Jumat, 27 Juni 2014

1173 : KETIKA IMAM BATAL SHALAT

PERTANYAAN

Fadholi Farkhan

السلام عليكم
Pertanyaan Bab istikhlaf( pergantian Imam)
Ketika imam dalam shalat batal maka imam harus menunjuk seseorang sebagai penggantinya .
Yang ingin saya tanyakan
1 bagai mana mekanisme pergantian tersebut, apakah imam harus menarik orang di belakangnya?
2 kalau batalnya imam waktu berdiri mungkin agak mudah di ketahui mamum lalu bgai mana kalau batalnya pas sujud apakah imam menunggu sampai berdiri dalam kondisi batal
3 apakah mamum pengganti harus berjalan sampai ke tempat imam atau cukup maju sedikit saja posisinya

Mohon pengglontoran ibarotnya pada Mu'alim


JAWABAN



Ibuetz Ibnu Al Mubasyiri

waalaikumussalam
1-kalau imam pas batal dalam keadaan berdiri maka dia harus menarik salah satu yg di belakang maju ke depan dan tdk di syaratkan terlalu kedepan cukup dgn lebih maju sedikit dari makmum yg lain
2- bila batalnya imam tadi pas sujud maka walau batal dia harus takbir agar makmum bangun lalu menarik salah satu dari makmum tadi maju kedepan
( أما أحكام الفصل ) فقال أصحابنا : إذا خرج الإمام عن الصلاة بحدث تعمده أو سبقه أو نسيه أو بسبب آخر ، أو بلا سبب ففي جواز الاستخلاف قولان مشهوران ( الصحيح ) الجديد : جوازه للحديث الصحيح ( والقديم ) والإملاء : منعه ، وقد ثبت في الصحيحين { أن رسول الله صلى الله عليه وسلم استخلف أبا بكر رضي الله عنه مرتين ، مرة في مرضه ، ومرة حين ذهب النبي صلى الله عليه وسلم ليصلح بين بني عمرو بن عوف وصلى أبو بكر بالناس فحضر النبي صلى الله عليه وسلم وهو في أثناء الصلاة فاستأخر أبو بكر واستخلف النبي صلى الله عليه وسلم } ومن أصحابنا من قطع بالجواز ، وقال : إنما القولان في الاستخلاف في الجمعة خاصة ، وهذا أقوى في الدليل ، ولكن المشهور في المذهب طرد القولين في جميع الصلوات فرضها ونفلها .

قال أصحابنا : فإن منعنا الاستخلاف أتم المأمومون صلاتهم فرادى ، وإن جوزناه فيشترط كون الخليفة صالحا لإمامة هؤلاء المصلين ، فلو استخلف لإمامة الرجال امرأة فهو لغو ولا تبطل صلاتهم إلا أن يقتدوا بها ، [ ص: 139 ] وكذا لو استخلف أميا أو أخرس أو أرت ، وقلنا بالصحيح : إنه لا تصح إمامتهم .

قال إمام الحرمين : ويشترط الاستخلاف على قرب ، فلو فعلوا في الانفراد ركنا امتنع الاستخلاف بعده ، وأما صفة الخليفة فإن استخلف مأموما يصلي تلك الصلاة أو مثلها في عدد الركعات صح بالاتفاق .

وسواء كان مسبوقا أم غيره وسواء استخلفه في الركعة الأولى أو غيرها ; لأنه ملتزم لترتيب الإمام باقتدائه فلا يؤدي إلى المخالفة ، فإن استخلف أجنبيا فثلاثة أوجه : ( الصحيح ) الذي قطع به المصنف والجمهور : أنه إن استخلف في الركعة الأولى أو الثالثة من رباعية جاز ; لأنه لا يخالفهم في الترتيب ، وإن استخلفه في الثانية أو الأخيرة لم يجز ; لأنه مأمور بالقيام غير ملتزم لترتيب الإمام ، وهم مأمورون بالقعود على ترتيب الإمام فيقع الاختلاف ( والوجه الثاني ) : وهو قول الشيخ أبي حامد : إن استخلفه في الأولى جاز ، وإن استخلفه في غيرها لم يجز ; لأنه إذا استخلفه في الثالثة خالفه في الهيئات فيجهر ، وكان ترتيبا غير ملتزم لترتيب الإمام ( والوجه الثالث ) : وبه قطع جماعة منهم إمام الحرمين : أنه لا يجوز استخلاف غير مأموم مطلقا ، قال إمام الحرمين : فلو قدم الإمام أجنبيا لم يكن خليفة ، بل هو عاقد لنفسه صلاة ، فإن اقتدى به المأمومون فهو اقتداء منفردين في أثناء الصلاة ، وقد سبق الخلاف فيه في هذا الباب ; لأن قدوتهم انقطعت بخروج الإمام ، والمذهب الأول .
Al majmuk syrah al muhazzdaab juz 4 hal 138-139



Cikong Mesigit

Garis Besarnya.Sebetulnya tentang istikhlaf(pergantian imam dlm sholat)tdk mengharuskan imam utk menunjuk ma,mum sebagai penggantinya.karena hukum istikhlaf itu tdk wajib.spt dikatakan kang tajuddin. jg spt ibaroh yg ditampilkan oleh kang ibuetz dlm qoul jadid. Selanjutnya,istikhlaf boleh dg cara inisiatif imam atupun ma,mum sendiri. namun dlm keadaan sujud mungkin imam sendiri yg lbh tahu dg kebatalannya,berbeda halnya dg saat posisi berdiri. oleh karena itu jk imam menghendaki adanya istikhlaf mk imam hendaknya memberi isyarat seperti memegang bahu ma,mum utk maju kedepan.adapun majunya ma,mum mengganti posisi imam tentu pd posisi yg memungkinkan utk maju spt ketika saat hendak duduk istirohah(bukan maen sruduk dlm keadaan sujud hehe).

seorang imam sholat, niat menjadi imam itu tdk wajib kecuali pd sholat jum'at.karena salah satu syarat sahnya sholat jum'at itu dilakukan secara berjamaah.berbeda halnya dg sholat maktubah lainnya.karena berjamaah dalam sholat maktubah selain jum'at itu hukumnya sunnah. Oleh karena seorang imam sholat berjamaah selain sholat jum'at boleh niat menjadi imam(sehingga mndapat fadlilah jamaah) dan boleh niat sholat sendirian(tdk mendapat fadlilah jamaah). Berbeda dg status niat seorang ma,mum.jika berkehendak berjamaah maka wajib niat menjadi ma,mum.jika tidak niat menjadi ma,mum mk sholatnya bisa batal karena gerakannya yg mengikuti imam dianggap sebagai tulaa'ib/bermain main dlm sholat.pdhl dia bukan ma,mun.
Mohon maaf jd melebar sedikit..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar