PERTANYAAN
Joeni Jowo Wanijoe
Assalamualaikum..
maaf nanya,jka orang tdak bsa baca apa2 dlm solat,dan sdah susah skali bt diajarin,bgaimna bcaan dlm solatnya.??
JAWABAN
Toni Imam Tontowi >>
ﻓﺮﻉ : ﻣﻦ ﻻ ﻳﻘﺪﺭ ﻋﻠﻰ ﻗﺮﺍﺀﺓ ﺍﻟﻔﺎﺗﺤﺔ ، ﻳﻠﺰﻣﻪ ﻛﺴﺐ ﺍﻟﻘﺪﺭﺓ ﺑﺘﻌﻠﻢ ، ﺃﻭ ﺗﻮﺳﻞ ﺇﻟﻰ ﻣﺼﺤﻒ ، ﻳﻘﺮﺅﻫﺎ ﻣﻨﻪ ﺑﺸﺮﺍﺀ ﺃﻭ ﺇﺟﺎﺭﺓ ﺃﻭ ﺍﺳﺘﻌﺎﺭﺓ cabang: barang siapa tidak mampu (hapal) baca fatihah maka wajib baginya berusaha semampunya untuk belajar, atau dengan membaca mush-haf (tawassul:dituntun, dilantari dengan cara menaruh mush-haf di dekat ia sholat untuk baca fatihah) baik itu (mush-haf) diperoleh dari membeli, menyewa ataupun meminjam. ﻓﺈﻥ ﺗﻌﺬﺭﺕ ﺍﻟﻔﺎﺗﺤﺔ ﻟﺘﻌﺬﺭ ﺍﻟﺘﻌﻠﻢ ﻟﻀﻴﻖ ﺍﻟﻮﻗﺖ ﺃﻭ ﺑﻼﺩﺗﻪ ﺃﻭ ﻋﺪﻡ ﺍﻟﻤﻌﻠﻢ ﻭﺍﻟﻤﺼﺤﻒ ، ﺃﻭ ﻏﻴﺮ ﺫﻟﻚ ، ﻟﻢ ﻳﺠﺰ ﺗﺮﺟﻤﺔ ﺍﻟﻔﺎﺗﺤﺔ ، ﺑﻞ ﻳﻨﻈﺮ ؛ ﺇﻥ ﺃﺣﺲﻥ ﻗﺮﺁﻧﺎ ﻏﻴﺮ ﺍﻟﻔﺎﺗﺤﺔ ، ﻟﺰﻣﻪ ﻗﺮﺍﺀﺓ ﺳﺒﻊ ﺁﻳﺎﺕ ، ﻭﻻ ﻳﺠﺰﺋﻪ ﺩﻭﻥ ﺳﺒﻊ ﻭﺇﻥ ﻛﺎﻧﺖ ﺁﻳﺎﺕ ﻃﻮﺍﻻ bila dia tidak bisa baca fatihah karena udzur, misal : karena waktu sudah mepet, atau karena daerahnya yang tidak memungkinkan (misal baladul kufr) atau tidak ada guru ataupun mush-haf dan lain lain maka tidak boleh diganti dengan terjemah fatihah tapi bila ia mampu membaca dengan benar surat lain selain fatihah maka wajib baginya membaca tujuh ayat dari surat lain yang sebanding dengan fatihah . ﺃﻣﺎ ﻟﻮ ﻛﺎﻥ ﺍﻟﺬﻱ ﻳﺤﺴﻨﻪ ﺩﻭﻥ ﺍﻟﺴﺒﻊ ، ﻛﺂﻳﺔ ﺃﻭ ﺁﻳﺘﻴﻦ ، ﻓﻮﺟﻬﺎﻥ : ﺃﺻﺤﻬﻤﺎ ﻳﻘﺮﺃ ﻣﺎ ﻳﺤﺴﻨﻪ ، ﻭﻳﺄﺗﻲ ﺑﺎﻟﺬﻛﺮ ﻋﻦ ﺍﻟﺒﺎﻗﻲ ، ﻭﺍﻟﺜﺎﻧﻲ : ﻳﻜﺮﺭ ﻣﺎ ﻳﺤﻔﻈﻪ ﺣﺘﻰ ﻳﺒﻠﻎ ﻗﺪﺭ ﺍﻟﻔﺎﺗﺤﺔ bila ayat yang bisa dia baca dengan bagus tidak sampai tujuh ayat maka terdapat dua qoul : 1 menurut qoul asoh wajib dibaca semampunya dan sisa kekurangannya diganti dengan dzikir 2 menurut muqobilul asoh (dho'if) maka wajib mengulang ulang ayat tadi hingga sepadan dengan ayat ayat di fatihah (tujuh ayat) ﺃﻣﺎ ﺍﻟﺬﻱ ﻻ ﻳﺤﺴﻦ ﺷﻴﺌﺎ ﻣﻦ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ، ﻓﻴﺠﺐ ﻋﻠﻴﻪ ﺃﻥ ﻳﺄﺗﻲ ﺑﺎﻟﺬﻛﺮ ﻛﺎﻟﺘﺴﺒﻴﺢ ﻭﺍﻟﺘﻬﻠﻴﻞ ، ﻭﻓﻲ ﺍﻟﺬﻛﺮ ﺍﻟﻮﺍﺟﺐ ﺃﻭﺟﻪ : ﺃﺣﺪﻫﺎ ﻳﺘﻌﻴﻦ ﺃﻥ ﻳﻘﻮﻝ : ﺳﺒﺤﺎﻥ ﺍﻟﻠﻪ ، ﻭﺍﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ، ﻭﻻ ﺇﻟﻪ ﺇﻻ ﺍﻟﻠﻪ ، ﻭﺍﻟﻠﻪ ﺃﻛﺒﺮ ، ﻭﻻ ﺣﻮﻝ ﻭﻻ ﻗﻮﺓ ﺇﻻ ﺑﺎﻟﻠﻪ ﺍﻟﻌﻠﻲ ﺍﻟﻌﻈﻴﻢ ، ﻭﻳﻜﻔﻲﻩ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﻜﻠﻤﺎﺕ ﺍﻟﺨﻤﺲ ﻭﺍﻟﺜﺎﻟﺚ ﻭﻫﻮ ﺍﻷﺻﺢ : ﺃﻧﻪ ﻻ ﻳﺘﻌﻴﻦ ﺷﻲﺀ ﻣﻦ ﺍﻟﺬﻛﺮ ، ﻭﻗﺎﻝ ﻓﻲ ) ﺍﻟﺘﻬﺬﻳﺐ ( : ﻳﺠﺐ ﺳﺒﻌﺔ ﺃﻧﻮﺍﻉ ﻣﻦ ﺍﻟﺬﻛﺮ . ﻳﻘﺎﻡ ﻛﻞ ﻧﻮﻉ ﻣﻘﺎﻡ ﺁﻳﺔ ، ﻭﻫﺬﺍ ﺃﻗﺮﺏ ، ﻭﻫﻞ ﺍﻟﺪﻋﺎﺀ ﺍﻟﻤﺤﺾ ﻛﺎﻟﺬﻛﺮ ؟ ﻓﻴﻪ ﺗﺮﺩﺩ ﻟﻠﺸﻴﺦ ﺃﺑﻲ ﻣﺤﻤﺪ >>> apabila dia tidak mampu membaca dengan bagus dan benar satupun ayat Alqur-an maka wajib baginya mengganti bacaan Alfaatihah dengan dzikir seperti tasbih dan tahlil. mengenai masalah dzikir apa saja yang wajib dibaca sebagai pengganti yang diatas tadi maka ada beberapa qoul : menurut qoul yang asoh tidak ditentukan (boleh dzikir apa saja yang dia kuasai). menurut kitab tahdzib wajib baginya tujuh macam dzikir sesuai dengan jumlah ayat Alfatihah. ﺃﻣﺎ ﺇﺫﺍ ﻟﻢ ﻳﺤﺴﻦ ﺷﻴﺊﺍ ﻣﻦ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﻭﻻ ﺍﻟﺬﻛﺮ ، ﻓﻌﻠﻴﻪ ﺃﻥ ﻳﻘﻮﻡ ﺑﻘﺪﺭ ﺍﻟﻔﺎﺗﺤﺔ ﺛﻢ ﻳﺮﻛﻊ ، tapi apabila dia tidak bisa membaca dengan baik dan benar baik itu Alqur-an ataupun dzikir maka wajib baginya berdiri (diam) selama kira kira membaca fatihah sebelum kemudian ruku' ﺭﻭﺿﺔ ﺍﻟﻄﺎﻟﺒﻴﻦ ﻭﻋﻤﺪﺓ ﺍﻟﻤﻔﺘﻴﻦ ﺍﻟﺠﺰﺀ ﺍﻷﻭﻝ hal 244-246 ﺃﺑﻮ ﺯﻛﺮﻳﺎ ﻳﺤﻴﻰ ﺑﻦ ﺷﺮﻑ ﺍﻟﻨﻮﻭﻱ ﺍﻟﻤﻜﺘﺐ ﺍﻹﺳﻼﻣﻲ ﺳﻨﺔ ﺍﻟﻨﺸﺮ1412 :ﻫـ 1991 /ﻡ wallaahu a'lam
Joeni Jowo Wanijoe
Assalamualaikum..
maaf nanya,jka orang tdak bsa baca apa2 dlm solat,dan sdah susah skali bt diajarin,bgaimna bcaan dlm solatnya.??
JAWABAN
Toni Imam Tontowi >>
ﻓﺮﻉ : ﻣﻦ ﻻ ﻳﻘﺪﺭ ﻋﻠﻰ ﻗﺮﺍﺀﺓ ﺍﻟﻔﺎﺗﺤﺔ ، ﻳﻠﺰﻣﻪ ﻛﺴﺐ ﺍﻟﻘﺪﺭﺓ ﺑﺘﻌﻠﻢ ، ﺃﻭ ﺗﻮﺳﻞ ﺇﻟﻰ ﻣﺼﺤﻒ ، ﻳﻘﺮﺅﻫﺎ ﻣﻨﻪ ﺑﺸﺮﺍﺀ ﺃﻭ ﺇﺟﺎﺭﺓ ﺃﻭ ﺍﺳﺘﻌﺎﺭﺓ cabang: barang siapa tidak mampu (hapal) baca fatihah maka wajib baginya berusaha semampunya untuk belajar, atau dengan membaca mush-haf (tawassul:dituntun, dilantari dengan cara menaruh mush-haf di dekat ia sholat untuk baca fatihah) baik itu (mush-haf) diperoleh dari membeli, menyewa ataupun meminjam. ﻓﺈﻥ ﺗﻌﺬﺭﺕ ﺍﻟﻔﺎﺗﺤﺔ ﻟﺘﻌﺬﺭ ﺍﻟﺘﻌﻠﻢ ﻟﻀﻴﻖ ﺍﻟﻮﻗﺖ ﺃﻭ ﺑﻼﺩﺗﻪ ﺃﻭ ﻋﺪﻡ ﺍﻟﻤﻌﻠﻢ ﻭﺍﻟﻤﺼﺤﻒ ، ﺃﻭ ﻏﻴﺮ ﺫﻟﻚ ، ﻟﻢ ﻳﺠﺰ ﺗﺮﺟﻤﺔ ﺍﻟﻔﺎﺗﺤﺔ ، ﺑﻞ ﻳﻨﻈﺮ ؛ ﺇﻥ ﺃﺣﺲﻥ ﻗﺮﺁﻧﺎ ﻏﻴﺮ ﺍﻟﻔﺎﺗﺤﺔ ، ﻟﺰﻣﻪ ﻗﺮﺍﺀﺓ ﺳﺒﻊ ﺁﻳﺎﺕ ، ﻭﻻ ﻳﺠﺰﺋﻪ ﺩﻭﻥ ﺳﺒﻊ ﻭﺇﻥ ﻛﺎﻧﺖ ﺁﻳﺎﺕ ﻃﻮﺍﻻ bila dia tidak bisa baca fatihah karena udzur, misal : karena waktu sudah mepet, atau karena daerahnya yang tidak memungkinkan (misal baladul kufr) atau tidak ada guru ataupun mush-haf dan lain lain maka tidak boleh diganti dengan terjemah fatihah tapi bila ia mampu membaca dengan benar surat lain selain fatihah maka wajib baginya membaca tujuh ayat dari surat lain yang sebanding dengan fatihah . ﺃﻣﺎ ﻟﻮ ﻛﺎﻥ ﺍﻟﺬﻱ ﻳﺤﺴﻨﻪ ﺩﻭﻥ ﺍﻟﺴﺒﻊ ، ﻛﺂﻳﺔ ﺃﻭ ﺁﻳﺘﻴﻦ ، ﻓﻮﺟﻬﺎﻥ : ﺃﺻﺤﻬﻤﺎ ﻳﻘﺮﺃ ﻣﺎ ﻳﺤﺴﻨﻪ ، ﻭﻳﺄﺗﻲ ﺑﺎﻟﺬﻛﺮ ﻋﻦ ﺍﻟﺒﺎﻗﻲ ، ﻭﺍﻟﺜﺎﻧﻲ : ﻳﻜﺮﺭ ﻣﺎ ﻳﺤﻔﻈﻪ ﺣﺘﻰ ﻳﺒﻠﻎ ﻗﺪﺭ ﺍﻟﻔﺎﺗﺤﺔ bila ayat yang bisa dia baca dengan bagus tidak sampai tujuh ayat maka terdapat dua qoul : 1 menurut qoul asoh wajib dibaca semampunya dan sisa kekurangannya diganti dengan dzikir 2 menurut muqobilul asoh (dho'if) maka wajib mengulang ulang ayat tadi hingga sepadan dengan ayat ayat di fatihah (tujuh ayat) ﺃﻣﺎ ﺍﻟﺬﻱ ﻻ ﻳﺤﺴﻦ ﺷﻴﺌﺎ ﻣﻦ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ، ﻓﻴﺠﺐ ﻋﻠﻴﻪ ﺃﻥ ﻳﺄﺗﻲ ﺑﺎﻟﺬﻛﺮ ﻛﺎﻟﺘﺴﺒﻴﺢ ﻭﺍﻟﺘﻬﻠﻴﻞ ، ﻭﻓﻲ ﺍﻟﺬﻛﺮ ﺍﻟﻮﺍﺟﺐ ﺃﻭﺟﻪ : ﺃﺣﺪﻫﺎ ﻳﺘﻌﻴﻦ ﺃﻥ ﻳﻘﻮﻝ : ﺳﺒﺤﺎﻥ ﺍﻟﻠﻪ ، ﻭﺍﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ، ﻭﻻ ﺇﻟﻪ ﺇﻻ ﺍﻟﻠﻪ ، ﻭﺍﻟﻠﻪ ﺃﻛﺒﺮ ، ﻭﻻ ﺣﻮﻝ ﻭﻻ ﻗﻮﺓ ﺇﻻ ﺑﺎﻟﻠﻪ ﺍﻟﻌﻠﻲ ﺍﻟﻌﻈﻴﻢ ، ﻭﻳﻜﻔﻲﻩ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﻜﻠﻤﺎﺕ ﺍﻟﺨﻤﺲ ﻭﺍﻟﺜﺎﻟﺚ ﻭﻫﻮ ﺍﻷﺻﺢ : ﺃﻧﻪ ﻻ ﻳﺘﻌﻴﻦ ﺷﻲﺀ ﻣﻦ ﺍﻟﺬﻛﺮ ، ﻭﻗﺎﻝ ﻓﻲ ) ﺍﻟﺘﻬﺬﻳﺐ ( : ﻳﺠﺐ ﺳﺒﻌﺔ ﺃﻧﻮﺍﻉ ﻣﻦ ﺍﻟﺬﻛﺮ . ﻳﻘﺎﻡ ﻛﻞ ﻧﻮﻉ ﻣﻘﺎﻡ ﺁﻳﺔ ، ﻭﻫﺬﺍ ﺃﻗﺮﺏ ، ﻭﻫﻞ ﺍﻟﺪﻋﺎﺀ ﺍﻟﻤﺤﺾ ﻛﺎﻟﺬﻛﺮ ؟ ﻓﻴﻪ ﺗﺮﺩﺩ ﻟﻠﺸﻴﺦ ﺃﺑﻲ ﻣﺤﻤﺪ >>> apabila dia tidak mampu membaca dengan bagus dan benar satupun ayat Alqur-an maka wajib baginya mengganti bacaan Alfaatihah dengan dzikir seperti tasbih dan tahlil. mengenai masalah dzikir apa saja yang wajib dibaca sebagai pengganti yang diatas tadi maka ada beberapa qoul : menurut qoul yang asoh tidak ditentukan (boleh dzikir apa saja yang dia kuasai). menurut kitab tahdzib wajib baginya tujuh macam dzikir sesuai dengan jumlah ayat Alfatihah. ﺃﻣﺎ ﺇﺫﺍ ﻟﻢ ﻳﺤﺴﻦ ﺷﻴﺊﺍ ﻣﻦ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﻭﻻ ﺍﻟﺬﻛﺮ ، ﻓﻌﻠﻴﻪ ﺃﻥ ﻳﻘﻮﻡ ﺑﻘﺪﺭ ﺍﻟﻔﺎﺗﺤﺔ ﺛﻢ ﻳﺮﻛﻊ ، tapi apabila dia tidak bisa membaca dengan baik dan benar baik itu Alqur-an ataupun dzikir maka wajib baginya berdiri (diam) selama kira kira membaca fatihah sebelum kemudian ruku' ﺭﻭﺿﺔ ﺍﻟﻄﺎﻟﺒﻴﻦ ﻭﻋﻤﺪﺓ ﺍﻟﻤﻔﺘﻴﻦ ﺍﻟﺠﺰﺀ ﺍﻷﻭﻝ hal 244-246 ﺃﺑﻮ ﺯﻛﺮﻳﺎ ﻳﺤﻴﻰ ﺑﻦ ﺷﺮﻑ ﺍﻟﻨﻮﻭﻱ ﺍﻟﻤﻜﺘﺐ ﺍﻹﺳﻼﻣﻲ ﺳﻨﺔ ﺍﻟﻨﺸﺮ1412 :ﻫـ 1991 /ﻡ wallaahu a'lam
Tidak ada komentar:
Posting Komentar