Hamba Sahaya
Assalamu'alaikum..
Ada kisah seorang pemuda, dr usia menginjak aqil baligh dia nakal,salah pergaulan,dan jauh dr agama sehingga sholat dan puasanya sering di tinggalkan,
stelah dewasa pemuda tsb bertaubat,
yg ingin sy tanyakan..
Apakah sholat dan puasanya yg tertinggal, dlm jangka yg cukup lama(puluhan tahun),pemuda tsb wajib mengqodho'nya?
Trimakasih..
JAWABAN
Nur Hasyim S. Anam
Cara mengqadha shalat yang tidak diketahui jumlahnya menurut Malikiyyah, Syafi’iyyah dan hanabilah yaitu dengan mengqadha sejumlah shalat hingga ia yakin telah terbebas dari semua shalat yang pernah ia tinggalkan, sedang menurut Hanafiyyah tidak perlu yakin asal ia telah punya dugaan bahwa sholat yang pernah ia tinggalkan telah ia qadha’ maka sudah cukup.
من عليه فوائت لا يدري عددها يجب عليه أن يقضي حتى يتيقن براءة ذمته عند الشافعية والحنابلة وقال المالكية والحنفية : يكفي أن يغلب على ظنه براءة ذمته
Al-Fiqh ‘alaa Madzaahib al-Arba’ah I/763
ذَهَبَ جُمْهُورُ الْفُقَهَاءِ إِلَى أَنَّ مَنْ عَلَيْهِ فَوَائِتُ لاَ يَدْرِي عَدَدَهَا وَتَرَكَهَا لِعُذْرٍ وَجَبَ عَلَيْهِ أَنْ يَقْضِيَ حَتَّى يَتَيَقَّنَ بَرَاءَةَ ذِمَّتِهِ مِنَ الْفُرُوضِ . وَذَهَبَ الْحَنَفِيَّةُ إِلَى أَنَّهُ يَعْمَل بِأَكْبَرِ رَأْيِهِ ، فَإِنْ لَمْ يَكُنْ لَهُ رَأْيٌ يَقْضِي حَتَّى يَتَيَقَّنَ أَنَّهُ لَمْ يَبْقَ عَلَيْهِ شَيْءٌ (1)
__________
(1) الطحطاوي على مراقي الفلاح ص 243 ، والقوانين الفقهية ص 50 ، ومغني المحتاج 1 / 127 ، وكشاف القناع 1 / 261 .
alMausuu’ah alFiqhiyyah XVI/24
وقال المالكية والشافعية والحنابلة (3) : يجب عليه أن يقضي حتى يتيقن براءة ذمته من الفروض
__________
(3) القوانين الفقهية: ص 72، مغني المحتاج: 1 / 127، كشاف القناع: 1 / 305.
AlFiqh al-Islaam II/313
http://www.piss-ktb.com/2011/ 07/ cara-meng-qodlo-sholat-yang-tid ak.html
Siroj Munir
Orang yang kewajiban sholat, dan ia tidak sholat sampai waktunya lewat, maka ia wajib meng-qodho' sholat yang ditinggalkan tersebut. Dan jika ia meninggalkannya karena udzur, disunatkan untuk meng-qodho'nya seketika. Sedangkan bila ia meninggalkannya dengan sengaja, diwajibkan meng-qodho'-nya seketika.
فصل: ومن وجبت عليه الصلاة فلم يصل حتى فات الوقت لزمه قضاؤها لقوله صلى الله عليه وسلم "من نام عن صلاة أو نسيها فليصلها إذا ذكرها1" والمستحب أن يقضيها على الفور للحديث الذي ذكرناه وإن أخرها جاز لما روي أن النبي صلى الله عليه وسلم فاتته صلاة الصبح فلم يصلها حتى خرج من الوادي ولو كانت على الفور لما أخرها وقال أبو إسحاق: إن تركها لغير عذر لزمه قضاؤها على الفور لأنه مفرط في التأخير
( Al-Muhadzdzab, Juz : 1 Hal : 106 )
Ada kisah seorang pemuda, dr usia menginjak aqil baligh dia nakal,salah pergaulan,dan jauh dr agama sehingga sholat dan puasanya sering di tinggalkan,
stelah dewasa pemuda tsb bertaubat,
yg ingin sy tanyakan..
Apakah sholat dan puasanya yg tertinggal, dlm jangka yg cukup lama(puluhan tahun),pemuda tsb wajib mengqodho'nya?
Trimakasih..
JAWABAN
Nur Hasyim S. Anam
Cara mengqadha shalat yang tidak diketahui jumlahnya menurut Malikiyyah, Syafi’iyyah dan hanabilah yaitu dengan mengqadha sejumlah shalat hingga ia yakin telah terbebas dari semua shalat yang pernah ia tinggalkan, sedang menurut Hanafiyyah tidak perlu yakin asal ia telah punya dugaan bahwa sholat yang pernah ia tinggalkan telah ia qadha’ maka sudah cukup.
من عليه فوائت لا يدري عددها يجب عليه أن يقضي حتى يتيقن براءة ذمته عند الشافعية والحنابلة وقال المالكية والحنفية : يكفي أن يغلب على ظنه براءة ذمته
Al-Fiqh ‘alaa Madzaahib al-Arba’ah I/763
ذَهَبَ جُمْهُورُ الْفُقَهَاءِ إِلَى أَنَّ مَنْ عَلَيْهِ فَوَائِتُ لاَ يَدْرِي عَدَدَهَا وَتَرَكَهَا لِعُذْرٍ وَجَبَ عَلَيْهِ أَنْ يَقْضِيَ حَتَّى يَتَيَقَّنَ بَرَاءَةَ ذِمَّتِهِ مِنَ الْفُرُوضِ . وَذَهَبَ الْحَنَفِيَّةُ إِلَى أَنَّهُ يَعْمَل بِأَكْبَرِ رَأْيِهِ ، فَإِنْ لَمْ يَكُنْ لَهُ رَأْيٌ يَقْضِي حَتَّى يَتَيَقَّنَ أَنَّهُ لَمْ يَبْقَ عَلَيْهِ شَيْءٌ (1)
__________
(1) الطحطاوي على مراقي الفلاح ص 243 ، والقوانين الفقهية ص 50 ، ومغني المحتاج 1 / 127 ، وكشاف القناع 1 / 261 .
alMausuu’ah alFiqhiyyah XVI/24
وقال المالكية والشافعية والحنابلة (3) : يجب عليه أن يقضي حتى يتيقن براءة ذمته من الفروض
__________
(3) القوانين الفقهية: ص 72، مغني المحتاج: 1 / 127، كشاف القناع: 1 / 305.
AlFiqh al-Islaam II/313
http://www.piss-ktb.com/2011/
Siroj Munir
Orang yang kewajiban sholat, dan ia tidak sholat sampai waktunya lewat, maka ia wajib meng-qodho' sholat yang ditinggalkan tersebut. Dan jika ia meninggalkannya karena udzur, disunatkan untuk meng-qodho'nya seketika. Sedangkan bila ia meninggalkannya dengan sengaja, diwajibkan meng-qodho'-nya seketika.
فصل: ومن وجبت عليه الصلاة فلم يصل حتى فات الوقت لزمه قضاؤها لقوله صلى الله عليه وسلم "من نام عن صلاة أو نسيها فليصلها إذا ذكرها1" والمستحب أن يقضيها على الفور للحديث الذي ذكرناه وإن أخرها جاز لما روي أن النبي صلى الله عليه وسلم فاتته صلاة الصبح فلم يصلها حتى خرج من الوادي ولو كانت على الفور لما أخرها وقال أبو إسحاق: إن تركها لغير عذر لزمه قضاؤها على الفور لأنه مفرط في التأخير
( Al-Muhadzdzab, Juz : 1 Hal : 106 )
aslkmm, ust saya mau bertanya,,bagaimanakah lafadz niat shalat untuk mengqadha shalat ibu saya yang sudah meninggal? mohon bantuannya. Jazakumullah
BalasHapusdari mbah Sunde Pati
Hapuscontoh dzuhur
usholli addzuhro qodlo'an li ummi lillahi taala
sebenarnya dalam qodlo' sholat orang sudah mati itu tidak wajib
إعانة الطالبين (1/ 24)
من مات وعليه صلاة فلا قضاء ولا فدية
siapa yg wafat dan masih punya tanggungan sholat maka tidak usah adanya qodlo' dan tida usah membayar fidyah