PERTANYAAN
Ery Kdr
Assalamu'alaikm... Mau tanya.
Cra berdo'a yang bgaimanakah yang afdhol dan mustajab,apakah berdo'a dengan di ucapkan atau dibaca dalam hati ?
Syukron.
Wassalamu'alaikm...
JAWABAN
Brojol Gemblung
wa'alaikum salam
monggo
==============
Masihkah mendapat pahala "Dzikir" dalam hati, atau yang tidak paham maksudnya
Oleh Su Kakov di Fiqh Kontemporer
Deskripsi
Seringkali dalam hati kita menyebut Nama Alloh, atau membaca sholawat hanya dalam hati.
Dan
kebanyakan dari kita, kalaupun berdzikir dengan "Lisan", ternyata
banyak yang tidak paham makna dan maksud dari dzikir yang kita baca.
Pertnyaan
1. Apakah masih mendapat pahala, Dzikir yang hanya dalam hati.?
J a w a b
1.
Membaca Dzikir dalam hati, tetap mendapat FADHILAH, dan juga mendapat
tetap mendapat PAHALA dari sisi orang yang membaca dalam hati berarti
telah meng-hudlur-kan sesuatu yang seharusnya dibaca kedalam hatinya.
Bahkan,
Ulama masih beda pendapat antara "Manakah" yang lebih utama antara
Dzikir dengan lisan yang disertai kehadiran dalam hatinya, Atau Dzikir
dengan Hati..??
Sebagian
menyatakan bahwa membaca dalam hati lebih utama, hal ini di sebabkan
dzikir bil-Qolbi termasuk 'amal sirr ( ibadah yang tersembunyi) , dan
itu lebih utama dari pada 'amal yang ditampakkan dengan lisan, karena
kemungiknan Riya'nya lebih sedikit.
Sedang
sebagian yang lain menyatakan, Dzikir dengan lisan yang disertai
hudlur, itu lebih utama, sebab yang demikian ini lebih banyak
pekerjaannya, sesuai kaedah "Maa Kaana Aktsaro Fi'lan, Kaana Aktsaro
Fadhlan".NB. Khilaf ini tidak berlaku pada Dzikir dengan lisan, sedangkan hatinya tidak Hudlur.----------------------------------------------
2. Apakah pembacaan Dzikir, yang tidak mengerti pada arti dan maknanya juga mendapat Pahala.?
J A W A B
Masih tetap mendapat pahala.
-----------------------------
Referensi:- Al Fatawa Al Haditsiyyah, Hal 35
وسئل رضي الله عنه عن قول النووي لطف الله به في آخر باب مجالس الذكر من
شرح مسلم : ذكراللسان أفضل من ذكرالقلب . انتهى. فهل يؤخذ من كلامه أنه
إذا ذكر الله بقلبه دون لسانه
أنه ينال الفضيلة إذا كان معذوراً أم لا ؟ وهل إذا قرأ بقلبه دون لسانه من غير عذر ينال الفضيلة أم لا ؟
فأجاب بقوله : الذكر بالقلب لا فضيلة فيه من حيث كونه ذكراً متعبداً
بلفظه ، وإنما فيه فضيلة من حيث استحضاره لمعناه من تنزيه الله وإجلاله
بقلبه ،
وبهذا يجمع بين قول النووي المذكور ، قولهم ذكرالقلب لا ثواب فيه
فمن نفى عنه الثواب أراد من حيث لفظه ،
ومن أثبت فيه ثواباً أراد من حيث حضوره بقلبه كما ذكرناه ،
فتأمل ذلك فإنه مهمّ ، ولا فرق في جميع ذلك بين المعذور وغيره ، والله سبحانه وتعالى أعلم
شرح النووي على مسلم
يحيي بن شرف أبو زكريا النووي
دار الخير
سنة النشر: 1416هـ / 1996م
باب فضل مجالس الذكر
قال القاضي عياض - رحمه الله - : وذكر الله تعالى ضربان : ذكر بالقلب ، وذكر باللسان ،
وذكر القلب نوعان . أحدهما : وهو أرفع الأذكار وأجلها الفكر في عظمة
الله تعالى وجلاله وجبروته وملكوته وآياته في سماواته وأرضه ، ومنه الحديث :
خير الذكر الخفي والمراد به هذا .
والثاني : ذكره بالقلب عند الأمر والنهي ، فيمتثل ما أمر به ويترك ما نهي عنه ، ويقف عما أشكل عليه .
وأما ذكر اللسان مجردا فهو أضعف الأذكار ، ولكن فيه فضل عظيم كما جاءت به الأحاديث ،
قال : وذكر ابن جرير الطبري وغيره اختلاف السلف في ذكر القلب واللسان أيهما أفضل ؟
قال القاضي : والخلاف عندي إنما يتصور في مجرد ذكر القلب تسبيحا وتهليلا
وشبههما ، وعليه يدل كلامهم لا أنهم مختلفون في الذكر الخفي الذي ذكرناه ،
وإلا فذلك لا يقاربه ذكر اللسان ، فكيف يفاضله ،؟
وإنما الخلاف ذكر القلب بالتسبيح المجرد ونحوه ،
والمراد بذكر اللسان مع حضور القلب ، فإن كان لاهيا فلا .
واحتج من رجح ذكر القلب بأن عمل السر أفضل ، ومن رجح اللسان قال : لأن
العمل فيه أكثر ، فإن زاد باستعمال اللسان اقتضى زيادة أجر ، قال القاضي :
واختلفوا هل تكتب الملائكة ذكر القلب ؟ فقيل : تكتب ويجعل الله تعالى لهم
علامة يعرفونه بها ، وقيل : لا يكتبونه ; لأنه لا يطلع عليه غير الله ، قلت
: الصحيح أنهم يكتبونه ، وأن ذكر اللسان مع حضور القلب أفضل من القلب وحده
. والله أعلم .
Lihat juga dalam : Al Qirthos, Syarhu Rotibil 'Arif Billah Al Habib 'Umar Al 'Atthos, Vol-1/Hal-38-39.
http://fiqhkontemporer99.blogspot.com/2012/07/masihkah-mendapat-pahala-dzikir-dalam.html?m=1
Ibnu Hasyim Alwi
Nambah Ibarot sa'dulit , barangkali bisa melengkapi ibarot dari Yai
Brojol dan sekaligus mengingat dari pertanyaan si sail tentang bagaimana
supaya doanya afdhol dan mustajabah , maka harus di pahami tentang
beberapa adab dalam berdoa supaya doa kita lebih mudah
terkabulkan-----Dari pada adabnya ber-do’a adalah :
1. Mencari waktu yang mulia, seperti saat sujud, saat adzan, hari ‘arofah, bulan romadhon, hari jum’at, menjelang subuh.
2. Mendahulukan wudhu’.
3. Mendahulukan solat.
4. Menghadap qiblat.
5. Mengangkat tangan.
6. Mendahulukan ber-taubat.
7. Mengakui dengan dosa-dosanya.
8. Ikhlas (hanya mengharap kepada Allah).
9. Memulai do’a dengan memuji Allah dan bersholawat kepada Rosulullah.
10. Meminta dengan asma’ul husna.
11. Mengumpulkan kedua sisi telapak tangan dan menjadikannya dihadapan wajahnya.
12. Mengusap wajahnya setelah berdo’a.
13. Tidak melihat ke langit.
14. Berdo’a dengan lisan yang hina dan membutuhkan, bukan dengan kefasihan dan tetaturnya do’a.فتح
الباري لابن حجر - (ج 18 /ص 112)
وَمِنْ
جُمْلَة آدَاب الدُّعَاء تَحَرِّي الْأَوْقَات الْفَاضِلَة كَالسُّجُودِ ،
وَعِنْد الْأَذَان ، وَمِنْهَا تَقْدِيم الْوُضُوء وَالصَّلَاة ،
وَاسْتِقْبَال الْقِبْلَة، وَرَفْع الْيَدَيْنِ ، وَتَقْدِيمالتَّوْبَة،
وَالِاعْتِرَاف بِالذَّنْبِ ، وَالْإِخْلَاص ، وَافْتِتَاحه بِالْحَمْدِ
وَالثَّنَاء وَالصَّلَاة عَلَى النَّبِيّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ
وَسَلَّمَوَالسُّؤَال بِالْأَسْمَاءِ الْحُسْنَى
إحياء علوم الدين - (ج 1 / ص 313)
أن يترصد لدعائه الأوقات الشريفة كيوم عرفة من السنة. ورمضان من الأشهر ويوم الجمعة من الأسبوع، ووقت السحر من ساعات الليل
إحياء علوم الدين - (ج 1 / ص 313)
ثم
ينبغي أن يمسح بهما وجهه في آخر الدعاء: قال عمر رضي الله عنه " كان رسول
الله صلى الله عليه وسلم إذا مد يديه في الدعاء لم يردهما حتى يسمح بهما
وجهه " وقال ابن عباس " كان صلى الله عليه وسلم إذا دعا ضم كفيه وجعل
بطونهما مما يلي وجهه " فهذه هيئات اليد ولا يرفع بصره إلى السماء
إحياء علوم الدين - (ج 1 / ص 314)
ادع بلسان الذلة والافتقار لابلسان الفصاحة والانطلاق
link dokumen :
https://www.facebook.com/groups/kasarung/doc/622691281088947/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar