Sabtu, 19 Mei 2012

199 : MAKNA QS. 41 AYAT 33

Fahrurrozi Bin Saimin

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

أعوذ بالله من الشيطان الرجيم.
ومن أحسن قولا ممن دعا الى الله وعمل صالحا وقال انني من المسلمين
Dan siapakah yang lebih baik perkataanya daripada orang yang menyeru kepada Alloh, dan (menyeru kepada) perbuatan yang shalih. dan ia berkata: "Sesunggunya aku termasuk dalam golongan muslimin (orangoyang berserah diri kepada Alloh)." QS 41 ayat 33
 

Bismillaahirrohmaanirrohiim



Di awali dengan wawu athaf, sebagai kelanjutan dari balasan keni'matan yang di hadiahkan Alloh bagi orangorang yang istiqomah dalam keimanan, sebagaimana disebutkan dalam ayat 30,31,32 dalam surat ini.

‎"man" berma'na istifham (siapakah?) pertanyaan yang diajukan Alloh dalam ayat ini, kompetisi terbuka buat makhluqNya, agar terbukti bahwa nilai-nilai penentu kebaikan adalah murni hak prerogatif Alloh

‎"qoulan" (perkataan), bermakna pula sebagai tulisan, maqolah, bahkan image juga amaliah yang di hasilkan oleh "qoulan" ini.

‎"min man da'aa ila_ Alloh" (Daripada orang yang menyeru kepada Alloh). disinilah Alloh menentukan "the winner" (pemenang) dari kompetisi "man ahsanu" (siapakah yang terbaik) perkataan, image, statemen dan perbuatannya.
dengan kriteria "menyeru kepada Alloh" yaitu ke ikhlashan.
‎"wa 'amila shoolihan" (dan berbuat kebaikan). wawu ma'iyah, sebagai tanbih (peringatan)) Alloh swt. jangan asal "njeplak" saja menyeru orang untuk menuju Alloh dengan lisan, akan tetapi beri contoh dengan perbuatan riil (nyata). jadi jangan cuma asal ikhlash ngomong, jadilah juga orang yang ikhlash mengamalkan.

‎"wa qoola innaniy minal muslimiin" (Dan berkata:"Sesungguhnya aku termasuk golongan muslimiin").wawu ma'iyah, berma'na: seorang "Winner" dalam upaya menyeru orang dalam perkataan, pemikiran dan amal shalih seharusnya menunjukkan jati dirinya sebagai muslim (berserah diri kepada Alloh). Tunjukkan identitas sebagai muslim sejati, sebaik-baik ummat dalam khalayak manusia. berkata sebagai muslim: jujur, amanah, fathonah, tabligh, santun dan membawa kebahagiaan pada pendengar..

lebih mengutamakan firman Alloh daripada yang lainnya. tunjukkan bahwa kita adalah orang islam yang lebih mengutamakan muharrom, shofar, robi'ul awwal, robiul akhir, jumadal ula, jumadats tsaniyah,rojab, syaban, romadlon, syawwal, dzul qodah, dzul hijjah. daripada januari dan seterusnya.
demikian ppula dalam memperingati miladiyah (ulang tahun), sebaiknya menggunakan kalender islam. contoh: saya dilahirkan tanggal 13 Rojab 1391 H. dst... walloHu A'lam.
  واتسلام عليكم ورحمة الله و بركاته

Tidak ada komentar:

Posting Komentar