Senin, 04 Februari 2013

518 : TIPS CARA MENGHAFAL AGAR TIDAK MUDAH LUPA

PERTANYAAN


She Sttyy Amydah Calmest



Asslamualaikum...sahabat dumai bgmana kbr'y?
Maaf saya mau brtanya,bagaimana cara nya menghapal agar tidak mudah lupa lagi...sebntar lagi saya mau ujian....bagi 2 trik ya...





JAWABAN


Aryo Mangku Langit



Wa’alaikumussalam
warohmatullohi
Wabarokaatuh

Tidak ada doa khusus agar mudah menghafal pelajaran atau mudah menghafal Alquran. Hanya saja, sampean bisa berdoa dengan doa yang bisa sampean pahami, misalnya dengan bahasa Indonesia,sampeanjuga bisa berdoa seperti yang diajarkan dalam Alquran:

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا

“Ya Allah, tambahkanlah ilmu untukku.”

Berikut beberapa hal yang bisa mengurangi sifat pelupa:

Pertama,
-------------
menjauhi dosa. Karena dampak buruk maksiat, menyebabnya lemahnya hafalan dan sulit memahami ilmu. Karena kegelapan maksiat tidak akan bersatu dengan cahaya ilmu.

Kedua,
---------
banyak mengingat Allah, membaca tasbih, tahmid, tahlil, takbir, dan dzikir lainnya. Karena dzikir bisa menghidupkan hati.

Ketiga,
--------
tidak banyak makan

Memperhatikan pola makan yang sehat, memilih yang bergizi, tidak terlalu banyak yang menyebabkan kekenyangan, termasuk terapi yang sangat membantu menguatkan hafalan. Karena banyak makan akan menyebabkan banyak tidur dan sulit diajak berfikir. Badan terasa berat, bawaannya pingin istirahat, mudah ngantuk, dst.

Keempat,
------------
sebagian ulama menyebutkan ada beberapa makanan tertentu yang bisa membantu menguatkan hafalan. Di antaranya adalah madu, zabib (kismis), dan Lubban.

Az-Zuhri mengatakan:

عليك بالعسل فإنه جيد للحفظ

“Minumlah madu, karena itu baik untuk hafalan.”

Beliau juga mengatakan,

من أحب أن يحفظ الحديث فليأكل الزبيب

“Siapa yang ingin hafalannya kuat, hendaknya dia makan zabib.

Keterangan di atas diambil dari kitab al-Jami’ karya al-Khatib 2:394.

Semoga Manfaat Mbak She Sttyy Amydah Calmest





Ibuetz Ibnu Al Mubasyiri



waalaikumussalam imam syafii itu kalau menghafal pelajaran cukup lihat 1X langsung hafal itupun beliau masih menganngap jelek hafalannya dan beliau bertanya pada gurunya kiai WAQIK;SYAKAUTU ILA WAQIIN SUUA HIFZDI#FA ARSYADANI ILA TARKIL MA"ASHI .................... WA ARSYADANI BIAANAL ILMA NURUN#WANURULLOHI LA YU'TO LI'ASHI .... kata kiai WAQIK bahwa jeleknya hafalan karna banyak maksiat sedangkan ilmu adalah nur alloh dan nur alloh tak kan d berikan pada ahli maksiat ... dan d antara hal yg menyebabkan lekas hafal kurangi makan ikan laut karna mereka juga ikut mendoakan orang yg tolabul ilmi

ada cara buat hafalan lengket yaitu muroja'ah d atas jam 2mlm insyaalloh lengket kalau mau baca bismillah 1000x tiap habis subuh 40hr tidak boleh makan makanan yg bernyawa alias mutih garam tidak apa2 telur tdk boleh

3 komentar: