PERTANYAAN
Mbah Pardan Milanistie
Assalamu 'alaikum..
Poro Aalim Huda minta pencerahannya
di sebagian Musholla/Langgar di kampung2 dalam membentuk shof Jama'ah
masih ada yang antara kaum lelaki dan perempuan sejajar tapi di sekat
dengan satir/hijab/ aling2 yang mana perempuan di sebelah kiri laki2..
Apa shof semacam ini di bolehkan?
makasih..
Wassalamu 'alaikum
Assalamu 'alaikum..
Poro Aalim Huda minta pencerahannya
di sebagian Musholla/Langgar di kampung2 dalam membentuk shof Jama'ah
masih ada yang antara kaum lelaki dan perempuan sejajar tapi di sekat
dengan satir/hijab/ aling2 yang mana perempuan di sebelah kiri laki2..
Apa shof semacam ini di bolehkan?
makasih..
Wassalamu 'alaikum
JAWABAN
Brojol Gemblung
Wa'alaikumussalam
Shalat jama'ah dg satu imam yg diikuti oleh makmum laki-laki dan perempuan,
terdapat perbedaan aturan shaff (barisan) antara dalam satu tempat dan
dalam tempat yg terpisah.
a. Jika dalam satu tempat, maka aturannya laki-laki di depan dan perempuan di belakang dg fadhilah terbaik bagi makmum laki-laki
adalah shaff yg paling depan, dan bagi makmum perempuan adalah yg paling
belakang.
b.
Jika makmum perempuan menempati tempat tersendiri atau di tempat yg
jauh dari tempat makmum laki-laki, maka fadhilah terbaik berlaku sama
antara laki-laki dan perempuan, yaitu shaff yg paling depan.
Sedangkan
prihal pemasangan sekat atau penghalang (satir) antara makmum laki-laki
dan perempuan adalah hal yg harus dilakukan sekira satir tersebut dapat
menghalangi pandangan yg dilarang syari'at, karena hal itu merupakan
biang lahirnya kerusakan (mungkarat).
Selanjutnya,
berangkat dari aturan jama'ah pada sub " b " di atas, bila dipadukan dg
fakta aturan penempatan jama'ah perempuan di Indonesia yg mana meskipun
makmum laki-laki dan perempuan berada di bawah atap masjid yg sama,
akan tetapi dg pemasangan sekat pemisah di antara keduanya itu sama
halnya dg menjadikan tempat itu sebagai tempat yg khusus untuk makmum
perempuan dan terpisah dari makmum laki-laki, maka hal itu memberikan
nilai positif bagi makmum perempuan; artinya mereka tetap mendapat
fadhilah shaff dan fadhilah jama'ah. Sebab jika makmum laki-laki dan
perempuan berada di tempat yg tidak tersendiri, lalu makmum perempuan
membentuk shaff di samping makmum laki-laki, maka mereka (makmum
perempuan) menurut sebagian ulama tidak mendapatkan fadhilah jama'ah dan
fadhilah shaff, dan sedangkan menurut Imam Ramli mereka tetap mendapat
fadhilah jama'ah namun tidak mendapatkan fadhilah shaff dalam keadaan
demikian.
ﺇﺣﻴﺎﺀ ﻋﻠﻮﻡ ﺍﻟﺪﻳﻦ ج 2 ص 337 :
ﻭﻳﺠﺐ ﺃﻥ ﻳﻀﺮﺏ ﺑﻴﻦ ﺍﻟﺮﺟﺎﻝ ﻭﺍﻟﻨﺴﺎﺀ ﺣﺎﺋﻞ ﻳﻤﻨﻊ ﻣﻦ ﺍﻟﻨﻈﺮ ﻓﺈﻥ ﺫﻟﻚ ﺃﻳﻀﺎ ﻣﻈﻨﺔ ﺍﻟﻔﺴﺎﺩ
ﻭﺍﻟﻌﺎﺩﺍﺕ ﺗﺸﻬﺪ ﻟﻬﺬﻩ ﺍﻟﻤﻨﻜﺮﺍﺕ ﻭﻳﺠﺐ ﻣﻨﻊ ﺍﻟﻨﺴﺎﺀ ﻣﻦ ﺣﻀﻮﺭ ﺍﻟﻤﺴﺎﺟﺪ ﻟﻠﺼﻠﻮﺍﺕ
ﻭﻣﺠﺎﻟﺲ ﺍﻟﺬﻛﺮ ﺇﺫﺍ ﺧﻴﻔﺖ ﺍﻟﻔﺘﻨﺔ ﺑﻬﻦ ﻓﻘﺪ ﻣﻨﻌﺘﻬﻦ ﻋﺎﺋﺸﺔ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻬﺎ ﻓﻘﻴﻞ ﻟﻬﺎ
ﺇﻥ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭ ﺳﻠﻢ ﻣﺎ ﻣﻨﻌﻬﻦ ﻣﻦ ﺍﻟﺠﻤﺎﻋﺎﺕ ﻓﻘﺎﻟﺖ ﻟﻮ ﻋﻠﻢ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ
ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭ ﺳﻠﻢ ﻣﺎ ﺃﺣﺪﺛﻦ ﺑﻌﺪﻩ ﻟﻤﻨﻌﻬﻦ // ﺣﺪﻳﺚ ﻋﺎﺋﺸﺔ ﻟﻮ ﻋﻠﻢ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ
ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭ ﺳﻠﻢ ﻣﺎ ﺃﺣﺪﺛﻦ ﺃﻱ ﺍﻟﻨﺴﺎﺀ ﻣﻦ ﺑﻌﺪﻩ ﻟﻤﻨﻌﻬﻦ ﺍﻟﻤﺴﺎﺟﺪ ﻣﺘﻔﻖ ﻋﻠﻴﻪ
// ﻭﺃﻣﺎ ﺍﺟﺘﻴﺎﺯ ﺍﻟﻤﺮﺃﺓ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﺴﺠﺪ ﻣﺴﺘﺘﺮﺓ ﻓﻼ ﺗﻤﻨﻊ ﻣﻨﻪ ﺇﻻ ﺃﻥ ﺍﻷﻭﻟﻰ ﺃﻥ ﻻ ﺗﺘﺨﺬ
ﺍﻟﻤﺴﺠﺪ ﻣﺠﺎﺯﺍ ﺍﺻﻼ.
ﺍﻟﻤﺠﻤﻮﻉ ﺷﺮﺡ ﺍﻟﻤﻬﺬﺏ ج 4 ص 192 :
ﻗﺪ
ﺫﻛﺮﻧﺎ ﺍﻧﻪ ﻳﺴﺘﺤﺐ ﺍﻟﺼﻒ ﺍﻻﻭﻝ ﺛﻢ ﺍﻟﺬﻯ ﻳﻠﻴﻪ ﺛﻢ ﺍﻟﺬﻯ ﻳﻠﻴﻪ ﺇﻟﻰ ﺁﺧﺮﻫﺎ ﻭﻫﺬﺍ
ﺍﻟﺤﻜﻢ ﻣﺴﺘﻤﺮ ﻓﻲ ﺻﻔﻮﻑ ﺍﻟﺮﺟﺎﻝ ﺑﻜﻞ ﺣﺎﻝ ﻭﻛﺬﺍ ﻓﻲ ﺻﻔﻮﻑ ﺍﻟﻨﺴﺎﺀ ﺍﻟﻤﻨﻔﺮﺩﺍﺕ
ﺑﺠﻤﺎﻋﺘﻬﻦ ﻋﻦ ﺟﻤﺎﻋﺔ ﺍﻟﺮﺟﺎﻝ ﺃﻣﺎ ﺇﺫﺍ ﺻﻠﺖ ﺍﻟﻨﺴﺎﺀ ﻣﻊ ﺍﻟﺮﺟﺎﻝ ﺟﻤﺎﻋﺔ ﻭﺍﺣﺪﺓ ﻭﻟﻴﺲ
ﺑﻴﻨﻬﻤﺎ ﺣﺎﺋﻞ ﻓﺎﻓﻀﻞ ﺻﻔﻮﻑ ﺍﻟﻨﺴﺎﺀ ﺁﺧﺮﻫﺎ ﻟﺤﺪﻳﺚ ﺍﺑﻰ ﻫﺮﻳﺮﺓ ﻗﺎﻝ ﻗﺎﻝ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ
ﺻﻠﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ : ﺧﻴﺮ ﺻﻔﻮﻑ ﺍﻟﺮﺟﺎﻝ ﺃﻭﻟﻬﺎ ﻭﺷﺮﻫﺎ ﺁﺧﺮﻫﺎ ﻭﺧﻴﺮ ﺻﻔﻮﻑ ﺍﻟﻨﺴﺎﺀ
ﺁﺧﺮﻫﺎ ﻭﺷﺮﻫﺎ ﺍﻭﻟﻬﺎ. ﺭﻭﺍﻩ ﻣﺴﻠﻢ ﻭﺍﻋﻠﻢ ﺍﻥ ﺍﻟﻤﺮﺍﺩ ﺑﺎﻟﺼﻒ ﺍﻻﻭﻝ ﺍﻟﺼﻒ ﺍﻟﺬﻯ ﻳﻠﻲ
ﺍﻻﻣﺎﻡ ﺳﻮﺍﺀ ﺗﺨﻠﻠﻪ ﻣﻨﺒﺮ ﻭﻣﻘﺼﻮﺭﺓ ﻭﺍﻋﻤﺪﺓ ﻭﻏﻴﺮﻫﺎ ﺍﻡ ﻻ ﻭﻋﻦ ﺍﺑﻲ ﺳﻌﻴﺪ ﺍﻟﺨﺪﺭﻯ ﺭﺿﻰ
ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﺃﻥ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ : ﺭﺃﻯ ﻓﻲ ﺍﺻﺤﺎﺑﻪ ﺗﺄﺧﺮﺍ ﻓﻘﺎﻝ ﻟﻬﻢ
ﺗﻘﺪﻣﻮﺍ ﻓﺎﺋﺘﻤﻮ ﺑﻰ ﻭﻟﻴﺄﺗﻢ ﺑﻜﻢ ﻣﻦ ﺑﻌﺪﻛﻢ ﻻ ﻳﺰﺍﻝ ﻗﻮﻡ ﻳﺘﺄﺧﺮﻭﻥ ﺣﺘﻰ ﻳﺆﺧﺮﻫﻢ ﺍﻟﻠﻪ.
ﺭﻭﺍﻩ ﻣﺴﻠﻢ
ﺗﺤﻔﺔ ﺍﻷﺣﻮﺫﻱ ج 2 ص 13 :
ﻗَﺎﻝَ
ﺍﻟﻨَّﻮَﻭِﻱُّ ﺃَﻣَّﺎ ﺻُﻔُﻮﻑُ ﺍﻟﺮِّﺟَﺎﻝِ ﻓَﻬِﻲَ ﻋَﻠَﻰ ﻋُﻤُﻮﻣِﻬَﺎ
ﻓَﺨَﻴْﺮُﻫَﺎ ﺃَﻭَّﻟُﻬَﺎ ﺃَﺑَﺪًﺍ ﻭَﺷَﺮُّﻫَﺎ ﺁﺧِﺮُﻫَﺎ ﺃَﺑَﺪًﺍ . ﺃَﻣَّﺎ
ﺻُﻔُﻮﻑُ ﺍﻟﻨِّﺴَﺎﺀِ ﻓَﺎﻟْﻤُﺮَﺍﺩُ ﺑِﺎﻟْﺤَﺪِﻳﺚِ ﺻُﻔُﻮﻑُ ﺍﻟﻨِّﺴَﺎﺀِ
ﺍﻟﻠَّﻮَﺍﺗِﻲ ﻳُﺼَﻠِّﻴﻦَ ﻣَﻊَ ﺍﻟﺮِّﺟَﺎﻝِ . ﻭَﺃَﻣَّﺎ ﺇِﺫَﺍ ﺻَﻠَّﻴْﻦَ
ﻣُﺘَﻤَﻴِّﺰَﺍﺕٍ ﻟَﺎ ﻣَﻊَ ﺍﻟﺮِّﺟَﺎﻝِ ﻓَﻬُﻦَّ ﻛَﺎﻟﺮِّﺟَﺎﻝِ ﺧَﻴْﺮُ
ﺻُﻔُﻮﻓِﻬِﻦَّ ﺃَﻭَّﻟُﻬَﺎ ﻭَﺷَﺮُّﻫَﺎ ﺁﺧِﺮُﻫَﺎ . ﻭَﺍﻟْﻤُﺮَﺍﺩُ ﺑِﺸَﺮِّ
ﺍﻟﺼُّﻔُﻮﻑِ ﻓِﻲ ﺍﻟﺮِّﺟَﺎﻝِ ﻭَﺍﻟﻨِّﺴَﺎﺀِ ﺃَﻗَﻠُّﻬَﺎ ﺛَﻮَﺍﺑًﺎ ﻭَﻓَﻀْﻠًﺎ
ﻭَﺃَﺑْﻌَﺪُﻫَﺎ ﻣِﻦْ ﻣَﻄْﻠُﻮﺏِ ﺍﻟﺸَّﺮْﻉِ ﻭَﺧَﻴْﺮُﻫَﺎ ﺑِﻌَﻜْﺴِﻪِ .
ﻭَﺇِﻧَّﻤَﺎ ﻓَﻀَّﻞَ ﺁﺧِﺮَ ﺻُﻔُﻮﻑِ ﺍﻟﻨِّﺴَﺎﺀِ ﺍﻟْﺤَﺎﺿِﺮَﺍﺕِ ﻣَﻊَ
ﺍﻟﺮِّﺟَﺎﻝِ ﻟِﺒُﻌْﺪِﻫِﻦَّ ﻣِﻦْ ﻣُﺨَﺎﻟَﻄَﺔِ ﺍﻟﺮِّﺟَﺎﻝِ ﻭَﺭُﺅْﻳَﺘِﻬِﻢْ
ﻭَﺗَﻌَﻠُّﻖِ ﺍﻟْﻘَﻠْﺐِ ﺑِﻬِﻢْ ﻋِﻨْﺪَ ﺭُﺅْﻳَﺔِ ﺣَﺮَﻛَﺎﺗِﻬِﻢْ ﻭَﺳَﻤَﺎﻉِ
ﻛَﻠَﺎﻣِﻬِﻢْ ﻭَﻧَﺤْﻮِ ﺫَﻟِﻚَ . ﻭَﺫَﻡَّ ﺃَﻭَّﻝَ ﺻُﻔُﻮﻓِﻬِﻦَّ ﺑِﻌَﻜْﺲِ
ﺫَﻟِﻚَ ﺍِﻧْﺘَﻬَﻰ .
ﺗﻔﺴﻴﺮ ﺭﻭﺡ ﺍﻟﺒﻴﺎﻥ ـ ﻣﻮﺍﻓﻖ ﻟﻠﻤﻄﺒﻮﻉ- ج 4 ص 303 :
ﻭﻓﻲ
ﺍﻟﺤﺪﻳﺚ : ﺧﻴﺮ ﺻﻔﻮﻑ ﺍﻟﺮﺟﺎﻝ ﺃﻭﻟﻬﺎ ﻭﺷﺮﻫﺎ ﺁﺧﺮﻫﺎ ﻭﺧﻴﺮ ﺻﻔﻮﻑ ﺍﻟﻨﺴﺎﺀ ﺁﺧﺮﻫﺎ ﻭﺷﺮﻫﺎ
ﺃﻭﻟﻬﺎ ﻗﺎﻝ ﻓﻲ ﻓﺘﺢ ﺍﻟﻘﺮﻳﺐ ﻫﺬﺍ ﻟﻴﺲ ﻋﻠﻰ ﻋﻤﻮﻣﻪ ﺑﻞ ﻣﺤﻤﻮﻝ ﻋﻠﻰ ﻣﺎ ﺇﺫﺍ ﺍﺧﺘﻠﻄﻦ
ﺑﺎﻟﺮﺟﺎﻝ ﻓﺈﺫﺍ ﺻﻠﻴﻦ ﻣﺘﻤﻴﺰﺍﺕ ﻻ ﻣﻊ ﺍﻟﺮﺟﺎﻝ ﻓﻬﻦ ﻛﺎﻟﺮﺟﺎﻝ ﻭﻣﻦ ﺻﻠﻰ ﻣﻨﻬﻦ ﻓﻲ ﺟﺎﻧﺐ
ﺑﻌﻴﺪ ﻋﻦ ﺍﻟﺮﺟﺎﻝ ﻓﺄﻭﻝ ﺻﻔﻮﻓﻬﻦ ﺧﻴﺮ ﻟﺰﻭﺍﻝ ﺍﻟﻌﻠﺔ ﻭﺍﻟﻤﺮﺍﺩ ﺑﺸﺮ ﺍﻟﺼﻔﻮﻑ ﻓﻲ ﺍﻟﺮﺟﺎﻝ
ﻭﺍﻟﻨﺴﺎﺀ ﻛﻮﻧﻬﺎ ﺃﻗﻞ ﺛﻮﺍﺑﺎً ﻭﻓﻀﻼً ﻭﺃﺑﻌﺪﻫﺎ ﻋﻦ ﻣﻄﻠﻮﺏ ﺍﻟﺸﺮﻉ ﻭﺧﻴﺮﻫﺎ ﺑﻌﻜﺴﻪ .
ﻣﻮﻫﺒﺔ ﺫﻯ ﺍﻟﻔﻀﻞ ج 3 ص 62 :
ﻗَﻮْﻟُﻪُ
ﻭَﻛَﺬَﺍ ﻛُﻞُّ ﻣَﻨْﺪُﻭْﺏٍ ﻳَﺘَﻌَﻠَّﻖُ ﺑِﺎﻟْﻤَﻮْﻗِﻒِ ﻛَﺎﻟْﺎِﻧْﻔِﺮَﺍﺩِ
ﻋَﻦِ ﺍﻟﺼَﻒِّ ﻭَﺍﻟْﺎِﺳْﺘِﻌْﻠَﺎﺀِ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﺎِﻣَﺎﻡِ ﻭَﻋَﻜْﺴِﻪِ ﻓَﺎِﻧَّﻪُ
ﻳُﻜْﺮَﻩُ ﻣُﺨَﺎﻟَﻔَﺘُﻪُ ﺍَﻯْ ﺍﻟْﻤَﻨْﺪُﻭْﺏِ ﺍﻟْﻤَﺬْﻛُﻮْﺭِ ﻭَﺗَﻔُﻮْﺕُ ﺑِﻪِ
ﺍَﻱْ ﺑِﺎﻟْﻤُﺨَﺎﻟَﻔَﺔِ ﻓَﻀِﻴْﻠَﺔُ ﺍﻟْﺠَﻤَﺎﻋَﺔِ ﺍَﻱْ ﺍﻟْﻤُﺨْﺘَﺼَّﺔُ
ﺑِﺘِﻠْﻚَ ﺍﻟﺴُّﻨَّﺔِ ﺑَﻞْ ﺃَﻓْﺘَﻰ ﺍﻟﺸِّﻬَﺎُﺏ ﺍﻟَّﺮﻣْﻠِﻰُّ ﻓِﻴْﻤَﺎ ﺍِﺫَﺍ
ﻭَﻗَﻒَ ﺍﻟﺼَّﻒَّ ﻗَﺒْﻞَ ﺇِﺗْﻤَﺎﻡِ ﻣَﺎ ﺍَﻣَﺎﻣَﻪَ ﺑِﻌَﺪَﻡِ ﻓَﻮَﺍﺕِ
ﻓَﻀِﻴْﻠَﺔٍ ﺑِﻮُﻗُﻮْﻑِ ﺍﻟْﻤَﺬْﻛُﻮْﺭِ ﻭَﻓِﻰ ﻋَﺒْﺪِ ﺍﻟْﺤَﻖِّ ﻣَﺎ
ﻳُﻮَﺍﻓِﻘُﻪُ ﺣَﻴْﺚُ ﻗَﺎﻝَ ﻟَﺎﺗَﻔُﻮْﺕُ ﻓَﻀِﻴْﻠَﺔُ ﺍﻟْﺠَﻤَﺎﻋَﺔِ ﺑِﺬَﻟِﻚَ
ﻭَﺍِﻥْ ﻓَﺎﺗَﺖْ ﻓَﻀِﻴْﻠَﺔُ ﺍﻟَّﺼﻒِّ ﻭَﻛَﺬَﺍ ﻭَﺍَﻓﻘَﻪُ ﺟَﻤْﻊٌ ﻣِﻦَ
ﺍﻟْﻤُﺘَﺄَﺧِّﺮِﻳْﻦَ .
link dokumen :
https://www.facebook.com/groups/kasarung/doc/615219401836135/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar