Kamis, 19 Juli 2012

264 : APAKAH IMSAK TANDA KITA HARUS BERHENTI MAKAN & MINUM ??

PERTANYAAN


Neni Sulistyo Rini

Bismillah....
Assalammu'alaikum.. Mau tny ustatz/ ustadzah dan para santri.... Apakh imzak itu tanda kt harus berhenti mkn minum wkt mkn sahur? Mohon penjelasannya...trmksih,jazakillah khoir..

JAWABAN




Aryo Mangku Langit

wa'alaikumsalamWarohmatullohi Wabarokaatuh> Bismillah alhamdulillah  Imsak Itu sendiri artinya ngeker/menahan yaitu menahan dari makan dan Minum dan hal-hal yg dapat membatalkan Puasa

‎- Dari Amru bin Maimun Al-Audi, telah berkata :  [ كان أصحاب محمد أسرع الناس إفطارا و أبطأهم سحورا ]   : ” Sesungguhnya sahabat Muhammad adalah orang yang paling cepat berbuka dan paling lambat bersuhur ” [HR Abdurrazzaq . 


Hasan Chumaidi


maaf apakah rasulullah pernah bersabda tentang imsak....sejak kapan ketentuan imsak mulai dikenal dalam praktek keagamaan puasamaaf seingat saya rasulullah hanya mempunyai 2 orang maudzin...bilal bin rabah dan abdullah ibn umi maktum.. dijaman rasulullah ada dua adzan subuh...satu dikumandangkan oleh bilal tapi belum masuk waktu shalat shubuh..yang kedua adalah adzan yang dikumandangkan oleh abdullah bin ummi maktum..(ia buta) sebagai tanda SUDAH memasuki waktu shalat shubuh..  


nah mbak Neni Sulistyo Rini..rasulullah hanya mengatakan hentikanlah makanminum ketika suara adzan abdullah bin ummi maktum terdengar... tapi rasulullah juga mengatakan ...JANGAN ENGKAU TURUNKAN TEMPAT MINUMMU YANG TELAH KAU ANGKAT KE MULUTMU WALAUPUN SUARA ABDULLAH BIN UMMI MAKTUM TELAH TERDENGAR.. nah waktu antara adzan bilal dan ummi maktum itu sunahnya orang makan sahur..(mengakhirkan sahur)...seberapa lama hal itu..ijma ulama masih khilafiyah...tapi agar hati hati maka diberikan tanda supaya sahur kita tidak melewati subuh...namanya imsak...makan sahur waktu imsak masih boleh...asal jangan sampai adzan subuh..

Aryo Mangku Langit


Sebenarnya Istilah IMSAKUN/Imsak adalah batasan sebuah kehati-hatian/Tanbih/ warning wagi Shoo'im/orang yg melaksanakan puasabahwa sebentar lagi Kumandan Adzan akan terdengar Sebab batas antara Imsak dan adzan Subuh hanya Beberapa Menit saja>


 Dalam Shahih Bukhari:

باب قدر كم بين السحور وصلاة الفجر

bab kira-kira berapa antara sahur dan shalat fajar

حدثنا مسلم بن إبراهيم حدثنا هشام حدثنا قتادة عن أنس عن زيد بن ثابت رضي الله عنه قال تسحرنا مع النبي صلى الله عليه وسلم ثم قام إلى الصلاة قلت كم كان بين الأذان والسحور قال قدر خمسين آية
...dari Zaid bin Tsabit Radhiyallahu ‘anhu, dia berkata: “Kami makan sahur bersama Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, kemudian beliau berdiri untuk melakukan shalat”.(Anas bertanya kepada Zaid bin Tsabit): “Berapa lama jarak antara adzan dan sahur?” Zaid menjawab, “Kira-kira (membaca) 50 ayat ”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar