Oca Deni Anjer
ASSALAMU'ALAIKUM WAROHMATULLOHI WABAROKATUH
PAK USTADZ MAU TANYA APA HUKUM NYA MENYUKUR ALIS MATA SAMPAI BERSIH BAGI LELAKU DAN PEREMPUAN HUKUMNYA HARAM APA SUNAH APA MAKRUH
SUKRON JAZALALLOH KHOIIR SAL ISLAMIYYAH SEMANGAT KRNA ALLOH
SUGENG NDALU
JAWABAN
Brojol Gemblung
Wa'alaikumussalam
ﺻﺤﻴﺢ ﻣﺴﻠﻢ « ﻛﺘﺎﺏ ﺍﻟﻠﺒﺎﺱ ﻭﺍﻟﺰﻳﻨﺔ :
ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﺇِﺳْﺤَﻖُ ﺑْﻦُ ﺇِﺑْﺮَﺍﻫِﻴﻢَ ﻭَﻋُﺜْﻤَﺎﻥُ ﺑْﻦُ ﺃَﺑِﻲ ﺷَﻴْﺒَﺔَ ﻭَﺍﻟﻠَّﻔْﻆُ ﻟِﺈِﺳْﺤَﻖَ ﺃَﺧْﺒَﺮَﻧَﺎ ﺟَﺮِﻳﺮٌ ﻋَﻦْ ﻣَﻨْﺼُﻮﺭٍ ﻋَﻦْ ﺇِﺑْﺮَﺍﻫِﻴﻢَ ﻋَﻦْ ﻋَﻠْﻘَﻤَﺔَ ﻋَﻦْ ﻋَﺒْﺪِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻗَﺎﻝَ ﻟَﻌَﻦَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﺍﻟْﻮَﺍﺷِﻤَﺎﺕِ ﻭَﺍﻟْﻤُﺴْﺘَﻮْﺷِﻤَﺎﺕِ ﻭَﺍﻟﻨَّﺎﻣِﺼَﺎﺕِ ﻭَﺍﻟْﻤُﺘَﻨَﻤِّﺼَﺎﺕِ ﻭَﺍﻟْﻤُﺘَﻔَﻠِّﺠَﺎﺕِ ﻟِﻠْﺤُﺴْﻦِ ﺍﻟْﻤُﻐَﻴِّﺮَﺍﺕِ ﺧَﻠْﻖَ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻗَﺎﻝَ ﻓَﺒَﻠَﻎَ ﺫَﻟِﻚَ ﺍﻣْﺮَﺃَﺓً ﻣِﻦْ ﺑَﻨِﻲ ﺃَﺳَﺪٍ ﻳُﻘَﺎﻝُ ﻟَﻬَﺎ ﺃُﻡُّ ﻳَﻌْﻘُﻮﺏَ ﻭَﻛَﺎﻧَﺖْ ﺗَﻘْﺮَﺃُ ﺍﻟْﻘُﺮْﺁﻥَ ﻓَﺄَﺗَﺘْﻪُ ﻓَﻘَﺎﻟَﺖْ ﻣَﺎ ﺣَﺪِﻳﺚٌ ﺑَﻠَﻐَﻨِﻲ ﻋَﻨْﻚَ ﺃَﻧَّﻚَ ﻟَﻌَﻨْﺖَ ﺍﻟْﻮَﺍﺷِﻤَﺎﺕِ ﻭَﺍﻟْﻤُﺴْﺘَﻮْﺷِﻤَﺎﺕِ ﻭَﺍﻟْﻤُﺘَﻨَﻤِّﺼَﺎﺕِ ﻭَﺍﻟْﻤُﺘَﻔَﻠِّﺠَﺎﺕِ ﻟِﻠْﺤُﺴْﻦِ ﺍﻟْﻤُﻐَﻴِّﺮَﺍﺕِ ﺧَﻠْﻖَ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻓَﻘَﺎﻝَ ﻋَﺒْﺪُ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻭَﻣَﺎ ﻟِﻲ ﻟَﺎ ﺃَﻟْﻌَﻦُ ﻣَﻦْ ﻟَﻌَﻦَ ﺭَﺳُﻮﻝُ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻭَﻫُﻮَ ﻓِﻲ ﻛِﺘَﺎﺏِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻓَﻘَﺎﻟَﺖْ ﺍﻟْﻤَﺮْﺃَﺓُ ﻟَﻘَﺪْ ﻗَﺮَﺃْﺕُ ﻣَﺎ ﺑَﻴْﻦَ ﻟَﻮْﺣَﻲْ ﺍﻟْﻤُﺼْﺤَﻒِ ﻓَﻤَﺎ ﻭَﺟَﺪْﺗُﻪُ ﻓَﻘَﺎﻝَ ﻟَﺌِﻦْ ﻛُﻨْﺖِ ﻗَﺮَﺃْﺗِﻴﻪِ ﻟَﻘَﺪْ ﻭَﺟَﺪْﺗِﻴﻪِ ﻗَﺎﻝَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﺰَّ ﻭَﺟَﻞَّ } ﻭَﻣَﺎ ﺁﺗَﺎﻛُﻢْ ﺍﻟﺮَّﺳُﻮﻝُ ﻓَﺨُﺬُﻭﻩُ ﻭَﻣَﺎ ﻧَﻬَﺎﻛُﻢْ ﻋَﻨْﻪُ ﻓَﺎﻧْﺘَﻬُﻮﺍ { ﻓَﻘَﺎﻟَﺖْ ﺍﻟْﻤَﺮْﺃَﺓُ ﻓَﺈِﻧِّﻲ ﺃَﺭَﻯ ﺷَﻴْﺌًﺎ ﻣِﻦْ ﻫَﺬَﺍ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻣْﺮَﺃَﺗِﻚَ ﺍﻟْﺂﻥَ ﻗَﺎﻝَ ﺍﺫْﻫَﺒِﻲ ﻓَﺎﻧْﻈُﺮِﻱ ﻗَﺎﻝَ ﻓَﺪَﺧَﻠَﺖْ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻣْﺮَﺃَﺓِ ﻋَﺒْﺪِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻓَﻠَﻢْ ﺗَﺮَ ﺷَﻴْﺌًﺎ ﻓَﺠَﺎﺀَﺕْ ﺇِﻟَﻴْﻪِ ﻓَﻘَﺎﻟَﺖْ ﻣَﺎ ﺭَﺃَﻳْﺖُ ﺷَﻴْﺌًﺎ ﻓَﻘَﺎﻝَ ﺃَﻣَﺎ ﻟَﻮْ ﻛَﺎﻥَ ﺫَﻟِﻚَ ﻟَﻢْ ﻧُﺠَﺎﻣِﻌْﻬَﺎ ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪُ ﺑْﻦُ ﺍﻟْﻤُﺜَﻨَّﻰ ﻭَﺍﺑْﻦُ ﺑَﺸَّﺎﺭٍ ﻗَﺎﻟَﺎ ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﻋَﺒْﺪُ ﺍﻟﺮَّﺣْﻤَﻦِ ﻭَﻫُﻮَ ﺍﺑْﻦُ ﻣَﻬْﺪِﻱٍّ ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﺳُﻔْﻴَﺎﻥُ ﺡ ﻭ ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪُ ﺑْﻦُ ﺭَﺍﻓِﻊٍ ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﻳَﺤْﻴَﻰ ﺑْﻦُ ﺁﺩَﻡَ ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﻣُﻔَﻀَّﻞٌ ﻭَﻫُﻮَ ﺍﺑْﻦُ ﻣُﻬَﻠْﻬِﻞٍ ﻛِﻠَﺎﻫُﻤَﺎ ﻋَﻦْ ﻣَﻨْﺼُﻮﺭٍ ﻓِﻲ ﻫَﺬَﺍ ﺍﻟْﺈِﺳْﻨَﺎﺩِ ﺑِﻤَﻌْﻨَﻰ ﺣَﺪِﻳﺚِ ﺟَﺮِﻳﺮٍ ﻏَﻴْﺮَ ﺃَﻥَّ ﻓِﻲ ﺣَﺪِﻳﺚِ ﺳُﻔْﻴَﺎﻥَ ﺍﻟْﻮَﺍﺷِﻤَﺎﺕِ ﻭَﺍﻟْﻤُﺴْﺘَﻮْﺷِﻤَﺎﺕِ ﻭَﻓِﻲ ﺣَﺪِﻳﺚِ ﻣُﻔَﻀَّﻞٍ ﺍﻟْﻮَﺍﺷِﻤَﺎﺕِ ﻭَﺍﻟْﻤَﻮْﺷُﻮﻣَﺎﺕِ ﻭ ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎﻩ ﺃَﺑُﻮ ﺑَﻜْﺮِ ﺑْﻦُ ﺃَﺑِﻲ ﺷَﻴْﺒَﺔَ ﻭَﻣُﺤَﻤَّﺪُ ﺑْﻦُ ﺍﻟْﻤُﺜَﻨَّﻰ ﻭَﺍﺑْﻦُ ﺑَﺸَّﺎﺭٍ ﻗَﺎﻟُﻮﺍ ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪُ ﺑْﻦُ ﺟَﻌْﻔَﺮٍ ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﺷُﻌْﺒَﺔُ ﻋَﻦْ ﻣَﻨْﺼُﻮﺭٍ ﺑِﻬَﺬَﺍ ﺍﻟْﺈِﺳْﻨَﺎﺩِ ﺍﻟْﺤَﺪِﻳﺚَ ﻋَﻦْ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲِّ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻣُﺠَﺮَّﺩًﺍ ﻋَﻦْ ﺳَﺎﺋِﺮِ ﺍﻟْﻘِﺼَّﺔِ ﻣِﻦْ ﺫِﻛْﺮِ ﺃُﻡِّ ﻳَﻌْﻘُﻮﺏَ ﻭ ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﺷَﻴْﺒَﺎﻥُ ﺑْﻦُ ﻓَﺮُّﻭﺥَ ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﺟَﺮِﻳﺮٌ ﻳَﻌْﻨِﻲ ﺍﺑْﻦَ ﺣَﺎﺯِﻡٍ ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﺍﻟْﺄَﻋْﻤَﺶُ ﻋَﻦْ ﺇِﺑْﺮَﺍﻫِﻴﻢَ ﻋَﻦْ ﻋَﻠْﻘَﻤَﺔَ ﻋَﻦْ ﻋَﺒْﺪِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻋَﻦْ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲِّ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﺑِﻨَﺤْﻮِ ﺣَﺪِﻳﺜِﻬِﻢ
Translate Hadits :
Telah menceritakan kepada kami Ishaq bin Ibrahim dan 'Utsman bin Abu Syaibah; Dan lafazh ini miliknya Ishaq; Telah mengabarkan kepada kami Jarir dari Manshur dari Ibrahim dari 'Alqamah dari 'Abdullah ia berkata; "Allah telah mengutuk orang-orang yang membuat tato dan orang yang minta dibuatkan tato, orang-orang yang mencabut bulu mata, orang-orang yang minta dicabut bulu matanya, dan orang-orang yang merenggangkan gigi demi kecantikan yang merubah ciptaan Allah." Ternyata ucapan 'Abdullah bin Mas'ud itu sampai kepada seorang wanita dari Bani Asad yang biasa dipanggil Ummu Ya'qub yang pada saat itu sedang membaca Al Qur'an. Kemudian wanita itu datang kepada Ibnu Mas'ud sambil berkata; 'Hai 'Abdullah, apakah benar berita yang sampai kepadaku bahwasanya kamu mengutuk orang-orang yang minta dicabut bulu mata wajahnya dan orang yang merenggangkan giginya demi kecantikan dan merubah ciptaan Allah? ' Abdullah bin Mas'ud menjawab; 'Bagaimana aku tidak akan mengutuk orang-orang yang dikutuk oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, sedangkan hal itu ada dalam Al Qur'an? ' Wanita itu membantah; 'Aku sudah membaca semua ayat yang ada di antara sampul mushaf, tetapi aku tidak menemukannya.' Ibnu Mas'ud; 'Apabila kamu benar-benar membacanya, niscaya kamu pasti akan menemukannya. Allah subhanahu wata'ala telah berfirman dalam Al Qur'an: 'Apa yang disampaikan Rasul kepadamu terimalah dan apa yang dilarang untukmu tinggalkanlah.' (Qs. Al Hasyr (59): 7). Wanita itu berkata; 'Aku melihat apa yang kamu bicarakan ada pada istrimu sekarang.' Ibnu Mas'ud menjawab; 'Pergi dan lihatlah ia sekarang! ' Lalu wanita itu pergi ke rumah 'Abdullah bin Mas'ud untuk menemui istrinya. Namun, ia tidak melihat sesuatu pun pada dirinya. Akhirnya ia pergi menemui Ibnu Mas'ud dan berkata; 'Benar, aku memang tidak melihat sesuatu pun pada diri istrimu.' Ibnu Mas'ud pun berkata; 'Ketahuilah, jika ia melakukan hal apa yang aku katakan itu, tentunya aku tidak akan menggaulinya lagi.' Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al Mutsanna dan Ibnu Basysyar keduanya; Telah menceritakan kepada kami 'Abdur Rahman yaitu Ibnu Mahdi; Telah menceritakan kepada kami Sufyan; Demikian juga telah diriwayatkan dari jalur yang lain; Dan telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Rafi'; Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Adam; Telah menceritakan kepada kami Mufadhdhal yaitu Ibnu Muhalhil keduanya dari Manshur melalui jalur ini yang semakna dengan Hadits Jarir namun di dalam Hadits Sufyan menggunakan lafazh 'Al Waasyimat wal Mustausyimat. Sedangkan di dalam Hadits Mufadhdhal dengan lafazh; 'Al Wasyimaat wal Mausyumaat. Dan telah menceritakannya kepada kami Abu Bakr bin Abu Syaibah, Muhammad bin Al Mutsanna dan Ibnu Basyar mereka berkata; Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ja'far Telah menceritakan kepada kami Syu'bah dari Manshur melalui jalur Hadits ini (kisah yang menyebutkan Ummu Ya'qub semuanya) dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam semata. Dan telah menceritakan kepada kami Syaiban bin Farukh Telah menceritakan kepada kami Jarir yaitu Ibnu Hazm Telah menceritakan kepada kami Al A'masy dari Ibrahim dari Al Qamah dari Abdullah dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dengan Hadits yang serupa.
Link support : http://www.islamweb.net/newlibrary/display_book.php?flag=1&bk_no=53&ID=6447
Makna asli dari kata "Namsh" ialah mencukur jenis bulu pada wajah, tidak terkhusus pada bulu mata, alis, kumis, dsb. Jadi saya fikir dari pandangan ini bisa dikondisikan.
Cikong Mesigit
و يحرم بغير إذن زوج و سيد وصل شعر بغيرهما و كالشعر الخرق و الصوف كما قال في المجموع و تجعيد الشعر و وشر الأسنان-إلى أن قال- و التنميص وهو الأخد من شعر الوجه و الحاجب للحسن لما في ذلك من التغرير أما إذا أذن لها الزوج أو السيد في ذلك فإنه يجوز لأن له غرضا في تزيينها له و قد أذن لها فيه ~مغني المحتاج ١/١٩١
haram tanpa izin suami(bagi istri) dan tanpa izin sayyid(bagi budak)hal hal berikut ini :
1.menyambung rambut
2.mengkeritingkan rambut
3.meruncingkan gigi
4.memakai semir hitam
5.mencabut alis dan rambut di wajah
jika si wanita sudah mendapat izin dari sang suami maka hal hal diatas hukumnya boleh krn ia mempunyai tujuan yg jelas(berhias untuk suami)
~mughnil muhtaj 1/191
Tidak ada komentar:
Posting Komentar