PERTANYAAN
Zaiya Shazuke Gt
 
adol  pakaian sEXY,    Yg  tdk  menuTP   AURAT. !  Cumak  membALUT  AURAT ? 
 # kepriben   cah  ?    kang  aryo,  pak lee, pak dwi, pak  
fadholi,   pak yahya,     -pak  tung tung plak  tung  gLENG  ,JedER  ??
JAWABAN
Aryo Mangku Langit .
Haram, jika diyakini atau diduga akan digunakan untuk maksiat, karena termasuk menolong kemaksiatan.
  وَيَحْرُمُ بَيْعُ الشَّئْ ِالْحَلالِ الطَّاهِرِ عَلَى مَنْ 
تُعُلِّمَ  أَنَّهُ يُرِيْدُ أَنْ يَعْصِيَ بِهِ كَبَيْعِ َنْحِو عِنَبٍ 
لِمَنْ  يَتَّخِذُهُ خمَرْاً وَلَوْ لِكَافِرٍ وَسِلاحٍ لِمَنْ يَقْتُلُ 
بِهِ  نَفْسَهَ أَوْ غَيْرَهُ قَتْلا مُحَرَّمًا وَبِوَصٍّ يَتَّخِذُهُ  
مَزَامِيْرَ وَشَبْكَةً لِمَنْ يَصْطَادُ بِهَا فِى الْمُحَرَّامِ  
وَمَمْلُوْكِ اَمْرَدٍ لِمَنْ عُرِفَ باِلْفُجُوْرِ فِيْهِ وَأُمِّهِ  
لِمَنْ يَتَّخِذُهَا لِغِنَاءٍ مُحَرَّمٍ وَثَوْبِ الْحَرِيْرِ لِلُبْسِ  
رَجُلٍ بِلا ضَرُوْرَةٍ وَمَحَلُّ تَحْرِيْمِ بَيْعِ ذَلِكَ لِمَنْ ذُكِرَ 
 إِذَا تّحَقَّقَ أَوْ ظُنَّ أَنَّهُ يَفْعَلُ ذَلِكَ فَإِنْ شُكَّ فِيْهِ 
 أَوْ تَوَهُّمُهُ فَالْبَيْعُ مَكْرُوْهٌ وَهَذَا لا يَقْتَضِي 
الْبُطْلانَ  إِلا إِذَا بَاعَ السِّلاح لِحَرْبِيٍّ وَإِنَّمَا حُرِمَ 
هَذَا الْبَيْعُ  يَتَسَبَّبُ فِى الْحَرَامِ فَكَانَ تَصَرُّفٌ يُؤَدِّى 
إِلَى مَعْصِيَّةٍ  حَرَامٍ كَمَا أَفَادَ ذَلِكَ الشَّرْقَاوِى اهـ 
Dan haram  menjual sesuatu yang halal dan suci pada orang yang 
diketahui akan  mempergunakannya untuk maksiat seperti menjual buah 
anggur pada orang  yang hendak menjadikannya minuman keras meskipun pada
 orang kafir,  menjual pisau pada orang yang hendak menjadikannya 
sebagai alat membunuh  dirinya atau orang lain dengan pembunuhan yang 
diharamkan, menjual  buluh pada yang hendak menjadikannya alat musik, 
pukat pada orang yang  hendak menggunakannya berburu hewan yang 
diharamkan, budak laki-laki  cakap pada orang yang terkenal melakukan 
kecabulan dengannya, budak  wanita pada orang yang hendak menjadikannya 
biduanita yang diharamkan,  menjual pakaian sutera untuk pria tanpa 
adanya darurat. 
Keharaman diatas bila memang diyakini atau diduga kuat barang yang ia
  jual pada seseorang hendak dijadikan sarana untuk maksiat sedang bila 
ia  ragu-ragu atau hanya sekedar mengira-ngira hokum menjualnya makruh, 
 namun demikian meskipun penjualannya haram bukan berarti menjadikan 
akad  jualnya tidak sah kecuali saat ia menjual pedang pada kafir harby 
 (kafir yang memusuhi dan memerangi muslim). 
Dalih keharaman  penjualan diatas karena sama halnya dirinya ikut 
andil dalam  menfasilitasi terjadinya hal yang haram sementara segala 
jenis tindakan  yang dapat mengakibatkan terjadinya maksiat hukumnya 
haram,hal ini  diungkapkan oleh As-Syarqawy. Sullam at-Taufiiq Hal. 59
 قوله فلو باع الخمر إلخ قال السبكي روى الترمذي لعن رسول الله صلى الله
  عليه وسلم في الخمر عشرة عاصرها ومعتصرها الحديث وجه الاحتجاج أن العاصر 
 كالبائع في أن كلا منهما يعين على معصية مظنونة قوله وكبش النطاح ممن 
يعانى  ذلك والثوب الجر ولمن يلبسه من الرجال والحرير لمن يعمل منه 
الكلوثات  والأكياس والذهب ممن يعمله مطرز للرجال ر تنبيه أفتي ابن الصلاح 
ببيع أمة  على امرأة تحملها على الفجور أي أن تعين طريقا وقوله أفتى ابن 
الصلاح إلخ  أشار إلى تصحيحه قوله أو باع السلاح من البغاة قال الجرجاني 
ويحرم بيع  العنب ممن يعصره خمرا والسلاح ممن يستعمله في المعاصيHasyiyah 
ar-Romly II/41 Wallaahu A'lamu Bis Showaab 
sumber >> http://www.piss-ktb.com/2012/02/1001-hukum-penjualan-pakaian-seksi-mini.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar