oleh : Sunde Pati
sekelumit keterangan tentang wali
وقيل علامة الولى ثلاثة شغله بالله تعالى وفراره الى الله تعالى وهمه الى الله عز وجل
Dikatakan bahwa tanda2 wali itu ada 3 selalu sibuk dengan ALLOH lari menuju pada ALLOH dan tujuannya hanya pada ALLOH semata
sirojut tholibin juz 1 hal 17
=======
وقال ابو عثمان المغربى الولى قد يكون مشهورا ولكن لا يكون مفتونا بأن تكون شهرته بركة عليه وعلى غيره
abu usman almagrobi berkata,wali itu terkadang masyhur namun tidak
menjadikan ia terfitnah atas kemasyhurannya,justru kemasyhuran tersebut
menjadi berkah baginya dan orang lain
sirojut tolibin juz 1 hal 17
=======
betapa sulitnya mengenali seorang wali
قال الشيخ ابو العباس رضى الله تعالي عنه معرفة الولى اصعب من معرفة الله
فان الله معروف بكماله وجماله وحتى ومتى تعرف مخلوقا فتلك يأكل كما تأكل
ويشرب كما تشرب
syeh abul abbas ra.berkata,mengenali seorang wali itu lebih sulit dari
pada mengenali ALLOH karena ALLOH itu bisa dikenali dengan sifat2nya
yang sampurna dan indah,sedangkan para wali bisa engkau jumpai kapan
saja atau dimana saja,berupa mahluk yang sama seperti keadaanmu,ia
makan dan minum seperti halnya dirimu
=======
sebenarnya wali itu rahasia yang emang sengaja dirahasiakan ALLOH
كيف تعرف اولياء الله تعالى فقال ان الله تعالى لا يعرفهم الا لاشكالهم او
من اراد ان ينفعه بهم ولو اظهرهم حتى يعرفهم الناس لكانوا حجة عليهم ومن
خالفهم بعد علمه بهم كفر ومن قعد لهم حرج ولكن الله تعالى جعل اختياره
تغطية امورهم رحمة منهم لخلقه ورأفة
BAGAIMANA PARA WALI ITU DIKENAL ? maka menjawab,sesungguhnya ALLOH
tidak akan memberi tahukan keadaan mereka kecuali kepada sesama mereka
atau kepada orang-orang yang dikehendaki ALLOH untuk memetik manfaat
darinya,seandainya ALLOH memperlihatkannya,sehingga manusia
mengenalinya niscaya ia akan menjadi bukti atas kesalahan manusia kelak
di hari kiamat dan orang-orang yang mengingkarinya niscaya akan
kufur,begitu juga orang-orang yang tidak menghiraukannya niscaya akan
berdosaALLOH merahasiakannya semata-mata hanya kasihan kepada
mahluk-mahlukNYA
syarah hikam juz 2 hal 3
=============
sbagian dari pembagian wali
قال بعضهم علامة الابدال ان لا يولد لهم
QOLA BA'DLUHUM,ALAMATUL ABDALI AN LA YULADA LAHUM
sebagian ulama' berkata,ciri2 wali abdal itu tidak mempunyai anak
وقال احمد ان لم يكونوا اصحاب الحديث فمن هم
WAQOLA AHMAD,INLAM YAKUNU ASHABAL HADIS,FAMAN HUM?
imam ahmad berkata wali2 abdal siapa lagi kalau bukan ahli hadis?
sirojut tholibin juz 1 hal 262
==================
وقد اتفقوا على ان الشافعى رضى الله عنه كان من الاوتادوفى رواية انه تقطب قبل موته
WA QOD ITTAFAQUU ALA ANNAS SYAFII RODLIYALLOHU ANHU KANA MINAL AUTADIWAFI RIWAYATIN INNAHU TAQOTTHOBA QOBLA MAUTIHI
ulama' sepakat bahwa imam syafii R.A. termasuk golongan wali autad
dan menurut satu riwayat beliau menjabat sebagai wali qutub sebelum
wafatnya
alfatawi alhadisiyyah hal 232
ما يقع للملامتية
kejadian pada wali malamatiyyah
وهم قوم طابت نفوسهم مع الله فلم يودوا أن أحدا يطلع على أعمالهم غيره
فإذا رأى أحد منهمأن أحدا اعتقد فيه خرب أي ارتكب ما يذم به ظاهره من فعل
وقول كسرقة بعض الأولياء وهو إبراهيمالخواص نفع الله به وناهيك به علما
ومعرفة لما رأى أهل بلده يعتقدونه سرق ثيابا من الحمام لابن الملك
وخرجيتبختر بها حتى أدرك فضرب وأخذت منه وسمى لص الحمام فقال الآن طابت
الإقامة في هذه البلد
wali malamatiyyah adalah kaum yg selalu menjaga kebaikan hatinya untuk
ALLOH semata,mereka tidak menyukai orang lain melihat
amalnya-amalnya,dan ketika seseorang mengetahui kebaikannya,maka mereka
segera merusak amal-amal tersebut yaitu dengan melakukan perbuatan
atau perkataan yg klihatannya tercela seperti contoh yang pencurian
yang dilakukan sebagian auliya' yaitu IBROHIM BIN KHOWAAS semoga ALLOH
memberikan manfaat dan kejadian ini cukup untuk dipetik sebagai ilmu
pengetahuan.ketika itu penduduk kampungnyamenganggap ibrohim bin
khowaas mencuri beberapa potong baju kepunyaan pangeran dari sebuah
pemandian air hangat mereka menjumpai ibrahim dengan bangga keluar dari
pemandian ,kemudian ditangkap rame-rame oleh penduduk ,dipukul dan
baju-baju itu diambil kembali.kemudian beliau mendapat julukan
"pencuri pemandian air hangat" setelah kejadian itu,ibrahim pun berucap,sekarang baru dikatakan baik berdiam dikampung ini,
فإن قلتما تأويله في لبس ثياب الغير قلت يحتمل أنه علم عتبه ورضاه بل
أرضاه وإن لم يعلم قلبه نظرا إلى الغالب لأن من اطلععلى باطن عبد أنه في
غاية الصلاح وأن لبسه هذا الزمن اليسير ليطهر نفسه من النظر إلى الخلق رضى
له بذلكقطعا
jika kamu bertanya,apa sebaiknya alasan yang tepat untuk diperbolehkan
memakai pakaian orang lain (dalam peristiwa ini)saya katakan bahwa
kemungkinan ibrahim bin khowaas telah mengetahui kadar kemarahan dan
kerelaan pemiliknya,bahkan kejadian itu bisa menyebabkan
kerelaannya,meskipun hatinya tidk mengethui secara pasti,namun hal itu
bisa berdasar pada kebiasaan,karena jika si pangeran tadi mengetahui
kebaikan seorang hamba (ibrohim) yang memakai pakaiannya dalam waktu
sebentar dengan tujuan membersihkan hati supaya tidak dipandang simpati
oleh para mahluk niscaya ia akan merelakannya
وقد صرح الشافعي رضي الله عنه بأنه يجوز أخذ خلال وخلالين من مال الغير
نظرا إلى أن ذلك مما يتسامحبه عادة ومسئلتنا أولى من ذلك لأن أكثر الناس
مجبولون على محبة هذه الطائفة بل كلهم منقادون إلىالصادقين من أهلها ثم
رأيت بعضهم أجاب بجواب آخر حين سأله فقيه عنها لا أقنع إلا بكلام الفقهاء
فقالأليس يجوز في ظاهر الفقه استعمال بعض المحرمات للضرورة كالتداوي
بالنجاسة فقال الفقيه بلى
sungguh as syafii telah menerangkan bahwa diperbolehkan mengambil 1
atau 2 cukil gigi dari harta orang lain,karena pada umumnya kejadian
seperti ini bisa dimaafkan,sementara itu masalah yang sedang kita
bicarakan ini lebih penting dari pada hanya sekedar mengambil cukil
gigi,lagi pula kebanyakan manusia sangat menyukai kaum shufi atau
bahkan menjadi pengikut setia dari kelompok mereka.kemudian aku
mengamati sebagian fuqoha' memberikan jawaban lain ketika ditanya oleh
seorang faqieh tentang peristiwa diatas,sebelumnya ia mengatakan,,aku
tidak akan menerima kecuali dengan jawaban yang sesuai dengan pendapat
fuqoha'maka mereka pun memberikan jawabanbukankah menurut dzohirnya
fiqih diperbolehkan berobat dengan sebagian dari barang-barang yang
diharamkan karena dlorurot seperti halnya memakai obat yg najis?maka
faqih tersebut pun menjawab ya memang benar demikian
الفتاوى الحديثية لابن حجر الهيتمي - (ج 1 / ص 226)
Wallaahu A"laamu Bis Showaab
Tidak ada komentar:
Posting Komentar