PERTANYAAN
Nunu Nurul Qomariyah
Assalamu'alaikum
aq agak bingung dan ragu
>> bolehkah kita ber Qurban tapi kita beli kambingnya setelah hari raya , atau lebih tepatnya pada hari tasyrik.
JAWABAN
Siroj Munir
Pertanyaan :
Insya Alloh kan hari raya idul adhanya hari jum'at, mau tanya kalau dan sembelihannya kambing hari sabtu bolèh po nggak ?, Suwun
( Dari : Afif Hamzah )
Jawaban :
Waktu pelaksanaan penyembelihan hewan qurban dimulai setelah
kira-kira sudah selesai sholat idul adhha dua roka'at dan du'a khutbah
pada hari raya idul adhha. Dalilnya adalah sabda nabi ;
إِنَّ أَوَّلَ مَا نَبْدَأُ بِهِ فِي يَوْمِنَا هَذَا أَنْ نُصَلِّيَ
ثُمَّ نَرْجِعَ فَنَنْحَرَ، مَنْ فَعَلَهُ فَقَدْ أَصَابَ سُنَّتَنَا
وَمَنْ ذَبَحَ قَبْلُ فَإِنَّمَا هُوَ لَـحْمٌ قَدَّمَهُ لِأَهْلِهِ
لَيْسَ مِنَ النُّسُكِ فِي شَيْءٍ
“Sesungguhnya yang pertama kali kita mulai pada hari ini adalah
sholat. Kemudian kita pulang lalu menyembelih hewan qurban. Barangsiapa
berbuat demikian maka dia telah sesuai dengan sunnah kami, dan
barangsiapa yang telah menyembelih sebelumnya maka itu hanyalah daging
yang dia persembahkan untuk keluarganya, tidak termasuk ibadah
sedikitpun.” ( Shohih Al-Bukhari no. 5545 dan Shohih Muslim no. 1961)
Dalam riwayat lain disebutkan ;
عَنِ البَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ، قَالَ: خَطَبَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ النَّحْرِ بَعْدَ الصَّلاَةِ، فَقَالَ:
مَنْ صَلَّى صَلاَتَنَا، وَنَسَكَ نُسْكَنَا، فَقَدْ أَصَابَ النُّسُكَ،
وَمَنْ نَسَكَ قَبْلَ الصَّلاَةِ، فَتِلْكَ شَاةُ لَحْمٍ
"Dari Al-Baro' bin 'Azib, ia berkata : Rosulululloh khutbah kepada
kita pada hari raya qurban, beliau bersabda : "Barangsiapa shalat
seperti shalat kita dan melaksanakan nusuk (penyembelihan kurban)
seperti kita berarti telah mendapatkan pahala berkurban. Dan
barangsiapa menyembelih kurban sebelum shalat maka itu hanyalah kambing
yg dinikmati dagingnya". ( Shohih Bukhori, no.983 )
Sedangkan tentang seberapa lama batasan sholat idul adhha dua
roka'at dan dua khutbah terdapat dua pendapat yang berbeda yang menjadi
patokan dalam hal ini. Sebagian ulama' menyatakan bahwa yang dipakai
adalah sholat dan khutbah yang dilakukan nabi. Ketika melaksanakan
sholat hari raya idul adhha pada roka'at pertama beliau membaca surat
"Qof" dan pada roka'at kedua beliau membaca surat "Iqtarobatis sa'ah" (
surat al-qomar ). Sebagian ulama' lainnya menjelaskan bahwa sholat dua
rokaat dan dua khutbah yang dibuat standar adalah sholat dan khutbah
yang ringan, tidak terlalu lama.
Adapun batas akhir pelaksanaan qurban adalah sampai habisnya
hari-hari tasyriq ( Tanggal 11, 12 dan 13 Dzul Hijjah ) berdasarkan
hadits ;
كُلُّ أَيَّامِ التَّشْرِيْقِ ذَبْحٌ
“Semua hari Tasyriq itu (waktu) menyembelih (qurban)” ( Shohih Ibnu
Hibban, no.3854, Musnad Ahmad, no.16752 , As-Sunan Al-Kubro
Lil-Baihaqi, no.19241 dan 19243 ).
Kesimpulan jawabannya adalah diperbolehkan menyembelih hewan qurban
hari sabtu, karena masih dilakukan pada hari-hari tasyriq. Wallohu
a'lam.
( Oleh : Kudung Khantil Harsandi Muhammad, Mukhtashor Zidan Aswaja An-Nawawi, Ufi Ishbar Muhammad dan Siroj Munir )
Referensi :
1. Fathul Wahab, Juz : 2 Hal : 232
2. Al-Muhadzdzab, Juz : 1 Hal : 432-433
Ibarot :
Fathul Wahab, Juz : 2 Hal : 232
ووقتها " أي التضحية " من مضي قدر ركعتين وخطبتين خفيفات من طلوع شمس "
يوم " نحر إلى آخر " أيام " تشريق " فلو ذبح قبل ذلك أو بعده لم يقع
أضحية لخبر الصحيحين: "أول ما نبدأ به في يومنا هذا نصلي ثم نرجع فننحر من
فعل ذلك فقد أصاب سنتنا ومن ذبح قبل ذلك فإنما هو لحم قدمه لأهله ليس من
النسك في شيء" وخبر ابن حبان "في كل أيام التشريق ذبح" وذكر الخفة في
الركعتين من زيادتي " والأفضل تأخيرها إلى مضي ذلك من ارتفاعها " أي الشمس
يوم النحر " كرمح " خروجا من الخلاف
Al-Muhadzdzab, Juz : 1 Hal : 432-433
فصل: ويدخل وقتها إذا مضى بعد دخول وقت صلاة الأضحى قدر ركعتين وخطبتين
فإن ذبح قبل ذلك لم يجزه لما روى البراء بن عازب رضي الله عنه قال: خطب
النبي صلى الله عليه وسلم يوم النحر بعد الصلاة فقال: "من صلى صلاتنا هذه
ونسك نسكنا فقد أصاب سنتنا ومن نسك قبل صلاتنا فذلك شاة لحم فليذبح
مكانها1" واختلف أصحابنا في مقدار الصلاة فمنهم من اعتبر قدر صلاة رسول
الله صلى الله عليه وسلم وهي ركعتان يقرأ فيهما (ق - واقتربت الساعة) وقدر
خطبتيه ومنهم من اعتبر قدر ركعتين خفيفتين وخطبتين خفيفتين ويبقى وقتها
إلى آخر أيام التشريق لما روى جيبر بن مطعم قال: قال رسول الله صلى الله
عليه وسلم: "كل أيام التشريق أيام ذبح" فإن لم يضح حتى مضت أيام التشريق
نظرت فإن كان ما يضحي تطوعا لم يصح لأنه ليس بوقت لسنة الأضحية وإن كان
نذر لزمه أن يضحي لأنه وجب عليه ذبحه فلم يسقط بفوات الوقت
http://fiqhkontemporer99.blogspot.com/2012/10/batas-waktu-penyembelihan-hewan-qurban.html
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar