PERTANYAAN
>> Rohim Jenggot
Assalamu'alaykum, ana sering/selalu berpindah2 masjid karena kerjanya juga sering/selalu pindah2 kota.
Ketika berjama'ah sering menemui sang imam ketika membaca al fatihah tidak di awali basmalah,
Pertanyaannya apa dasarnya ketika membaca al fatihah ada yg di awali dengan basmalah dan ada yang tidak, kepada segenap warga Huda mohon pencerahannya
JAWABAN
>> Ibuetz Ibnu Al Mubasyiri
wa'alaikum salam
نهاية المحتاج إلى شرح المنهاج juz 2 hal 166-167
وَلَوْ شَكَّ شَافِعِيٌّ فِي إتْيَانِ الْمُخَالِفِ بِالْوَاجِبَاتِ عِنْدَ الْمَأْمُومِ لَمْ يُؤَثِّرْ فِي صِحَّةِ الِاقْتِدَاءِ بِهِ تَحْسِينًا لِلظَّنِّ بِهِفِي تَوَقِّي الْخِلَافِ، وَلَوْ تَرَكَ الْإِمَامُ الْبَسْمَلَةَ لَمْ تَصِحَّ قُدْوَةُ الشَّافِعِيِّ بِهِ وَلَوْ كَانَ الْمُقْتَدَى بِهِ الْإِمَامُ الْأَعْظَمُ أَوْ نَائِبُهُ كَمَا نَقَلَاهُ عَنْ تَصْحِيحِ الْأَكْثَرِينَ وَقَطَعَ جَمَاعَةٌ وَهُوَ الْمُعْتَمَدُ، وَإِنْ نَقَلَا عَنْ الْحَلِيمِيِّ وَالْأَوْدَنِيِّ الصِّحَّةَ خَلْفَهُ وَاسْتَحْسَنَاهُ. وَتَعْلِيلُ الْجَوَازِ بِخَوْفِ الْفِتْنَةِ مَمْنُوعٌ، فَقَدْ لَا يَعْلَمُ الْإِمَامُ بِعَدَمِ اقْتِدَائِهِ أَوْ مُفَارَقَتِهِ كَأَنْ يَكُونَ فِي الصَّفِّ الْأَخِيرِ مَثَلًا أَوْ يُتَابِعَهُ فِي أَفْعَالِهَا مِنْ غَيْرِ رَبْطٍ وَانْتِظَارٍ كَثِيرٍ فَيَنْتَفِي خَوْفُ الْفِتْنَةِ.
kalau hanya ragu apakah imam baca basmalah atau tidak sedangkan makmum adalah ikut mazdhab syafii yang mewajibkan basmalah dalam fatihah maka boleh makmum pada imam taditapi bila memang nyata2 tidak baca fatihah dan mamum adalah mazdhab syafii maka tidak sah sholatnya walaupun imamnya itu termasuk imam agung/ulama' besar atau penggantinya,
dan ini adalah qoul mu'tamad sedang menurut imam halimi sah solatnya karna menjaga fitnah(nanti takut di kira benci pd imamnya =umpama) tapi alasan ini di bantah oleh quol mu'tamad tadi dgn alsan kalau mimang takut fitnah solat saja di barisan belakang tapi jangan niat ma'mum toh imam gak ngeliat atau niat mufaroqoh/pisah degn cara gerakannya sama dengan imam dgn catatan jangan sampai menunggu imam terlalu lama dalam gerakan solatjadi sekarang terserah kang Rohim Jenggot kalau ikut mazdhab syafii wajib baca basmalah dalam fatihahadapun dalil wajibnya bismillah dalam fatihah di antaranya
(الإقناع في حل ألفاظ أبي شجاع hal 133وبسم الله الرَّحْمَن الرَّحِيم آيَة مِنْهَا) أَي من الْفَاتِحَة لما رُوِيَ أَنه صلى الله عَلَيْهِ وَسلم عد الْفَاتِحَة سبع آيَات وعد بِسم الله الرَّحْمَن الرَّحِيم آيَة مِنْهَارَوَاهُ البُخَارِيّ فِي تَارِيخهوروى الدَّارَقُطْنِيّ عَن أبي هُرَيْرَة رَضِي الله تَعَالَى عَنهُ أَنه صلى الله عَلَيْهِ وَسلم قَالَ إِذا قَرَأْتُمْ الْحَمد لله فاقرؤوا بِسم الله الرَّحْمَن الرَّحِيم إِنَّهَا أم الْقُرْآن وَأم الْكتاب والسبع المثاني وبسم الله الرَّحْمَن الرَّحِيم إِحْدَى آياتهاوروى ابْن خُزَيْمَة بِإِسْنَاد صَحِيح عَن أم سَلمَة أَن النَّبِي صلى الله عَلَيْهِ وَسلم عد بِسم الله الرَّحْمَن الرَّحِيم آيَة وَالْحَمْد لله رب الْعَالمين إِلَى آخرهَا سِتّ آيَاتوَهِي آيَة من كل سُورَة إِلَّا بَرَاءَة لإِجْمَاع الصَّحَابَة على إِثْبَاتهَا فِي الْمُصحف بِخَطِّهِ أَوَائِل السُّور سوى بَرَاءَة
adapun basmalah adalah termasuk ayat dalam surat fatihah seperti yg di terangkan dalam 1hadist bahwa rosululloh saw menghitung basmalah termasuk dalam ayat dalam fatihah (bukhori)dan juga hadist yg riwayatkan oleh daro kudni dari abi hurairata ra bahwa rosululloh saw bersabda:
bila kalian membaca alhamdulillah(alfatihah)maka baca juga basmalah krn ia termasuk ummul quran dan ummul kitab dan termasuk sab'ul matsani sedangkan basmalah termasuk dri ketujuh ayat tersebutdan di riwayatkan dari huzaimah dgn sanad yg sohih dr ummu salamah bahwasannya Rosululloh saw menghitung basmalah termasuk ayat dan menghitung alhamdulillah..........
sampai akhir dgn 6 ayat dan basmalah termasuk ayat dari setiap surat karna ijma'nya sohabat kecuali surat baro'ah
link dokumen :
http://www.facebook.com/groups/kasarung/doc/591379777553431/
>> Rohim Jenggot
Assalamu'alaykum, ana sering/selalu berpindah2 masjid karena kerjanya juga sering/selalu pindah2 kota.
Ketika berjama'ah sering menemui sang imam ketika membaca al fatihah tidak di awali basmalah,
Pertanyaannya apa dasarnya ketika membaca al fatihah ada yg di awali dengan basmalah dan ada yang tidak, kepada segenap warga Huda mohon pencerahannya
JAWABAN
>> Ibuetz Ibnu Al Mubasyiri
wa'alaikum salam
نهاية المحتاج إلى شرح المنهاج juz 2 hal 166-167
وَلَوْ شَكَّ شَافِعِيٌّ فِي إتْيَانِ الْمُخَالِفِ بِالْوَاجِبَاتِ عِنْدَ الْمَأْمُومِ لَمْ يُؤَثِّرْ فِي صِحَّةِ الِاقْتِدَاءِ بِهِ تَحْسِينًا لِلظَّنِّ بِهِفِي تَوَقِّي الْخِلَافِ، وَلَوْ تَرَكَ الْإِمَامُ الْبَسْمَلَةَ لَمْ تَصِحَّ قُدْوَةُ الشَّافِعِيِّ بِهِ وَلَوْ كَانَ الْمُقْتَدَى بِهِ الْإِمَامُ الْأَعْظَمُ أَوْ نَائِبُهُ كَمَا نَقَلَاهُ عَنْ تَصْحِيحِ الْأَكْثَرِينَ وَقَطَعَ جَمَاعَةٌ وَهُوَ الْمُعْتَمَدُ، وَإِنْ نَقَلَا عَنْ الْحَلِيمِيِّ وَالْأَوْدَنِيِّ الصِّحَّةَ خَلْفَهُ وَاسْتَحْسَنَاهُ. وَتَعْلِيلُ الْجَوَازِ بِخَوْفِ الْفِتْنَةِ مَمْنُوعٌ، فَقَدْ لَا يَعْلَمُ الْإِمَامُ بِعَدَمِ اقْتِدَائِهِ أَوْ مُفَارَقَتِهِ كَأَنْ يَكُونَ فِي الصَّفِّ الْأَخِيرِ مَثَلًا أَوْ يُتَابِعَهُ فِي أَفْعَالِهَا مِنْ غَيْرِ رَبْطٍ وَانْتِظَارٍ كَثِيرٍ فَيَنْتَفِي خَوْفُ الْفِتْنَةِ.
kalau hanya ragu apakah imam baca basmalah atau tidak sedangkan makmum adalah ikut mazdhab syafii yang mewajibkan basmalah dalam fatihah maka boleh makmum pada imam taditapi bila memang nyata2 tidak baca fatihah dan mamum adalah mazdhab syafii maka tidak sah sholatnya walaupun imamnya itu termasuk imam agung/ulama' besar atau penggantinya,
dan ini adalah qoul mu'tamad sedang menurut imam halimi sah solatnya karna menjaga fitnah(nanti takut di kira benci pd imamnya =umpama) tapi alasan ini di bantah oleh quol mu'tamad tadi dgn alsan kalau mimang takut fitnah solat saja di barisan belakang tapi jangan niat ma'mum toh imam gak ngeliat atau niat mufaroqoh/pisah degn cara gerakannya sama dengan imam dgn catatan jangan sampai menunggu imam terlalu lama dalam gerakan solatjadi sekarang terserah kang Rohim Jenggot kalau ikut mazdhab syafii wajib baca basmalah dalam fatihahadapun dalil wajibnya bismillah dalam fatihah di antaranya
(الإقناع في حل ألفاظ أبي شجاع hal 133وبسم الله الرَّحْمَن الرَّحِيم آيَة مِنْهَا) أَي من الْفَاتِحَة لما رُوِيَ أَنه صلى الله عَلَيْهِ وَسلم عد الْفَاتِحَة سبع آيَات وعد بِسم الله الرَّحْمَن الرَّحِيم آيَة مِنْهَارَوَاهُ البُخَارِيّ فِي تَارِيخهوروى الدَّارَقُطْنِيّ عَن أبي هُرَيْرَة رَضِي الله تَعَالَى عَنهُ أَنه صلى الله عَلَيْهِ وَسلم قَالَ إِذا قَرَأْتُمْ الْحَمد لله فاقرؤوا بِسم الله الرَّحْمَن الرَّحِيم إِنَّهَا أم الْقُرْآن وَأم الْكتاب والسبع المثاني وبسم الله الرَّحْمَن الرَّحِيم إِحْدَى آياتهاوروى ابْن خُزَيْمَة بِإِسْنَاد صَحِيح عَن أم سَلمَة أَن النَّبِي صلى الله عَلَيْهِ وَسلم عد بِسم الله الرَّحْمَن الرَّحِيم آيَة وَالْحَمْد لله رب الْعَالمين إِلَى آخرهَا سِتّ آيَاتوَهِي آيَة من كل سُورَة إِلَّا بَرَاءَة لإِجْمَاع الصَّحَابَة على إِثْبَاتهَا فِي الْمُصحف بِخَطِّهِ أَوَائِل السُّور سوى بَرَاءَة
adapun basmalah adalah termasuk ayat dalam surat fatihah seperti yg di terangkan dalam 1hadist bahwa rosululloh saw menghitung basmalah termasuk dalam ayat dalam fatihah (bukhori)dan juga hadist yg riwayatkan oleh daro kudni dari abi hurairata ra bahwa rosululloh saw bersabda:
bila kalian membaca alhamdulillah(alfatihah)maka baca juga basmalah krn ia termasuk ummul quran dan ummul kitab dan termasuk sab'ul matsani sedangkan basmalah termasuk dri ketujuh ayat tersebutdan di riwayatkan dari huzaimah dgn sanad yg sohih dr ummu salamah bahwasannya Rosululloh saw menghitung basmalah termasuk ayat dan menghitung alhamdulillah..........
sampai akhir dgn 6 ayat dan basmalah termasuk ayat dari setiap surat karna ijma'nya sohabat kecuali surat baro'ah
link dokumen :
http://www.facebook.com/groups/kasarung/doc/591379777553431/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar