Minggu, 14 Oktober 2012

343 : HUKUM PROFESI SEBAGAI TKW ( TENAGA KERJA WANITA )

 PERTANYAAN


Hamba Sahaya



Assalamu'alaikum..

Sy ingin bertanya,dan Mohon maaf sebelumnya,apabila kbetulan di group ini kbetulan ada yg berposisi sesuai dgn pertanyaan saya.
Namun Insya Alloh tak ada niat sdktpun untuk menyinggung siapapun.
karena mungkin saja kelak itu bisa saja terjadi pd diri saya.Pertanyaannya..
1.Bagaimana hukumnya bila seorang suami menyuruh istrinya pergi ke luar negri,

2.Dan bagaimana hukumnya bila seorang suami memberikan izin pd seorang istri yg ingin pergi kerja di luar negri?

Alasan ke dua pertanyaan di
atas sy dengar dr bbrapa teman dan tetangga yg kbetulan berposisi spt itu.
Alannya.
1 agar bs punya rmh sendiri,karena selama ini msh ikut mertua,sedangkan klw kerja di dlm negri merasa berat untuk bs memiliki sbuah rmh dgn gaji suami yg pas pasan dan tdk punya pkerjaan tetap,(kuli bangunan)
2.buat masa depan si anak(untuk beli motor, biaya sekolah dll )
matur suwun



JAWABAN

>> Mbah Jenggot

Pandangan Fiqih wanita berprofesi sebagai TKW hukumnya TIDAK BOLEH kecuali:
1.Aman dari fitnah yakni aman dari hal2 yg membahayakan dirinya hartanya serta aman dari maksiat.
2.Suami miskin/tidak mampu menafkahi keluarganya.
3.Mendapat izin dari wali/suami jk suami masih mampu meberi nafkah.
Refrensi:
1.Hasiah jamal Juz II hal 135 Cet darul Ihya`
2.Hasiah jamal Juz IV hal 509 Cet darul Ihya`
3.Is`adurrofiq Juz II hal 136

>> Sunde Pati

hukumnya haram kecuali kalau disertai mahram atau suami.

Reference :
1. Al Majmu’ : VIII/341-342
2. Al Majmu’ VII/87

وعباراتها : 1. كما في المجموع الجزء الثامن صحيفة 341-342 ما نصه :فإن كان الحج تطوعاً لم يجز أن تخرج إلا مع محرم، وكذا السفر المباح كسفر الزيارة والتجارة لا يجوز خروجها في شيء من ذلك إلا مع محرم أو زوج قال الماوردي ومن أصحابنا من لصاحب خروجها مع نساء ثقات، كسفرها للحج الواجب، قال وهذا خلاف نص الشافعي وكذا قال الشيخ أبو حامد في «تعليقه» لا يجوز لها الخروج في حج التطوع إلا مع محرم، نص عليه الشافعي في كتاب العدد من «الأم» فقال لا يجوز الخروج في حج التطوع إلا مع محرم قال أبو حامد ومن أصحابنا من قال لها الخروج بغير محرم في أي سفر كان واجباً كان أو غيره، وهكذا ذكر المسألة البندنيجي وآخرون وحاصله أنه يجوز للخروج للحج الواجب مع زوج أو محرم أو امرأة ثقة، ولا يجوز هؤلاء، وإن كان الطريق أمناً، وفيه وجه ضعيف أنه يجوز إن كان أمناً وأما حج التطوع وسفر الزيارة والتجارة وكل سفر ليس بواجب فلا يجوز على المذهب الصحيح المنصوص إلا مع زوج أو محرم، وقيل يجوز مع نسوة أو امرأة ثقة كالحج الواجب، وقد سبقت هذه المسألة مختصرة في أول كتاب الحج في ذكر استطاعة المرأة والله أعلم. انتهى.2. كما في المجموع الجزء السادس صحيفة 87 ما نصه :فرع هل يجوز للمرأة أن تسافر لحج التطوع ؟ أو لسفر زيارة وتجارة ونحوهما مع نسوة ثقات ؟ أو امرأة ثقة ؟ فيه وجهان وحكاهما الشيخ أبو حامد والماوردي والمحاملي وآخرون من الأصحاب في باب الإحصار، وحكاهما القاضي حسين والبغوي والرافعي وغيرهم أحدهما يجوز كالحج والثاني وهو الصحيح باتفاقهم وهو المنصوص في الأم، وكذا نقلوه عن النص لا يجوز، لأنه سفر ليس بواجب. انتهى.

>> Sholeh Punya

hukum wanita yg sdh bersuami kerja ke luar negri tidak boleh, apabila ada salah satu di bawah ini :
1. Tidak mendapat izin dari suami jika suami masih mampu menafaqahi
2. Tidak dapat izin dari ortu ketika kondisi perjalanan sangat rawan meski...pun ada dugaan selamat dalam perjalanan
3. Tidak ada dugaan /keyakinan aman dalam perjalanan /negara tujuaan
4. Berangkat ilegal
5. Pekerjaan haram
6. Berangkat tidak disertai mahram /suami, kecuali menurut 1 pendapat boleh di sertai dgn perempuan tsiqoh /bisa di percaya
7. Bepergian memakai perhiasan /bersolek, jika yakin kuat timbul fitnah
8. Bepergian dgn kasyful aurat/ membuka aurat

>>
Mbah Jenggot II
ibarot yg disampekan kang sunde ulama memang beda pendapat.ada yg memperbolehkan tp tentu dengan syarat2 yg telah diuraikan diatas.

Tambahan Ibarot:

a. Kitab Jamal Syarah Manhaj, Darul Ihya', Juz 2 Hal. 135:

( قوله او دنياه) ومنه ضيق العيش اهـ ع ش (قوله وسن لفـتنة دينى) أى لخوفها- الى ان قال -والمراد بها المعاصى والخروج عن الشرع اهـ
================

b. Hasyiah Jamal Syarah Manhaj, Darul Ihya' Juz 4 Hal. 509:

(ولهاخروج فيهالتحصيل نفقة) مثلا بكسب او سـؤال وليس له منعها من ذلك لانتفاء الانفاق المقابل لحسبها(وعليها رجوع) الى مسكنها(ليلا) لانه وقت الدعة وليس لها منعه من التمتع ... (قوله لانه وقت الدعة) أى الراحة ويؤخذ منه انه لو توقف تحصيلها على مبيتهافى غير منزله كان لها ذلك اهـ ع ش.
===================

c. Tarsyihul Mustafidin Hal. 352:

يجوز لها الخروج فى مواضع:منهااذااشرف البيت على لانهدام الى ان قال ... ومنها اذا خرجت لاكتساب نفقة بتجارة او سؤال او كسب اذا اعسر الزوج.
================

d. Tarsyihul Mustafidin Hal. 174:

(قوله مع امرأة ثقة) ليس بقيد كما فى المغنى وغيره فيجوز لهاالخروج لفرض الاسلام ككل واجب ولو وحدهااذا أمنت قال فى بشرى الكريم ومن الواجب خروج المرأة الى محل حراشتهالأن طلب الحلال واجب ولو شابة.
=====================

e. Mas'uliyatul Mar'ati Al Muslimah Hal. 78 - 79

من الأدلة على عدم مشروعية عمل المرأة خارج بيتها:1. وجوب الحجاب الشرعي عليها كما تقدم.2. تحريم السفور المثير للفتنة وهو من لوازم العمل خارج البيت عالبا.3. تحريم الإختلاط بالرجال الأجانب وهو حاصل بالخروج إلى العمل.4. تحريم التبرج وإظهار الزينة والمحاسن الذى وقع فيه أكثر النساء وهو حاصل بالخروج إلى العمل.5. أنها عورة ودرة نفيسة تجب صيانتها والحفاظ عليها.6. أنها مشغولة دائما بالعناية بأولادهاوبيتها وشئون زوجها وهي أعمال تناسب فطرتها.7. أنها فتنة تفتـن الرجال ويفتـنون بها.

Wallaahu A'laamu Bis Showaab

==============================
http://www.piss-ktb.com/2012/03/009-hukum-profesi-tkw.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar