Rabu, 10 April 2013

667 : HUKUM DONOR ASI ( AIR SUSU IBU )

PERTANYAAN
Amarama Cheeraajh

assalamu'alaykum,,...
Pak bu Nyai,,...
Sbelumnya minta tlong,, spertinya bberapa bulan lalu ada postingan ttg hukum Bank ASI....
tlong klo boleh,, minta d tampilkan kembali,,,.....
Suwuun,,,.....

JAWABAN

Ibuetz Ibnu Al Mubasyiri


 waalaikumussalam
Khamidah Nda
Assalamu'alaikum wr wb
Tadi sore di tv swasta ada berita - donor ASI (air susu ibu ).. caranya ASI di ambil dari ibu dan di masukkan ke botol plastik, kemudian di kasih ke bayi..... Yang jadi pertanyaan cara donor ASI tersebut bisa menjadikan rodho' tidak ?.

JAWABAN :

>> Alif Jum'an Azend

Hasil Bahtsul Masail PWNU Jatim 1994 di Sidayu Gresik

Masalah

Ada pendapat yang membolehkan “Bank Air Susu Ibu” dan ada pula pendapat yang tidak membolehkan dengan alasan bahwa ASI yang dianggap benar adalah harus dengan secara langsung
menghisap/menyedotnya melalui puting susu seorang ibu, dan bukan dengan cara memasukkan melalui tenggorokan atau yang lainnya setelah susu seorang ibu sudah diperas terlebih dahulu. Pendapat siapakah itu ? dan setujukah bapak dengan pendapat tersebut ?

Jawab :

Pendapat yang menyatakan bahwa rodlo’ tidak menyebabkan mahrom jika tidak langsung mencaplok puting susu dan menghisap darinya adalah pendapat Imam Ahmad, Imam Atho’, dam Imam Daud, sedangkan jumhur Ulama’ tetap menyebabkan mahrom dan musyawirin setuju dengan pendapat tersebut

Dasar pengambilan :

المزان الكبرى، ص138، مانصه :

وكذلك اتفقوا على السقوط والوجور يحرم الا فى رواية عن احمد فانه شرط الارضاع من الثدي فاذا صب اللبن فى انفه من اناء او غيره او صب فى حلقه صبا من غير الثدى فكلا الامرين الحكم فيهما حكم الرضاع. وقد اختلفت الرواية فى التحريم عن احمد فاصح الروايتين ان التحريم يثبت بهما كما افاده ابن قدامة. وهو قول الشعبى والثورى واصحاب الرأي وبه قال مالك فى الوجور ولم يقل به فى السعوط.

والرواية الثانية عن احمد لا يثبت بهما التحريم. وهواختيار الى ابى بكر من اصحاب احمد ووداود بن على وقول عطاء الحراسانى فى السحوط لان هذا ليس برضاع. وانما حرم الله تعالى ورسوله بالرضاع ولانه حصل من غير ارتضاع، فاشبه مالو دخل من جرح فى بدنه.

دليلنا ماروى ابن مسعود عن النبى صلى الله عليه وسلم، لارضاع الامانشز العظم وانبت اللحم، رواه ابو داود، ولان هذا به اللبن الى حيث يصل بالارتضاء فيجب ان يساويه فى التحريم. والانف سبيل اذا تقرر هذا فانه يحرم من ذلك مثل الذى يحرم بالرضاع

=================================

Keabsyahan hibah/donor maupun jual beli ASI hanya dipandang dari sisi materi ASI saja ('ain al mauhub/al mabi') belum dipandang dari berbagai dampak yang ditimbulkan ketika ASI hasil donor/jual-beli diminumkan kepada bayi.

Jika pendonor/penjual dan pembeli/bayinya jelas maka hal itu tidak mengapa, karena sudah bisa dipastikan kejelasan hukum rodho'nya jika telah memenuhi syarat, namun jika pendonor/penjual tidak jelas seperti praktek bank ASI, maka sebagian ulama menghukumi haram memberikan ASI tersebut kepada bayi, karena akan menimbulkan percampuran ASI sehingga muncul keraguan tentang status bayi yang suatu saat akan bisa menjadi jelas.

Ta'bir: Fiqh Islam Juz 7 h. 5085

وبعد التأمل فيما جاء في الدراستين ومناقشة كل منهما مناقشة مستفيضة شملت مختلف جوانب الموضوع تبين:

1. ان بنوك الحليب تجربة قامت بها الأمم الغربية ثم ظهرت مع التجربة بعض السلبيات الفنية والعلمية فيها فانكمشت وقل الاهتمام بها.

2. ان الاسلام يعتبر الرضاع لحمة كلمحة النسب يحرم به ما يحرم من النسب باجماع المسلمين. من مقاصد اشريعة الكلية المحافظة علي النسب, وبنوك الحليب مؤدية الى الاختلاط او الريبة.

3. ان العلاقات الاجتماعية في العالم الاسلامي توفر للمولود الخداج أو ناقص الوزن او المحتاج الى اللبن البشري في الحالات الخاصة ما يحتاج اليه من الاسترضاع الطبعي, الامر الذي يغني عن بنوك الحليب.

وبناء على قرار ذلك: اولا, منع انشاء بنوك حليب الامهات في العالم الاسلامي. ثانيا, حرمة الرضاع منها.

Link Asal >>
http://www.facebook.com/groups/piss.ktb/permalink/456097141079766/?comment_id=456112247744922&offset=0&total_comments=16

 Sunde Pati

kasus diatas jelas jadi rodlo',,jangankan air susunya lewat mulut,lewat lobang hidung jika sampaii ke otak aja sudah dihukumi rodlo',jika lewat mata dihukumi tidak rodlo',jika lewat telinga maka hukumnya khilaf

جواهر العقود (2/ 162)

والثالث: المحل.
وهي معدة حي أو ما في معناه، سواء ارتضع، أو حلب وأوجر.
ولو حقن اللبن، أو قطر في إحليله.
فوصل شئ منه، أو صب على جراحة في بطنه فوصل جوفه، لم يحرم في الاظهر.
وإن وصل المعدة بخرق في الامعاء، أو صب في مأمومة.
فوصل دماغه.
حرم قطعا.
أو في أنفه فوصل دماغه حرم، أو في عينه فلا، أو في أذنه فخلاف.
ولو ارتضع وتقيأ في الحال حرم على الصحيح

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar