Sabtu, 09 Februari 2013

528 : MEMEPRCAYAI MITOS LELUHUR

PERTANYAAN 


Rayate Lee Lampahan I



asalamu'alaikum wr.wb...
mau tanya jika 1 keluarga/saudara hari kelahirannya sama apakah harus d akui orang lain?


JAWABAN

Kudung Khantil Harsandi Muhammad


WA'ALAIKUM SALAM

Mitos, percaya atau tidak, memang sulit kang. Meski mempercayai hal-hal tersebut tidak diperkenankan oleh syariat. Meski kadang kepercayaan yang kental bisa berimbas pada kenyataan.
ANA 'INDA DHONNI 'ABDII
====
Aku tergantung keyakinan hambaKu.
---
Inilah wahyu Alloh yang kadang menjadikan mitos adalah hal yang tidak boleh dilanggar.
Kepercayaan, memang sulit untuk dirubah.

LAA 'ADWAA WA LAA THOIROTA WA LAA HAAMATA WA LAA SHOFARO
----
Tidak ada sesuatu (selain Alloh) yang dapat membuat keburukan, tidak ada suara burung sebagai pertanda akan datangnya malapetaka, tidak ada penampakan roh, dan tidak ada ular yang berada dalam perut.
-------
Ini adalah hadits yang secara tegas melarang pada kita untuk tidak meyakini Mitos atau Tahayul. Hal ini dimaksudkan, karena umumnya manusia itu hatinya lemah, gampang terpengaruh, sehingga bisa menyebabkan keperceyaan dan keyakinan yang tanpa sadar telah membuatnya keluar dari agama Islam.
-----
Hanya saja, dalam menyikapi fenomena yang ada dimasyarakat, janganlah terlalu gegabah dalam menyalahkan. Ikutilah cara yang telah diajarkan agama dalam melarang sesuatu. Tidak spontan dilarang atau disalahkan secara total. Tapi sedikit demi sedikit, supaya lebih bisa difahami dan diterima masyarakat. Masyarakat ibaratkan bayi yang belum pernah memakan pendalaman agama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar