oleh : Aryo Mangku Langit
TERJEMAHAN TA'LIMUL MUTA'ALLIM
فصل
فى تعظيم العلم وأهله
FASAL IV
MENGAGUNGKAN ILMU DAN AHLI ILMU
Mengagungkan ilmu
اعلم أن طالب العلم لا ينال العلم ولا ينتفع به إلا بتعظيم العلم وأهله، وتعظيم الأستاذ وتوقيره.
Penting diketahui, Seorang pelajar tidak akan memperoleh kesuksesan
ilmu dan tidak pula ilmunya dapat bermanfaat, selain jika mau
mengagungkan ilmu itu sendiri, ahli ilmu, dan menghormati keagungan
gurunya.
قيل: ما وصل من وصل إلا بالحرمة، وما سقط من سقط إلا بترك الحرمة. وقيل:
الحرمة خير من الطاعة، ألا ترى أن الإنسان لا يكفر بالمعصية، وإنما يكفر
باستخفافها، وبترك الحرمة. ومن تعظيم العلم تعظيم الأستاذ
Ada dikatakan : "Dapatnya orang mencapai sesuatu hanya karena
mengagungkan sesuatu itu, dan gagalnya pula karena tidak mau
mengagungkannya. "Tidaklah anda telah tahu, manusia tidak menjadi kafir
karena maksiatnya, tapi jadi kafir lantaran tidak mengagungkan Allah.
Mengagungkan Guru
قال على رضى الله عنه: أنا عبد من علمنى حرفا واحدا، إن شاء باع، وإن شاء استرق.
Termasuk arti mengagungkan ilmu, yaitu menghormati pada sang guru. Ali
ra berkata: "Sayalah menjadi hamba sahaya orang yang telah mengajariku
satu huruf. Terserah padanya, saya mau dijual, di merdekakan ataupun
tetap menjadi hambanya."
وقد أنشدت فى ذلك:
رأيت أحق الحق حق المعلم وأوجـبه حفظا على كل مسلم
لقد حق أن يهدى إليه كرامة لتعليم حرف واحد ألف درهم
فإن من علمك حرفا واحدا مما تحتاج إليه فى الدين فهو أبوك فى الدين.
Dalam masalah ini saya kemukakan Syi'irnya:
Keyakinanku tentang haq guru, hak paling hak adalah itu
Paling wajib di pelihara, oleh muslim seluruhnya
demi memulyakan, hadiah berhak di haturkan
seharga dirham seribu, tuk mengajar huruf yang Satu
Memang benar, orang yang mengajarmu satu huruf ilmu yang diperlukan dalam urusan agamamu, adalah bapak dalam kehidupan agamamu.
وكان أستاذنا الشيخ الإمام سديد الدين الشيرازى يقول: قال مشايخنا: من أراد
أن يكون ابنه عالما ينبغى أن يراعى الغرباء من الفقهاء، ويكرمهم ويطعمهم
ويطيعهم شيئا، وإن لم يكن ابنه عالما يكون حفيده عالما.
Guru kita Syaikhul Imam Sadiduddin Asy-Syairaziy berkata : Guru-guru
kami berucap : "bagi orang yang ingin putranya alim, hendaklah suka
memelihara, memulyakan, mengagungkan, dan menghaturkan hadiah kepada
kaum ahli agama yang tengah dalam pengembaraan ilmiyahnya. Kalau toh
ternyata bukan putranya yang alim, maka cucunyalah nanti."
ومن توقير المعلم أن لايمشى أمامه، ولا يجلس مكانه، ولا يبتدئ بالكلام
عنده إلا بإذنه، ولا يكثر الكلام عنده، ولا يسأل شيئا عند ملالته ويراعى
الوقت، ولا يدق الباب بل يصبر حتى يخرج الأستاذ.
Termasuk arti menghormati guru, yaitu jangan berjalan di depannya,
duduk di tempatnya, memulai mengajak bicara kecuali atas perkenan
darinya, berbicara macam-macam darinya, dan menanyakan hal-hal yang
membosankannya, cukuplah dengan sabar menanti diluar hingga ia sendiri
yang keluar dari rumah.
فالحاصل: أنه يطلب رضاه، ويجتنب سخطه، ويمتثل أمره فى غير معصية لله
تعالى، فإنه لا طاعة للمخلوق فى معصية الخالق كما قال النبى صلى الله عليه
وسلم: إن شر الناس من يذهب دينه لدنيا بمعصية الخالق. ومن توقيره:
توقير أولاده ومن يتعلق به.
Pada pokoknya, adalah melakukan hal-hal yang membuatnya rela,
menjauhkan amarahnya dan menjungjung tinggi perintahnya yang tidak
bertentangan dengan agama, sebab orang tidak boleh taat kepada makhluk
dalam melakukan perbuatan durhak kepada Allah Maha Pencipta. Termasuk
arti menghormati guru pula, yaitu menghormati putera dan semua oarang
yang bersangkut paut dengannya.
وكان أستاذنا شيخ الإسلام برهان الدين صاحب الهداية رحمة الله عليه حكى:
أن واحدا من أكابر الأئمة بخارى كان يجلس مجلس الدرس، وكان يقوم فى خلال
الدرس أحيانا فسألوا عنه, فقال: إن ابن أستاذى يلعب مع الصبيان فى السكة،
ويجيئ أحيانا إلى باب المسجد، فإذا رأيته أقوم له تعظيما لأستاذى.
Di sini Guru kita Syaikhul Islam Burhanuiddin Shahibul Hidayah pernah
bercerita bahwa ada seorang imam besar di Bochara, pada suatu ketika
sedang asyiknya di tenmgah majlis belajar ia sering berdiri lalu duduk
kembali. Setelah ditanyai kenapa demikian, lalu jawabnya : ada seorang
putra guruku yang sedang main-main dihalaman rumah dengan
teman-temannya, bila saya melihatnya sayapun berdiri demi menghormati
guruku.
والقاضى الإمام فخر الدين الأرسابندى كان رئيس الأئمة فى مرو وكان السلطان
يحترمه غاية الاحترام وكان يقول: إنما وجدت بهذا المنصب بخدمة الأستاذ
فإنى كنت أخدم الأستاذ القاضى الإمام أبا زيد الدبوسى وكنت أخدمه وأطبخ
طعامه [ثلاثين سنة] ولا آكل منه شيئا.
Qodli Imam Fakhruddin Al-Arsyabandiy yang menjabat kepala para imam di
marwa lagi pula sangat di hormati sultan itu berkata : "Saya bisa
menduduki derajat ini, hanyalah berkah saya menghormati guruku. Saya
menjadi tukang masak makanan beliau, yaitu beliau Abi Yazid
Ad-Dabbusiy, sedang kami tidak turut memakannya."
وكان الشيخ الإمام الأجل شمس الأئمة الحلوانى رحمة الله عليه قد خرج من
بخارى وسكن فى بعض القرى أياما لحادثة وقعت له وقد زاره تلاميذه غير الشيخ
الإمام شمس الأئمة القاضى بكر بن محمد الزرنجرى رحمه الله تعالى، فقال له
حين لقيه: لماذا لم تزرنى؟ قال: كنت مشغولا بخدمة الولادة. قال: ترزق
العمر، لاترزق رونق الدرس، وكان كذلك، فإنه كان يسكن فى أكثر أوقاته فى
القرى ولم ينتظم له الدرس
Syaikhul Imamil Ajall Syaikhul Aimmah Al-Khulwaniy, karena suatu
peristiwa yang menimpa dirinya, maka berpindah untuk beberapa lama,
dari Bochara kesuatu pedesaan. Semua muridnya berziarah kesana kecuali
satu orang saja, yaitu syaikhul imam Al-qadli Abu Bakar Az-Zarnujiy.
Setelah suatu saat bisa bertemu, beliau bertanya: "kenapa engkau tidak
menjengukku? Jawabnya : "Maaf tuan, saya sibuk merawat ibuku" beliau
berkata: "Engkau dianugrahi panjang usia, tetapi tidak mndapat anugrah
buah manis belajar." Lalu kenyataanya seperti itu, hingga sebagian
banyak waktu Az-Zarnujiy digunakan tinggal di pedesaan yang membuatnya
kesulitan belajar.