Jumat, 27 Juni 2014

1170 : HUKUM ISTRI MENIKAH LAGI SETELAH SUAMI PERGI BERTAHUN -TAHUN TANPA KABAR

PERTANYAAN

Assalamu'akum
karena gak ada kajian,
yuk coba saya ingin tanya :
seorang suami merantau meninggalkan istri bertahun tahun tanpa kabar, karena di anggap sudah meninggal akhirnya sang istri menikah lagi,
setelah sang istri menikah selang beberapa tahun ,
suami yang dulu kembali lagi, kalau permasalahan sudah seperti itu,
siapakah yang berhak apakah suami pertama atau ke 2 ?



JAWABAN

Cikong Mesigit

wa'laikum salam



Penangguhan istri bisa menikah lagi : menunggu keputusan hakim, atau menunggu masa idah wafat, atau ada kepastian tentang kabar suami. Jika telah menikah ada 2 pilihan : - istri tetap menjadi istri suami yg ke 2 nya - suami lama mempunyai 2 pilihan :

1. mengambil kembali istrinya

2. istrinya tetap menjadi istri dari suami yang 2 dengan meminta mahar kepada suami yang ke 2.


Jawabannya ada di link : https://www.piss-ktb.com/.../504-istri-menikah-lagi... Tidak boleh menikah sebelum ada kabar yg dapat dipercaya bahwa suaminya telah meninggal ato telah menjatuh thalaq, namun pendapat Qoul Qodim boleh menikah setelah menunggu 4 tahun dan melakukan iddah wafat (4 tahun 4 bulan sepuluh hari)

ومن غاب بسفر أوغيره وانقطع خبره ليس لزوجته نكاح لغيره حتى يتيقن موته أو طلاقه لأن النكاح معلوم بيقين فلا يزال إلا بيقين وعن القفال لو أخبرها عدل بوفاته حل لها أن تنكح غيره فيما بينها وبين الله تعالى وفي القديم تتربص أربع سنين ثم تعتد لوفاة نكاح غيره. المحل هامش حاشيتان ٤/٥١ .أخبرها و وليها عدل بطلاق زوجها أو موته وصدقاه جاز لها أن تتزوج ولا إثم عليها ولا عقوبة وليس للقاضي أن يعترضها بخلافه هو فلا يجوز له تزويجها إلا بالبينة فلو وصل الزوج وأنكر الطلاق ولم تقم به بينة صدق بيمينه وتبين بطلان النكاح الثاني لكن وطئه شبهة لا حد فيه والأولاد الحاصلون منه منسوبون إلى الواطئ ونكاح الأول باق وعليها عدة الشبهة. غاية تلخيص المراد ص : ٢١٣



Bila menikahnya tidak memenuhi ketentuan di atas maka nikahnya tidak sah dan wanita tsb tetap menjadi istri sahnya suami pertamanya: .

ومن ذلك قول أبي حنيفة أن المقود إذا قدم بعد أن تزوجت زوجته بعد التربص يبطل العقد وهي للأول وإن كان الثاني وطئها فعليه مهر المثل وتعتد من الثاني ثم ترد إلى الأول___ومع قول الشافعي في أرجح القولين إن النكاح الثاني باطل وفي قول الأخر بطلان نكاح الأول بكل حال. الميزان الكبرى ٢/١٣٦ .لوتزوجت زوجة المفقود غيره قبل الحكم بموته سقطت نفقتها ولا تعود إلا بعلمه عودها إلى طاعته بعد التفريق بينهما، يعنى لو تبين عدم موته فلا تعود نفقتها عليه إلا بعد علمه بعودها إلى طاعته والتفريق بينهما وبين زوجها الثاني لأن نكاحها عليه فاسد. إعانة الطالبين ٤/٨٣

Mengenai anaknya kalo nikahnya sesuai ketentuan tetap ada hubungan nasab pda suami ke2 : .

أخبرها و وليها عدل بطلاق زوجها أو موته وصدقاه جاز لها أن تتزوج ولا إثم عليها ولا عقوبة وليس للقاضي أن يعترضها بخلافه هو فلا يجوز له تزويجها إلا بالبينة فلو وصل الزوج وأنكر الطلاق ولم تقم به بينة صدق بيمينه وتبين بطلان النكاح الثاني لكن وطئه شبهة لا حد فيه والأولاد الحاصلون منه منسوبون إلى الواطئ ونكاح الأول باق وعليها عدة الشبهة. غاية تلخيص المراد ص : ٢١٣

Bila nikahnya tidak sesuai ketentuan diatas(nikahnya tidak sah) maka bila suami kedua mengetahui bahwa nikahnya tdk sah maka anaknya tdk ada hubungan nasab pda suami kedua, bila suami kedua tdk mengetahui bahwa nikah sah maka anaknya ada hubungan nasab pda suami kedua tsb : ,

وإذا لم يصح نكاح الثاني او الثالث ترتبت على بطلانه أشياء منها عدم التوارث بينها وبينه وسقوط مهرها ونفقتها و وجوب الحد عليها وهذه الثلاثة لا تختلف بين علم الواطئ حال الوطئ بالفساد وجهله وكذا يثبت نسب الأولاد ومحرمية المصاهرة والعدة عليها إن جهل الواطئ الفساد و وجوب الحد على العالم به منهما. بغية المسترشدين ص : ٢٠٢ . تزوج مطلقة غيره في العدة لم يصح ثم إن وطئ عالما بالفساد فزان أوجاهلا فشبهة.بغية المسترشدين ص : ٢٣٨بشبهة يثبت النسب والعدة.إعانة الطالبين ٣/٣٣٧

Mohon di koreksi Seperti kasus di atas nikahnya dgn suamikedua baik sesuai ketentuan ato tidak sesuai ketentuan / tidak sah, wanita tsbmenjadi haqnya suami pertama / dikembalikanpada suami pertama : .

ومن ذلك قول أبي حنيفة أن المقود إذا قدم بعد أن تزوجت زوجته بعد التربص يبطل العقد وهي للأول وإن كان الثاني وطئها فعليه مهر المثل وتعتد من الثاني ثم ترد إلى الأول___ومع قول الشافعي في أرجح القولين إن النكاح الثاني باطل وفي قول الأخر بطلان نكاح الأول بكل حال. الميزان الكبرى ٢/١٣٦ .لوتزوجت زوجة المفقود غيره قبل الحكم بموته سقطت نفقتها ولا تعود إلا بعلمه عودها إلى طاعته بعد التفريق بينهما، يعنى لو تبين عدم موته فلا تعود نفقتها عليه إلا بعد علمه بعودها إلى طاعته والتفريق بينهما وبين زوجها الثاني لأن نكاحها عليه فاسد. إعانة الطالبين ٤/٨٣

LINK ASAL : https://www.facebook.com/groups/196355227053960?view=permalink&id=580962731926539&refid=18 DOKUMEN FB : https://mbasic.facebook.com/groups/196355227053960... LINK TERKAIT : http://www.piss-ktb.com/.../504-istri-menikah-lagi... Piss Ktb di 18.06



Adapun tentang ta'liq dlm buku nikah yg dibacakan setelah selesai aqad. Itu merupakan salah satu cambuk spirit bagi suami agar betul2 melaksanakan tanggung jawabnya secara sungguh2.
Memang Harus diakui juga bahwa jika seorang suami yg tidak dapat membe
rikan nafkahnya selama beberapa bulan(sesuai yg diucapkan dlm sighot ta'liq) kemudian sang istri mengadukan kepada hakim dan memberi uang sebagai iwadl/pengganti talaq suami dan kemudian hakim memberikan keputusan talaq maka jatuhlah talaqnya.
Namun..., apakah hanya sebatas demikian kekuatan pernikahan?
Satu contoh mudah.
Karena faktor ekonominya yg kesulitan Seorang suami tidak dapat memberikan nafaqoh selama beberapa bulan hingga melebihi batas apa yg telah diucapkan dalam buku akad.padahal tiada putus asa suami tersebut untuk terus berusaha.
Pantaskah seorang istri mengadu pada hakim dg membawa uang iwadl?(tidak malukah dg janji sehidup semati dalam susah maupun senang ketika belum menikah,hehehe)
Dan pantaskah seorang hakim memutuskan talaq tanpa pertimbangan?



link dokumen
https://www.facebook.com/notes/huda-sarungan-humor-dan-dawah-sarana-untuk-ngaji/1170-hukum-istri-menikah-lagi-setelah-suami-pergi-bertahun-tahun-tanpa-kabar/793770330647707

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar