Sabtu, 22 Desember 2012

443 : MEMBERSIHKAN DUA HADATZ BESAR DALAM SATU KALI MANDI

PERTANYAAN

Par Wadi



Assalamu'alaikum

warohmatullohi
wabarokatuh


dumateng poro sesepuh-pinesepuh HUDA S.
kulow ingkang ngawam bade nanya,,

pripun njih hukumipun
misal....
Seorang suami istri melakukan hubungan,,
terus Tidur nda mandi dulu
terus pagi mau mandi ternyata tamu ta di undangnya datang,,
yg saya tanyakan
langsung mandi
atau nunggu selesai haidnya...
Klow tenggo jawaban jenengan sedoyo
saderenge kulo aturaken matur swun


JAWABAN

Sang Penyair Berdarah

Wa'laikum salam


mau mandi janabat dulu boleh
mau sekalian/ disatukan dengan mandi haid pun tidak dilarang



ولو كان على امرأة غسل جنابة وحيض فنوت أحدهما صح غسلها وحصلا جميعا بلا خلاف

Bila pada wanita terdapat kewajiban mandi janabat dan mandi haid kemudian ia niat mandi untuk salah satunya maka sah mandinya dan tercapailah kedua mandinya secara keseluruhan dengan tanpa terdapat perbedaan pendapat ulama.
Al-Majmuu’ alaa Syarh al-Muhadzdzab 1/327

Bahkan menurut Imam an-Nawawi bila padanya terdapat najis juga sah dengan sekali basuhan untuk menghilangkan hadats sekaligus najisnya bila najisnya tergolong najis hukmiyyah.

(وإزالة النجاسة إن كانت على بدنه) أي المغتسل وهذا ما رجحه الرافعي وعليه فلا تكفي غسلة واحدة عن الحدث والنجاسة، ورجح النووي الاكتفاء بغسلة واحدة عنهما، ومحله ما إذا كانت النجاسة حكمية، أما إذا كانت النجاسة عينية وجب غسلتان عندهما

Dan menghilangkan najis terlebih dahulu yang terdapat pada badannya, pendapat ini dikuatkan oleh ar-Rafi’i menurut beliau tidak cukup satu basuhan untuk menghilangkan hadats sekaligus najis, namun Imam an-Nawawi menguatkan pendapat yang menyatakan cukup dengan sekali basuhan untuk menghilangkan keduanya bila najisnya tergolong najis hukmiyyah sedang bila najisnya tergolong ‘ainiyyah menurut kedua imam diatas tetapdiwajibkan dengan dua kali basuhan.
Fath al-Qariib I/15


NB :

YG KAMI TEMUKAN HANYA
1.QOUL YG MEWAJIBKAN MANDI JANABAH
2.QOUL TIDAK MEWAJIBKANNYA(DI GABUNGKAN)
DAN QOUL YG MU'TAMAD ADALAH QOUL YG KE 2.
SILAHKAN JUGA BUKA JUZ YG KE 2 SYARAH MUHADZDZABNY HALAMAN 150

MUGHNI IMAM QUDAMAH JUZ 1 HALAMAN 210

DAN JAMI' AHKAM JUZ 1 HALAMAN 123.

DIMANA LETAK KURANG MENGENANYA ATAS "WALAU KAANA 'ALAA IMRO,ATIN....".

SEDANG DALAM FATHUL QORIB ADALAH PENAMBAHAN SAJA.


Sunde Pati

sipp,,sepakat

الأشباه والنظائر - شافعي - (ج 1 / ص 241)

القاعدة التاسعة
إذا اجتمع أمران من جنس واحد و لم يختلف مقصودهما دخل أحدهما في الآخر غالبا
فمن فروع ذلك :
إذا اجتمع حدث و جنابة كفى الغسل على المذهب كما لو اجتمع جنابة و حيض

jika 2 perkara kumpul dari jenis yg sama dan maksudnya tidak berbed-beda maka salah satunya bisa masuk pada yg lain secara umum

diantara cabang-cabangnya yaitu
jika berkumpul antara hadas dan janabah maka cukup mandi 1x sebagaimana berkumpulnya janabah dan haid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar