PERTANYAAN
Hamba Sahaya
Assalamu'alaikum..
didalam rukun sholat salah satunya adalah niat,yg ingin saya tanyakan kpd para sedulur,apa yg dimaksud atau penjelasan mengenai niat perkara tiga yakni :
1 niatul fi'li
2 niatutta'yiin
3 niatul fardhiyah
matursuwun sblmnya,.
JAWABAN
Toni Imam Tontowi
wa'alaikumsalam
SYARAT NIAT
Sebelumnya perlu ditegaskan bahwa dalam madzhab Syafi'i niat hukumnya yang wajib adalah dihati, adapun pengucapan niat sholat hukumnya sunnah selain berguna sebagai penuntun hati dalam "krêntêk" niat yang dimaksudi (lihat Fat-hul Mu'in Hamsy I'anatut Tholibin I / 130)
Dalam lingkup niat sholat ada tiga kriteria yang digunakan sebagai acuan sah / tidaknya niat :
1. Niatu fi'lis sholat (qoshdul fi'li) , yaitu menyengaja melakukan sholat untuk membedakan antara ibadah sholat dengan ibadah yang lain.
2. Ta'yiinus Sholat , yaitu menentukan sholat apa yang mau dilakukan, apakah itu subuh, dhuhur dsb atau sholat yang lain.
3. Niatul Fardliyyah, yaitu niat sholat fardlu bila yang dilakukan adalah sholat fardlu gunanya untuk membedakan dengan sholat lain selain yang fardlu (seperti sholat sunat dll)
Prakteknya adalah sebagai berikut :
Contoh : USHOLLI FARDLO DHUHRI
maka dalam definisi diatas :
USHOLLI : Niatul FI'li / Qoshdul Fi'li
FARDLO : Niatul Fardliyyah
DHUHRI : Ta'yiinus Sholah
adapun niat sholat setelah lafadl ini (arba'a roka'atin mustaqbilal qiblati ada-an / ma-muuman lillaahi ta'ala) hukumnya adalah sunnah (lihat I'anah I / 129 - 130) , dalam artian walaupun tidak ditambahi lafadl ini sudah sah sholatnya.
referensi :
ﻣﺎ ﻧﺼﻪ ﻓﻰ ﻓﺘﺢ ﺍﻟﻤﻌﻴﻦ ؛ (ﻓﻴﺠﺐ ﻓﻴﻬﺎ) ﺃﻯ ﺍﻟﻨﻴﺔ (ﻗﺼﺪ ﻓﻌﻠﻬﺎ ﺃﻯ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻟﺘﺘﻤﻴﺰ ﻋﻦ ﺑﻘﻴﺔ ﺍﻷﻓﻌﺎﻝ (ﻭﺗﻌﻴﻴﻨﻬﺎ) ﻣﻦ ﻇﻬﺮ ﺃﻭ ﻏﻴﺮﻫﺎ ﻟﺘﺘﻤﻴﺰ ﻋﻦ ﺑﻘﻴﺔ ﺍﻷﻓﻌﺎﻝ (ﻭﺗﻌﻴﻴﻨﻬﺎ) ﻣﻦ ﻇﻬﺮ ﺃﻭ ﻏﻴﺮﻫﺎ ﻟﺘﺘﻤﻴﺰ ﻋﻦ ﻏﻴﺮﻫﺎ ﻓﻼ ﻳﻜﻔﻰ ﻧﻴﺔ ﻓﺮﺽ ﺍﻟﻮﻗﺖ (ﻭﻟﻮ) ﻛﺎﻧﺖ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﺍﻟﻤﻔﻌﻮﻟﺔ (ﻧﻔﻼ) ﻏﻴﺮ ﻣﻄﻠﻖ ﻛﺎﻟﺮﻭﺍﺗﺐ ﻭﺍﻟﺴﻨﻦ ﺍﻟﻤﺆﻗﺘﺔ ﺃﻭ ﺫﺍﺕ ﺍﻟﺴﺒﺐ ﻓﻴﺠﺐ ﻓﻴﻬﺎ ﺍﻟﺘﻌﻴﻴﻦ ﺑﺎﻹﺿﺎﻓﺔ ﺇﻟﻰ ﻣﺎ ﻳﻌﻴﻨﻬﺎ ﻛﺴﻨﺔ ﺍﻟﻈﻬﺮ ﺍﻟﻘﺒﻠﻴﺔ ﺃﻭ ﺍﻟﺒﻌﺪﻳﺔ ﺇﻟﻰ ﺃﻥ ﻗﺎﻝ (ﻭ) ﺗﺠﺐ (ﻧﻴﺔ ﻓﺮﺽ ﻓﻴﻪ) ﺃﻯ ﻓﻰ ﺍﻟﻔﺮﺽ ﻭﻟﻮ ﻛﻔﺎﻳﺔ ﺃﻭ ﻧﺬﺭﺍ ﻭﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﺍﻟﻨﺎﻭﻯ ﺻﺒﻴﺎ ﻟﻴﺘﻤﻴﺰ ﻋﻦ ﺍﻟﻨﻔﻞ (ﻛﺄﺻﻠﻰ ﻓﺮﺽ ﺍﻟﻈﻬﺮ) ﻣﺜﻼ ﺃﻭ ﻓﺮﺽ ﺍﻟﺠﻤﻌﺔ ﻭﺇﻥ ﺃﺩﺭﻙ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﻓﻰ ﺗﺸﻬﺪﻫﺎ
ﺣﺎﺷﻴﺔ
ﻣﺎ ﻓﻴﻪ (ﻗﻮﻟﻪ ﻓﻴﺠﺐ ﻓﻴﻬﺎ ﺍﻟﺦ) ﺍﻋﻠﻢ ﺃﻥ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻋﻠﻰ ﺛﻼﺛﺔ ﺃﻗﺴﺎﻡ ﻧﻴﺔ ﺍﻟﻔﻌﻞ ﻭﺍﻟﺘﻌﻴﻴﻦ ﺻﺒﺤﺎ ﺃﻭ ﻏﻴﺮﻩ ﻭﻧﻴﺔ ﺍﻟﻔﺮﺿﻴﺔ ﻭﻗﺪ ﻧﻈﻤﻬﺎ ﺑﻌﻀﻬﻢ ﻓﻘﺎﻝ ؛
ﻳﺎ ﺳﺎﺋﻠﻰ ﻋﻦ ﺷﺮﻭﻁ ﺍﻟﻨﻴﺔ ¤ ﺍﻟﻘﺼﺪ ﻭﺍﻟﺘﻌﻴﻴﻦ ﻭﺍﻟﻔﺮﺿﻴﺔ
i ﻭﺍﻟﺜﺎﻧﻰ ﻳﺸﺘﺮﻁ ﻓﻴﻪ ﺍﺛﻨﺎﻥ ﻧﻴﺔ ﺍﻟﻔﻌﻞ ﻭﺍﻟﺘﻌﻴﻴﻦ ﻭﺍﻟﺜﺎﻟﺚ ﻳﺸﺘﺮﻁ ﻓﻴﻪ ﻭﺍﺣﺪ ﻭﻫﻮ ﻗﺼﺪ ﺍﻟﻔﻌﻞ ﻭﻗﺪ ﺃﻓﺎﺩ ﺍﻟﻤﺆﻟﻒ ﺫﻟﻚ ﺑﻘﻮﻟﻪ ﻓﻴﺠﺐ ﻓﻴﻬﺎ ﺍﻟﺦ ﻭﻗﻮﻟﻪ ﻗﺼﺪ ﻓﻌﻠﻬﺎ ﺃﻯ ﺍﻳﻘﺎﻋﻬﺎ ﻓﻼ ﻳﻜﻔﻰ ﺍﺣﻀﺎﺭﻫﺎ ﻓﻰ ﺍﻟﺬﻫﻦ ﻣﻊ ﺍﻟﻐﻔﻠﺔ ﻋﻦ ﻓﻌﻠﻬﺎ ﻷﻧﻪ ﻫﻮ ﺍﻟﻤﻄﻠﻮﺏ
ﻗﻮﻟﻪ ﻭﺗﺠﺐ ﻧﻴﺔ ﻓﺮﺽ ﺍﻟﺦ( ﺃﻯ ﻣﻼﺣﻈﺘﻪ ﻭﻗﺼﺪﻩ ﻓﻴﻼﺣﻆ
ﻭﻳﻘﺼﺪ ﻛﻮﻥ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻓﺮﺿﺎ
ﺍﻩ ﺇﻋﺎﻧﺔ ﺍﻟﻄﺎﻟﺒﻴﻦ ﺍﻟﺠﺰﺀ ﺍﻷﻭﻝ ﺹ 126 - 128
ﻣﻜﺘﺒﺔ ﻃﻪ ﻓﻮﺗﺮﺍ ﺳﻤﺎﺭﺍﻉ
wallaahu a'lam
Hamba Sahaya
toni@ trimakasih atas penjelasannya kang..
Maaf kang, terus bagaimana hukumnya kita meniatkan sbg imam,ma'mum,atau ktka sdg munfarid?
Wajib atau sunnah?
Toni Imam Tontowi
oh iya adda yang salah dengan uraian saya diatas .
jadi bahwasanya ialah sebagai berikut :
dalam sholat jama'ah niat bermakmum hukumnya wajib dalam artian tidak sah jama'ah bila tidak diniati "makmuuman" .....
sedang di imamnya niat menjadi imam hukumnya sunah .
maap atas kekeliruan diatas sekaligus koreksi . :D
Hamba Sahaya
hehe..rodo ngeyel ni kang,
klw niat pas lg munfarid wajib apa sunnah kang?
Toni Imam Tontowi
kalau sholat sendirian niat ya tetep wajib . yang wajib di perinci dengan tiga krriteria diatas (qoshdu, ta'yin dan niat fardliyyah) selebihnya sunah
Hamba Sahaya
Assalamu'alaikum..
didalam rukun sholat salah satunya adalah niat,yg ingin saya tanyakan kpd para sedulur,apa yg dimaksud atau penjelasan mengenai niat perkara tiga yakni :
1 niatul fi'li
2 niatutta'yiin
3 niatul fardhiyah
matursuwun sblmnya,.
JAWABAN
Toni Imam Tontowi
wa'alaikumsalam
SYARAT NIAT
Sebelumnya perlu ditegaskan bahwa dalam madzhab Syafi'i niat hukumnya yang wajib adalah dihati, adapun pengucapan niat sholat hukumnya sunnah selain berguna sebagai penuntun hati dalam "krêntêk" niat yang dimaksudi (lihat Fat-hul Mu'in Hamsy I'anatut Tholibin I / 130)
Dalam lingkup niat sholat ada tiga kriteria yang digunakan sebagai acuan sah / tidaknya niat :
1. Niatu fi'lis sholat (qoshdul fi'li) , yaitu menyengaja melakukan sholat untuk membedakan antara ibadah sholat dengan ibadah yang lain.
2. Ta'yiinus Sholat , yaitu menentukan sholat apa yang mau dilakukan, apakah itu subuh, dhuhur dsb atau sholat yang lain.
3. Niatul Fardliyyah, yaitu niat sholat fardlu bila yang dilakukan adalah sholat fardlu gunanya untuk membedakan dengan sholat lain selain yang fardlu (seperti sholat sunat dll)
Prakteknya adalah sebagai berikut :
Contoh : USHOLLI FARDLO DHUHRI
maka dalam definisi diatas :
USHOLLI : Niatul FI'li / Qoshdul Fi'li
FARDLO : Niatul Fardliyyah
DHUHRI : Ta'yiinus Sholah
adapun niat sholat setelah lafadl ini (arba'a roka'atin mustaqbilal qiblati ada-an / ma-muuman lillaahi ta'ala) hukumnya adalah sunnah (lihat I'anah I / 129 - 130) , dalam artian walaupun tidak ditambahi lafadl ini sudah sah sholatnya.
referensi :
ﻣﺎ ﻧﺼﻪ ﻓﻰ ﻓﺘﺢ ﺍﻟﻤﻌﻴﻦ ؛ (ﻓﻴﺠﺐ ﻓﻴﻬﺎ) ﺃﻯ ﺍﻟﻨﻴﺔ (ﻗﺼﺪ ﻓﻌﻠﻬﺎ ﺃﻯ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻟﺘﺘﻤﻴﺰ ﻋﻦ ﺑﻘﻴﺔ ﺍﻷﻓﻌﺎﻝ (ﻭﺗﻌﻴﻴﻨﻬﺎ) ﻣﻦ ﻇﻬﺮ ﺃﻭ ﻏﻴﺮﻫﺎ ﻟﺘﺘﻤﻴﺰ ﻋﻦ ﺑﻘﻴﺔ ﺍﻷﻓﻌﺎﻝ (ﻭﺗﻌﻴﻴﻨﻬﺎ) ﻣﻦ ﻇﻬﺮ ﺃﻭ ﻏﻴﺮﻫﺎ ﻟﺘﺘﻤﻴﺰ ﻋﻦ ﻏﻴﺮﻫﺎ ﻓﻼ ﻳﻜﻔﻰ ﻧﻴﺔ ﻓﺮﺽ ﺍﻟﻮﻗﺖ (ﻭﻟﻮ) ﻛﺎﻧﺖ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﺍﻟﻤﻔﻌﻮﻟﺔ (ﻧﻔﻼ) ﻏﻴﺮ ﻣﻄﻠﻖ ﻛﺎﻟﺮﻭﺍﺗﺐ ﻭﺍﻟﺴﻨﻦ ﺍﻟﻤﺆﻗﺘﺔ ﺃﻭ ﺫﺍﺕ ﺍﻟﺴﺒﺐ ﻓﻴﺠﺐ ﻓﻴﻬﺎ ﺍﻟﺘﻌﻴﻴﻦ ﺑﺎﻹﺿﺎﻓﺔ ﺇﻟﻰ ﻣﺎ ﻳﻌﻴﻨﻬﺎ ﻛﺴﻨﺔ ﺍﻟﻈﻬﺮ ﺍﻟﻘﺒﻠﻴﺔ ﺃﻭ ﺍﻟﺒﻌﺪﻳﺔ ﺇﻟﻰ ﺃﻥ ﻗﺎﻝ (ﻭ) ﺗﺠﺐ (ﻧﻴﺔ ﻓﺮﺽ ﻓﻴﻪ) ﺃﻯ ﻓﻰ ﺍﻟﻔﺮﺽ ﻭﻟﻮ ﻛﻔﺎﻳﺔ ﺃﻭ ﻧﺬﺭﺍ ﻭﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﺍﻟﻨﺎﻭﻯ ﺻﺒﻴﺎ ﻟﻴﺘﻤﻴﺰ ﻋﻦ ﺍﻟﻨﻔﻞ (ﻛﺄﺻﻠﻰ ﻓﺮﺽ ﺍﻟﻈﻬﺮ) ﻣﺜﻼ ﺃﻭ ﻓﺮﺽ ﺍﻟﺠﻤﻌﺔ ﻭﺇﻥ ﺃﺩﺭﻙ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﻓﻰ ﺗﺸﻬﺪﻫﺎ
ﺣﺎﺷﻴﺔ
ﻣﺎ ﻓﻴﻪ (ﻗﻮﻟﻪ ﻓﻴﺠﺐ ﻓﻴﻬﺎ ﺍﻟﺦ) ﺍﻋﻠﻢ ﺃﻥ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻋﻠﻰ ﺛﻼﺛﺔ ﺃﻗﺴﺎﻡ ﻧﻴﺔ ﺍﻟﻔﻌﻞ ﻭﺍﻟﺘﻌﻴﻴﻦ ﺻﺒﺤﺎ ﺃﻭ ﻏﻴﺮﻩ ﻭﻧﻴﺔ ﺍﻟﻔﺮﺿﻴﺔ ﻭﻗﺪ ﻧﻈﻤﻬﺎ ﺑﻌﻀﻬﻢ ﻓﻘﺎﻝ ؛
ﻳﺎ ﺳﺎﺋﻠﻰ ﻋﻦ ﺷﺮﻭﻁ ﺍﻟﻨﻴﺔ ¤ ﺍﻟﻘﺼﺪ ﻭﺍﻟﺘﻌﻴﻴﻦ ﻭﺍﻟﻔﺮﺿﻴﺔ
i ﻭﺍﻟﺜﺎﻧﻰ ﻳﺸﺘﺮﻁ ﻓﻴﻪ ﺍﺛﻨﺎﻥ ﻧﻴﺔ ﺍﻟﻔﻌﻞ ﻭﺍﻟﺘﻌﻴﻴﻦ ﻭﺍﻟﺜﺎﻟﺚ ﻳﺸﺘﺮﻁ ﻓﻴﻪ ﻭﺍﺣﺪ ﻭﻫﻮ ﻗﺼﺪ ﺍﻟﻔﻌﻞ ﻭﻗﺪ ﺃﻓﺎﺩ ﺍﻟﻤﺆﻟﻒ ﺫﻟﻚ ﺑﻘﻮﻟﻪ ﻓﻴﺠﺐ ﻓﻴﻬﺎ ﺍﻟﺦ ﻭﻗﻮﻟﻪ ﻗﺼﺪ ﻓﻌﻠﻬﺎ ﺃﻯ ﺍﻳﻘﺎﻋﻬﺎ ﻓﻼ ﻳﻜﻔﻰ ﺍﺣﻀﺎﺭﻫﺎ ﻓﻰ ﺍﻟﺬﻫﻦ ﻣﻊ ﺍﻟﻐﻔﻠﺔ ﻋﻦ ﻓﻌﻠﻬﺎ ﻷﻧﻪ ﻫﻮ ﺍﻟﻤﻄﻠﻮﺏ
ﻗﻮﻟﻪ ﻭﺗﺠﺐ ﻧﻴﺔ ﻓﺮﺽ ﺍﻟﺦ( ﺃﻯ ﻣﻼﺣﻈﺘﻪ ﻭﻗﺼﺪﻩ ﻓﻴﻼﺣﻆ
ﻭﻳﻘﺼﺪ ﻛﻮﻥ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻓﺮﺿﺎ
ﺍﻩ ﺇﻋﺎﻧﺔ ﺍﻟﻄﺎﻟﺒﻴﻦ ﺍﻟﺠﺰﺀ ﺍﻷﻭﻝ ﺹ 126 - 128
ﻣﻜﺘﺒﺔ ﻃﻪ ﻓﻮﺗﺮﺍ ﺳﻤﺎﺭﺍﻉ
wallaahu a'lam
Hamba Sahaya
toni@ trimakasih atas penjelasannya kang..
Maaf kang, terus bagaimana hukumnya kita meniatkan sbg imam,ma'mum,atau ktka sdg munfarid?
Wajib atau sunnah?
Toni Imam Tontowi
oh iya adda yang salah dengan uraian saya diatas .
jadi bahwasanya ialah sebagai berikut :
dalam sholat jama'ah niat bermakmum hukumnya wajib dalam artian tidak sah jama'ah bila tidak diniati "makmuuman" .....
sedang di imamnya niat menjadi imam hukumnya sunah .
maap atas kekeliruan diatas sekaligus koreksi . :D
Hamba Sahaya
hehe..rodo ngeyel ni kang,
klw niat pas lg munfarid wajib apa sunnah kang?
Toni Imam Tontowi
kalau sholat sendirian niat ya tetep wajib . yang wajib di perinci dengan tiga krriteria diatas (qoshdu, ta'yin dan niat fardliyyah) selebihnya sunah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar