Minggu, 07 April 2013

661 : HUKUM MANI YANG SUDAH KERING

PERTANYAAN

Zanzanti Yanti Andeslo

assalamu'alaikum

parkir

pertanyaan
air mani yang kering pd sprei apakah najis selama nya hingga tercuci bersih?
Nah jikalau ada orang yg hbs kikuk dan air maninya menetes di seprei namun sprei nya tidak langsung di ganti, dan apakah jika ia meniduri dan lalu baju yang bekas tidur di gunakan sholat apakah sah sholat nya?

JAWABAN

Aryo Mangku Langit

 wa'alaikumsalam
Warohmatullohi
Wabarokaatuh

Bismillah
alhamdulillah

Dari Aisyah berkata: "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pernah mencuci mani, kemudian keluar menuju shalat dengan memakai baju tersebut, dan aku melihat bekas cuciannya". Muttafaqun 'alaih.

Dalam riwayat Muslim: "Aku mengeriknya dari baju Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam lalu beliau shalat memakainya".

Dan dalaam lafadz Muslim juga: "Aku mengerik (mani) yang telah kering di bajunya dengan kukuku".
------------------------------------------
maka dari hadist tsb kita bisa mengartikan bahwa:
1. Sucinya air mani, karena Aisyah tidak mencucinya, tapi hanya mengeriknya.
2. Adapun hadits yg menyebutkan mencuci mani, tidak menunjukkan kenajisan mani, karena sama dengan ingus, bila kena ingus, kita cuci bukan karena najisnya, tapi karena menjijikan. Dan ini hanya menunjukkan sunnah saja.
3. Istri yang shalihaat adalah yang melayani suaminya dengan baik.
4. Ibnul Mulaqqin berkata: "hadits ini dijadikan dalil oleh sebagian ulama bahwa cairan lembab dari kemaluan wanita (keputihan)hampir sama dzatnya dgn air mani tidak najis.

Mbah Pardan Milanistie

(quluhu ammalmaniu fathohirun) AL ULA WAL MANIU THOHIRUN BIHADFI AMMA WAL FA'I LI'ADAMI DZIKRULMUQOBILI WALMUJMALI WAHUA THOHIRUN MIN KULLI HAYAWANIN MA 'ADALKALBI WAL KHINZIRI WALMUTAWALLADU MINHUMA AMMA MANIAL ADAMI FALHADISTU 'AISYAH RODHIALLOHU 'ANHA ANNAHA KANAT TAHKAL MANIA MIN TSAUBI ROSULULLOH SHOLLALLOHU 'ALAIHI WASALLAM TSUMMA YUSHOLLI FIHI WA AMMA MANIU GHOIROHU FA LIANNAHU ASLU HAYAWANIUN THOHIRUNFA USYBIHU MANIAL ADAMI>>

(perkataan mushonnif adapun mani itu suci) yang pertama dan mani itu suci dngan membuang huruf amma dan fa' karena tidak adanya penyebutan perbandingan dan keterangan global(tentang sucinya mani) maka mani itu suci dari tiap hayawan selain anjing dan babi dan yang terlahir dari keduanya sedangkan (kesucian) mani anak Adam berdasarkan Hadist 'Aisyah rodhiallohu 'anha bahwa beliau megerik mani di baju Rosululloh Shollallohu 'alihi wasallam lantas beliau( Rosulullo) Sholat memakai baju tersebut adapun maninya hayawan yang suci maka maninya di serupakan dengan anak adam( dalam sucinya)
I'anathuttholbin juz 1hal 85
Wallohu a'lam


Sunde Pati

iki teks arabe jawaban Mbah Pardan Milanistie

إعانة الطالبين (1/ 85)

( قوله أما المني فطاهر )
الأولى والمني طاهر بحذف أما والفاء لعدم ذكر المقابل
والمجمل وهو طاهر من كل حيوان ما عدا الكلب والخنزير والمتولد منهما أما مني الآدمي فلحديث عائشة رضي الله عنها أنها كانت تحك المني من ثوب رسول الله صلى الله عليه وسلم ثم يصلي فيه
وأما مني غيره فلأنه أصل حيوان طاهر فأشبه مني الأدمي الاقناع في حل ألفاظ أبى شجاع (1/ 81)

(إلا المني)

فطاهر من جميع الحيوانات إلا الكلب والخنزير وفرع أحدهما: أما مني الآدمي فلحديث عائشة رضي الله تعالى عنها: أنها كانت تحك المني من ثوب رسول الله (ص) ثم يصلي فيه.
متفق عليه، وأما مني غير الآدمي
فلانه أصل حيوان طاهر فأشبه مني الآدمي

1 komentar:

  1. Kalau maninya di ranjang per dan sudah kering tidak terlihat sama sekali apakah tidak apa apa jika di baringi

    BalasHapus