malaikat izroil sang pencabut nyawa
بدائع الزهور في وقائع الدهور (ص: 35، بترقيم الشاملة آليا)
قال الثعلبي في كتابه لما أراد الله تعالى أن يخلق آدم عليه السلام أوحى
الى الارض أنى خالق من أديمك خلقا فمنهم من يطيعني ومنهم من يعصيني فمن
أطاعني أدخلته الجنة ومن عصاني أدخلته النار
Imam tsa'labi
bercerita dalam kitabnya : Pada waktu ALLOH SWT ingin menciptakan nabi
adam AS,maka ALLOH memberi wahyu pada bumi, Bahwa sesungguhnya kami akan
menciptakan mahluk dari inti sarimu,sebagian ada taat padaku dan ada
pula yang durhaka padaku,maka siapa yang taat padaku akan saya masukkan
disurgaku,dan siapa yang durhaka padaku maka akan saya masukkan
dinerakaku.
ثم بعث الله تعالى جبرائيل عليه السلام إلى الأرض
ليأتينه بقبضهمنها فلما أتاها جبريل أقسمت عليه وقالت أني أعوذ بعزة الله
الذي أرسلك أن لا تأخذ مني شيئا يكون للنار فيه نصيب فلم يأخذ منها شيئا
ورجع الى ربه وقال يا رب قد استعاذت بك مني فكرهت أن آخذ منها شيئا فأمر
الله تعالى ميكائيل أن يمضي اليها ويقبض منها قبضة من تراب فأقسمت عليه
وقالت له مثل ما قالت لجبرائيل فبر قسمها ولم يأخذ منها شيئا
kemudian ALLOH mengutus jibril alaihis salam turun kebumi untuk membawa
secakupan tanah dari bumi,setelah jibril sampai dibumi,maka bumi memberi
sumpah pada jibril dan berkata,sesungguhnya aku berlindung pada ALLOH
yang maha mulia yang mengutusmu, saya minta agar kamu tidak mengambil
sesuatu dariku yang mana dapat bagian masuk neraka.setelah itu jibril
tidak mau mengambil secakupan tanah dan pulang pada TUHAN dan
berkata,bumi telah minta perlindungan atas nama besarmu,maka saya tidak
berani untuk mengambil sesuatu darinya, kemudian ALLOH mengutus mikail
agar meluncur kebumi dan mengambil secakupan tanah darinya,terus bumi
mengucapkan sumpah padanya sebagaimana sumpahnya pada jibril,kemudian
mikail memulyakan sumpahnya bumi dan tidak mau mengambil sesuatu darinya
فأرسل الله اليها عزرائيل فلما هبط اليها وكزها بحربة كانت معه فاضطربت
فمد يده اليها فأقسمت عليه وقالت له مثل ما قالت لأخويه فقال لها أمر الله
خير من قسمك وقبض من زواياها الأربع من جميع أديمها من أسودها وابيضها
وأحمرها من سهلها وجبلها وأعاليها وأسالفها ثم أتى بتلك القبضة بين يدى
الله تعالى فقال الله تعالى له لم لم تجبها وقد أقسمت بى عليك فقال يارب
أمرك أوجب وخوفك أرهب فقال له اذن أنت ملك الموت وقابض الأرواح ومنتزعها من
الاشباح ولم يكن قبل ذلك ملك الموت
kemudian ALLOH mengutus
izroil,ketika izroil turun kebumi dan menancapkan tombak yang ada
kantong yang ada padanya,maka bumi jadi guncang,terus izroil mengulurkan
tangannya,lalu bumi bersumpah pada izroil sebagaimana sumpah yang
disampaikan pada kedua saudaranya,maka izroil menjawab,taat pada
perintah ALLOH itu lebih baik daripada menuruti sumpahmu,kemudian
izroil mengambil secakupan tanah dari pojokan 4 yang diambil dari inti
sari bumi,hitamnya, putihnya,merahnya, dari gunungnya,atasnya dan
bawahnya,kemudian secakupan tersebut diserahkan pada ALLOH.lalu ALLOH
bertanya,kenapa kamu tidak menuruti sumpahnya? padahal dia bersumpah
atas namaku ? izroil menjawab,YA TUHANKU ,perintahmu lebih berhak
dilakukan,dan takut padamu lebih diutamakan, lalu ALLOH
berfirman,,mulai sekarang kamu jadi malaikat maut,dan malaikat pencabut
nyawa dan malaikat pengambil nyawa dari jasad dan sebelum kejadian ini
belum ada yang namanya malaikat maut
............................
بدائع الزهور في وقائع الدهور (ص: 34، بترقيم الشاملة آليا)
وأما عزرائيل عليه السلام فأنه موكل بقبض الارواح من بنى أدم وغيرهم وكذلك
سائر الطيور والوحوش وكل ذي روح ويروى أن صفته كصفة اسرافيل وأنه جالس على
سرير في السماء السادسة وله أربع أجنحة ممتدة من المشرق الى المغرب ويروى
أن سائر جسده عيونا ناظرة الى كل ذى روح فاذا قبض روح أحد عميت منه العين
الناظرة إليه فذا مات المخلوقون جميعهم ذهبت تلك العيون كلها التي في جسده
ولم يبق الا عينه فيعلم أنه لم يبق الا هو
Adapun malaikat izroil
alaihis salam adalah bertugas mencabut nyawa-nyawa dari bani adam
maupun selainnya begitu juga semua burung,hewan2 liar dan semua yg
mempunyai nyawa
diceritakan bahwa sifatnya malaikat izroil adalah
sama dengan malaikat isrofil dan malaikat izroil itu duduk diatas
ranjang pada langit ke-6.ia mempunyai 4 sayap yg bisa memanjang dari
arah timur sampai arah barat
diceritakan lagi bahwa disekujur
tubuhnya dipenuhi mata yg melihat pada setiap yg bernyawa jika salah
satu nyawa dicabut maka mata yg melihat tadi jadi buta dan jika semua yg
bernyawa mati maka mata yg melihat tadi yg ada ditubuhnya jadi buta
semua dan tidak tersisa kecuali matanya sendiri maka bisa hal itu
diketahui bahwa tiada mahluk yg hidup kecuali dirinya
الكتاب: بدائع الزهور في وقائع الدهور
المؤلف: جلال الدين عبد الرحمن بن أبي بكر السيوطي
WALLOHU A'LAM
link dokumen :
http://www.facebook.com/groups/kasarung/doc/605980606093348/
بدائع الزهور في وقائع الدهور (ص: 35، بترقيم الشاملة آليا)
قال الثعلبي في كتابه لما أراد الله تعالى أن يخلق آدم عليه السلام أوحى الى الارض أنى خالق من أديمك خلقا فمنهم من يطيعني ومنهم من يعصيني فمن أطاعني أدخلته الجنة ومن عصاني أدخلته النار
Imam tsa'labi bercerita dalam kitabnya : Pada waktu ALLOH SWT ingin menciptakan nabi adam AS,maka ALLOH memberi wahyu pada bumi, Bahwa sesungguhnya kami akan menciptakan mahluk dari inti sarimu,sebagian ada taat padaku dan ada pula yang durhaka padaku,maka siapa yang taat padaku akan saya masukkan disurgaku,dan siapa yang durhaka padaku maka akan saya masukkan dinerakaku.
ثم بعث الله تعالى جبرائيل عليه السلام إلى الأرض ليأتينه بقبضهمنها فلما أتاها جبريل أقسمت عليه وقالت أني أعوذ بعزة الله الذي أرسلك أن لا تأخذ مني شيئا يكون للنار فيه نصيب فلم يأخذ منها شيئا ورجع الى ربه وقال يا رب قد استعاذت بك مني فكرهت أن آخذ منها شيئا فأمر الله تعالى ميكائيل أن يمضي اليها ويقبض منها قبضة من تراب فأقسمت عليه وقالت له مثل ما قالت لجبرائيل فبر قسمها ولم يأخذ منها شيئا
kemudian ALLOH mengutus jibril alaihis salam turun kebumi untuk membawa secakupan tanah dari bumi,setelah jibril sampai dibumi,maka bumi memberi sumpah pada jibril dan berkata,sesungguhnya aku berlindung pada ALLOH yang maha mulia yang mengutusmu, saya minta agar kamu tidak mengambil sesuatu dariku yang mana dapat bagian masuk neraka.setelah itu jibril tidak mau mengambil secakupan tanah dan pulang pada TUHAN dan berkata,bumi telah minta perlindungan atas nama besarmu,maka saya tidak berani untuk mengambil sesuatu darinya, kemudian ALLOH mengutus mikail agar meluncur kebumi dan mengambil secakupan tanah darinya,terus bumi mengucapkan sumpah padanya sebagaimana sumpahnya pada jibril,kemudian mikail memulyakan sumpahnya bumi dan tidak mau mengambil sesuatu darinya
فأرسل الله اليها عزرائيل فلما هبط اليها وكزها بحربة كانت معه فاضطربت فمد يده اليها فأقسمت عليه وقالت له مثل ما قالت لأخويه فقال لها أمر الله خير من قسمك وقبض من زواياها الأربع من جميع أديمها من أسودها وابيضها وأحمرها من سهلها وجبلها وأعاليها وأسالفها ثم أتى بتلك القبضة بين يدى الله تعالى فقال الله تعالى له لم لم تجبها وقد أقسمت بى عليك فقال يارب أمرك أوجب وخوفك أرهب فقال له اذن أنت ملك الموت وقابض الأرواح ومنتزعها من الاشباح ولم يكن قبل ذلك ملك الموت
kemudian ALLOH mengutus izroil,ketika izroil turun kebumi dan menancapkan tombak yang ada kantong yang ada padanya,maka bumi jadi guncang,terus izroil mengulurkan tangannya,lalu bumi bersumpah pada izroil sebagaimana sumpah yang disampaikan pada kedua saudaranya,maka izroil menjawab,taat pada perintah ALLOH itu lebih baik daripada menuruti sumpahmu,kemudian izroil mengambil secakupan tanah dari pojokan 4 yang diambil dari inti sari bumi,hitamnya, putihnya,merahnya, dari gunungnya,atasnya dan bawahnya,kemudian secakupan tersebut diserahkan pada ALLOH.lalu ALLOH bertanya,kenapa kamu tidak menuruti sumpahnya? padahal dia bersumpah atas namaku ? izroil menjawab,YA TUHANKU ,perintahmu lebih berhak dilakukan,dan takut padamu lebih diutamakan, lalu ALLOH berfirman,,mulai sekarang kamu jadi malaikat maut,dan malaikat pencabut nyawa dan malaikat pengambil nyawa dari jasad dan sebelum kejadian ini belum ada yang namanya malaikat maut
............................
بدائع الزهور في وقائع الدهور (ص: 34، بترقيم الشاملة آليا)
وأما عزرائيل عليه السلام فأنه موكل بقبض الارواح من بنى أدم وغيرهم وكذلك سائر الطيور والوحوش وكل ذي روح ويروى أن صفته كصفة اسرافيل وأنه جالس على سرير في السماء السادسة وله أربع أجنحة ممتدة من المشرق الى المغرب ويروى أن سائر جسده عيونا ناظرة الى كل ذى روح فاذا قبض روح أحد عميت منه العين الناظرة إليه فذا مات المخلوقون جميعهم ذهبت تلك العيون كلها التي في جسده ولم يبق الا عينه فيعلم أنه لم يبق الا هو
Adapun malaikat izroil alaihis salam adalah bertugas mencabut nyawa-nyawa dari bani adam maupun selainnya begitu juga semua burung,hewan2 liar dan semua yg mempunyai nyawa
diceritakan bahwa sifatnya malaikat izroil adalah sama dengan malaikat isrofil dan malaikat izroil itu duduk diatas ranjang pada langit ke-6.ia mempunyai 4 sayap yg bisa memanjang dari arah timur sampai arah barat
diceritakan lagi bahwa disekujur tubuhnya dipenuhi mata yg melihat pada setiap yg bernyawa jika salah satu nyawa dicabut maka mata yg melihat tadi jadi buta dan jika semua yg bernyawa mati maka mata yg melihat tadi yg ada ditubuhnya jadi buta semua dan tidak tersisa kecuali matanya sendiri maka bisa hal itu diketahui bahwa tiada mahluk yg hidup kecuali dirinya
الكتاب: بدائع الزهور في وقائع الدهور
المؤلف: جلال الدين عبد الرحمن بن أبي بكر السيوطي
WALLOHU A'LAM
Tidak ada komentar:
Posting Komentar