Kamis, 09 Agustus 2012

288 : APAKAH DI PERBOLEHKAN SHOLAT TAHIYATUL MASJID DI HALAMAN MASJID?

PERTANYAAN


MzU' Alwaysinmyheart



Assalamu'alaikum Warohmah Wabarokah

tanya nggeh
1. Ktk sy ke msjid mau jama'ah tarawih, sy kebagian sholat di halaman msjid,samping sy ad yg sholat 2 rakaat,sy tanya td sholat apa??ternyata sholat tahiyatul Masjid??apakah bisa sholat Tahiyatul Masjid di halaman Masjid???kan baru di halaman bukan di masjidnya???
2. Jika jeda waktu antara adzan n iqomah sangt singkat,mana yg di dahulukan sholat Qobliyah Isya' atokah Tahiyatul Masjid????
3. Klu mau sholat tahiyatul msjid kita kn dilarang duduk dulu, nah duduk disini posisinya yg bagaimana??jika baru jongkok ato pantat (maaf) nya g menyentuh tanah itu bs tahiyatul msjd kan???

nuwun sange


JAWABAN


Osy Osyanto



1.halaman masjid masuk wilayah masjid,kecuali halaman rumah 2.silahkan di pilih mana yg paling memungkinkan (sama2 muakkad) 3.kayaknya (maaf) gk ada nash yg melarang duduk dulu,tp krn sholat tahiyatul masjid ini sgt d sunnahkn (muakkad) maka di tekankan utk berusaha di lakukan meski tdk di lakukan jg gpp.mohon di koreksi yg lain...


Aryo Mangku Langit


Wa'alaikumsalam
warohmatullohi
wabarokaatuh,

1-jikalau memang masjid penuh ,gak apa-apa sholat di halaman,
karena halaman itu kan masih bersambung dengan masjid,
jika masjid masih ada celah atau ruang kosong alangkah baiknya mengambil tempat di dalam.

2-dua-duanya sama sunnah mu'akadahnya.

Lakukan mana yg terbaik.

3-yg saya fahami dalam melakukan sholat tahiyatul masjid itu ketika kita masuk dalam masjid dan langsung mengerjakanya sebagai penghormatan.
Dan kita lakukan sebelum kita melakukan aktivitas apapun dalam masjid.

La jongkok disi karena apa ning,
karena capek berjalan dan mau merehatkan sebentar karena udzur,

MzU' Alwaysinmyheart

hehehe kang Osy Osyanto tuk yg no.3 ada hadist nya og kang, nant nunggu yg lain...nuwun sanget kang ^_^


Osy Osyanto


yups..btul.."Jika salah seorang di antara kalian masuk ke dalam masjid, maka janganlah
duduk sampai melaksanakan shalat dua rakaat.”(hr. bukhori-muslim)

kcuali duduk tidak ada kesengajaan/lupa & tdk dalam waktu yg cukup lama


berdasarkn rujukan yg ada: menurut pendapat yang paling kuat di kalangan ulama,termasuk di dalamnya waktu-waktu yang terlarang untuk shalat.Ini adalah pendapat Imam Asy-Syafi’i dan selainnya, dan yang dikuatkan oleh Ibnu Taimiah, Asy-Syaikh Ibnu Baz, dan Ibnu Al-Utsaimin (rahimahumullah)


Aryo Mangku Langit


Ada mbak Fatma.
Salah satunya,
Saat adzan berkumandang,
maka nggak boleh melakukan sholat baik itu tahiyyatul masjid atau sholat-sholat lain.

Jadi tetap aja berdiri sampai adzan selesai.
2-sa'at dalam keadaan hadats tentunya...hehe


Lee Lampahan ‎


sek tak takon disek...

seng penak ki sholat tahiyatal opo tahiyatul masjid pak Aryo?


Aryo Mangku Langit


Dua-duaya Sama benarnya Pak Lee Lampahan>
Tinggal lihat siyakhul kalamnya
Kalau di letakkan pada Niyat maka TAKHIYYATIL MASJIDI
kalau posisinya sebagai maf'ul maka harus mansub dan di baca Takhiyyatal masjidi
Jikalau menjadi mubtada'/khobar maka harus dibaca rofa' maka Takhiyyatuk masjidi.


Nuril Fir Daus


ikutan dong..!pak aryo n semuanya !bnerkah qobliyah isya' itu sunat? atau bahkan muakad? q cek di fathul qorib dan baijuri kok g ada ya?


Aryo Mangku Langit


kang Nuril Fir Daus>
Yups
Betul sekali kang
memang tiada Hadits yg Spesific yg menjelaskan adanya Sholat qobliyah isya'
namun kita tetap disunnahkan dengan dalil umum:
Dari Abdullah bin Mughaffal Al Muzani dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
بَيْنَ كُلِّ أَذَانَيْنِ صَلَاةٌ قَالَهَا ثَلَاثًا قَالَ فِي الثَّالِثَةِ لِمَنْ شَاءَ
“Di antara setiap dua adzan (azan dan iqamah) itu ada shalat (sunnah).” Beliau mengulanginya hingga tiga kali. Dan pada kali yang ketiga beliau bersabda, “Bagi siapa saja yang mau mengerjakannya.” (HR. Al-Bukhari no. 588 dan Muslim no. 1384)

Nuril Fir Daus


kl di di tab yg sy sebut td itu memang ada solat sunat tp solat sunat krn lisyukril wuduk tp ghoiro muakkad kok mm...apa hadits itu bkn dalil umum utk solat sunat ba'dal adzan?


Aryo Mangku Langit

iya kang betul
ba'dal adzan namun juga Tergolong Rawatib artinya mengiringi sholat Fardhu
Bukankah Adzan disini adalah adzan yg menandakan Sholat???
Bukan Adzan mayat ataupun adzan untuk telinga Bayi>???

Seperti Halnya Setelah subuh dan ashar, maka tidak ada shalat sunnah rawatib saat itu. Bahkan terlarang untuk shalat sunnah mutlak pada waktu itu, karena kedua waktu itu termasuk dari lima waktu terlarang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar