Senin, 28 Mei 2012

205 : PENTINGNYA ILMU DALAM BERAMAL


oleh : Aryo Mangku Langit



‎~::HUMOR & DA'WAH::~

~Pentingnya ILMU dalam BERAMAL~
=======================
Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh
Bismillah
Alhamdulillah


Sore yg cerah
Abah Than-than Duduk Termenung Di Kebun HUDA SARUNGAN
menikmati Indahnya Lembayung Senja
Tiba-tib Cak Ariyazaien Arifin datang Tergopoh-gopoh
Dengan di ikuti cak Ardiy Yantho Gepenk,Cak Mat Kribo dan Cak Dwi Handoko di belakangnya
Ada apa to ini?"
Tanya Abah singkat
"Gini lho bah,kata cak Mat Kribo kalau beramal tanpa ilmu itu di tolak ya bah?"
tanya Cak Ariya dengan Nafas yg tersengal-tersengal
Hmmm"
Abah menghela nafas sejenak>>
"Begini Anak-anakku"
abah mulai mengawali hikayatnya dg bahasa yg cukup santun dan Diplomatis
Alkisah
Tersebutlah sekumpulan 5 sahabat yg sangat akrab
Mereka berlima selalu bersama dalam suka dan duka
Gendut <Keceng< Bejo <Kuntet<Mamat>
Itulah nama-nama Lima Sekawan
Suatu Sore mereka berlima Pergi ke Jakarta Mau Nonton Sepak Bola
Antara Indonesia Selection VS Intermilan
'karena sepak bolanya mainya jam 8 malam gimana kalau kita sholat jama'ah magrib dulu yuukkk,biar tenang"
Celetuk cak Gendut
"Oke" jawab ke empat kawanya Serentak
ahirnya mereka setuju menunjuk cak Gendut sebagai Imam Sholat
dengan Penuh khusuk dan mantab cak Gendut mengucapkan Takbirotul ihrom
"Allohu Akbar"
dan ke empat sahabatnya mengikutinya dg takbirotul ihrom juga
"Allohu Akbar"
Namun tiba-tiba terdengar Suara yg cukup Keras(maaf)DUUUUUUTTTTHH...
ternyata imamnya kentut
namun tetep saja nerusin bacaan sholatnya
"eh,,gimana sih imamnya,kentut kok sholatnya terus aja sih",,
kata Keceng
"ssssttt sudah jangan brisik,sholat kok ngomong ,batal lho"
sahut Bejo yang berdiri tepat di sebelahnya
"hehe..Gimana sih kalian,sholat kok ngrasani Imam
gak boleh.diam kayak aku ini"
tukas Kuntet nggak mau kalah.
ahirnya tinggal Mamat yg diam aja
namun hatinya tertawa dan merasa sok alim
"hmmm,,yang penting aku nggak ikut ngomong,nggak ngrasani Imam
jadi Sholatku gak batal"
Kata Mamat pada temanya
''la ora ngomong tapi kok ngomong"
sahut Kuntet yg ada di sebelahnya
karena merasa teman-temanya dibelakang pada eyel-eyelan
maka Imam pun ikut ngomong
"kalian itu gimana sih
jama'ah kok pada omong-omongan
Batal tau gak???
ahirnya ke empat temannya menyahut serentak
"IMAM KOK NGENTUUUUUUUUUTTT">>>>>
=============================
"ahirnya karena mereka berlima sholat tanpa di dasari ilmu
maka sia-sialah amalan Sholatnya,karena Sholat mereka Batal tanpa mereka Sadari"
Demikian Penjelasan Dari Abah Than-than
Ahirnya Cak Dwi Handoko>Cak Ariyazaien Arifin<Cak Ardiy Yantho Gepenk juga Cak Mat Kribo>Puas dengan Penjelasan Abah
sambil Kethop;;kethop;;;tes,,tes,,tes,,





Fatimah Aja


nderek njawab sekedik.... ilmu tanpa amal percuma dan amal tanpa ilmu tak berguna npo ngaten njeh gus?


Aryo Mangku Langit


ilmu tanpa amal percuma
=================
tidak demikian bulik Fatimah Aja>
Karena Ilmu yg belum/tidak di amalkan masih bisa menjaga diri kita
==========================
==============
amal tanpa ilmu tak berguna
===================
lha ini baru pas
karena apa,ilmu amal yg tanpa di dasari ilmu itu sia-sia/mardud/tertolak seperti kisah kelima sahabat tadi
memang amalanya baik yaitu sholat,akan tetapi tanpa adanya dasar ilmu maka amalnya tidak sampai


Fatimah Aja


mf gus pripun ilmu yg tanpa amal bs mjg diri kita sdgkn ilmu niku lokone kanti laku...nuwun

Aryo Mangku Langit

Contoh Ringan Saja dalam Qoidah arabic
++++++++++++++++++++++++++
++++
Al Ilmu Bila Amalin Kassajari Bila tsamarin
==========================
=
IOlmu tanpa di amalkan laksana pohon tanpa Buah
==========================
======
kita lihat walau tanpa kita petik buahnya paling tidak masih menyisakan ranting dan pohonya
yg masih bisa kita manfaatkan
======================
Masih ada juga contoh ringan
++++++++++++++++++++++
Sorang Guru tinju ,beliau hanya mengajarkan teorinya saja tanpa harus terjun bertinju>

Ilmu tidak harus selamanya LAKONE KANTHI LAKU

======================
Lihatlah sorang Kiyai yg mengajarkan kitab pada santrinya
apakah kiyai melakukan semunaya(LAKONE KANTHI LAKU)??


Fatimah Aja

lalu dgn mengajarkan itu apa tdk bs d sebud laku/amal gus afwan hehe sdkt ngeyel


Aryo Mangku Langit


BULIK Fatimah Aja>
Coba Renungi Hadist Di bawah ini
========================
menuntut ilmu itu diwajibkan bagi setiap Muslimin, Sesungguhnya Allah mencintai para penuntut ilmu.”
(Al-Hadits Nabi SAW).
=================
Disini Jelas baru tahap menuntut/mempelajari/
mencari ilmu,Alloh sudah menmcintai
terlepas di amalkan atau tidak kita tetap berkewajiban mencarinya


Fatimah Aja

yg d bhs ini menuntunya apa mengamalkanya to gus...toeng2 sy kok jd bingung hee


Aryo Mangku Langit

Bismillah
Bu Fatimah Aja>
Tidak Selamnya ungkapan ILMU TANPA AMAL ITU PERCUMA
Seperti ungkapan
AL ILMU BILA AMALIN KASSAJARI BILA TSAMARIN
==========================
=======
walau tidak berbuah ilmu itu tetap ada gunanya dengan menyisakan ranting dan pohon yg buisa kita mnafaatkan
==========================
==========
ILMU artinya TAHU/MENGETAHUI

Bu Fatimah di tanya dimana KA'BAH itu berada?
karena bu fatimah aaliim/tau/berilmu maka menjawab di arab saudi

lantas apakah bu fatimah telah menerapkan ILMU LAKONE KANTHI LAKU????
pakah bu fatimah harus kesana(arab)tuk berikan Jawaban??


Prabu'jihad Al-syahid

juga punya banyak ilmu tapi ga' bisa menerapkan jg percumah..
bisa mengaji tapi ga' bisa mengkaji jg percumah..

faham tapi ga' bisa memahami jg percumah..

memahami tp ga' bisa melakukanya dan membuktikanya jg percumah..


Aryo Mangku Langit


Bismillah>
Tiada yg sia-sia/percuma bagi orang yg mempunyai Ilmu>
Sebab amal akan ilmu sesuai dengan Kebutuhanya>
jikalau kita sebagai tukang kayu (Mebel)tentulah harus mengerti ilmu tentang Kayu>

lantas apakah setiap hari kita akan Membuat meja??
tidak Bukan>
tentulah harus sesuai dengan kebutuhan

Ilmu begitu luas ma'na dan Penjabaranya
Tidak Berkutat pada Ilmu Agama saja
sebab ilmu sendiri artinya Tau/mengetahui

Jika saat ini seorang anak Belajar Membaca
mungkin sepuluh>dua puluh tahun yg akan datang ilmunya bisa bermanfaat

jadi jangan Berkecil hati
Tiada yg percuma bagi penyandang Ilmu>
========================
TA'ALLAM FAINNAL ILMA ZAENUN LI AHLIHIAryo Mangku Langit Bismillah

Menjelaskan Statmenya Bu Fatimah Aja>
jadi kita harus Bisa membedakan antara LELAKU(amal)
dengan mengajarkan/mulang ilmu (Allamau)

jadi tidak selamanya bahwa ILMU ITU LAKONE KANTHI LELAKU
Seperti para kiyai<Ustadz<dan Para Guru/pendidik
beliau walaupun tidak lelaku/amal akan tetapi beliau allamahu/mengajarkan ilmunya

Untuk ituk tiada yg sia-sia bagi yg memiliki ilmu
justru amal yg tanpa ilmu itulah yg akan sia-sia
sebab amalnya tidak memenuhi syarat yg di tentukan

Contoh kecil:
maunya Bikin Bakwan/ote-ote
Sudahlah barang Tentu harus tau ilmunya

Bayangkan bila bikin bakwan yg di pakai tepung beras yg seharusnya pakai tepung gandum/terigu
apa yg terjadi??
Sia-sia bukan???

Mari kita taffakkuri


Aryo Mangku Langit


maka dari itulah kang Prabu'jihad Al-syahid>
Ilmu itu tiada yg percuma
mari Kita Cerna Maqolah di bawah ini:

Khoirukum man ta'allamal qur’aana wangallamahu
==========================
=====
Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al Qur’an dan mengajarkanya. (HR. al-Bukhari)
-=========================
=========
Mari kita bedakan antara amal(lelaku/nglakoni)
Dengan lafadz Allamahu(mulang/mengajarkan ilmunya)

Jadi jikalau ada yg mengatakan ilmu tanpa di terapkan(dilakoni)itu percuma,
lantas bagaimana dg maqolah Di atas????

monggo lanjuuut  

Prabu'jihad Al-syahid

dan orang yg bner2 memahami tentang ilmu, hatinya akan lembut, sabar, ikhlas, menerima apapun yg di berikan kpd kita, suka maupun duka, dan rela atas segalanya, tidak banyak bicara, sedikit tapi penuh arti.. bukankah begitu gus,,


Aryo Mangku Langit

inggeh Leres kang Prabu'jihad Al-syahid>======================== KHORUL KALAAMI QOLLA WADAALA\ 


Mukhammad Yusuf Ismawan

Alhamdulillah,menawi kita simak hadist dr rosulullah saw sangatlah jls ats mulianya ilmu:"inna fadhlal 'ilmi 'alal 'aabidi kafadhliy 'ala adnay rojulin min ummatiy" Kelebihan orang yg ber ilmu atas orang yg menjalankan ibadah(tanpa ilmu),ibarat kelebihanku atas orang yg plg rendah di antara ummatku rowahu al haris bin abu uzamah dr abu said al khudri,diperkuat riwayat turmudzi dr umamah  Jg sabda beliau saw trtls dlm kitab minhajul abidin "al 'ilmu imaamul 'amali wa'amalu taabi'uhu

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar