Kamis, 04 Oktober 2012

332 : KEUTAMAAN MENUNJUKKAN DAN MENGAJARKAN KEBAJIKAN PADA ORANG LAIN

oleh : Siroj Munir


KEUTAMAAN MENUNJUKKAN DAN MENGAJARKAN KEBAJIKAN PADA ORANG LAIN

Rosululloh Shollallohu Alaihi Wasallam bersabda ;

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ
"Barang siapa yang menunjukkan pada suatu kebajikan, maka ia akan mendapatkan pahala sebagaimana orang yang mengerjakannya". ( Shohih Muslim, No.1893 ).
Imam Nawawi mengatakan ; " Hadits ini menunjukkan tentang keutamaan mengajak kepada kebaikan, mengingatkan kebaikan dan menolong orang yang mengerjakan kebaikan. Hadits ini juga menunjukkan keutamaan mengajarkan lmu agama dan cara-cara beribadah, terutama bagi orang yang akan mengamalkan suatu ibadah".

Imam Al-Qurthubi berpendapat bahwasanya orang yang menunjukkan kebaikan pada orang lain akan mendapatkan pahala yang sama sebagaimana yang didapatkan oleh orang yang ia tunjukkan pada kebaikan tersebut, begitupula ia akan mendapatkan kelipatan pahala seperti yang didapatkan orang yang mengerjakan kebaikan tersebut. Alasannya karena pahala yang diberikan kepada seseorang bisa dberikan oleh Alloh kepada sapa saja yang DIA kehendaki dan dengan cara apapun apalagi jika dikerjakan dengan niat yang tulus. Beliau menambahkan bahwa hal ini berlakubagi setiap amal perbuatanyang menyerupai hal diatas, seperti yang dijelaskan dalam hadits Nabi yang lain ;
مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لَا يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا
"Barangsiapa memberi buka orang puasa, maka dia mendapatkan pahala seperti orang puasa, tidak dikurangi sedikitpun pahala orang yang puasa." ( Sunan Tirmidzi, No.807 )
Sedangkan maksud dari kata "khoir" (kebaikan) dalam hadits tersebut mencakup segala macam kebaikan, baik itu kebaikan yang berkenaan dengan urusan-urusan duna maupun kebaikan yang berkaitan dengan urusan-urusan akhirot sebagaimana dijelaskan oleh Syekh As-Shon'ani.
Referensi :
1. Syarah Nawawi Ala Muslim, Juz : 13 Hal : 39
2. Syarah As-Suyuthi Ala Muslim, Juz : 4 Hal : 490
3. Subulus Salam Syarah Bulughul Marom, Juz : 2 Hal : 639
Syarah Nawawi Ala Muslim, Juz : 13 Hal : 39
وحدثنا أبو بكر بن أبي شيبة، وأبو كريب، وابن أبي عمر، واللفظ لأبي كريب، قالوا: حدثنا أبو معاوية، عن الأعمش، عن أبي عمرو الشيباني، عن أبي مسعود الأنصاري، قال: جاء رجل إلى النبي صلى الله عليه وسلم، فقال: إني أبدع بي فاحملني، فقال: «ما عندي»، فقال رجل: يا رسول الله، أنا أدله على من يحمله، فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: «من دل على خير فله مثل أجر فاعله
........................
من دل على خير فله مثل أجر فاعله) فيه فضيلة الدلالة على الخير والتنبيه عليه والمساعدة لفاعله وفيه فضيلة تعليم العلم ووظائف العبادات لاسيما لمن يعمل بها من المتعبدين وغيرهم
Syarah As-Suyuthi Ala Muslim, Juz : 4 Hal : 490
قال النووي المراد أن له ثوابا كما لفاعله ثوابا ولا يلزم أن يكون قدر ثوابهما سواء انتهى وذهب بعض الأئمة إلى أن المثل المذكور في هذا الحديث ونحوه إنما هو بغير تضعيف واختار القرطبي أنه مثله سواء في القدر والتضعيف قال لأن الثوا ب على الأعمال إنما هو بفضل من الله فيهبه لمن يشاء على أي شيء صدر منه خصوصا إذا صحت النية التي هي من أصل الأعمال في طاعة عجز عن فعلها لمانع منعه منها فلا بعد في مساواة أجر ذلك العاجز لأجر القادر الفاعل أو يزيد عليه قال وهذا جار في كل ما ورد مما يشبه ذلك كحديث من فطر صائما فله مثل أجره
Subulus Salam Syarah Bulughul Marom, Juz : 2 Hal : 639
ولفظ خير يشمل الدلالة على خير الدنيا والآخرة فلله در الكلام النبوي

Tidak ada komentar:

Posting Komentar