Sabtu, 08 Desember 2012

416 : HUKUM MEMPERGUNAKAN SESUATU YANG NAJIS UNTUK BEROBAT

PERTANYAAN 


Ahmad Syaifuddin



Assalammu'alaikum...
"Pertanyaan"
Bolehkah sesuatu yg NAJIS/HARAM dipergunakan untuk jamu/ber-obat? misal ada suatu penyakit yg obat alternatifnya itu minum air kencingnya sendiri.

JAWABAN

Ghoelam Shofi


Kalangan Maliki, Hambali, mayoritas Hanafi dan sebagian kalangan Syafii berpendapat bahwa tidak boleh berobat dengan barang yang haram dan najis. Dalilnya bahwa Nabi saw bersabda, "Allah tidak memberikan obat pada kalian pada sesuatu yang Dia haramkan."

Sementara sebagian kalangan Syafii lainnya membolehkan jika kondisinya mendesak dan darurat. Demikian pula Abu Tsur membolehkan jika untuk obat. Karena itu, sebaiknya Anda mencari obat dari barang atau benda yang halal.

Adapun yang sudah dikonsumsi sebelumnya, karena dilakukan secara tidak disengaja dan tidak tahu, semoga dimaafkan oleh Allah disertai istigfar dan amal salih.
Wallahu a'lam bish-shawab.




Sanusi El Ruzy

Kami dapat spti ini.

memakai obat dari najis hukumnya di perbolehkan dgn syarat seorang d0kter telah mengatakan "tidak ada barang suci lg yg dapat jadi obat". Lalu jika dokter mengatakan "penyakitnya akan lama sembuhnya jika di obati dgn perkara suci". Dalam masalah yg ke 2 ini ulama masih belum ada kesepakatan akan kebolehan mengkonsumsi obat yg terbuat dari najis.
Brang najis yg b0leh di buat obat pun ulama' masih khilaf.
1. Pendapat may0ritas ulama barang najis selain kh0mer.
2. Hanye kencing Onta saja yg lain g b0leh.
Tp 2 pndapat ini dinyatakan SYADZ (tidak boleh di ikuti)
Dan yg benar "Boleh secara mutlak" jika memenuhi syarat2 di atas.
(Lihat : Majmu' juz 9 hal 50-51)


ini ta'birnya..

وأما التداوي بالنجاسات غير الخمر فهو جاءىز سواء فيه جميع النجاسات غير المسكر. هذا هو المذهب و المنصوص و به قطع الجمهور. و فيه وجه أنه لا يجوز لحديث أم سلمة المذكور في الكتاب و وجه ثالث أنه يجوز بأبوال الإبل خاصة لورود النص فيها و لا يجوز بغيرها حكاهما الرافعي و هما شاذان. و الصواب الجواز مطلقا. لحديث أنس رضي الله عنه نفرا من عرينة وهي قبيلة معروفة بضم العين المهملة و بالنون أتوا رسول الله صلى الله عليه و سلم فبايعوه على الإسلام فاستو خمرا المدينة فسقمت أجسامهم فشكوا ذلك إلى رسول الله صلى الله عليه و سلم فقال ألا تخرجون مع راعينا في إبله فتصيبون من أبوالها و ألبانها? قالوا بلى فخرجوا فشربوا من ألبانها و أبوالها إلى أن قال ..... قال أصحابنا و إنما يجور التداوي بالنجاسات إذا لم يجد طاهرا يقوم مقامها. فإن وجده حرمت النجاسات بلا خلاف و عليه يحمل حديث (إن الله لم يجعل شفاءكم فيما حرم عليكم) فهو حرام عند و جود غيره. و ليس حرما إذا لم يجد غيره قال أصحابنا و إنما يجور ذلك إذا كان المتداوي عارفا بالطب يعرف أنه لا يقوم غير هذا مقامه أو أخبره بذلك طبيب مسلم عدل. و يكفي طبيب واحد. صرح به البغوي و غيره. فلو قال الطبيب يتعجل لك به الشفاء و إن تركته تاخر. ففي إباحته وجهان حكاهما البغوي. و لم يرجح واحدا منهما. و قياس نظيره في التيمم أن يكون الأصح جوازه. (المجموع الجزء 9 ص 50 -51

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar