Ci Ayati
Assalamu'alaikum...
Numpang tanya ya...tetangga lg rame..
> ada temen yang melahirkan saat bulan ramadhan jadi dia tak puasa krn masuk masa nifas..
Pertanyaan...haruskah dia membayar fidyah atau kah hanya qada' puasa..?
JAWABAN
Hasanul Zain
Wa'alaikum salam wr wb...!
Ketahuilah bahwasannya Mebathalkan puasa Romadhon itu ada 4 Macam.
1 - Wajib hanya Meng Qodho' ya'ni orang yang sedang Haidh dan Nifas serta wajib baginya membathalkan puasanya dan haram baginya untuk berpuasa dan tidak sah.
واعلم ان الافطار في رمضان أربع أنواع : موجب للقضاء فقط ، وهو الحائض والنفاس والفطر فيهما واجب ، ويحرم عليهما الصوم ولا يصح منهما.
نهاية الزين ص ١٩١
Karna dia saat ini sedang menyusui.
Jika membathalkan puasa karena hamil,menyusui karena Khawatir akan keselamatan bayinya atau khawatir Lemas maka wajib baginya Meng Qodho'i puasanya sekaligus wajib membayar Fidyah.
وموجب للقضاء والفدية الافطر للخوف على غيره وحده كالافطر لانقاذ المشرف على الغرق وكافطار الحامل والمرضع خوفا على الولد.
نهاية الزين ص ١٩١
والله اعلم
Jadi kesimpulannya jika Tidak puasa Karena Nifas/sehabis melahirkan maka baginya hanya wajib Qodho' adapun jika Tidak puasa karena Menyusui maka baginya Wajib mengqodho'i serta membayar Fidyah.
Ibuetz Ibnu Al Mubasyiri
المجموع شرح المهذب juz 6 hal 267* قال المصنف رحمه الله* {فان خافت الحامل والمرضع على أنفسهما أفطرتا وعليهما القضاء دون الكفارة لانهما أفطرتا للخوف على أنفسهما فوجب عليهما القضاء دون الكفارة كالمريض وإن خافتا على ولديهما أفطرتا وعليهما القضاء بدلا عن الصوم وفى الكفارة ثلاثة أوجه (قال) في الام يجب عن كل يوم مد من الطعام وهو الصحيح لقوله تعالي (وعلي الذين يطيقونه فدية) قال ابن عباس نسخت هذه الآية وبقيت للشيخ الكبير والعجوز والحامل والمرضع إذا خافتا أفطرتا وأطعمتا كل يوم مسكينا (والثاني) ان الكفارة مستحبة غير واجبة وهو قول المزني لانه افطار بعذر فلم تجب فيه الكفارة كافطار المريض (والثالث) يجب علي المرضع دون الحامل لان الحامل أفطرت لمعنى فيها فهى كالمريض والمرضع أفطرت لمنفصل عنها فوجب عليها الكفارة وَاَللَّهُ أَعْلَمُ}
bila orang hamil atau menyusui takut yg bila nantinya kalau puasa akan membayakan dirinya maka boleh berbuka dan wajib qodo' tidak wajib kaffarohdan bila berbukanya tadi karna takut membahayakan bayinya maka boleh berbuka dan wajib qodo' dan dalm harusnya kaffarot itu ada 3 pendapat-pertama menurut qoul sohih seperti yg tertulis dal;a kitab al um itu wajib kaffaroh 1hri 1 mud-keda hukum kaffarohnya sunat /tdk wajib dan ini pendapat imam muzanni karna wanita tadi bebuka di karnakan uzdur maka hukumnya seperti orang sakit-ketiga wajib kaffarot pd orang yg menyusui dan tdk wajib bagi orang hamil karna ornag hamil kemudorotannya ada pada dirinya maka hukumnya sama dgn orang sakit sedang orang menyusui kemudorotannya terpisah dari dirinya maka dia wajib kaffaroh
link dokumen :
http://www.facebook.com/groups/kasarung/doc/495172033840873/
Numpang tanya ya...tetangga lg rame..
> ada temen yang melahirkan saat bulan ramadhan jadi dia tak puasa krn masuk masa nifas..
Pertanyaan...haruskah dia membayar fidyah atau kah hanya qada' puasa..?
JAWABAN
Hasanul Zain
Wa'alaikum salam wr wb...!
Ketahuilah bahwasannya Mebathalkan puasa Romadhon itu ada 4 Macam.
1 - Wajib hanya Meng Qodho' ya'ni orang yang sedang Haidh dan Nifas serta wajib baginya membathalkan puasanya dan haram baginya untuk berpuasa dan tidak sah.
واعلم ان الافطار في رمضان أربع أنواع : موجب للقضاء فقط ، وهو الحائض والنفاس والفطر فيهما واجب ، ويحرم عليهما الصوم ولا يصح منهما.
نهاية الزين ص ١٩١
Karna dia saat ini sedang menyusui.
Jika membathalkan puasa karena hamil,menyusui karena Khawatir akan keselamatan bayinya atau khawatir Lemas maka wajib baginya Meng Qodho'i puasanya sekaligus wajib membayar Fidyah.
وموجب للقضاء والفدية الافطر للخوف على غيره وحده كالافطر لانقاذ المشرف على الغرق وكافطار الحامل والمرضع خوفا على الولد.
نهاية الزين ص ١٩١
والله اعلم
Jadi kesimpulannya jika Tidak puasa Karena Nifas/sehabis melahirkan maka baginya hanya wajib Qodho' adapun jika Tidak puasa karena Menyusui maka baginya Wajib mengqodho'i serta membayar Fidyah.
Ibuetz Ibnu Al Mubasyiri
المجموع شرح المهذب juz 6 hal 267* قال المصنف رحمه الله* {فان خافت الحامل والمرضع على أنفسهما أفطرتا وعليهما القضاء دون الكفارة لانهما أفطرتا للخوف على أنفسهما فوجب عليهما القضاء دون الكفارة كالمريض وإن خافتا على ولديهما أفطرتا وعليهما القضاء بدلا عن الصوم وفى الكفارة ثلاثة أوجه (قال) في الام يجب عن كل يوم مد من الطعام وهو الصحيح لقوله تعالي (وعلي الذين يطيقونه فدية) قال ابن عباس نسخت هذه الآية وبقيت للشيخ الكبير والعجوز والحامل والمرضع إذا خافتا أفطرتا وأطعمتا كل يوم مسكينا (والثاني) ان الكفارة مستحبة غير واجبة وهو قول المزني لانه افطار بعذر فلم تجب فيه الكفارة كافطار المريض (والثالث) يجب علي المرضع دون الحامل لان الحامل أفطرت لمعنى فيها فهى كالمريض والمرضع أفطرت لمنفصل عنها فوجب عليها الكفارة وَاَللَّهُ أَعْلَمُ}
bila orang hamil atau menyusui takut yg bila nantinya kalau puasa akan membayakan dirinya maka boleh berbuka dan wajib qodo' tidak wajib kaffarohdan bila berbukanya tadi karna takut membahayakan bayinya maka boleh berbuka dan wajib qodo' dan dalm harusnya kaffarot itu ada 3 pendapat-pertama menurut qoul sohih seperti yg tertulis dal;a kitab al um itu wajib kaffaroh 1hri 1 mud-keda hukum kaffarohnya sunat /tdk wajib dan ini pendapat imam muzanni karna wanita tadi bebuka di karnakan uzdur maka hukumnya seperti orang sakit-ketiga wajib kaffarot pd orang yg menyusui dan tdk wajib bagi orang hamil karna ornag hamil kemudorotannya ada pada dirinya maka hukumnya sama dgn orang sakit sedang orang menyusui kemudorotannya terpisah dari dirinya maka dia wajib kaffaroh
link dokumen :
http://www.facebook.com/groups/kasarung/doc/495172033840873/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar