PERTANYAAN
Habibti Ana Ashiff
Assalamu' Alaikum.. Wr.wb
Ma'af mau Tanya
BENARKAH,,,,, jika seorang laki2 sholat lalu di depannya
lewat seorang wanita yg bukan mahram maka sholat laki - laki trsbt,,
batal/tidak sah... ??
Mohon pencerahannya ustadz/ustadzah (HUDA SARUNGAN)
Terimakasih.... ^_^
JAWABAN
Siroj Munir
jika ada laki-laki sholat lalu didepannya ada wanita lewat.
عَنْ أَبِي ذَرٍّ رضي الله عنه قَالَ : قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله
عليه وسلم ( يَقْطَعُ صَلَاةَ اَلْمَرْءِ اَلْمُسْلِمِ - إِذَا لَمْ
يَكُنْ بَيْنَ يَدَيْهِ مِثْلُ مُؤْخِرَةِ اَلرَّحْلِ - اَلْمَرْأَةُ
وَالْحِمَارُ وَالْكَلْبُ اَلْأَسْوَدُ اَلْحَدِيثَ ) وَفِيهِ (
اَلْكَلْبُ اَلْأَسْوَدِ شَيْطَانٌ ) أَخْرَجَهُ مُسْلِمٌ
Dari Abu Dzar Al-Ghifary Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah
Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: Yang akan memutuskan sholat
seorang muslim bila tidak ada tabir di depannya seperti kayu di bagian
belakang kendaraan adalah wanita keledai dan anjing hitam. Di dalam
hadits disebutkan: Anjing hitam adalah setan. Dikeluarkan oleh Imam
Muslim.
( Ref : Bulughul Marom )
Menurut jumhur ulama', kata "memutus" tersebut tidak berarti
membatalkan, namun mengurangi pahalanya sholat, sebab wanita yang lewat
didepan seorang laki-laki yang sedang sholat tanpa penghalang akan
mengganggu konsentrasi, dan ketentuan tersebut berlaku jika memang
orang yang sholat tersebut tidak meletakkan penghalang didepannya
(semilah sajadah). Alasan jumhur ulama' bahwa kata memutus tersebut
tidak berarti membatalkan, sebab dalam satu riwayat hadits diterangkan
suatu ketika nabi sholat, sedangkan sayyidah A'isyah tidur didepan
beliau.
Subulus Salam, Juz : 1 Hal : 215
الحديث دليل على أنه يقطع صلاة من لا سترة له مرور هذه المذكورات، وظاهر القطع الإبطال.
وقد اختلف العلماء في العمل بذلك، فقال قوم: يقطعها المرأة والكلب
الأسود دون الحمار؛ لحديث ورد في ذلك عن " ابن عباس ": «أنه مر بين يدي
الصف على حمار، والنبي - صلى الله عليه وسلم - يصلي، ولم يعد الصلاة، ولا
أمر أصحابه بإعادتها» أخرجه الشيخان، فجعلوه مخصصا لما هنا، وقال أحمد:
يقطعها الكلب الأسود قال: وفي نفسي من المرأة والحمار؛ أما الحمار: فلحديث
ابن عباس؛ وأما المرأة: فلحديث " عائشة " عند البخاري أنها قالت: «كان
رسول الله - صلى الله عليه وسلم - يصلي من الليل وهي معترضة بين يديه،
فإذا سجد غمز رجليها فكفتهما فإذا قام بسطتهما» فلو كانت الصلاة يقطعها
مرور المرأة لقطعها اضطجاعها بين يديه، وذهب الجمهور إلى أنه لا يقطعها
شيء، وتأولوا الحديث بأن المراد بالقطع نقص الأجر لا الإبطال.
قالوا: لشغل القلب بهذه الأشياء، ومنهم من قال: هذا الحديث منسوخ بحديث " أبي سعيد " الآتي: «لا يقطع الصلاة شيء»
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar