Minggu, 29 Juli 2012

279 : APAKAH UMAT - UMAT SEBELUM UMAT NABI MUHAMMAD JUGA DI WAJIBKAN PUASA ??

 PERTANYAAN


Ahmad Syaifuddin


Apakh umat2 terdahulu(sebelum umat Nabi Mukhammad Saw)jg diwajibkan berpuasa(Ramdhon)seperti halnya umat Nabi Saw skrng?


JAWABAN


Cikong Mesigit

yaa ayyuhalladziina aamanu kutiba 'alaikumush_shiyaamu KAMAA KUTIBA 'ALALLADZIINA MIN QOBLIKUM la'allakum tattaquuna.

Ahmad Syaifuddin


AL-Baqarah:183-184 ".......sebagaimana diwajibkn atas orang2 sebelum kamu agar kamu bertaqwa"


nah... dilihat dr arti ayat tersebut, apakah perintah puasa ini jg uda berLAKU bagi umat2 sebelum Nabi Muhammad Saw?


Dwi Handoko

Dalam catatan sejarah (kitab Fiqhus Sunnah : Syaikh Sayyid Sabiq juz I), perintah mengerjakan ibadah puasa sebagaimana tertera dalam QS. Al-Baqarah : 183 di atas, turun secara jelas pada tahun 2 Hijrah atau bertepatan dengan tahun 623 M. dengan demikian perintah puasa bagi umat islam telah dilaksanakan 1426 tahun yang lalu atau 1384 tahun jika dihitung dengan perhitungan masehi yakni sejak 623 hingga 2007 M.

Selain itu QS. Al-Baqarah 183 di atas memberikan gambaran bahwa ibadah puasa merupakan ibadah yang bersifat universal artinya ibadah puasa pernah juga diwajibkan atas umat terdahulu (agama samawi lainnya), dengan syariat atau tata cara pelaksanaan yang berbeda-beda. Atas dasar itu, Prof Dr. Mahmud Syaltut dalam kitabnya “Islam : Aqidah wa syariah” (juz I) mengatakan bahwa puasa merupakan ibadah yang paling tua usianya karena pernah diwajibkan Allah SWT atas bangsa-bangsa terdahulu. Perintah puasa itu ada didalam perjanjian lama, perjanjian baru dan didalam semua kitab suci lain. Satu contoh puasa Nabi Daud AS dilaksanakan secara selang seling setiap 2 hari sekali. Bahkan kaum penyembah berhalapun menjalankan puasa

Puasa dalam kitab-kitab suci itu sangat sulit. Puasa yang paling mudah di berikan kepada umat Nabi Muhammad SAW Bahkan menurut riwayat yang ada, pada awalnya puasa ini sangat sulit. Selama periode awal, para sahabat Rasulullah SAW hanya diperbolehkan membatalkan puasanya antara maghrib dan isya. Setelah Isya mereka diperintahkan untuk berpuasa kembali sehingga mereka berpuasa selama 22 jam. Kemudian Allah membuatnya lebih ringan.


Coppas dari:
Original Article's Title is Sejarah Tentang Perintah Puasa | A TechnoLedge Blog
in http://muhfachrizal.blogspot.com/
Under Creative Commons License: Attribution

Tidak ada komentar:

Posting Komentar