PERTANYAAN
Abu Qomar Salahuddin
assalamualaikum
Sahabat huda ada yang tahu gak
ISIM YaNG PALING MA'RiFAt.
Syukron
JAWABAN
Ubaid Bin Aziz Hasanan
wa'alaikum salam
>>>>
والضرب الثاني: المعرفة وهي ستة أنواع: المضمر وهو اعرفها، ثم العلم،
ثم اسم الإشارة، ثم الموصول، ثم المعرف بالأداة، والسادس ما أضيف إلى واحد
منها،الي ان قال ويستثنى من مما ذكر: اسم الله تعالى وهو أعرف المعارف
بالإجماع.
pembagian yang ke dua yaitu isim makrifat
adapun isim makrifat itu ada enam
satu isim dhomir , adapun isim dhomir ialah lebih makrifatnya isim makrifat
yang kedua isim alam
yang ke tiga isim isyarah
yang ke empat isim maushul
yang kelima isim yang di makrifatkan dengan perabot (aalif lam/al
yang ke enam isim yang di mudhofkan pada salah satu isim makrifat yang telah disebutkan
sampai pada perkataan mushonnif
dikecualikan dari isim-isim makrifat yang telah disebutkan bahwa asma
allah (lafad allah) ialah lebih makrifatnya isim makrifat dengan
kesepakatan ulama
referensi mutammimah al jurumiyah juz 1 hal 46
Sunde Pati
tak tambahi keterangan nduk,,ben rodok lengkap
dalam kitab asrorul arabiyyah hal 301 ada yg mngatakan lebih
ma'rifatnya isim ma'rifat adalah isim dlomir,ada yg berpendapat isim
mubham ada juga yg berpendapat isim alam
أسرار العربية (ص: 301)
فذهب بعض النحويين إلى أن الاسم المضمر اعرف المعارف ثم الاسم العلم ثم
الاسم المبهم ثم ما فيه الألف واللام وأعرف الضمائر ضمير المتكلم لأنه لا
يشاركه فيه غيره ولا يقع فيه التباس بخلاف غيره من سائر المعارف والذي
يدل على أن الضمائر أعرف المعارف أنها لا تفتقر إلى أن توصف كغيرها من
المعارف وهو قول سيبويه وذهب بعضهم إلى أن الاسم المبهم اعرف المعارف لأنك
تعرفه بعينك ثم المضمر ثم العلم ثم ما فيه الألف واللام وهو قول أبي بكر
بن السراج وذهب آخرون إلى أن أعرف المعارف الاسم العلم لأنه في أول وضعه
لا يكون له مشارك ثم المضمر ثم المبهم ثم ما عرف بالألف والأم وهو قول أبي
سعيد السيرافي
========
أصول النحو (1/ 494)
dalam kitab ushulun nahwi juz 1 hal 494 ada keterangan
مسألة
أعرف المعارف المضمر عند سيبويه ومن تابعه
وقال ابن السراج أسماء الإشارة أعرف منه ومن العلم
وقال الكوفيون العلم أعرف منهما
mas'alah
lebih ma'rifatnya isim ma'rifat adalah isim dlomir menurut imam sibawaih dan pengikutnya
dan berpendapatlah ibnu siroj bahwa isim2 isyaroh adalah lebih ma'rifat dari pada isim dlomir dan isim alam
dan ulama' kufah berpendapat isim alam adalah lebih ma'rifat dari pada keduanya (isim dlomir dan isim isyaroh)
=======
dalam kitab ta'jilun nada syarah qotrun nada hal 74 dan kitab
hasyiyah al-ajrumiyyah hal 7 menjelasan bahwa lebih ma'rifatnya isim
ma'rifat adalah lafdzul jalalah
تعجيل الندى بشرح قطر الندى (ص: 74)
إنما كان لفظ الجلالة أعرف المعارف لأنه لا يحتمل إلا المولى جل وعلا بخلاف بقية المعارف
====
حاشية الأجرومية (ص: 7)
و(الله) علم على ربنا تبارك وتعالى، وهو أعرف المعارف
=======
dalam kitab hasyiyah alkhudlori ala ibni aqil juz 1 hal 128 menjelaskan
حاشية الخضري على ابن عقيل (1/ 128)
واعلم، أن الجلالة أعرف المعارف إجماعاً، ثم الضمير على الأصح لا العلم، ولا الإشارة
ketahuilah bahwa lafadz jalalah adalah lebih ma'rifatnya isim
ma'rifat menurut kesepakatan ulama' ahli nahwu,kemudian isim dlomir
menurut pendapat yg ashoh,bukannya isim alam dan bukan juga isim
isyaroh
Tidak ada komentar:
Posting Komentar