Selasa, 01 Januari 2013

261 : SUJUD TILAWAH & SUJUD SYUKUR

oleh :Sanusi El Ruzy


assalamu'alaikum

Sudah hampir 1 minggu yg lalu ada teman yg meminta diuraikan tentang Sujud Tilawah tapi, karena kurangnya ilmu dan malasnya diri kami, baru saat inilah hal tersebut dapat terealisasikan.

Sujud adalah salah 1 bentuk dari gerakan solat yang mana, anggota paling mulia/tinggi dari tubuh, kita letakkan pada posisi yg serendah2nya bahkan lebih rendah dari anggota tubuh yg notabene kurang mulia yaitu (maaf) pantat.

Dan di saat sujudlah seorang hamba benar2 mendekatkan dirinya pada sang pencipta. Hal ini sesuai dgn sabda Nabi,

قال رسول صلى عليه وسلم : ما تقرب العبد إلى الله عز و جل بشيء أفضل من سجود خفي.
(رواه ابن المبارك في الزهد 154)
Rasulullah SAW bersabda, Tidaklah seseorang hamba mendekatkan diri pada Allah dengan sesuatu yg lebih Afdlol kecuali dari sujud samar.
(HR. Ibnu Mubarok dalam kitab az-Zuhud hal 154)
و روي أن رجلا {و هو ربيعة بن كعب الأسلامي} قال لرسول الله صلى الله عليه و سلم : أدع الله أن يجعلني من أهل شفاعتك. و أن يرزقني مرافقتك في الجنة. فقال صلى الله عليه و سلم : أعني بكثرة السجود.
(رواه مسلم 489)
Diriwayatkan sesungguhnya seorang lelaki (dia Robi'ah bin Ka'ab al-Islami) berkata pada Rasulullah SAW, Berdo'alah kepada Allah agar Dia menjadikan aku sebagai sebagian dari orang yang mendapat Syafaatmu, dan menganugrahi untukku menjadi temanmu di surga. Beliau pun menjawab, dengan banyak sujud.
(HR. Muslim 489)
و قيل إن أقرب ما يكون العبد من الله تعالى أن يكون ساجدا و هو معنى قوله تعالى {و اسجد و اقترب}
(الدر المنثور 8/ 566)
Dikatakan, sesungguhnya lebih dekat2nya seorang hamba dari Alla yaitu saat dia Sujud. Dan inilah ma'na Fir'man-Nya (Bersujudlah dan berusahalah mendekat!)
(Lihat : Durru al-Mantsur 8/566)
قال أبو هريرة رضي الله عنه : أقرب ما يكون العبد إلى الله إذا سجد فأكثروا الدعاء عند ذلك.
(رواه مسلم 482)
Abu Huroiroh ra berkata, Paling dekatnya seorang hamba pada Allah itu saat sujud. Maka perbanyaklah do'a disaat itu.
(HR. Muslim 482)

Sebenarnya dengan sedikit uraian di atas sudah mampu menjawab tentang i'tiqad/keyakinan sebagian sekte yg mengatakan "Allah Bersemayam Di Atas Arsy" dan Arsy berada di atas langit.

Logikanya, bila Allah di atas Arsy yang letaknya di atas langit, semakin kita mendekati langit maka kita semakin dekat dengan-Nya.
Saat kita berdiri, kita lebih dekat dengan Allah daripada saat kita duduk.
I'tiqad/keyakinan seperti itu adalah SALAH dan KUFUR bagi orang yg berkeyakinan seperti itu.
Mana dalil kita sehingga kita bisa mengatakan hal itu Salah?
Hadits2 yg telah kami sebutkan di awal.
Kenyataan dari hadits di atas, seseorang lebih dekat dengan-Nya bukan saat berdiri atau saat di gedung tertinggi tapi saat dia Sujud meletakkan kepalanya di bumi.

Kembali pada masalah Sujud, meski sujud adalah sesuatu bentuk taqarrub yang di sukai oleh Allah tapi kita tidak boleh sewaktu2 dan di mana saja, lalu kita bersujud tanpa ada sebab atau alasan yang memperbolehkannya.

لا يجوز السجود بغير سبب سواء ذلك لله فيحرم أو لغيره فيكفر هذا إن سجد بقصد العبادة فلو وضع رأسه على الأرض تذللا و استكانة بلا نيته لم يحرم إذ لا يسمى سجودا.
(بغية المسترشدين)
Tidak boleh sujud tanpa sebab baik karena Allah maka hal ini haram. Atau karena selain Allah maka ini kufur. Hal ini bila dia sujud untuk ibadah/mendekatkan diri. Apabila dia meletakkan kepala di tanah tanpa ada niatan ibadah (misal olah raga) maka tidak haram. Karena hal tersebut tidak di namakan sujud.
(Lihat: Bughyah al-Mustarsyidin)
لو تقرب إلى الله تعالى بسجدة من غير سبب حرم و لو بعد صلاة كما يحرم بركوع مفرد و نحوه لأنه بدعة و كل بدعة ضلالة إلا ما استثني.
(مغني المحتاج)
Apabila seseorang bertaqarrub/mendekatkan diri pada Allah dengan sujud tanpa sebab maka hal tersebut haram, meskipun setelah solat seperti haramnya membungkukkan badan (pada seseorang sbgai penghormatan) dan sebagainya. Karena hal itu termasuk bid'ah dan setiap bid'ah itu sesat kecuali yg telah di kecualikan.
(Lihat : Mughni Muhtaj)

Jadi, bila tanpa ada sebab kita sangat di larang melakukan sujud, baik itu karena Allah apalagi selain Allah.
Adapun sebab di perbolehkan bahkan di sunnahkan sujud ada dua.
1. Karena ada bacaan atau yang sering disebut Sujud Tilawah.
2. Karena bersyukur atau yang lebih dikenal Sujud Syukur.

1. SUJUD TILAWAH

تسن سجدة التلاوة للقارىء و السامع و المستمع و يتأكد السجود للمستمع إذا سجد القارىء. السامع الذي لا يقصد الإستمع و المستمع الذي يقصد الإستمع.
(التقريرات السديدة ص 275)
Di sunahkan Sujud Tilawah bagi Qori' (orang yg membaca), Sami' dan Mustami'. Dan menjadi sangat di anjurkan bagi Sami' dan Mustami' bila Qori' melakukan Sujud.
Sami' ialah orang yang tidak sengaja mendengar.
Mustami' ialah orang yang memang sengaja mendengarkan (mungkin lebih tepatnya penyimak)
(Lihat: at-Taqriroh as-Sadidah hal 275)
و هي أربع عشرة سجدة : سجدتا (الحخ) و سجدات المفصل ثلاث في (النجم) و (الإنشقاق) و (إقرأ) و البقية في (الأعراف) و (الرعد) و (النخل) و (الإسراء) و (مريم) و (الفرقان) و (النمل) و (آلم تنزيل) و (حم) السجدة و محالها معرفة.
(مواهب الديان شرخ فتح الرحمن ص 258)
Sujud tilawah ada 14.
Dua sujud pada surat al-Haj. Beberapa sujud yang memisah ada 3. Dalam surat an-Najm, al-Insyiqoq, al-Alaq (Iqro'), dan sisanya pada surat, al-A'rof, ar-Ro'du, an-Nahl, al-Isro', Maryam, al-Furqon, an-Naml, Alif Lamim Tanzil (as-Sajdah), dan Hamim sajdah (Fushilat)
(Lihat: Mawahib ad-Dayyan Syarh Fath ar-Rohman hal 258)

شروط سنية سجود التلاوة ستة :
1. أن تكون القرأة مشروعة خرج به : قرأة الجنب و نحوه و القرأة في نحو ركوع.
2. أن تكون القرأة مقصودة خرج به قرأة الناءىم و السكران و الساهي.
3. أن تكون القرأة لجميع آية السجدة.
4. أن تكون من قارىء واحد.
5. أن تكون في غير صلاة جنازة.
6. أن لا يطول الفصل بين القرأة و السجود عرفا.
(التقريرات السديدة ص 275)
Syarat disunahkannya sujud tilawah ada enam.
1. Bacaan tersebut di syariatkan.Dikecualikan bacaannya orang junub dan sebagainya. Dan bacaan saat ruku'.
2. Bacaan tersebut bertujuan.
Dikecualikan bacaannya orang tidur/mengigau, mabuk, dan lupa.
3. Bacaan tersebut 1 ayat penuh.
4. Bacaan didengar dari 1 Qori'.
5. Bacaan selain di solat jenazah.
6. Antara bacaan dan sujud tidak terpisah dalam rentang waktu yg lama pada umumnya.

و يزاد في حق المصلي شرطان :
1. أن لا يكون مأموما.
2. أن لا يقصد السجود فقد بقرأة الآية.
Bagi Musholli/Orang yg sedang solat ditambahi 2 syarat lagi,
1. Dia bukan seorang Ma'mum
2. Dia tidak hanya bertujuan sujud dalam membaca ayat sajdah.
(Lihat : at-Taqriroh as-Sadidah hal 275)

لا يسجد المصلي لغير قرأة نفسه من مصل و غيره و إلا بطلت صلاته إن علم و تعمد. و لا لقرأة نفسه قبل الدخول في الصلاة و إن قصر الفصل إلا المأموم فيسجد لقرأة إمامه إن سجد إمامه و إن لم يسمع قرأته.
(بشرى الكريم ص 1/ 112)
Musholli/orang yang solat tidak boleh sujud selaian bacaanya sendiri, baik yg membaca itu juga orang yg solat atau selainnya. Apabila dia sujud (karena bacaan orang lain) solatnya batal, bila dia tahu (hukumnya) dan sengaja. Juga tidak boleh sujud karena bacaanya sendiri sebelum dia masuk solat, meski sebentar renggang waktunya. Kecuali ma'mum, dia harus sujud karena bacaan imamnya apabila imamnya sujud. Meski dia tidak mendengar bacaan imamnya.
(Lihat: Busyro al-Karim hal 112)

أركان سجود التلاوة خارج الصلة سبعة :
1. النية.
2. تكبيراة الإحرام.
3. السجود.
4. الطمأنينة فيه.
5. الجلوس.
6. السلام.
7. الترتيب.
(التقريرات السديدة ص 275)
Rukun2 Sujud Tilawah di luar solat ada 7.
1. Niat
2. Takbirotul ihrom
3. Sujud
4. Tuma'ninah di dalamnya
5. Duduk
6. Salam
7. Tertib
(Lihat : at-Taqriroh as-Sadidah hal 275)
Dalam redaksi lain di sebutkan,
لا بد في سجدة التلاوة و لو خارج الصلاة و في سجدة الشكر من شروط الصلاة من طهر و ستر و استقبل و دخول الوقت و هو هنا قرأة آخر الآية أو وقت نحو هجوم النعمة و غيرها و لا بد هنا أيضا من عدم الفصل بين قرأة و السجود ما لم ينذرهما و إلا وجب قضاوءها. و عدم الإعراض عنهما و غير ذلك من شروطها المتقدمة.
(بشرى الكريم ص 1/ 112)
Syarat2 pada solat juga di haruskan pada sujud tilawah meskipun di luar solat dan (diharuskan pula) pada sujud syukur, seperti suci, menutup aurat, menghadap qiblat, masuknya waktu. Dalam hal ini waktunya yaitu ahir ayat atau saat mendapat nikmat dll. Dan tidak adanya pemisah antara membaca ayat dan sujud, apabila tidak bernadzar. Apabila bernadzar maka harus di qodlo'i.
Tidak meninggalkan keduanya (membaca & sujud) serta syarat2 yg lain.
(Lihat: Busyro al-Karim hal 112)

Bacaan saat sujud ialah,
Seperti bacaan saat sujud solat dan di tambahi,
سجد وجهي للذي خلقه و صوره و شق سمعه و بصره بحوله و قوته تبارك الله أحسن الخالقين. اللهم اكتب لي بها عندك أجرا و اجعلها لي عندك ذخرا و ضع عني بها وزرا و اقبلها كما قبلتها من عبدك داود.
(الشمس المنيرة ص 312)
Sajada waj_hi lilladzi kholaqohu wa showwarohu, wa syaqqo sam'ahu wa bashorohu bi haulihi wa quwwatihi, tabaarokallahu ahsanal kholiqin. Allahummaktub li biha 'indaka aj_ron waj_'alha li 'indaka dzukhron wadlo' 'anni biha wiz_ron waqbalha minni kama qobiltaha min 'abdika Dawud.
(Lihat: as-Syamsu al-Muniroh hal 312)

Ada satu hadits seperti ini,
قال صلى الله عليه و سلم : إذا قرأ ابن آدم السجدة فسجد اعتزل الشيطان يبكي و يقول : يا ويلاه أمر هذا بالسجود فسجد فله الجنة و أمرت بالسجود فعصيت فلي النار. رواه مسلم 81.
(إحياء علوم الدين كتاب أسرار الصلاة ص 554)
Nabi SAW bersabda, Ketika anak adam membaca ayat sajdah lalu dia sujud, syaithan berpaling sambil menangis dia (syaithan) berkata, Aduuuh... (ungkapan penyesalan) dia (anak adam) di perintah untuk sujud dan dia sujud maka baginya surga, sedangkan aku di perintah sujud tapi aku durhaka dan bagiku neraka. HR. Muslim 81
(Lihat: Ihya Ulumuddin Kitab Asror as-Solat hal 554)

Apabila kita tidak sujud ada alternatif lain,
لو لم يتمكن من التحية أو سجود التلاوة أو الشكر قال أربع مرات سبحان الله و الحمد لله و لا إله إلا الله و الله أكبر و لا حول و لا قوة إلا بالله العلي العظيم. فإنها تقوم مقامها.
(بشرى الكريم ص 1/ 112)
Apabila tidak memungkinkan melakukan penghormatan, sujud tilawah atau sujud syukur ucapkan 4 kali kalimah,
"Sub_hanallahu wal hamdu lillah wa la ilaha illallahu wallahu akbar wa la haula wa la quwwata illa billahil 'aliyyil 'adhim." Karena sesungguhnya kalimat ini menyamai sujud.
تسن سجدة التلاوة و لو لقرأة جني و ملك.
Disunahkan sujud tilawah meskipun karena bacaan jin atau malaikat.
(Lihat: Busyro al-Karim hal 112)

2. SUJUD SYUKUR

Syarat dan Rukunnya sama dengan sujud tilawah.

تسن خارج الصلاة و لا يجوز أن يسجدها داخل الصلاة. و يسن مع سجدة الشكر كما في المجموع الصدقة أو الصلاة. قال الخوارزمي لو أقام التصدق أو الصلاة ركعتين مقام السجود كان حسنا.
(مغني المحتاج التقريرات السديدة ص 278)
Disunahkan di luar sholat, dan tidak boleh sujud syukur di dalam solat.
Dan disunahkan bersedekah atau sholat bersamaan dgn sujud syukur seperti halnya diutarakan pada kitab Majmu'. al-Khowarizmi (penemu angka "0"/nol, trigonometri dan aljabar) berkata, Apabila seseorang bersedekah atau solat 2 rokaat sebagai pengganti sujud syukur maka hal itu sangat baik.

Adapun sebab2 sujud syukur ada 4.
1. Mendapat Nikmat.
Maksudnya nikmat yg baru seperti lahirnya anak, dapat harta dll. Bukan yg sudah biasa.
Dikecualikan dari hal itu, nikmat2 yang tetap seperti sehat, Maka tidak disunahkan sujud.
2. Tertolaknya bencana.
Yang nyata itu tak dapat di hitung. Seperti selamat dari kebakaran, tenggelam dll.
3. Melihat orang fasiq.
Yang terang2an dalam kefasiqannya. (bersyukur kita tidak tergolong orang fasiq)
4. Melihat sesuatu yang merusak.
Dalam badannya atau akalnya. Atau yg tergolong suatu kekurangan dalam penciptaan pada umumnya. Seperti buta, tuli dll. Dan tidak boleh terang2an dalam sujud karena hal ini.
Dan di sunahkan menambahi do'a
الحمد لله الذي عافاني مما ابتلاك به و فضلني على كثير ممن خلق تفضيلا. رواه الترمذي 3431 و 3432.
Alhamdu lillahilladzi 'afani mimma ibtalaka bihi wa faddlolani 'ala katsiri mimman kholaqo tafdlilan.
HR. Turmudzi 3431 & 3432.
(Lihat: at-Taqriroh as-Sadidah hal 278)

Nb: Untuk sujud syukur sering terjadi kesalah fahaman pada orang awam. Tanpa mengetahui syarat dan rukun, mereka dengan entengnya bersujud. Bahkan ada yang tiap selesai solat bersujud.

Kesimpulannya...
Meski sujud adalah salah satu bentuk taqarrub yang di sukai oleh Allah tapi, tetap tak bisa seenaknya kita bersujud. Karena sujud pun ada syarat2 dan rukun sebagaimana ibadah yang lain.

Pasti banyak kesalahan dari uraian ini. Dan semua kesalahan itu karena semata dari kami yang lemah ini.

Salam santun dari kami ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar