PERTANYAAN
Joko Satrio
Assalamu 'Alaikum
Spt yg kita lihat banyak org bersholawat diiringi musik. Bagaimana hukumnya bersholawat dgn diiringi musik yg diharamkan dan apakah masih dpt pahalanya bersholawat dgn diiringi musik spt itu ?
JAWABAN
Aryo Mangku Langit
wa'alaikumsalam
Warohmatullohi
Wabarokaatuh
semoga ini bisa membantu
Masaji Antoro
Kalau masalah tembang dan nyanyian setahu ana seperti ini BERSYAIR Lirik lagu dlm hukum islam sebenarnya diperboleh kan seperti tersurat dalam hadits abdullah bin umar :
" الشعر بمنزلة الكلام ، حسنه كحسن الكلام ، وقبيحه كقبيح الكلام " .
"Syair lagu laksana sebuah kalam, syair yg baik sama dg kalam yg baik syair yg jelek sama dg kalam yg jelek"
Dalam hadits ini jelas bahwa syair lagu boleh asal memang mengandung hal yg baik sprti wejangan, motivasi, atau hal-hal positif lainnya tapi bila mengandung kata-kata jorok, kotor, kebohongan dll hukumnya sama dg ucapan yakni haram, dan begitu pula lirik lagu bisa menjadi makruh bila berpotensi melalaikan dzikir pada Allah atau berlebihan .
BERNYANYI
Legalitas hukum bernyanyi menjadi perbedaan pendapat dikalangan Ulama diantarany a :
1. MUBAH
Didukung oleh Al-Ghozaly (dr Syafiiyyah ), Abu Bakar Al-Kholal (dr Hanabilah) , Abdullah Bin Ja'far danAbdulla h Bin Zubair (dr kalangan sahabt) dg bertendens i pada sebuah hadits nabi yg diriwayatk a Aisyah Ra.
دَخَلَ عَلَيَّ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعِنْدِي جَارِيَتَا نِ تُغَنِّيَا نِ بِغِنَاءِ بُعَاثَ، فَاضْطَجَع َ عَلَى الْفِرَاشِ وَحَوَّلَ وَجْهَهُ. وَدَخَلَ أَبُوْ بَكْرٍ فَانْتَهَر َنِي وَقَالَ: مِزْمَارَة ُ الشَّيْطَا نِ عِنْدَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ؟ فَأَقْبَلَ عَلَيْهِ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَالَ: دَعْهُماَ. فَلَمَّا غَفَلَ غَمَزْتُهُ مَا فَخَرَجَتَ ا
“Rasululla h SAW masuk ke rumahku sementara di sisiku ada dua budak perempuan yg sedang berdendang dgn dendangan (perang) Bu’ats2.
Beliau berbaring di atas pembaringa n dan membalikka n wajahnya. Saat itu masuklah Abu Bakr. Ia pun menghardik ku dgn berkata ‘Apakah seruling setan dibiarkan di sisi Nabi SAW?’ Rasulullah SAW menghadap ke arah Abu Bakr seraya berkata ‘Biarkan keduanya’.
Ketika Rasulullah telah tertidur aku memberi isyarat kepada kedua agar menyudahi dendangan dan keluar. Kedua pun keluar.” (HR Bukhari) Bahkan menurut al-Ghozaly menyanyi bisa bernilai ibadah bila berguna sebagai pengusir kepenatan, merangsang fitalitas fisik dan himmah (cita-cita ) bergairah ibadah dan kegiatan positif lainnya
2. MAKRUH
Didukung mayoritas Syafiiyah sebagian Hanabilah dan Malikiyyah karena menurut mereka menyanyi sangat berpotensi dg nuansa basa-basi dan kesia-sian /allahwu
3. HARAM
Didukung Hanafiyyah sebagian hanabilah, Hasan albashry, Tsufyan As-saury, Abdullah Bin Mas'ud dll dg tendensi firman Allah "Dan di antara manusia (ada) orang yang mempergunakan perkataan yang tidak berguna untuk menyesatkan (manusia) dari jalan Allah tanpa pengetahuan dan menjadikan jalan Allah itu olok-olokan.
Mereka itu akan memperoleh azab yang menghinakan".(QS.31:6). Mereka menterjemahkan kalimat "perkataan yang tidak berguna" dengan arti bernyanyi
ALAT MUSIK
Ada banyak kreteria jenis peralatan yg digunakan untuk bermain musik mulai dari musik yg di pukul, tiup, gesek dll yg bahasannya sangat panjang sekali, saya khawatir temen-temen sekalian bosen untuk membacanya...
Hehe (Hasyiyah Al-Bujayromy IV/374, Wuzarah al-auqaaf as-syu-uun al-islamiyyah IV/90)
===============
>> Mbah Jenggot
1.Bagaimana hukum bermain musik sholawat dengn diiringi alat musik yg diharamkan?
2.Apakah masih ada pahalanya bersholawat dengan iringan alat musik yang jelas jelas diharamkan ?
JAWABAN
1.Hukum solawat yang didendangkan dengan diiringi alat musik yang diharamkan hilaf :
• Haram secara mutlak
• Musiknya haram sholawatnya tetap sunnah Referensi
1. الجمل على المنهج الجزء الخامس ص: 380 ( كغناء ) بكسر الغين والمد ( بلا آلة واستماعه ) فإنهما مكروهان لما فيهما من اللهو أما مع الآلة فمحرمان وتعبيرى بالاستماع هنا وفيما يأتى أولى من تعبيره بالسماع. قوله ( فإنهما مكروهان ) أي ولو من أجنبية أو أمراد إلا إن خاف فتنة أو نظرا محرما وإلا حرم وليس من الغناء ما اعتيد عند محاولة عمل وحمل ثقيل كحدو الأعراب لإبلهم وغناء النساء لتسكيت صغارهم فلا شك فى جوازه قال الغزالى الغناء إن قصد به ترويح القلب ليقوى على الطاعة فهو طاعة أو على المعصية فهو معصية أو لم يقصد به شيئ فهو لهو معفو عنه. إهـ ح ل ( قوله أما مع الآلة فهو محرما ) وهذا ما مشى عليه الشارح والذى مشى عليه م ر فى شرحه أن الغناء مكروه وعلى ما هو عليه والآلة محرمة وعبارته ومتى اقترن بالغناء آلة محرمة فالقياس كما قاله الزركشى تحريم الآلة فقط وبقاء الغناء على الكراهة إهـ. 2. إحياء علوم الدين الجزء الثانى ص
: 279 فإن قلت فهل له حالة يحرم فيها. فأقول إنه يحرم بخمسة عوارض عارض فى المسمع وعارض فى آلة الإسماع وعارض فى نظم الصوت وعارض فى نفس المستمع أو فى مواظبته وعارض من كون الشخص من عوام الخلق لأن أركان السماع هى المسمع والمستمع وآلة الإسماع العارض الأول :أن يكون امرأة لا يحل النظر إليه وتخشى الفتنة من سماعها وفى معناها الصبى الأمراد - إلى أن قال - العارض الثانى :فى الآلة بأن تكون من شعار أهل الشرب أو المخنثين وهو المزامير والأوتار وطبل الكوبة فهذه ثلاثة أنواع ممنوعة وما عدا على ذلك يبقى على أصل الإباحة كالدف وإن كان فيه الجلاجل وكالطبل والشاهين والضرب بالقضيب وسائر الآلات. " إذا اجتـمـع الـحـــــلال والـــحــــــرام غـــــــلب الـــــحــــرام "
2.Hilaf : - Menurut Qoul Ashoh tidak dapat pahala - Menurut Muqobilul Ashoh dapat pahala
الجمل على المنهج الجزء الخامس ص: 380 ( قوله أما مع الآلة فهو محرمان ) وهذا ما مشى عليه الشارح والذى مشى عليه م ر فى شرحه أن الغناء مكروه وعلى ما هو عليه والآلة محرمة وعبارته ومتى اقترن بالغناء آلة محرمة فالقياس كما قاله الزركشى تحريم الآلة فقط وبقاء الغناء على الكراهة إهـ. 2. غاية الوصول ص: 31 (و) الأصح ( أنه ) اى فاعلها على القول بصحتها ( لا يثاب ) عليها عقوبة له عليها من جهة الغصب وقيل يثاب عليها من جهة الصلاة وإن عوقب من جهة الغصب فقد يعاقب بغير حرمان الثوب أو بحرمان بعضه.
http://www.piss-ktb.com/2012/03/121-lain-lain-etika-bersholawat-dan.html
link dokumen :
http://www.facebook.com/groups/kasarung/doc/590889117602497/
Joko Satrio
Assalamu 'Alaikum
Spt yg kita lihat banyak org bersholawat diiringi musik. Bagaimana hukumnya bersholawat dgn diiringi musik yg diharamkan dan apakah masih dpt pahalanya bersholawat dgn diiringi musik spt itu ?
JAWABAN
Aryo Mangku Langit
wa'alaikumsalam
Warohmatullohi
Wabarokaatuh
semoga ini bisa membantu
Masaji Antoro
Kalau masalah tembang dan nyanyian setahu ana seperti ini BERSYAIR Lirik lagu dlm hukum islam sebenarnya diperboleh kan seperti tersurat dalam hadits abdullah bin umar :
" الشعر بمنزلة الكلام ، حسنه كحسن الكلام ، وقبيحه كقبيح الكلام " .
"Syair lagu laksana sebuah kalam, syair yg baik sama dg kalam yg baik syair yg jelek sama dg kalam yg jelek"
Dalam hadits ini jelas bahwa syair lagu boleh asal memang mengandung hal yg baik sprti wejangan, motivasi, atau hal-hal positif lainnya tapi bila mengandung kata-kata jorok, kotor, kebohongan dll hukumnya sama dg ucapan yakni haram, dan begitu pula lirik lagu bisa menjadi makruh bila berpotensi melalaikan dzikir pada Allah atau berlebihan .
BERNYANYI
Legalitas hukum bernyanyi menjadi perbedaan pendapat dikalangan Ulama diantarany a :
1. MUBAH
Didukung oleh Al-Ghozaly (dr Syafiiyyah ), Abu Bakar Al-Kholal (dr Hanabilah) , Abdullah Bin Ja'far danAbdulla h Bin Zubair (dr kalangan sahabt) dg bertendens i pada sebuah hadits nabi yg diriwayatk a Aisyah Ra.
دَخَلَ عَلَيَّ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعِنْدِي جَارِيَتَا نِ تُغَنِّيَا نِ بِغِنَاءِ بُعَاثَ، فَاضْطَجَع َ عَلَى الْفِرَاشِ وَحَوَّلَ وَجْهَهُ. وَدَخَلَ أَبُوْ بَكْرٍ فَانْتَهَر َنِي وَقَالَ: مِزْمَارَة ُ الشَّيْطَا نِ عِنْدَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ؟ فَأَقْبَلَ عَلَيْهِ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَالَ: دَعْهُماَ. فَلَمَّا غَفَلَ غَمَزْتُهُ مَا فَخَرَجَتَ ا
“Rasululla h SAW masuk ke rumahku sementara di sisiku ada dua budak perempuan yg sedang berdendang dgn dendangan (perang) Bu’ats2.
Beliau berbaring di atas pembaringa n dan membalikka n wajahnya. Saat itu masuklah Abu Bakr. Ia pun menghardik ku dgn berkata ‘Apakah seruling setan dibiarkan di sisi Nabi SAW?’ Rasulullah SAW menghadap ke arah Abu Bakr seraya berkata ‘Biarkan keduanya’.
Ketika Rasulullah telah tertidur aku memberi isyarat kepada kedua agar menyudahi dendangan dan keluar. Kedua pun keluar.” (HR Bukhari) Bahkan menurut al-Ghozaly menyanyi bisa bernilai ibadah bila berguna sebagai pengusir kepenatan, merangsang fitalitas fisik dan himmah (cita-cita ) bergairah ibadah dan kegiatan positif lainnya
2. MAKRUH
Didukung mayoritas Syafiiyah sebagian Hanabilah dan Malikiyyah karena menurut mereka menyanyi sangat berpotensi dg nuansa basa-basi dan kesia-sian /allahwu
3. HARAM
Didukung Hanafiyyah sebagian hanabilah, Hasan albashry, Tsufyan As-saury, Abdullah Bin Mas'ud dll dg tendensi firman Allah "Dan di antara manusia (ada) orang yang mempergunakan perkataan yang tidak berguna untuk menyesatkan (manusia) dari jalan Allah tanpa pengetahuan dan menjadikan jalan Allah itu olok-olokan.
Mereka itu akan memperoleh azab yang menghinakan".(QS.31:6). Mereka menterjemahkan kalimat "perkataan yang tidak berguna" dengan arti bernyanyi
ALAT MUSIK
Ada banyak kreteria jenis peralatan yg digunakan untuk bermain musik mulai dari musik yg di pukul, tiup, gesek dll yg bahasannya sangat panjang sekali, saya khawatir temen-temen sekalian bosen untuk membacanya...
Hehe (Hasyiyah Al-Bujayromy IV/374, Wuzarah al-auqaaf as-syu-uun al-islamiyyah IV/90)
===============
>> Mbah Jenggot
1.Bagaimana hukum bermain musik sholawat dengn diiringi alat musik yg diharamkan?
2.Apakah masih ada pahalanya bersholawat dengan iringan alat musik yang jelas jelas diharamkan ?
JAWABAN
1.Hukum solawat yang didendangkan dengan diiringi alat musik yang diharamkan hilaf :
• Haram secara mutlak
• Musiknya haram sholawatnya tetap sunnah Referensi
1. الجمل على المنهج الجزء الخامس ص: 380 ( كغناء ) بكسر الغين والمد ( بلا آلة واستماعه ) فإنهما مكروهان لما فيهما من اللهو أما مع الآلة فمحرمان وتعبيرى بالاستماع هنا وفيما يأتى أولى من تعبيره بالسماع. قوله ( فإنهما مكروهان ) أي ولو من أجنبية أو أمراد إلا إن خاف فتنة أو نظرا محرما وإلا حرم وليس من الغناء ما اعتيد عند محاولة عمل وحمل ثقيل كحدو الأعراب لإبلهم وغناء النساء لتسكيت صغارهم فلا شك فى جوازه قال الغزالى الغناء إن قصد به ترويح القلب ليقوى على الطاعة فهو طاعة أو على المعصية فهو معصية أو لم يقصد به شيئ فهو لهو معفو عنه. إهـ ح ل ( قوله أما مع الآلة فهو محرما ) وهذا ما مشى عليه الشارح والذى مشى عليه م ر فى شرحه أن الغناء مكروه وعلى ما هو عليه والآلة محرمة وعبارته ومتى اقترن بالغناء آلة محرمة فالقياس كما قاله الزركشى تحريم الآلة فقط وبقاء الغناء على الكراهة إهـ. 2. إحياء علوم الدين الجزء الثانى ص
: 279 فإن قلت فهل له حالة يحرم فيها. فأقول إنه يحرم بخمسة عوارض عارض فى المسمع وعارض فى آلة الإسماع وعارض فى نظم الصوت وعارض فى نفس المستمع أو فى مواظبته وعارض من كون الشخص من عوام الخلق لأن أركان السماع هى المسمع والمستمع وآلة الإسماع العارض الأول :أن يكون امرأة لا يحل النظر إليه وتخشى الفتنة من سماعها وفى معناها الصبى الأمراد - إلى أن قال - العارض الثانى :فى الآلة بأن تكون من شعار أهل الشرب أو المخنثين وهو المزامير والأوتار وطبل الكوبة فهذه ثلاثة أنواع ممنوعة وما عدا على ذلك يبقى على أصل الإباحة كالدف وإن كان فيه الجلاجل وكالطبل والشاهين والضرب بالقضيب وسائر الآلات. " إذا اجتـمـع الـحـــــلال والـــحــــــرام غـــــــلب الـــــحــــرام "
2.Hilaf : - Menurut Qoul Ashoh tidak dapat pahala - Menurut Muqobilul Ashoh dapat pahala
الجمل على المنهج الجزء الخامس ص: 380 ( قوله أما مع الآلة فهو محرمان ) وهذا ما مشى عليه الشارح والذى مشى عليه م ر فى شرحه أن الغناء مكروه وعلى ما هو عليه والآلة محرمة وعبارته ومتى اقترن بالغناء آلة محرمة فالقياس كما قاله الزركشى تحريم الآلة فقط وبقاء الغناء على الكراهة إهـ. 2. غاية الوصول ص: 31 (و) الأصح ( أنه ) اى فاعلها على القول بصحتها ( لا يثاب ) عليها عقوبة له عليها من جهة الغصب وقيل يثاب عليها من جهة الصلاة وإن عوقب من جهة الغصب فقد يعاقب بغير حرمان الثوب أو بحرمان بعضه.
http://www.piss-ktb.com/2012/03/121-lain-lain-etika-bersholawat-dan.html
link dokumen :
http://www.facebook.com/groups/kasarung/doc/590889117602497/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar