PERTANYAAN
Déåñdrå Shålshåby
Assalamu alaikum<<
Anggota baru mau bertanya (titipan dari seorang IBU di sono)
Bagaimaa tentang QURBAN,, rame2
maksudnya rame2 disni,,, kelompok ARISAN,, dan tiap taun ada 7 orang
yang untung dg sisitim kocok,,lottre (undi) dan hewan yang di qurbankan
1 ekor sapi ,,(bgitu katanya)
BOLEHKAH QURBAN RAME2 DEMIKIAN (1 ekor 7 orang)
nb: berhubung yang disuruh nanyakan bgitu,,mohon jika ada keterangan hal hukum atau penjelasan lainnya di lampirkan,,,
sekian atur terima kasih sebelomnya kagem poro Ustadz dan Comentator serta Admint sadayana,,:)
wassalam
JAWABAN
Masaji Antoro
Wa'alaikumsalam
URUNAN QURBAN
• Bila keberadaan ternak yang
disembelih mencukupi untuk
dikurbankan pada jumlah
anggota yang berurunan maka
SAH seperti seekor unta atau
sapi untuk tujuh anggota
ﻖﻔﺗﺍﺀﺎﻬﻘﻔﻟﺍ(1)ﻰﻠﻋﻥﺃﺓﺎﺸﻟﺍ
ﺰﻌﻤﻟﺍﻭﺯﻮﺠﺗ ﻻﺎﻤﻬﺘﻴﺤﺿﺃﻻﺇ،ﺪﺣﺍﻭ ﻦﻋ
ﺉﺰﺠﺗﻭﺔﻧﺪﺒﻟﺍﻭﺃﺓﺮﻘﺒﻟﺍﻦﻋﺔﻌﺒﺳ
،ﺹﺎﺨﺷﺃﺚﻳﺪﺤﻟ:ﺮﺑﺎﺟﻊﻣ ﺎﻧﺮﺤﻧ»ﻝﻮﺳﺭ
ﻪﻠﻟﺍﻰّﻠﺻﻪﻠﻟﺍﻪﻴﻠﻋﻢﻠﺳﻭ
ﺔﻧﺪﺒﻟﺍ :ﺔﻴﺒﻳﺪﺤﻟﺎﺑﻦﻋﺔﻌﺒﺳﺓﺮﻘﺒﻟﺍﻭ
ﻦﻋ«ﺔﻌﺒﺳ(2).ﻲﻓﻭﻆﻔﻟ:ﻢﻠﺴﻣ
ﺎﻨﺟﺮﺧ»ﻊﻣﻝﻮﺳﺭﻪﻠﻟﺍﻰّﻠﺻﻪﻴﻠﻋ ﻪﻠﻟﺍ
ﻢﻠﺳﻭﻦﻴﻠﻬﻣ،ﺞﺤﻟﺎﺑﺎﻧﺮﻣﺄﻓﻝﻮﺳﺭ
ﻪﻠﻟﺍﻰّﻠﺻﻪﻠﻟﺍﻪﻴﻠﻋﻢﻠﺳﻭﻥﺃﻙﺮﺘﺸﻧ
ﻲﻓ،ﻞﺑﻹﺍ،ﺮﻘﺒﻟﺍﻭﻞﻛﺔﻌﺒﺳﺎﻨﻣﻲﻓ
«ﺔﻧﺪﺑ1) ) .
__________
(1) :ﻊﺋﺍﺪﺒﻟﺍ70/5،ﻦﻴﻴﺒﺗ:ﻖﺋﺎﻘﺤﻟﺍ3/6،
ﺔﻠﻤﻜﺗ:ﺢﺘﻔﻟﺍ76/8،ﺭﺪﻟﺍ:ﺭﺎﺘﺨﻤﻟﺍ
222/5،ﻦﻴﻧﺍﻮﻘﻟﺍ:ﺔﻴﻬﻘﻔﻟﺍﺹ،186
ﺔﻳﺍﺪﺑ:ﺪﻬﺘﺠﻤﻟﺍ420/1،ﺡﺮﺸﻟﺍ:ﺮﻴﺒﻜﻟﺍ
119/2،ﻲﻨﻐﻣ:ﺝﺎﺘﺤﻤﻟﺍ285/4،،292
:ﺏﺬﻬﻤﻟﺍ238/1،:ﻲﻨﻐﻤﻟﺍ619/8
ﺎﻣﻭ،ﺎﻫﺪﻌﺑﻑﺎﺸﻛ:ﻉﺎﻨﻘﻟﺍ617/2 .
(2) ﻪﺟﺮﺧﺃﺔﻋﺎﻤﺠﻟﺍﺐﺼﻧ):ﺔﻳﺍﺮﻟﺍ
209/4).
(1) ﻂﺒﻨﺘﺳﺍﺔﻴﻌﻓﺎﺸﻟﺍﻦﻣﺍﺬﻫﺚﻳﺪﺤﻟﺍ
ًﺎﻓﻼﺧﺔﻴﻔﻨﺤﻠﻟﺎﻤﻛﺖﻨﻴﺑﻙﺍﺮﺘﺷﻻﺍ ﺯﺍﻮﺟ
ﻦﻴﺑﻦﻣﺪﻳﺮﻳﺔﺑﺮﻘﻟﺍﻦﻣﻭﻻ،ﺎﻫﺪﻳﺮﻳ
:ﺍﻮﻟﺎﻘﻓﻩﺮﻫﺎﻇﻭﻢﻬﻧﺃﻢﻟﺍﻮﻧﻮﻜﻳﻦﻣ
ﻞﻫﺃ،ﺪﺣﺍﻭ ﺖﻴﺑﺍﻮﻘﻔﺗﺍ ﺀﺍﻮﺳﻭﻲﻓﻉﻮﻧ
ﺔﺑﺮﻘﻟﺍﻡﺃﺍﻮﻔﻠﺘﺧﺍﺎﻤﻛﺍﺫﺇﺪﺼﻗ
ﻢﻬﻀﻌﺑ،ﺔﻴﺤﻀﺘﻟﺍﻢﻬﻀﻌﺑﻭ،ﻱﺪﻬﻟﺍ
ﻢﻬﻀﻌﺑﻭ،ﻢﺤﻠﻟﺍﻢﻬﻟﻭﺔﻤﺴﻗ،ﻢﺤﻠﻟﺍ
ﻥﻷﺔﻤﺴﻗ ﻪﺘﻤﺴﻗﻰﻠﻋ ﺯﺍﺮﻓﺇﺢﺻﻷﺍ .
Semua Ulama sepakat bahwa
kambing domba dan kambing
jawa tdak dapat dikurbankan
kecuali untuk satu orang
sedangkan unta dan sapi dapat
dikurbankan untuk 7 orang
berdasarkan hadits riwayat
Sahabat Jabir berkata : " Kami
berqurban bersama
Rasulullah saw di Hudaibiyyah,
satu ekor unta atas nama 7
orang dan satu ekor sapi atas
nama 7 orang " (HR. Jama'ah-
Nasb ar-Raayah IV/209)
Juga berdasarkan hadits riwayat
Muslim ”Kami keluar bersama
Rasulullah shallallaahu alaihi wa
sallam dengan tahallul haji
kemudian beliau
memerintahkan kami
berserikat dalam unta dan sapi
setiap tujuh orang dari kami
dalam seekor unta” (HR. Muslim)
Al-Fiqh al-Islaam IV/265
• Bila keberadaan ternak yang
disembelih tidak mencukupi
untuk dikurbankan pada jumlah
anggota yang berurunan maka
TIDAK SAH seperti seekor
kambing 7 anggota atau sapi
untuk 10 anggota maka panitia
harus menjelaskan syarat rukun
berqurban yang sesuai dengan
tuntunan agama dan bila tidak
mampu bisa mengikuti anjuran
Imam Abu Yahya Zakariya Al-
Ansori atau uang urunan
tersebut dibelikan kambing yang
kemudian diniatkan untuk
qurban seseorang. Pada waktu
menyembelih orang yang
berqurban itu diminta
meniatkan pahala qurban untuk
orang yang membantu urunan
membeli hewan qurban.
( (ٌﺓَﺪِﺋﺎَﻓِﻦَﻋِﻦْﺑﺍٍﺱﺎَّﺒَﻋُﻪَّﻧَﺃﻰِﻓ ﻰِﻔْﻜَﻳ
ِﺓَﻲِﺤْﺿُﻷﺍُﺔَﻗﺍَﺭِﺇِﻡَﺪﻟﺍﻮَﻟَﻭْﻦِﻣٍﺔَﺟﺎَﺟَﺩ
ٍﺯْﻭَﺃَﻭﺎَﻤَﻛُﻪَﻟﺎَﻗﻯِﻥَﺪْﻴَﻤﻟﺍَﻥﺎَﻛَﻭﺎَﻨُﺨْﻴَﺷ
ُﺮُﻣَﺄَﻳِﻩِﺩْﻲِﻠْﻘَﺘِﺑ َﺮْﻴِﻘَﻔﻟﺍﻰَﻠَﻋ ُﺲْﻴِﻘَﻳَﻭ
ِﺓَﻲِﺤْﺿُﻷﺍَﺓَﻖْﻴِﻘَﻌﻟﺍُﻝﻮُﻘَﻳَﻭْﻦَﻤِﻟَﺪِﻟُﻭ
ُﻪَﻟٌﺩﻮُﻟﻮَﻣَّﻖَﻋِﺓَﻚْﻳِّﺪﻟﺎِﺑﻰَﻠَﻋِﺐَﻫْﺬَﻣ
ِﻦْﺑِﺇﺱﺎَّﺒَﻋ(ٌﺔَﻟَﺄْﺴَﻣ)ُﺐَﻫْﺬَﻣﻱِﻊِﻓﺎَّﺸﻟﺍ
َﻻَﻭُﻪَﻟ ُﻢَﻠْﻌَﻧَﻡَﺪَﻋ ﺎًﻔِﻟﺎَﺨُﻣِﺯﺍَﻮَﺟّﻲِﺤْﻀَﺘﻟﺍ
ِﺓَْﻦَﻋ ِﺓﺎَّﺸﻟﺎِﺑَﺮَﺜْﻛَﺃٍﺪِﺣﺍَﻭ ْﻦِﻣ…ْﻥَﺃ ﻰَﻟِﺇ
َﻝﺎَﻗَﻝﺎَﻗَﻭ ُﺐْﻴِﻄَﺨﻟﺍﻡﺭﺎَﻣُﻩُﺮْﻴَﻏَﻭﻮَﻟ
َﻙَﺮْﺷَﺃﻰِﻓ ُﻩُﺮْﻴُﻏِﺏﺍَﻮَﺛْﻥَﺄَﻛ ِﺔَﻴِﺤْﺿُﺃَﻝﺎَﻗ
ﻰِّﻨَﻋْﻦَﻋَﻭٍﻥَﻼُﻓْﻭَﺃْﻦَﻋِﻞْﻫَﺃﻰِﺘْﻴَﺑَﺯﺎَﺟ
َ
ﻞَﺼَﺣَﻭُﺏﺍَﻮَﺜﻟﺍِﻉْﻲِﻤَﺠْﻠِﻟ
(Faidah) dari Ibn Abbas ra:
"Sesungguhnya dalam
berqurban cukup dengan
mengalirkan darah meskipun
dari ayam jago atau angsa
sebagaimana dikatakan oleh Al-
Maidani. Syaichuna (Imam Abu
Yahya Zakariya Al-
Ansori) menganjurkan orang-
orang fakir untuk mengikuti
madzhab tersebut, aqiqah juga
di analogkan pada masalah
qurban. Syaichuna juga
mengatakan bagi orang yang
melahirkan bayi dapat meng-
aqiqahi dengan ayam jago
menurut madzhab Ibn Abbas.
(Masalah) Madzhab Syafii dan
saya tidak mengetahui ulama
yang berbeda pendapat
dengannya tentang
ketidakbolehan berqurban
dengan seekor kambing untuk
orang yang lebih banyak dari
satu orang … sampai pada
pernyataan pengarang, Imam
Khatib,Imam Ramli dan ulama
yang lainnya berpendapat kalau
orang lain bersekutu dalam
masalah pahala qurban seperti
ucapan seseorang: untukku atau
ahli baitku maka hukumnya
boleh dan pahalanya dapat
diperoleh semuannya.
Bughyah al-Mustarsyidiin I/255
Wallaahu A’lamu Bis Showaab
Tidak ada komentar:
Posting Komentar