Kamis, 21 Februari 2013

553 : HUKUM MENULIS KALIGRAFI AYAT2 QUR'AN DI DINDING , BAJU, MAKANAN DAN SESAMANYA

PERTANYAAN


Adi Iñgiñ Bértaqörub


Assalaamu 'alaykum warochmatullaahi wabarokaatuh..lama baru hadir..ada pertanyaan niih para sdulurrr..apa hukumnya menulis Kalamullah di baju ato di jaket,??sedangkan jaket bs saja di waktu mencucinya di kamar mandi dan bs saja bercampur dgn pakaian lain yg terkena najis.monggoo



JAWABAN
Brojol Gemblung


wa'alaikumussalam, makruh

ﺣﺎﺷﻴﺔ ﺍﻟﺒﺠﻴﺮﻣﻲ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺨﻄﻴﺐ ﺝ / 3 ﺹ 306

ﻭﻳﻜﺮﻩ ﻛﺘﺐ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﻋﻠﻰ ﺣﺎﺋﻂ ﻭﻟﻮ ﻟﻤﺴﺠﺪ ﻭﺛﻴﺎﺏ ﻭﻃﻌﺎﻡ ﻭﻧﺤﻮ ﺫﻟﻚ ، ﻭﻳﺠﻮﺯ ﻫﺪﻡ ﺍﻟﺤﺎﺋﻂ ﻭﻟﺒﺲ ﺍﻟﺜﻮﺏ ﻭﺃﻛﻞ ﺍﻟﻄﻌﺎﻡ.

Dan makruh menulis (ayat) al-Qur`an pada dinding meskipun (dinding) masjid, pada baju, makanan, dan sesamanya. Dan boleh merobohkan dinding, memakai baju, dan mengkonsumsi makanan (yg tertulis ayat al-Qur`an



Mbah Pardan Milanistie


qoul liyane gak Mbah soale nk masjid akehh banget sing tembo'e di tulisi Kaligrafi ayat2 a-Qur'an



Brojol Gemblung


tak tambahi ibarote Mbah #

ﻣﻐﻨﻰ ﻣﺤﺘﺎﺝ ﺝ 1 ﺹ152

ﻳﻜﺮﻩ ﻛَﺘْﺐُ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﻋﻠﻰ ﺣﺎﺋﻂ ﻭﻟﻮ ﻟﻤﺴﺠﺪ، ﻭﺛﻴﺎﺏٍ ﻭﻃﻌﺎﻡٍ ﻭﻧﺤﻮ ﺫﻟﻚ، ﻭﻳﺠﻮﺯ ﻫﺪﻡ ﺍﻟﺤﺎﺋﻂ ﻭﻟﺒﺚ ﺍﻟﺜﻮﺏ ﻭﺃﻛﻞ ﺍﻟﻄﻌﺎﻡ،

Dimakruhkan menulis [ayat] al-Qur`an pada dinding meskipun untuk masjid, pada baju, makanan, dan sesamanya. Dan boleh merobohkan dinding, memakai baju, dan mengkonsumsi makanan [yg tertulis ayat al-Qur`an].

ﻓﺘﺢ ﺍﻟﻜﺮﻳﻢ ﺍﻟﻤﻨﺎﻥ ﻓﻰ ﺃﺩﺍﺏ ﺣﻤﻠﺔ ﺍﻟﻘﺮﺃﻥ ﺝ 1 ﺹ 4

ﻭﻳﻜﺮﻩ ﻛﺘﺒﻪ ﻋﻠﻰ ﺣﺎﺋﻂ ﻭﻟﻮ ﻟﻤﺴﺠﺪ ﻭﺛﻴﺎﺏ ﻭﻃﻌﺎﻡ ﻭﻧﺤﻮ ﺫﻟﻚ، ﻭﻳﺠﻮﺯ ﻫﺪﻡ ﺍﻟﺤﺎﺋﻂ ﻭﻟﺒﺲ ﺍﻟﺜﻴﺎﺏ ﻭﺃﻛﻞ ﺍﻟﻄﻌﺎﻡ.

[terjemah idem]

ﺃﺳﻨﻰ ﺍﻟﻤﻄﺎﻟﺐ 1/62

ﻭﻳﻜﺮﻩ ﻛﺘﺒﻪ ﺃﻱ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﻋﻠﻰ ﺣﺎﺋﻂ ﻭﻟﻮ ﻟﻤﺴﺠﺪ ﻭﻋﻤﺎﻣﺔ ﻟﻮ ﻗﺎﻝ ﻭﺛﻴﺎﺏ ﻛﻤﺎ ﻓﻲ ﺍﻟﺮﻭﺿﺔ ﻛﺎﻥ ﺃﻭﻟﻰ ﻭﻃﻌﺎﻡ ﻭﻧﺤﻮﻫﺎ،

Dan makruh menulisnya, maksudnya al-Qur`an pada dinding walaupun untuk masjid, dan pada surban; andai pengarang berkata : "dan pada baju" sebagaimana redaksi dalam kitab Raudhah, maka lebih utama [mungkin maksudnya lebih pas; pen.], pada makanan dan selainnya.



Mbah Pardan # yg tidak makruh itu bila kaligrafi ditulis pada papan lalu digantung di dinding masjid.

ﺷﺮﺡ ﺍﻟﻄﺮﻳﻘﺔ ﺍﻟﻤﺤﻤﺪﻳﺔ ﻟﻴﺪﻯ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻐﻨﻰ ﺍﻟﻨﺒﻠﻰ ﺹ 634

ﻭﺗﻜﺮﻩ ﻛﺘﺎﺑﺔ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﻭﺍﺳﻤﺎﺀ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺪﺍﺭﻫﻢ ﻭﺍﻟﻤﺤﺎﺭﻳﺒﻰ ﺍﻭ ﺍﻟﺠﺪﺭﺍﻥ ﻭﻣﺎ ﻳﻔﺮﺵ ﻭﻓﻰ ﺍﻟﻘﻨﻴﺔ ﺳﺒﺎﻁ ﺍﻭ ﻏﻴﺮﻩ ﻛﺘﺐ ﻋﻠﺒﻪ ﺍﻟﻤﻠﻚ ﺍﻟﻠﻪ ﻳﻜﺮﻩ ﺑﺴﻄﻪ ﻭﺍﺳﺘﻌﻤﺎﻟﻪ ﺍﻻ ﺍﺫﺍ ﻋﻠﻖ ﻟﻠﺰﻳﻨﺔ ﻳﻨﺒﻐﻰ ﺍﻥ ﻻ ﻳﻜﺮﻩ.

Fokus :

ﺍﻻ ﺍﺫﺍ ﻋﻠﻖ ﻟﻠﺰﻳﻨﺔ ﻳﻨﺒﻐﻰ ﺍﻥ ﻻ ﻳﻜﺮﻩ

Kecuali apabila (tulisan) al-Qur`an itu digantung untuk tujuan hiasan, maka sepantasnyalah untuk tidak dimakruhkan.



Ubaid Bin Aziz Hasanan



kalo masalah menulis qur'an di tembok maka ada yang memperbolehkan menurut sebagian madzhab hanafi, ulama' madzhab hanafi yang lain memakruhkan

----( الفتاوى الهندية 5 / 323 ط دار الفكر )----
وَلَوْ كُتِبَ الْقُرْآنُ عَلَى الْحِيطَانِ وَالْجُدَرَانِ بَعْضُهُمْ قَالُوا : يُرْجَى أَنْ يَجُوزَ , وَبَعْضُهُمْ كَرِهُوا ذَلِكَ مَخَافَةَ السُّقُوطِ تَحْتَ أَقْدَامِ النَّاسِ , كَذَا فِي فَتَاوَى قَاضِي خَانْ

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar