oleh : Aryo Mangku Langit
TERJEMAHAN TA'LIMUL MUTA'ALLIM
فصل
فى تعظيم العلم وأهله
FASAL IV
MENGAGUNGKAN ILMU DAN AHLI ILMU
Mengagungkan ilmu
اعلم أن طالب العلم لا ينال العلم ولا ينتفع به إلا بتعظيم العلم وأهله، وتعظيم الأستاذ وتوقيره.
Penting diketahui, Seorang pelajar tidak akan memperoleh kesuksesan
ilmu dan tidak pula ilmunya dapat bermanfaat, selain jika mau
mengagungkan ilmu itu sendiri, ahli ilmu, dan menghormati keagungan
gurunya.
قيل: ما وصل من وصل إلا بالحرمة، وما سقط من سقط إلا بترك الحرمة. وقيل:
الحرمة خير من الطاعة، ألا ترى أن الإنسان لا يكفر بالمعصية، وإنما يكفر
باستخفافها، وبترك الحرمة. ومن تعظيم العلم تعظيم الأستاذ
Ada dikatakan : "Dapatnya orang mencapai sesuatu hanya karena
mengagungkan sesuatu itu, dan gagalnya pula karena tidak mau
mengagungkannya. "Tidaklah anda telah tahu, manusia tidak menjadi kafir
karena maksiatnya, tapi jadi kafir lantaran tidak mengagungkan Allah.
Mengagungkan Guru
قال على رضى الله عنه: أنا عبد من علمنى حرفا واحدا، إن شاء باع، وإن شاء استرق.
Termasuk arti mengagungkan ilmu, yaitu menghormati pada sang guru. Ali
ra berkata: "Sayalah menjadi hamba sahaya orang yang telah mengajariku
satu huruf. Terserah padanya, saya mau dijual, di merdekakan ataupun
tetap menjadi hambanya."
وقد أنشدت فى ذلك:
رأيت أحق الحق حق المعلم وأوجـبه حفظا على كل مسلم
لقد حق أن يهدى إليه كرامة لتعليم حرف واحد ألف درهم
فإن من علمك حرفا واحدا مما تحتاج إليه فى الدين فهو أبوك فى الدين.
Dalam masalah ini saya kemukakan Syi'irnya:
Keyakinanku tentang haq guru, hak paling hak adalah itu
Paling wajib di pelihara, oleh muslim seluruhnya
demi memulyakan, hadiah berhak di haturkan
seharga dirham seribu, tuk mengajar huruf yang Satu
Memang benar, orang yang mengajarmu satu huruf ilmu yang diperlukan dalam urusan agamamu, adalah bapak dalam kehidupan agamamu.
وكان أستاذنا الشيخ الإمام سديد الدين الشيرازى يقول: قال مشايخنا: من أراد
أن يكون ابنه عالما ينبغى أن يراعى الغرباء من الفقهاء، ويكرمهم ويطعمهم
ويطيعهم شيئا، وإن لم يكن ابنه عالما يكون حفيده عالما.
Guru kita Syaikhul Imam Sadiduddin Asy-Syairaziy berkata : Guru-guru
kami berucap : "bagi orang yang ingin putranya alim, hendaklah suka
memelihara, memulyakan, mengagungkan, dan menghaturkan hadiah kepada
kaum ahli agama yang tengah dalam pengembaraan ilmiyahnya. Kalau toh
ternyata bukan putranya yang alim, maka cucunyalah nanti."
ومن توقير المعلم أن لايمشى أمامه، ولا يجلس مكانه، ولا يبتدئ بالكلام
عنده إلا بإذنه، ولا يكثر الكلام عنده، ولا يسأل شيئا عند ملالته ويراعى
الوقت، ولا يدق الباب بل يصبر حتى يخرج الأستاذ.
Termasuk arti menghormati guru, yaitu jangan berjalan di depannya,
duduk di tempatnya, memulai mengajak bicara kecuali atas perkenan
darinya, berbicara macam-macam darinya, dan menanyakan hal-hal yang
membosankannya, cukuplah dengan sabar menanti diluar hingga ia sendiri
yang keluar dari rumah.
فالحاصل: أنه يطلب رضاه، ويجتنب سخطه، ويمتثل أمره فى غير معصية لله
تعالى، فإنه لا طاعة للمخلوق فى معصية الخالق كما قال النبى صلى الله عليه
وسلم: إن شر الناس من يذهب دينه لدنيا بمعصية الخالق. ومن توقيره:
توقير أولاده ومن يتعلق به.
Pada pokoknya, adalah melakukan hal-hal yang membuatnya rela,
menjauhkan amarahnya dan menjungjung tinggi perintahnya yang tidak
bertentangan dengan agama, sebab orang tidak boleh taat kepada makhluk
dalam melakukan perbuatan durhak kepada Allah Maha Pencipta. Termasuk
arti menghormati guru pula, yaitu menghormati putera dan semua oarang
yang bersangkut paut dengannya.
وكان أستاذنا شيخ الإسلام برهان الدين صاحب الهداية رحمة الله عليه حكى:
أن واحدا من أكابر الأئمة بخارى كان يجلس مجلس الدرس، وكان يقوم فى خلال
الدرس أحيانا فسألوا عنه, فقال: إن ابن أستاذى يلعب مع الصبيان فى السكة،
ويجيئ أحيانا إلى باب المسجد، فإذا رأيته أقوم له تعظيما لأستاذى.
Di sini Guru kita Syaikhul Islam Burhanuiddin Shahibul Hidayah pernah
bercerita bahwa ada seorang imam besar di Bochara, pada suatu ketika
sedang asyiknya di tenmgah majlis belajar ia sering berdiri lalu duduk
kembali. Setelah ditanyai kenapa demikian, lalu jawabnya : ada seorang
putra guruku yang sedang main-main dihalaman rumah dengan
teman-temannya, bila saya melihatnya sayapun berdiri demi menghormati
guruku.
والقاضى الإمام فخر الدين الأرسابندى كان رئيس الأئمة فى مرو وكان السلطان
يحترمه غاية الاحترام وكان يقول: إنما وجدت بهذا المنصب بخدمة الأستاذ
فإنى كنت أخدم الأستاذ القاضى الإمام أبا زيد الدبوسى وكنت أخدمه وأطبخ
طعامه [ثلاثين سنة] ولا آكل منه شيئا.
Qodli Imam Fakhruddin Al-Arsyabandiy yang menjabat kepala para imam di
marwa lagi pula sangat di hormati sultan itu berkata : "Saya bisa
menduduki derajat ini, hanyalah berkah saya menghormati guruku. Saya
menjadi tukang masak makanan beliau, yaitu beliau Abi Yazid
Ad-Dabbusiy, sedang kami tidak turut memakannya."
وكان الشيخ الإمام الأجل شمس الأئمة الحلوانى رحمة الله عليه قد خرج من
بخارى وسكن فى بعض القرى أياما لحادثة وقعت له وقد زاره تلاميذه غير الشيخ
الإمام شمس الأئمة القاضى بكر بن محمد الزرنجرى رحمه الله تعالى، فقال له
حين لقيه: لماذا لم تزرنى؟ قال: كنت مشغولا بخدمة الولادة. قال: ترزق
العمر، لاترزق رونق الدرس، وكان كذلك، فإنه كان يسكن فى أكثر أوقاته فى
القرى ولم ينتظم له الدرس
Syaikhul Imamil Ajall Syaikhul Aimmah Al-Khulwaniy, karena suatu
peristiwa yang menimpa dirinya, maka berpindah untuk beberapa lama,
dari Bochara kesuatu pedesaan. Semua muridnya berziarah kesana kecuali
satu orang saja, yaitu syaikhul imam Al-qadli Abu Bakar Az-Zarnujiy.
Setelah suatu saat bisa bertemu, beliau bertanya: "kenapa engkau tidak
menjengukku? Jawabnya : "Maaf tuan, saya sibuk merawat ibuku" beliau
berkata: "Engkau dianugrahi panjang usia, tetapi tidak mndapat anugrah
buah manis belajar." Lalu kenyataanya seperti itu, hingga sebagian
banyak waktu Az-Zarnujiy digunakan tinggal di pedesaan yang membuatnya
kesulitan belajar.
فمن تأذى منه أستاذه يحرم بركة العلم ولا ينتفع بالعلم إلا قليلا.
[إن الـمـعلم والطـبيب كـلاهـما! لا ينصحـان إذا هـما لم يكــرما]
[فاصبر لدائك إن جفوت طبيبه! واقنع بجهلك إن جفوت معلما]
Barang siapa melukai hati sang gurunya, berkah ilmunya tertutup dan hanya sedikit kemamfaatannya.
Sungguh, dokter dan guru
Tak akan memberi nasehat, bila tak di hormat
terimalah penyakitmu, bila kau acuh doktermu
dan terimalah bodohmu, bila kau tentang sang guru
حكى أن الخليفة هارون راشيد بعث ابنه إلى الأصمعى ليعلمه العلم والأدب
فرآه يوما يتوضأ ويغسل رجله، وابن الخليفة يصب الماء على رجله، فعاتب
الأصمعى [فى ذلك] بقوله: إنما بعثت إليك لتعلمه وتؤدبه فلماذا لم تأمره بأن
يصب الماء بإحدى يديه، ويغسل بالأخرى رجلك؟
Suatu hikayat : Khalifah Harun Ar-Rasyid mengirim putranya kepada
Al-Ashma'iy agar diajar ilmu dan adab. Pada suatu hari, Khalifah
melihat Al-Ashma'iy berwudlu dan membasuh sendiri kakinya, sedang putra
khalifah cukup menuang air pada kaki tersebut. Maka, Khalifahpun
menegur dan ujarnya : "Putraku saya kirim kemari agar engkau ajar dan
didik; tapi mengapa tidak kau perintahkan agar satu tangannya menuang
air dan tangan satunya lagi membasuh kakimu?"
Memulyakan Kitab
ومن تعظيم العلم: تعظيم الكتاب، فينبغى لطالب العلم أن لا يأخذ الكتاب إلا
بطهارة. وحكىعن الشيخ شمس الأئمة الحلوانى رحمه الله تعالى أنه قال:
إنما نلت هذا العلم بالتعظيم، فإنى ما أخذت الكاغد إلا بطهارة. والشيخ
الإمام شمس الأئمة السرخسى كان مبطونا فى ليلة، وكان يكرر، وتوضأ فى تلك
الليلة سبع عشرة مرة لأنه كان لا يكرر إلا بالطهارة، وهذا لأن العلم نور
والوضوء نور فيزداد نور العلم به.
Termasuk arti mengagungkan ilmu, yaitu memulyakan kitab, karena itu,
sebaiknya pelajar jika mengambil kitabnya itu selalu dalam keadaan
suci. Hikayat, bahwa Syaikhul islam Syamsul Aimmah Al-Khulwaniy pernah
berkata : "Hanya saya dapati ilmu ilmuku ini adalah dengan
mengagungkan. Sungguh, saya mengambil kertas belajarku selalu dalam
keadaan suci.
Syaikhul Imam Syamsul Aimmah As-sarkhasiy pada suatu malam mengulang
kembali pelajaran-pelajarnnya yang terdahulu, kebetulan terkena sakit
perut. Jadi sering kentut. Untuk itu ia melakukan 17 kali berwudlu dalam
satu malam tersebut, karena mempertahankan supaya belajar dalam
keadaan suci. Demikianlah sebab ilmu itu cahaya, wudlupun cahaya. Dan
cahaya ilmu akan semakin cemerlang bila di barengi cahaya berwudlu.
ومن التعظيم الواجب للعالم أن لا يمد الرجل إلى الكتاب ويضع كتاب التفسير فوق سائر الكتب [تعظيما] ولا يضع شيئا آخر على الكتاب.
Termasuk memulykan yang harus dilakukan, hendaknya jangan membentangkan
kaki kearah kitab. Kitab tafsir letaknya diatas kitab-kitab lain, dan
jangan sampai menaruh sesuatu diatas kitab.
وكان أستاذنا الشيخ برهان الدين رحمه الله تعالى يحكى عن شيخ من المشايخ:
أن فقيها كان وضع المحبرة على الكتاب، فقال له [بالفارسية]: برنيايى
Guru kita Burhanuddin pernah membawakan cerita dri seorang ulama yang
mengtakan ada seoranag ahli fikih meletakan botol tinta di atas kitab.
Ulama itu sraya berkata : "Tidak bermanfaat ilmumu.
وكان أستاذنا القاضى الإمام الأجل فخر الدين المعروف بقاضى خان رحمه الله
تعالى يقول: إن يرد بذلك الاستخفاف فلا بأس بذلك والأولى أن يحترز عنه.
Guru kita Qodli Fakhrul Islam yang termasyur dengan Qodli Khan pernah
berkata: "Kalau yang demikian itu tidak dimaksud meremehkan, maka tidak
mengapalah. Namun lebih baiknya disingkiri saja."
ومن التعظيم: أن يجود كتابة الكتاب ولا يقرمط ويترك الحاشية إى عند الضرورة.
ورأى أبو حنيفة رحمه الله تعالى كتابا يقرمط فى الكتابة فقال: لا تقرمط
خطك، إن عشت تندم وإن مت تشتم. يعنى إذا شخت وضعف نور بصرك ندمت على ذلك.
وحكى عن الشيخ الإمام مجد الدين الصرخكى، حكى أنه قال: ما قرمطنا ندمنا، وما انتخبنا ندمنا، وما لم نقابل ندمنا
Termasuk pula arti mengagungkan, hendak menulis kitab sebaik mungkin.
Jangan kabur, jangan pula membuat catatan penyela/penjelas yang membuat
tulisan kitab tidak jelas lagi, kecuali terpaksa harus dibuat begitu.
Abu hanifah pernah mengetahui seorang yang tidak jelas tulisannya, lalu
ujarnya: "Jangan kau bikin tulisanmu tidak jelas, sedang kau kalau ada
umur panjang akan hidup menyesal, dan jika mati akan dimaki."
Maksudnya, jika kau semakin tua dan matamua rabun, akan menyesali
perbuatanmua sendiri itu. Diceritakan dari Syaikhul Imam Majduddin
Ash-Shorhakiy pernah berkata: "Kami menyesal;I tulisan yang tidak
jelas, catatan kami yang pilih-pilih dan pengetahuan yang tidak kami
bandingkan dengan kitab lain."
وينبغى أن يكون تقطيع الكتاب مربعا، فإنه تقطيع أبى حنيفة رحمه الله تعالى، وهو أيسر على الرفع والوضع والمطالعة
Sebaiknya format kitab itu persegi empat, sebagaimana format itu
pulalah kitab-kitab Abu Hanifah. Dengan format tersebut, akan lebih
memudahkan jika dibawa, diletakkan dan di muthalaah kembali.
وينبغى أن لا يكون فى الكتابة شيئ من الحمرة، فإنه من صنيع الفلاسفة لا صنيع السلف، ومن مشايخنا كرهوا استعمال المركب الأحمر.
Sebaiknya pula jangan ada warna merah didalam kitab, karena hal itu
perbuatan kaum filsafat bukan ulama salaf. Lebih dari itu ada diantara
guru-guru kita yang tidak suka memakai kendaraan yang berwarna merah.
Menghormati Teman
ومن تعظيم العلم: تعظيم الشركاء [فى طلب العلم والدرس] ومن يتعلم منه.
والتملق مذموم إلا فى طلب العلم. فإنه ينبغى أن يتملق لأستاذه وشركائه
ليستفيد منهم
Termasuk makna mengagungkan ilmu pula, yaitu menghormati teman belajar
dan guru pengajar. Bercumbu rayu itu tidak dibenarkan, selain dalam
menuntut ilmu. Malah sebaliknya di sini bercumbu rayu degnan guru dan
teman sebangku pelajarannya.
Sikap Selalu Hormat Dan Khidmah
وينبغى لطالب العلم أن يستمع العلم والحكمة بالتعظيم والحرمة، وإن سمع
مسألة واحدة أو حكمة واحدة ألف مرة. وقيل: من لم يكن تعظيمه بعد ألف مرة
كتعظيمه فى أول مرة فليس بأهل العلم.
Hendaknya penuntut ilmu memperhatikan segala ilmu dan hikmah atas dasar
selalu mengagungkan dan menghormati, sekalipun masalah yang itu-itu
saja telah ia dengar seribu kali. Adalah dikatakan : "Barang siapa yang
telah mengagungkannya setelah lebih dari 1000 kali tidak sebagaimana
pada pertama kalinya, ia tidak termasuk ahli ilmu."
Jangan Memilih Ilmu Sendiri
وينبغى لطالب العلم أن لا يختار نوع العلم بنفسه، بل يفوض أمره إلى
الأستاذ، فإن الأستاذ قد حصل له التجارب فى ذلك، فكان أعرف بما ينبغى لكل
واحد وما يليق بطبيعته.
Hendaklah sang murid jangan menentukan pilihan sendiri terhadap ilmu
yang akan dipelajari. Hal itu dipersilahkan sang guru untuk
menentukannya, karena dialah yang telah berkali-kali melakukan
percobaan serta dia pula yang mengetahui ilmu yang sebaiknya diajarkan
kepada seseorang dan sesuai dengan tabiatnya.
وكان الشيخ الإمام الأجل الأستاذ برهان الحق والدين رحمه الله تعالى يقول:
كان طلبة العلم فى الزمان الأول يفوضون أمرهم فى التعلم إلى اساتذهم،
وكانوا يصلون إلى مقصودهم ومرادهم، والآن يختارون بأنفسهم، فلا يحصل
مقصودهم من العلم والفقه.
Syaikhul Imam Agung Ustadz Burhanul Haq Waddin ra. Berkata: "Para siswa
dimasa dahulu dengan suka rela menyerahkan sepenuhnya urusan-urusan
belajar kepada gurunya, ternyata mereka peroleh sukses apa yang di
idamkan; tetapi sekarang pada menentukan pilihan sendiri, akhirnyapun
gagal cita-citanya dan tidak bisa mendapatkan ilmu dan fihq."
وكان يحكى أن محمد بن إسماعيل البخارى رحمه الله تعالى كان بدأ بكتابة
الصلاة على محمد بن الحسن رحمه الله، فقال له محمد بن الحسن: إذهب وتعلم
علم الحديث، لما روى أن ذلك العلم أليق بطبعه، فطلب علم الحديث فصار فيه
مقدما على جميع أئمة الحديث
Hikayat orang, bahwa Muhammad bin Ismail Al-Bukhariy pada mulanya
adalah belajar shalat kepada Muhammad Ibnul Hasan. Lalu sang guru ini
memerintahkan kepadanya : "Pergilah belajar ilmu hadist! "setelah
mengetahui justru ilmu inilah yang lebih sesuai untuk Bukhariy. Akhirnya
pun ia belajar hadist hingga menjadi imam hadist paling terkemuka.
Jangan Duduk Terlalu Dekat Dengan Guru
وينبغى لطالب العلم أن لايجلس قريبا من الأستاذ عند السبق بغير ضرورة، بل
ينبغى أن يكون بينه وبين الأستاذ قدر القوس فإنه أقرب إلى التعظيم.
Diwaktu belajar, hendaklah jangan duduk terlalu mendekati gurunya,
selain bila terpaksa. Duduklah sejauh antar busur panah. Karena dengan
begitu, akan terlihat mengagungkan sang guru.
Menyingkiri Akhlak Tercela
وينبغى لطالب العلم أن يحترز عن الأخلاق الذميمة، فإنها كلاب معنوية، وقد
قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: لا تدخل الملائكة بيتا فيه كلب أو صورة.
وإنما يتعلم الإنسان بواسطة ملك.
والأخلاق الذميمة تعرف فى كتاب الأخلاق وكتابنا هذا لا يحتمل بيانها.
[وليحترز] خصوصا عن التكبر ومع التكبر لا يحصل العلم.
قيل: العلم حرب [للفتى] المتعالى كالسيل حرب للمكان العالى
قيل: بجـد لا بجــد كــل مـجــد فهل جد بلا جد بمجدى
فكم من عبد يقوم مقام حر وكم حر يقوم مقام عبد
Pelajar selalu memnjaga dirinya daripada akhlak-akhlak yang tercela.
Karena akhlak buruk itu ibarat anjing. Rasulullah saw bersabda:
"Malaikat tidak akan masuk rumah yang di dalamnya terdapat gambar atau
anjing". Padahal orang belajar itu dengan perantara malaikat. Dan
terutama yang disingkiri adalah sikap takabur dan sombong.
Syai'ir dikatakan:
ilmu itu musuh bagi penyombong diri
laksan air bah, musuh dataran tinggi
- Diraih keagungan dengan kesungguhan bukan semata dengan harta tumpukan
bisakah agung didapat? Dengan harta tanpa semangat?
Banyak sahaya, menduduki tingkat merdeka
Banyak orang merdeka, menduduki tingkat sahaya
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar