PERTANYAAN
Ghoelam Shofi
Assalamualaikum wr wb
Sugeng siang dulur-dulur Huda .
1.Bagaimana Hukum Memelihara Burung dalam sangkar ?, (tak bisa di
pungkiri semua lapisan masyarakat pada seneng dengan burung,padahal
binatang juga membutuhkan nafsu hasrat untuk berkembang biak ).
2.Hukum Burung Aduan ,seperti Burung merpati (dara ).<jawa.red>
JAWABAN
Siroj Munir
wa'alaikum salam
Imam Al-Quffal pernah ditanya ditanya tentang hukum mengurung burung
dalam sangkar untuk didengar suaranya. Maka beliau menjawab :
Diperbolehkan apabila pemilik burung tersebut merawatnya, dengan
memberikan apa yang dibutuhkan burung tersebut (makan dan minum), sebab
burung yang dikurung tersebut sama seperti binatang yang di ikat.
Syekh Al-Qulyubi juga menjelaskan bahwa diperbolehkan mengurung
binatang, meskipun hanya sekedar untuk mendengarkan suaranya atau untuk
bersesenang-senang saja.
Dalam satu riwayat hadits diceritakan ;
عَنْ أَنَسٍ، قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
أَحْسَنَ النَّاسِ خُلُقًا، وَكَانَ لِي أَخٌ يُقَالُ لَهُ أَبُو
عُمَيْرٍ - قَالَ: أَحْسِبُهُ - فَطِيمًا، وَكَانَ إِذَا جَاءَ قَالَ:
«يَا أَبَا عُمَيْرٍ، مَا فَعَلَ النُّغَيْرُ» نُغَرٌ كَانَ يَلْعَبُ بِهِ
“Dari Anas, dia berkata ; Nabi Sholallahu ‘alaihi wassallam adalah
orang yang paling baik akhlaknya. Dan aku memiliki seorang saudara yang
biasa dipanggil dengan sebutan Abu Umair . [dia [perawi] berkata :
perkiraanku , dia anak yang baru disapih. Beliau Shalallahu ‘alaihi
wassallam datang, lalu memanggil : “Wahai Abu Umair, apa yang sedang
dilakukan oleh si Nughair. Sementara anak itu sedang bermain dengannya
". (Shohih Bukhori, no.6203).
Imam Ibnu Hajar Al-Asqolani dalam kitab Fathul Bari menerangkan
bahwa hadits ini menunjukkan kebolehannya memelihara burung didalam
sangkar.
عَنْ عَبْدِ اللَّهِ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ قَالَ عُذِّبَتْ امْرَأَةٌ فِي هِرَّةٍ سَجَنَتْهَا حَتَّى
مَاتَتْ فَدَخَلَتْ فِيهَا النَّارَ لَا هِيَ أَطْعَمَتْهَا وَسَقَتْهَا
إِذْ حَبَسَتْهَا وَلَا هِيَ تَرَكَتْهَا تَأْكُلُ مِنْ خَشَاشِ الْأَرْضِ
"Dari 'Abdulloh bahwa Rosulullah shollallohu 'alaihi wasallam
bersabda: "Seorang wanita disiksa Allah pada hari kiamat lantaran dia
mengurung seekor kucing sehingga kucing itu mati. Karena itu Allah
Subhanahu Wa Ta'ala memasukkannya ke neraka. Kucing itu dikurungnya
tanpa diberi makan dan minum dan tidak pula dilepaskannya supaya ia
dapat menangkap serangga-serangga bumi." (Shohih Muslim, no.4160)
Imam Syaukani dalam Nailul Author : "Hadits ini digunakan dalil
tentang keharoman mengurung kucing atau hewan peliharaan lainnya tanpa
memberi makan dan minum, sebab hal tersebut merupakan bentuk penyiksaan
pada makhluk Alloh".
Dari uraian diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa memelihara burung
itu hukumnya diperbolehkan, meskipun hanya sekedar untuk menikmati
keindahan suaranya,bulu-bulunya atau sekedar untuk bersenang-senang
asalkan pemilik burung merawatnya dengan baik, dengan mencukupi
keperluan makanan dan minumannya.Sedangkan menngawinkan hewn tersebut
bukanlah suatu keharusan bagi pemiliknya.
Ibarot :
Mughnil Muhtaj, Juz : 5 Hal : 547
وسئل القفال عن حبس الطيور في أقفاص لسماع أصواتها وغير ذلك، فأجاب بالجواز إذا تعهدها مالكها بما تحتاج إليه، لأنها كالبهيمة تربط
Hasyiyah Qulyubi, Juz : 4 Hal : 95
فرع: له حبس حيوان ولو لسماع صوته، أو التفرج عليه، أو نحو كلب للحاجة إليه مع إطعامه
Fathul Bari, Juz : 10 Hal : 584
وذكر بن القاص في أول كتابه أن بعض الناس عاب على أهل الحديث أنهم
يروون أشياء لا فائدة فيها ومثل ذلك بحديث أبي عمير هذا قال وما درى أن في
هذا الحديث من وجوه الفقه وفنون الأدب والفائدة ستين وجها ثم ساقها
مبسوطة فلخصتها مستوفيا مقاصده ثم أتبعته بما تيسر من الزوائد عليه فقال
فيه استحباب التأني في المشي وزيارة الإخوان –الى أن قال- وجواز إمساك
الطير في القفص
Nailul Author, Juz : 7 Hal : 7
[باب نفقة البهائم]
حديث سراقة أخرجه أيضا ابن ماجه وأبو يعلى والبغوي والطبراني في الكبير
والضياء في المختارة. قوله: (عذبت امرأة) قال الحافظ: لم أقف على اسمها،
ووقع في رواية أنها حميرية، وفي أخرى أنها من بني إسرائيل كما في مسلم،
والجمع ممكن لأن طائفة من حمير دخلوا في اليهودية فيكون نسبتها إلى بني
إسرائيل لأنهم أهل دينها، وإلى حمير لأنهم قبيلتها. قوله: (في هرة) أي
بسبب هرة، والهرة: أنثى السنور، قوله: (خشاش الأرض) بفتح الخاء المعجمة
ويجوز ضمها وكسرها بعدها معجمتان بينهما ألف، والمراد هوام الأرض
وحشراتها. قال النووي: وروي بالحاء المهملة، والمراد نبات الأرض، قال: وهو
ضعيف أو غلط.
وفي رواية " من حشرات الأرض ". وقد استدل بهذا الحديث على تحريم حبس
الهرة وما يشابهها من الدواب بدون طعام ولا شراب، لأن ذلك من تعذيب خلق
الله، وقد نهى عنه الشارع
Hasyiyah Bajuri, Juz : 2 Hal : 187
فيفهم ان الرقيق لا يلزم اعفافه واولى به الحيوان
Tidak ada komentar:
Posting Komentar