PERTANYAAN
Opick Syahreza
Assalamu'alaikum
mau tanya apakah syarat2 ketika mau adzan dan ketika dalam beradzan.. Wasalamualaikum
JAWABAN
Mbah Pardan Milanistie
wa'alaikum salam
(wa suritho fihima )ae fil adzani wal iqomati (tartibun)ae attartibu al ma'rufi fihima lil itba'i fain 'akasa walau nasiyan lam yasihha walahu al bina' 'alal muntadzimi minhuma walau tarka ba'duhuma ata bihi ma'a ingadati ma ba'dahu (wa wila'un)baina kalimatuhuma na'am la yadurru yasirun kalamun wa sukutun walau 'amdan wa yusannu an yahmida sirron idza 'athisa wa an yu'akhirro roddassalami wa tassmiyatul 'athisi ilal firhoghi(wa jahrun)in adzana au aqoma(lijama'tin)fayanbaghi isma'u wahidin jami'a kalimatahu fa yakfihi isma'u nafsahu faqod(wa waqtun)ae dukhulahu (lighoiri adzana subhin) li anna dzalika lil i'lami fala yajuzu wala yasihhu qoblahu amma adzanassubhi fayasihhu min nisfi lailin.
Fathul mu'in bil hamisy I'anatuttholibin juz1/234-235-236
/
dan di syartkan pada keduanya/di dalm adzan dn iqomah /tartib/tartib yan tlh mklum di keduanya karena itba' ,apa bila di balik meskipun lupa maka tidak sah dan wajib menulang lagi dari keduanya dengan berurutan,andai di tinngal sebagian dari keduanya maka harus mengulang apa yang tlh di tinngal/terus menerus/di dalam kalimat keduanya betul trus mnerus ,
tidak cela sedikitnya kalm dan diam meskipun di sengaja dan tetap di sunnakan mengucapkan tahmiddengan lirih apa bila bersindam hendaknya ia meng akhirkan menjawab salam dan juga mendo'akan orang yang bersin sampai ia selesai/dan keras/adazan dan iqomah/karena sholat jama'ah/maka hendkanya bisa di dengar oleh minimal satu orang seluruh kalimat adzan,
adapun orang yang adzan atau iqomah untuk dirinya sendiri maka cukuplah untuk bisa di dengar dirinya sendiri/tepat waktu/artinya wktu masuk sholat /kecuali adzan sholat subuh/karena adzan tersebut untuk memberitukan masuknya waktu sholat maka tidak bole dan tidak sah sebelum masuk waktu sholat, sedangkan adazn subuh maka sah di laksanakan sejak tengah malam.
Walohu a'lam
wa'alaikum salam
(wa suritho fihima )ae fil adzani wal iqomati (tartibun)ae attartibu al ma'rufi fihima lil itba'i fain 'akasa walau nasiyan lam yasihha walahu al bina' 'alal muntadzimi minhuma walau tarka ba'duhuma ata bihi ma'a ingadati ma ba'dahu (wa wila'un)baina kalimatuhuma na'am la yadurru yasirun kalamun wa sukutun walau 'amdan wa yusannu an yahmida sirron idza 'athisa wa an yu'akhirro roddassalami wa tassmiyatul 'athisi ilal firhoghi(wa jahrun)in adzana au aqoma(lijama'tin)fayanbaghi isma'u wahidin jami'a kalimatahu fa yakfihi isma'u nafsahu faqod(wa waqtun)ae dukhulahu (lighoiri adzana subhin) li anna dzalika lil i'lami fala yajuzu wala yasihhu qoblahu amma adzanassubhi fayasihhu min nisfi lailin.
Fathul mu'in bil hamisy I'anatuttholibin juz1/234-235-236
/
dan di syartkan pada keduanya/di dalm adzan dn iqomah /tartib/tartib yan tlh mklum di keduanya karena itba' ,apa bila di balik meskipun lupa maka tidak sah dan wajib menulang lagi dari keduanya dengan berurutan,andai di tinngal sebagian dari keduanya maka harus mengulang apa yang tlh di tinngal/terus menerus/di dalam kalimat keduanya betul trus mnerus ,
tidak cela sedikitnya kalm dan diam meskipun di sengaja dan tetap di sunnakan mengucapkan tahmiddengan lirih apa bila bersindam hendaknya ia meng akhirkan menjawab salam dan juga mendo'akan orang yang bersin sampai ia selesai/dan keras/adazan dan iqomah/karena sholat jama'ah/maka hendkanya bisa di dengar oleh minimal satu orang seluruh kalimat adzan,
adapun orang yang adzan atau iqomah untuk dirinya sendiri maka cukuplah untuk bisa di dengar dirinya sendiri/tepat waktu/artinya wktu masuk sholat /kecuali adzan sholat subuh/karena adzan tersebut untuk memberitukan masuknya waktu sholat maka tidak bole dan tidak sah sebelum masuk waktu sholat, sedangkan adazn subuh maka sah di laksanakan sejak tengah malam.
Walohu a'lam
Sunde Pati
teks arabnya
فتح المعين (1/ 234)
( وشرط فيهما )
أي في الأذان والإقامة
( ترتيب )
أي الترتيب المعروف فيهما للاتباع
فإن عكس ولو ناسيا لم يصح وله البناء على المنتظم منهما
ولو ترك بعضهما أتى به مع إعادة ما بعده
( وولاء )
بين كلماتهما
نعم لا يضر يسير كلام وسكوت ولو عمدا
ويسن أن يحمد سرا إذا عطس وأن يؤخر رد السلام وتشميت العاطس إلى الفراغ
( وجهر )
إن أذن أو أقام ( لجماعة ) فينبغي إسماع واحد جميع كلماته
أما المؤذن أو المقيم لنفسه فيكفيه إسماع نفسه فقط
( ووقت )
أي دخوله ( لغير أذان صبح ) لأن ذلك للإعلام فلا يجوز ولا يصح قبله
أما أذان الصبح فيصح من نصف ليل
teks arabnya
فتح المعين (1/ 234)
( وشرط فيهما )
أي في الأذان والإقامة
( ترتيب )
أي الترتيب المعروف فيهما للاتباع
فإن عكس ولو ناسيا لم يصح وله البناء على المنتظم منهما
ولو ترك بعضهما أتى به مع إعادة ما بعده
( وولاء )
بين كلماتهما
نعم لا يضر يسير كلام وسكوت ولو عمدا
ويسن أن يحمد سرا إذا عطس وأن يؤخر رد السلام وتشميت العاطس إلى الفراغ
( وجهر )
إن أذن أو أقام ( لجماعة ) فينبغي إسماع واحد جميع كلماته
أما المؤذن أو المقيم لنفسه فيكفيه إسماع نفسه فقط
( ووقت )
أي دخوله ( لغير أذان صبح ) لأن ذلك للإعلام فلا يجوز ولا يصح قبله
أما أذان الصبح فيصح من نصف ليل
link dokumen :
http://www.facebook.com/groups/kasarung/doc/595098727181536/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar