Selasa, 20 November 2012

394 : TAFSIR SURAT AT -TAUBAH AYAT 107

PERTANYAAN

Nunu Nurul Qomariyah


Assalamu'alaikum

mari buka surat At- Taubah ayata 107

Dan ( di antara orang - orang munafik itu) ada yang mendirikan masjid untuk menimbulkan bencana (pada orang - orang beriman). Untuk kekafiran dan untuk memecah belah di antara orang - orang yang beriman, serta untuk menunggu kedatangan orang - orang yang telah memerangi Allah dan Rasul-NYA sejak dahulu. Mereka dengan pasti bersumpah . " kami hanya menghendaki kebaikan. Dan Allah menjadi saksi bahwa mereka itu pendusta ( dalam sumpahnya ).

Yang saya tanyakan, siapa yang di maksud dengan " orang yamg telah memerangi Allah dan Rasul Nya sejak dahulu?
Monggo tafsirannya.


JAWABAN

Siroj Munir

Sebab turunnya ayat ini :
Bani 'Amr bin 'Auf, yang merupakan suku Aus membangun masjid Quba', lalu mengirim utusan pada Rosululloh agar beliau datang ketempat mereka, lalu beliau datang ketempat mereka, kemudian sholat dimasjid yang baru saja mereka bangun. Orang-orang dari bani Ghonam bin 'Auf yang mengetahui kejadian tersebut merasa iri pada mereka, lalu mereka berniat membangun masjid sendiri dan mengirim orang meminta nabi agar sholat dimasjid tersebut, setelah masjid mereka jadi, ada seseorang bernama Abu 'Amir Ar-Rohib yang baru saja datang dari Syam sholat ditempat tersebut. Lalu mereka mengirim utusan untuk menghadap Rosululloh yang hendak ke Tabuk, meminta beliau untuk sholat dimasjid yang baru saja mereka bangun dan mendo'akan keberkahan masjidtersebut.

Nabi tidak menuruti keinginan mereka karena beliau hendak pergi ke Tabuk, namun berjanji akan datang kemasjid tersebut sesampainya dari tabuk. Masjid tersebut sudah digunakan sholat selama tiga hari oleh mereka. Setelah nabi menyelesaikan urusannya di Tabuk, beliau hendak menuju tempat tersebut, tak selang beberapa lama turunlah ayat mengenai motif dibangunnya masjid tersebut (Masjid Dhiror) yang dibangun karena iri dengan sesama muslim dan keberadaannya hanya akan memecah belah persatuan kaum muslimin. Setelah turunnya ayat tersebut, nabi memanggil empat orang sahabatnya dan memerintahkan untuk membakar dan merobohkan masjid dhiror tersebut.

Sebenarnya pembangunan masjid dhiror diprakarsai oleh Abu Amir, ia adalah seorang lelaki dari suku Khozroj yang beragama kristen, ia adalah seorang pendeta yang sangat dihormati dikalangan kaum ahlu kitab (yahudi dan nasrani), namun ia lari ke Makkah semenjak kedatangan nabi ke Madinah yang mendapatkan sambutan antusias dari penduduk madinah sendiri, jadi dia menyimpan dendam pada nabi yang dianggap telah menggusur posisinya sebagai orang terpandang, karena itu ia bersekongkol dengan orang-orang munafiq di Madinah untuk membangun masjid tersebut untuk memecah belah persatuan kaum muslimin. Ia juga yang menghimpun pasukan kaum musrikin untuk membalas kekalahan pada perang badar, sehingga terjadi perang uhud yang dimenangkan kaum musyrikin.

Walhasil, berdasarkan sebab turunnya ayat ini, yang dikehendaki ayat tersebut adalah ABU 'AMIR.


سبب النزول:
نزول آية وَالَّذِينَ اتَّخَذُوا:
قال المفسّرون: إن بني عمرو بن عوف وهم من الأوس اتّخذوا مسجد قباء «1» ، وبعثوا إلى رسول الله صلى الله عليه وسلّم أن يأتيهم، فأتاهم فصلّى فيه، فحسدهم إخوانهم بنو غنم بن عوف وهم من الخزرج، وقالوا: نبي مسجدا، ونبعث إلى النّبي صلى الله عليه وسلّم يأتينا فيصلّي لنا فيه، كما صلّى في مسجد إخواننا، ويصلّي فيه أبو عامر الراهب إذا قدم من الشّام فأتوا النّبي صلى الله عليه وسلّم، وهو يتجهّز إلى تبوك، فقالوا: يا رسول الله، قد بنينا مسجدا لذي الحاجة، والعلّة، والليلة المطيرة، ونحبّ أن تصلّي لنا فيه وتدعو بالبركة.
فقال النّبي صلى الله عليه وسلّم: «إنّي على سفر وحال شغل، فلو قدمنا لآتيناكم، وصلّينا لكم فيه»
فلما انصرف النّبي صلى الله عليه وسلّم من تبوك أتوه وقد فرغوا منه، وصلّوا فيه الجمعة والسبت والأحد، فدعا بقميصه ليلبسه ويأتيهم، فنزل عليه القرآن بخبر مسجد الضّرار.
فدعا النّبي صلى الله عليه وسلّم مالك بن الدّخشم، ومعن بن عدي، وعامر بن السّكن، ووحشيا قاتل حمزة، فقال: «انطلقوا إلى هذا المسجد الظالم أهله، فاهدموه وأحرقوه» .
فخرجوا مسرعين، وأخرج مالك بن الدّخشم من منزله شعلة نار، ونهضوا فأحرقوا المسجد وهدموه، وكان الذين بنوه اثني عشر رجلا.
وأما أبو عامر الراهب: فهو رجل من الخزرج، كان قد تنصّر، وكان له منزلة كبيرة في أهل الكتاب، فلما قدم النّبي صلى الله عليه وسلّم إلى المدينة مهاجرا، واجتمع عليه المسلمون، وعلت كلمة الإسلام، خرج فارّا إلى مكة، وألّب المشركين على المسلمين في وقعة أحد. ولما فرغ الناس من الموقعة فرّ إلى هرقل ملك الرّوم يستنصره، فوعده وحباه.
وكتب أبو عامر إلى جماعة من قومه من أهل النّفاق: أنه سيقدم بجيش يقاتل به محمدا ويغلبه، وأمرهم أن يتّخذوا له معقلا يأوي إليه من يقوم من عنده لأداء كتبه، ويكون مرصدا له إذا قدم عليهم بعد ذلك.
والخلاصة: أن هذا المسجد بناه اثنا عشر رجلا من المنافقين، بمشورة أبي عامر الرّاهب، ولقي هوى في نفوس أبناء عمّ بني عمرو بن عوف، لينافسوهم على تأسيس مسجد قباء، ومضاهاتهم به، وليكون مقرّا لأبي عامر إذا قدم، ليكون إمامهم فيه

( tafsir Al-Munir Liz-Zuhaili, Juz : 11 Hal : 40-41 )

و} منهم {الذين اتخذوا مسجدا} وهم اثنا عشر من المنافقين {ضرارا} مضارة لأهل مسجد قباء {وكفرا} لأنهم بنوه بأمر أبي عامر الراهب ليكون معقلا له يقدم فيه من يأتي من عنده وكان ذهب ليأتي بجنود من قيصر لقتال النبي صلى الله عليه وسلم {وتفريقا بين المؤمنين} الذين يصلون بقباء بصلاة بعضهم في مسجدهم {وإرصادا} ترقبا {لمن حارب الله ورسوله من قبل} أي قبل بنائه وهو أبو عامر المذكو

( Tafsir Jalalain, Juz : 1 hal : 259 )

1 komentar:

  1. berkaitan dengan banyaknya pendirian masjid yg dibuat oleh gubernur DKI yg beragama non muslim bagaimana kaitannya dengan surat attaubah ayat 107-109 ini??

    BalasHapus