ﺳُﻨَّﺔِ ﺍﻟﻈُّﻬْﺮِ ﺍﻟْﻤُﺘَﺄَﺧِّﺮَﺓِ ﺑَﻌْﺪَ ﺍﻟْﻌَﺼْﺮِ. ﺭﻭﺍﻩ ﺍﻟﺸﻴﺨﺎﻥ ﻭَﺭَﻛْﻌَﺘَﻲْ ﺍﻟْﻔَﺠْﺮِ ﺑَﻌْﺪَ ﻃُﻠُﻮﻉِ ﺍﻟﺸَّﻤْﺲِ ﻟَﻤَّﺎ ﻧَﺎﻡَ ﻓِﻲ ﺍﻟْﻮَﺍﺩِﻱ ﻋَﻦْ ﺍﻟﺼُّﺒْﺢ. ﺭﻭﺍﻩ ﺃﺑﻮ ﺩﺍﻭﺩ ﺑﺈﺳﻨﺎﺩ ﺻﺤﻴﺢ ﻭﻓﻲ ﻣﺴﻠﻢ ﻧﺤﻮﻩ. ﻭﺧﺮﺝ ﺑﺎﻟﻤﺆﻗﺖ ﺍﻟﻤﺘﻌﻠﻖ ﺑﺴﺒﺐ ﻛﻜﺴﻮﻑ ﻭﺗﺤﻴﺔ ﻓﻼ ﻳﻘﻀﻰ.
ﻗﻮﻟﻪ : ﻭﺳﻦ ﻗﻀﺎﺀ ﻧﻔﻞ ﻣﺆﻗﺖ ﺃﻱ : ﻓﻲ ﺍﻷﻇﻬﺮ ﻭﻣﻘﺎﺑﻠﻪ ﻻ ﻳﺴﻦ ﻛﻐﻴﺮ ﺍﻟﻤﺆﻗﺖ. ﺍﻫـ ﺷﺮﺡ ﻡ ﺭ ﻭﻳﺴﺘﺜﻨﻰ ﻣﻨﻪ ﺳﻨﺔ ﺍﻟﺠﻤﻌﺔ ﻓﻼ ﺗﻘﻀﻰ ﻷﻥ ﺍﻟﺠﻤﻌﺔ ﻻ ﺗﺼﺢ ﺧﺎﺭﺝ ﺍﻟﻮﻗﺖ ﻓﻜﺬﺍ ﺗﺎﺑﻌﻬﺎ ﻭﻣﺜﻞ ﺍﻟﻨﻔﻞ ﺍﻟﺼﻮﻡ ﺍﻟﻤﺆﻗﺖ ﻛﺼﻮﻡ ﻳﻮﻡ ﻋﺮﻓﺔ ﻛﻤﺎ ﻓﻲ ﺯ ﻱ ﻭﻉ ﺵ ﻋﻠﻰ ﻡ ﺭ .
ﻗﻮﻟﻪ : ﻛﻤﺎ ﺗﻘﻀﻰ ﺍﻟﻔﺮﺍﺋﺾ ﻗﺪﻡ ﺍﻟﻘﻴﺎﺱ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻨﺺ ﻷﻥ ﻣﻔﺎﺩﻩ ﻋﺎﻡ ﺑﺨﻼﻑ ﺍﻟﻨﺺ ﻓﺈﻧﻪ ﺧﺎﺹ ﺑﻤﺎ ﺇﺫﺍ ﻓﺎﺗﺖ ﺑﻨﻮﻡ ﺃﻭ ﻧﺴﻴﺎﻥ. ﺍﻫـ ﺷﻮﺑﺮﻱ ﻗﻮﻟﻪ : ﻋﻦ ﺻﻼﺓ ﻓﺮﺿﺎ ﺃﻭ ﻧﻔﻼ ﻭﻭﺟﻪ ﺍﻟﺪﻻﻟﺔ ﺃﻥ " ﺻﻼﺓ " ﻧﻜﺮﺓ ﻓﻲ ﺳﻴﺎﻕ ﺍﻟﺸﺮﻁ ﻓﺘﻌﻢ ﺍﻟﻨﻔﻞ ﻭﺍﻟﻔﺮﺽ
ﻗﻮﻟﻪ : ﺇﺫﺍ ﺫﻛﺮﻫﺎ ﺃﻱ ﺃﻭ ﺇﺫﺍ ﺍﺳﺘﻴﻘﻆ ﻷﻥ ﺍﻟﺘﺬﻛﺮ ﺧﺎﺹ ﺑﺎﻟﻨﺴﻴﺎﻥ ﻭﻳﻤﻜﻦ ﺃﻥ ﻳﺮﺍﺩ ﺑﻪ ﻣﺎ ﻳﺸﻤﻞ ﺍﻻﺳﺘﻴﻘﺎﻅ . ﻗﻮﻟﻪ : ﻭﻷﻧﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺃﺗﻰ ﺑﻬﺬﺍ ﺍﻟﺤﺪﻳﺚ ﺑﻌﺪ ﺍﻷﻭﻝ ﻷﻥ ﺍﻷﻭﻝ ﺭﺑﻤﺎ ﻳﺘﻮﻫﻢ ﻣﻨﻪ ﺃﻥ ﺍﻟﻘﻀﺎﺀ ﺧﺎﺹ ﺑﺎﻟﻔﺮﺽ ﻛﻤﺎ ﻳﻘﻮﻝ ﺑﻪ ﺑﻌﺾ ﺍﻷﺋﻤﺔ ﻭﻳﺤﻤﻠﻪ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻔﺮﺽ ﻭﺍﻟﺜﺎﻧﻲ ﻓﻴﻪ ﺍﻟﺘﺼﺮﻳﺢ ﺑﻘﻀﺎﺀ ﺍﻟﻨﻔﻞ ﻭﻫﻮ ﺍﻟﻤﺪﻋﻰ ﻛﻤﺎ ﺃﻓﺎﺩﻩ ﺷﻴﺨﻨﺎ
ﻗﻮﻟﻪ : ﻗﻀﻰ ﺭﻛﻌﺘﻲ ﺳﻨﺔ ﺍﻟﻈﻬﺮ ﺃﻱ : ﻟﻤﺎ ﺍﺷﺘﻐﻞ ﻋﻨﻬﺎ ﺑﺎﻟﻮﻓﺪ ﻭﻭﺍﻇﺐ ﻋﻠﻰ ﻗﻀﺎﺋﻬﺎ ﺃﻱ : ﺩﺍﻭﻡ ﻋﻠﻰ ﻓﻌﻠﻬﺎ ﺑﻌﺪ ﺍﻟﻌﺼﺮ ﻻ ﻋﻠﻰ ﺗﺄﺧﻴﺮ ﺳﻨﺔ ﺍﻟﻈﻬﺮ ﺍﻟﻤﺘﺄﺧﺮﺓ ﺇﻟﻰ ﻣﺎ ﺑﻌﺪ ﺍﻟﻌﺼﺮ ﻛﻤﺎ ﻗﺪ ﻳﺘﻮﻫﻢ. ﺍﻫـ ﺡ ﻝ . ﻓﺈﻥ ﻗﻴﻞ : ﻟﻢ ﻭﺍﻇﺐ ﻋﻠﻰ ﻗﻀﺎﺋﻬﺎ ﻭﻟﻢ ﻳﻮﺍﻇﺐ ﻋﻠﻰ ﻗﻀﺎﺀ ﺳﻨﺔ ﺍﻟﻔﺠﺮ ﻣﻊ ﺃﻧﻬﺎ ﺁﻛﺪ ﻭﻭﻗﺖ ﻗﻀﺎﺋﻬﺎ ﻟﻴﺲ ﻭﻗﺖ ﻛﺮﺍﻫﺔ ؟ ﻗﻠﺖ : ﺃﺟﻴﺐ ﺑﺄﻥ ﺳﻨﺔ ﺍﻟﻔﺠﺮ ﻓﺎﺗﺘﻪ ﻣﻊ ﺟﻤﻊ ﻣﻦ ﺍﻟﺼﺤﺎﺑﺔ ﻓﻠﻮ ﻭﺍﻇﺐ ﻋﻠﻰ ﻗﻀﺎﺋﻬﺎ ﻟﺘﺄﺳﻰ ﺑﻪ ﻛﻞ ﻣﻦ ﻓﺎﺗﺘﻪ ﺇﺫ ﻛﺎﻥ ﻣﻦ ﻋﺎﺩﺗﻬﻢ ﺍﻟﺤﺮﺹ ﻋﻠﻰ ﺍﻗﺘﻔﺎﺀ ﺁﺛﺎﺭﻩ ﻭﺍﻟﻤﺘﺎﺑﻌﺔ ﻟﻪ ﻓﻲ ﺃﻓﻌﺎﻟﻪ ﻓﻴﺸﻖ ﺫﻟﻚ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﺑﺨﻼﻑ ﺳﻨﺔ ﺍﻟﻈﻬﺮ ﺃﻭ ﻷﻧﻪ ﻛﺎﻥ ﻓﻲ ﺳﻔﺮ ﻓﻠﻢ ﻳﻮﺍﻇﺐ ﻋﻠﻴﻬﺎ ﻟﺬﻟﻚ ﺑﺨﻼﻑ ﺳﻨﺔ ﺍﻟﻈﻬﺮ. ﺍﻫـ ﺷﻮﺑﺮﻱ
ﻗﻮﻟﻪ : ﻓﻼ ﻳﻘﻀﻰ ﺃﻱ ﻻ ﻳﺴﻦ ﻗﻀﺎﺅﻩ ﻫﺬﺍ ﻣﻘﺘﻀﻰ ﻛﻼﻣﻪ ﻭﻫﻞ ﻳﺠﻮﺯ ﺃﻭ ﻻ ؟ ﻭﻇﺎﻫﺮ ﻛﻼﻣﻪ ﺃﻧﻪ ﻻ ﻳﻘﻀﻰ ﻭﺇﻥ ﻧﺬﺭﻩ ﻭﻫﻮ ﻭﺍﺿﺢ ﻟﻔﻮﺍﺕ ﺳﺒﺒﻪ. ﺍﻫـ ﺡ ﻝ ﻣﻊ ﺯﻳﺎﺩﺓ ﻣﻦ ﻉ ﺵ . ﻗﻮﻟﻪ : ﻭﻫﻮ ﺃﻱ : ﺍﻟﻨﻔﻞ ﺍﻟﻤﻄﻠﻖ ﻣﺎ ﻻ ﻳﺘﻘﻴﺪ ﺃﻱ ﻣﺎ ﻟﻴﺲ ﻣﺤﺪﺩﺍ ﺑﻮﻗﺖ ﻭﻻ ﻣﻌﻠﻘﺎ ﺑﺴﺒﺐ. ﺍﻫـ ﻕ ﻝ
ﻓﺘﺢ ﺍﻟﻤﻌﻴﻦ - ﺍﻟﻤﻠﻴﺒﺎﺭﻱ ﺍﻟﻬﻨﺪﻱ - ﺝ - ١ ﺍﻟﺼﻔﺤﺔ ١٤٢ - ١٤٤:
ﻓﺮﻉ: ﻳﻜﺮﻩ ﺗﺤﺮﻳﻤﺎ ﺻﻼﺓ ﻻ ﺳﺒﺐ ﻟﻬﺎ، ﻛﺎﻟﻨﻔﻞ ﺍﻟﻤﻄﻠﻖ ﻭﻣﻨﻪ ﺻﻼﺓ ﺍﻟﺘﺴﺎﺑﻴﺢ، ﺃﻭ ﻟﻬﺎ ﺳﺒﺐ ﻣﺘﺄﺧﺮ ﻛﺮﻛﻌﺘﻲ ﺍﺳﺘﺨﺎﺭﺓ ﻭﺇﺣﺮﺍﻡ ﺑﻌﺪ ﺃﺩﺍﺀ ﺻﺒﺢ ﺣﺘﻰ ﺗﺮﺗﻔﻊ ﺍﻟﺸﻤﺲ ﻛﺮﻣﺢ، ﻭﻋﺼﺮ ﺣﺘﻰ ﺗﻐﺮﺏ، ﻭﻋﻨﺪ ﺍﺳﺘﻮﺍﺀ ﻏﻴﺮ ﻳﻮﻡ ﺍﻟﺠﻤﻌﺔ. ﻻ ﻣﺎ ﻟﻪ ﺳﺒﺐ ﻣﺘﻘﺪﻡ ﻛﺮﻛﻌﺘﻲ ﻭﺿﻮﺀ ﻭﻃﻮﺍﻑ ﻭﺗﺤﻴﺔ ﻭﻛﺴﻮﻑ، ﻭﺻﻼﺓ ﺟﻨﺎﺯﺓ ﻭﻟﻮ ﻋﻠﻰ ﻏﺎﺋﺐ، ﻭﺇﻋﺎﺩﺓ ﻣﻊ ﺟﻤﺎﻋﺔ ﻭﻟﻮ ﺇﻣﺎﻣﺎ، ﻭﻛﻔﺎﺋﺘﺔ ﻓﺮﺽ ﺃﻭ ﻧﻔﻞ ﻟﻢ ﻳﻘﺼﺪ ﺗﺄﺧﻴﺮﻫﺎ ﻟﻠﻮﻗﺖ ﺍﻟﻤﻜﺮﻭﻩ ﻟﻴﻘﻀﻴﻬﺎ ﻓﻴﻪ ﺃﻭ ﻳﺪﺍﻭﻡ ﻋﻠﻴﻪ. ﻓﻠﻮ ﺗﺤﺮﻯ ﺇﻳﻘﺎﻉ ﺻﻼﺓ ﻏﻴﺮ ﺻﺎﺣﺒﺔ ﺍﻟﻮﻗﺖ ﻓﻲ ﺍﻟﻮﻗﺖ ﺍﻟﻤﻜﺮﻭﻩ ﻣﻦ ﺣﻴﺚ ﻛﻮﻧﻪ ﻣﻜﺮﻭﻫﺎ ﻓﺘﺤﺮﻡ ﻣﻄﻠﻘﺎ ﻭﻻ ﺗﻨﻌﻘﺪ، ﻭﻟﻮ ﻓﺎﺋﺘﺔ ﻳﺠﺐ ﻗﻀﺎﺅﻫﺎ ﻓﻮﺭﺍ ﻷﻧﻪ ﻣﻌﺎﻧﺪ ﻟﻠﺸﺮﻉ.
Sub Bahasan: Makruh Tahrim (sama dg haram) melakukan shalat yg tidak memiliki sebab, seperti shalat sunnah mutlak termasuk shalat tasbih, atau shalat yg sebabnya di akhir seperti shalat istikharah dan shalat ihram, setelah shalat subuh sampai matahari terangkat satu tombak, dan setelah shalat 'ashar sampai matahari terbenam, dan pada saat matahari tepat di atas kepala kecuali hari jum’at. Tidak haram jika di waktu-waktu tersebut melakukan shalat yg sebabnya di depan, seperti shalat sunnah wudhu`, shalat sunnah thawaf, shalat sunnah tahiyyatul masjid, shalat sunnah gerhana, shalat janazah meskipun janazah ghaib, mengulang shalat seraya berjama’ah meskipun imam, dan seperti qadha` shalat fardhu, qadha` shalat sunnah, yg tidak bermaskud menundanya karena untuk melakukannya di waktu makruh atau rutin melakukannya di waktu makruh. Maka apabila sengaja berusaha melakukan shalat yg tidak memiliki waktu di waktu yg dimakruhkan sekira waktu tersebut memang makruh, maka ia haram secara mutlak, dan shalatnya tidak sah, meskipun itu berupa shalat yg tertinggal yg wajib diqadha` dg segera, karena ia melanggar aturan agama
dengan catatan jangan dijadikan kebiasaan dan tak ada maksud untuk mengerjakan shalat di waktu yg makruh.
dan Shalat yg diqadha` disesuaikan dg waktu pengqadha`an, misal zduhur diqadha` pada waktu maghrib, maka bacaannya dikeraskan.
link dokumen :
http://www.facebook.com/groups/kasarung/doc/599455516745857/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar