Kamis, 04 Oktober 2012

334 : LARANGAN MENASABKAN DIRI KEPADA SELAIN AYAH

  • PERTANYAAN 


    Hasanul Zain


    Assalamu'alaiku m wr wb...!

    Permisi Lagi-Lagi saya santri baru yang Awam bertanya semoga Poro Yai Lan Ustadz disini tidak Bosan dan selalu berkenan memberikan cercahan 'Ilmunya :)

    Saya menemukan sebuah Hadits yang ada di Sebuah kertas Khotbah Jum'at yang Menjelaskan :
    من ادعى إلى غير أبيه وهو يعلم أنه غير أبيه فالجنة عليه حرام (رواه البخاري و مسلم)
    "Barang siapa yang menganggap orang lain sebagai ayahnya sendiri sedangkan ia tau bahwa orang itu bukan Ayahnya maka Haram baginya Masuk Surga"
    Yang ingin saya Tanyakan Bagaimana Penjelasannya mengenai Hadits di atas apakah bila kita menganggap seseorang sebagai ayah karena kebaikan serta ketulusannya itu Haram..?
    Syukron :)

    JAWABAN


    Siroj Munir


    sekedar menggap orang lain spt ayah sendiri nggak apa2 kang. tapi kalu sampai mengakui orang yang bukan ayahnya dengan mengatakan "dia ayahku" atau "aku anaknya" itu yg nggak boleh

    Teks lengkap dari hadits diatas :

    حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا خَالِدٌ هُوَ ابْنُ عَبْدِ اللَّهِ حَدَّثَنَا خَالِدٌ عَنْ أَبِي عُثْمَانَ عَنْ سَعْدٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ مَنْ ادَّعَى إِلَى غَيْرِ أَبِيهِ وَهُوَ يَعْلَمُ أَنَّهُ غَيْرُ أَبِيهِ فَالْجَنَّةُ عَلَيْهِ حَرَامٌ فَذَكَرْتُهُ لِأَبِي بَكْرَةَ فَقَالَ وَأَنَا سَمِعَتْهُ أُذُنَايَ وَوَعَاهُ قَلْبِي مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

    Telah menceritakan kepada kami Musaddad telah menceritakan kepada kami Khalid yaitu Ibnu Abdullah, telah menceritakan kepada kami Khalid dari Abu Utsman dari Sa'd radliallahu 'anhu mengatakan, aku menengar Nabi Shallallahu'alaihiwasallam bersabda; "Barangsiapa menasabkan diri kepada selain ayahnya padahal ia tahu bukan ayahnya maka surga haram baginya." Maka aku sampaikan hadits ini kepada Abu Bakrah dan ia berkata; 'Aku mendengarnya dengan kedua telingaku ini dan hatiku juga mencermati betul dari Rasulullah Shallallahu'alaihiwasallam.' ( Shohih Bukhori, No. 6269 )


    Berikut ini penjelasan para ulama' mengenai hadit tersebut :

    Fathul Bari, Juz : 4 Hal : 86

    وقال البيضاوي الظاهر أنه أراد به ولاء العتق لعطفه على قوله من ادعى إلى غير أبيه والجمع...Lihat Selengkapnya


    Irsyadusy Syari Li Syarhil Bukhori, Juz : 6 Hal : 410

    من ادعى) أي من انتسب (إلى غير أبيه وهو يعلم) أنه غير أبيه (فالجنة عليه حرام) إذا استحل ذلك أو خرج مخرج التغليظ

    Syarah An-Nawawi Ala Muslim, Juz : 2 Hal : 52

    وأما قوله صلى الله عليه وسلم فالجنة عليه حرام ففيه التأويلان اللذان قدمناهما في نظائره أحدهما أنه محمول على من فعله مستحلا له والثاني أن جزاءه أنها محرمة عليه أولا عند دخول الفائزين وأهل السلامة ثم إنه قد يجازى فيمنعها عند دخولهم ثم يدخلها بعد ذلك وقد لا يجازى بل يعفو الله سبحانه وتعالى عنه ومعنى حرام ممنوعة

    Faidhul Qodir, Juz : 6 Hal : 46

    من ادعى إلى غير أبيه) أي من رغب عن أبيه والتحق بغيره تركا للأدنى ورغبة في الأعلى أو خوفا من الإقرار بنسبه أو تقربا لغيره بالانتماء أو غير ذلك من الأغراض وعداه بإلى لتضمنه معنى الانتساب وكذا فيما قبله (أو انتمى إلى غير مواليه فعليه لعنة الله) أي طرده عن درجة الأبرار ومقام الأخيار لا من رحمة الغفار (المتتابعة) أي المتمادية (إلى يوم القيامة) لمعارضته لحكمة الله في الانتساب والداعي إلى غير أبيه كأنه يقول خلقني الله من ماء فلان وإنما خلقه من غيره فقد كذب على الله فاستوجب الإبعاد والمنتمي لغير المعتق قد كفر النعمة واستن العقوق وضيع الحقوق وهذا الوعيد الشديد يفيد أن كلا منها كبيرة

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar